Pembuka Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Bagaimana Pembuka Surat Lamaran Kerja yang Menarik? Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas tentang pentingnya membuat surat lamaran kerja yang menarik beserta contohnya.

Pembuka Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Nah, pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana membuat kata-kata pembuka yang ampuh yang dapat menarik perhatian manajer HRD atau perekrut yang bertugas menyeleksi calon tenaga kerja.

Seperti yang kita ketahui, ketika kita melamar pekerjaan, satu-satunya senjata yang kita gunakan untuk menarik perhatian perekrut adalah surat lamaran kerja.

Dalam surat ini Anda akan menuliskan alasan kuat mengapa Anda layak menjadi kandidat terkuat untuk mengisi posisi saat ini, dan bagaimana keterampilan dan kemampuan Anda dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi perusahaan.

Di sisi lain, kita juga tahu bahwa manajer HRD atau perekrut hanya memiliki beberapa detik untuk melihat surat lamaran kerja yang Anda kirimkan, dan menilai apakah Anda adalah calon potensial yang mereka cari.

Untuk alasan ini, pembukaan yang kuat atau kata-kata pembuka penting untuk meningkatkan peluang Anda.

Kata-kata pembuka ini tentunya akan lebih mudah dipahami jika Anda sudah mengetahui struktur umum penulisan surat lamaran kerja baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Di sini dibutuhkan akal, sedikit latihan, dan juga kreativitas untuk mengolah kata-kata yang kuat dan menarik yang sesuai dengan keterampilan dan kepribadian Anda.

Satu hal yang perlu diingat, tidak ada standar atau standar cara membuat kata-kata pembuka surat lamaran kerja yang efektif.

A. Pembuka Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Beberapa contoh berikut adalah pembukaan dalam bahasa Inggris dan implementasinya jika digunakan dalam bahasa Indonesia.

Jadi bahasa apa pun yang akan Anda gunakan dalam menulis surat lamaran kerja, tips ini bisa diterapkan.

1. Posisi Pekerjaan dan Pencapaian

Tuliskan secara spesifik posisi pekerjaan yang dilamar serta pencapaian atau pencapaian apa pun. Ini adalah cara paling umum dan efektif untuk membuka surat lamaran kerja Anda.

Teknik ini digunakan untuk membuat kesan positif secara langsung, dengan menuliskan pencapaian Anda.

Pilih dan pilah pencapaian terkuat dan tuliskan secara singkat, informatif, dan ringkas.

a. Contoh dalam bahasa Inggris:

Dear Mr. John Doe,

As a social media coordinator for Viva News, I manage many digital media outlets. By implementing new social media marketing tactics, in the past year, I have doubled our audience on Facebook and tripled our followers on Twitter.

b. Contoh dalam bahasa Indonesia:

Pak John Yth.

Sebagai koordinator media sosial untuk Viva News, saya mengelola beberapa outlet media digital. Dengan menerapkan taktik pemasaran media sosial baru yang diperkuat oleh pemahaman saya tentang tren digital di negara ini, dalam setahun terakhir saya telah membuat pertumbuhan yang signifikan bagi audiens kami di Facebook dan lebih dari dua kali lipat pengikut kami di Twitter.

Paragraf pertama, tanpa basa-basi, langsung menggambarkan pencapaian yang telah Anda buat.

Jika Anda dapat melakukan hal yang sama di perusahaan sebelumnya, Anda dapat memberikan kontribusi yang sama lebih banyak lagi di perusahaan yang Anda lamar.

2. Ketertarikan yang Kuat pada Posisi yang Dilamar

Salah satu pendekatan yang efektif untuk membuka surat lamaran Anda adalah dengan mengungkapkan kegembiraan atau rasa senang dan ketertarikan yang kuat pada posisi yang dilamar.

Ketika Anda dapat mengungkapkan ini dalam sebuah surat, staf perekrutan yang bertugas akan merasakan hal yang sama.

Caranya mudah seperti ini: jika pelamar ini begitu antusias dengan posisi ini dan perusahaan, berarti dia akan termotivasi dan berdedikasi jika nantinya bekerja sebagai karyawan.

Ini akan mendorong mereka untuk ingin melihat lebih dekat apakah kualifikasi Anda sepadan dengan minat yang Anda tunjukkan.

a. Contoh dalam bahasa Inggris:

I was excited to find an opening in human resources with Gojek because your work with Tokopedia has been important to me for a long time. I am the perfect candidate for this position because it combines my experience with human resources and my skill in managing people.

b. Contoh dalam bahasa Indonesia:

Saya sangat senang mengetahui bahwa Gojek kini telah memperluas kerjasamanya dengan Tokopedia. Sebagai seseorang yang mengikuti perkembangan teknologi di perusahaan startup, kerjasama ini menjadi kesempatan bagi saya untuk bisa menuangkan ide dan gagasan di bidang sumber daya manusia.

Saya percaya, saya adalah kandidat yang tepat untuk posisi ini. Perpaduan pengalaman di bidang personalia dan keahlian dalam manajemen tim akan memberikan kontribusi yang maksimal bagi perkembangan perusahaan ke depan.

Baca juga: Penulisan Amplop Lamaran Kerja yang Benar

3. Kata Kunci

Pembuka Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Saat ini, beberapa perusahaan besar atau multinasional telah menggunakan sistem komputerisasi untuk membaca dan mengurutkan surat lamaran.

Sistem yang dapat melacak pelamar yang masuk berdasarkan kata kunci tertentu (sistem pelacakan pelamar).

Kata kunci tersebut bisa berupa posisi yang dilamar dan juga kata-kata yang berhubungan dengan keahlian dan pengalaman di bidangnya.

Misalnya, posisi pekerjaan humas, kata kunci terkait dapat berupa media, acara, manajemen krisis, dan sebagainya.

Untuk itu, salah satu pendekatan dan cara unik yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan posisi yang dilamar.

Dengan demikian, akan meningkatkan peluang surat lamaran kerja untuk ditandai dan dibaca lebih lanjut oleh manajer HRD yang bertugas.

a. Contoh dalam bahasa Inggris:

Written and verbal communications are two of my strongest areas of expertise.

Through my years of experience in public relations, I have perfected my skills in social media, media relations, community engagement and leading a team.

The combination of these skills makes me the best candidate for your public relations manager.

b. Contoh dalam bahasa Indonesia:

Komunikasi tertulis dan verbal adalah dua bidang keahlian saya yang paling kuat.

Melalui pengalaman bertahun-tahun dalam hubungan masyarakat, saya telah mengasah dan mempertajam keterampilan saya di media sosial, hubungan media, keterlibatan masyarakat, dan kepemimpinan.

Kombinasi keterampilan ini akan menjadikan saya kandidat terbaik untuk menjadi manajer hubungan masyarakat di perusahaan Anda.

4. Jaringan Profesional

Media sosial adalah salah satu cara untuk mengembangkan jaringan profesional Anda. Salah satunya melalui LinkedIn.

Jaringan profesional ini akan sangat berguna ketika Anda memutuskan untuk mencoba peruntungan di perusahaan baru.

Jaringan profesional yang dibangun ini selain menjadi sumber informasi dan berita terkini di industri yang Anda geluti, juga dapat menghasilkan referal atau referensi lowongan kerja.

Nah, jika seseorang dalam jaringan profesional merujuk atau merujuk Anda ke perusahaan atau perekrut, pendekatan terbaik adalah menerapkannya langsung dalam surat lamaran kerja.

Menuliskan nama narahubung yang memberikan referensi akan memberi tahu pemberi kerja dan perusahaan bahwa Anda adalah kandidat kuat.

Apalagi jika perujuknya adalah orang yang berpengaruh di industri yang Anda geluti, atau mereka yang memiliki prestasi tinggi di perusahaan yang Anda tuju.

Biasanya, ketika Anda membaca nama perujuk, Anda akan langsung ditandai sebagai calon pelamar untuk ditindaklanjuti.

Minimal, perekrut akan melihat kualifikasi apa yang Anda miliki, dan menimbang apakah Anda layak untuk mengisi posisi tersebut.

a. Contoh dalam bahasa Inggris:

My name is Jane Doe and recently I spoke to your communications coordinator John Smith, who informed me about the opening in your IT staff.

He recommended I contact you about the job because of my strong interest in the field.

b. Contoh dalam bahasa Indonesia:

Nama saya Jane Salim dan baru-baru ini saya berbicara dengan koordinator komunikasi Anda John Hadiwijaya.

Dia memberi tahu saya tentang pembukaan posisi Staf TI di perusahaan Anda dan merekomendasikan agar saya menghubungi Anda karena dia melihat minat dan keahlian saya di bidang ini.

5. Berita Khusus tentang Perusahaaan

Yang terakhir dari Pembuka Surat Lamaran Kerja yang Menarik yaitu, salah satu cara unik untuk menciptakan kesan positif pada majikan adalah dengan menunjukkan wawasan dan pengetahuan Anda tentang peristiwa terkini sebagai kalimat pembuka surat lamaran.

Apalagi jika peristiwa atau kejadian tersebut berkorelasi langsung dengan perusahaan.

Jelaskan mengapa berita tersebut membuat Anda yakin bahwa Anda adalah kandidat terbaik untuk mengisi lowongan tersebut.

a. Contoh dalam bahasa Inggris:

Recently, your company has been highlighted in numerous national media because of your partnership with kitabisa.com.

After reading those articles, I became inspired to seek employment opportunities with your company and was happy to see an opening for an administrative assistant.

As someone with vast experience in that area, I would be the perfect candidate for the job

b. Contoh dalam bahasa Indonesia:

Baru-baru ini, perusahaan Anda menjadi sorotan di berbagai media nasional karena kemitraannya dengan kitabisa.com.

Setelah membaca artikel tersebut, saya terinspirasi dan sangat antusias untuk mencari peluang kerja di perusahaan Anda, terutama ketika saya mengetahui bahwa ada lowongan untuk karyawan asisten administrasi.

Sebagai seseorang yang cukup berpengalaman di bidang administrasi, saya yakin saya bisa menjadi kandidat kuat untuk posisi tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Curriculum Vitae dan Surat Lamaran Kerja

B. Pembuka yang Harus Dihindari Saat Menulis Surat Lamaran Kerja

Setelah mengetahui Pembuka Surat Lamaran Kerja yang Menarik, kita akan lanjut ke materi selanjutnya.

Saat ini, surat lamaran kerja bahasa Inggris semakin menjadi suatu keharusan ketika melamar ke sebuah perusahaan. Apalagi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan multinasional atau berstandar internasional.

Untungnya, saat ini sudah banyak referensi surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan.

Namun kita sebagai pelamar kerja juga dituntut untuk jeli dan kreatif dalam menggunakan referensi.

Jangan tertipu, karena setiap posisi membutuhkan keterampilan khusus dan setiap pelamar memiliki kekuatan dan kemampuan yang unik.

Jadi, agar surat lamaran kerja Anda dapat menarik perhatian HRD atau perekrut, tulislah surat lamaran dengan bahasa yang lugas, informatif, dan menjual. Terutama untuk kalimat pembuka atau opening.

Hindari tujuh baris pembuka berikut dalam surat lamaran kerja Anda untuk menghindari surat lamaran kerja yang Anda kirim hanya berhenti di meja HRD dan berakhir di tong sampah atau mesin penghancur kertas.

1. “Dear Sir/Madam”, “To Whom It May Concern” Atau “Dear Recruiter”

Surat lamaran kerja harus spesifik untuk siapa. Menggunakan sapaan umum dan umum seperti contoh di atas hanya membuktikan bahwa pelamar tidak mau repot mencari tahu tentang perusahaan yang mereka lamar.

Selain itu, sapaan yang terlalu umum akan membuat manajer HRD mengira pelamar sedang menulis surat lamaran kerja menggunakan template.

Jika pelamar menggunakan template, itu berarti dia tidak cukup serius untuk melamar posisi pekerjaan.

Bukan berarti tidak bisa menggunakan template untuk menulis surat lamaran kerja lho.

Menggunakan template dapat digunakan dan memang menghemat waktu, asalkan kita menyesuaikan dan memodifikasi template agar sesuai dengan posisi yang akan dilamar.

2. “My Name Is…”

Ini adalah sesuatu informasi yang jelas tercantum di tempat lain. Nama pelamar sudah ada di resume atau CV dan di lamaran jika pelamar harus melamar melalui webiste dengan sistem formulir.

Nama juga tertulis di amplop jika surat lamaran dikirim dalam bentuk cetak atau hard copy, dan di (subjek) email yang digunakan untuk melamar pekerjaan.

Bahkan, nama pemohon pasti akan dicantumkan di akhir surat lamaran disertai tanda tangan, bukan?

Karena informasinya jelas, lebih baik hindari kalimat pembuka “My Name Is…” ini. Kalimat pembuka ini menunjukkan pelamar tidak kreatif atau tidak memiliki cukup ide untuk menjual kualifikasinya dalam satu kalimat pembuka yang menarik.

Menggunakan pembukaan “My Name Is…” juga menunjukkan bahwa surat lamaran kerja yang Anda kirim sangat kuno, template modal, dan terlalu bertele-tele.

Seperti yang Anda ketahui, HRD, perekrut atau calon pemberi kerja hanya memiliki waktu beberapa detik untuk membaca surat lamaran kerja yang masuk.

Dan namanya, adalah kalimat pembuka yang paling tidak menarik untuk dibaca di awal surat.

3. “I Am Writing To Express My Interest In/For…”

Saat Anda mengirimkan surat lamaran kerja, tentunya berarti Anda tertarik untuk mengisi posisi pekerjaan yang kosong tersebut.

Jika tidak, bagaimana Anda bisa meluangkan waktu dan tenaga untuk menulis surat lamaran kerja ini. Jadi, tidak perlu menggunakan kalimat pembuka yang bertele-tele seperti ini.

Sebaiknya, segera gunakan kalimat pembuka yang mampu menggambarkan atau menyampaikan posisi apa yang Anda lamar dan mengapa Anda merasa layak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

4. “I Have Enclosed My Resume For Your Consideration…”

Ini juga sama dengan alasan di poin sebelumnya. Resume atau daftar riwayat hidup merupakan hal wajib yang dicantumkan dalam surat lamaran kerja.

Jadi tanpa Anda sebutkan, dokumen tersebut harus ada, atau lamaran pekerjaan yang Anda kirimkan akan langsung dijatuhkan.

Jadi tidak ada gunanya alias tidak ada gunanya menulis kalimat pembuka seperti ini.

Waktu tugas manajer HRD saya pasti sangat terbatas. Hargai dan ringankan pekerjaan mereka dengan membuat surat lamaran yang to the point dan menjual.

5. “My Qualifications For This Job Are…”

Daftar kualifikasi atau keterampilan yang Anda miliki akan ditulis dalam CV Anda secara rinci.

Yang perlu ditulis adalah satu kualifikasi kuat yang Anda miliki, yang dapat membedakan Anda dari pesaing atau pelamar lainnya.

Kalimat pembuka atau kalimat pembuka haruslah sesuatu yang memiliki daya henti, sesuatu yang dapat menarik perhatian.

Kalimat imajinatif yang menggugah rasa ingin tahu dan membuat perekrut ingin terus membaca lamaran kerja hingga akhir.

6. “I Am Probably Not The Best Candidate, But…”

Ini adalah contoh kalimat pembuka yang lemah dan negatif. Nah, jika Anda sendiri tidak merasa yakin bahwa Anda adalah kandidat terbaik untuk posisi yang Anda lamar, bagaimana Anda bisa meyakinkan orang lain, terutama manajer HRD?

Menulis kalimat sederhana dengan nada rendah hati memang merupakan hal yang baik. Tetapi menjadi rendah hati dan kurang percaya diri adalah hal yang berbeda.

Justru sebaliknya, surat lamaran kerja seharusnya terdengar percaya diri dan sedikit narsis.

Selama ditulis dengan gaya kalimat positif, surat lamaran kerja Anda akan benar-benar terlihat menarik dan menonjol dibandingkan pelamar lainnya.

7. “This Job Will Be The Perfect Opportunity To Develop My Skills”

Jelaskan kontribusi yang dapat Anda berikan kepada perusahaan, bukan sebaliknya menjelaskan manfaat apa yang dapat Anda peroleh dengan bekerja di sana.

Ini jelas dua hal yang sangat berbeda. Perusahaan merekrut karyawan untuk dapat memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi dan berkontribusi bagi kemajuan perusahaan.

Untuk itu, perusahaan ingin mengetahui bagaimana kualifikasi Anda dapat menjadi solusi atau kontribusi yang signifikan bagi perusahaan.

Perusahaan adalah badan usaha. Tujuan utama mereka adalah untuk mendapatkan keuntungan. Mereka bukan organisasi nirlaba yang menawarkan pendidikan atau pelatihan gratis.

Kenyataan bahwa setiap pegawai akan mengalami proses berkembang dan menjadi lebih baik, semakin terasah keterampilan dan kemampuannya ketika dapat menunjukkan kinerja yang baik.

Perusahaan tahu dan sadar akan hal itu. Tapi itu bukan alasan utama mereka membutuhkan karyawan. Sekali lagi, mereka membutuhkan solusi atau kontribusi nyata yang dapat Anda tawarkan. Karena itulah nilai jual seorang pelamar di mata perusahaan.

Perhatikan kembali surat lamaran kerja bahasa Inggris yang Anda tulis. Belajarlah berkreasi dalam membuat salam karena nasib surat lamaran kerja Anda ditentukan di sini.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara agar membuat kalimat Pembuka Surat Lamaran Kerja yang Menarik. Hal penting yang perlu diingat adalah menulis surat lamaran kerja yang bersifat pribadi dan spesifik yang menjelaskan keahlian yang Anda miliki.

Jelaskan juga kontribusi yang dapat Anda berikan untuk kemajuan perusahaan. Nah, saatnya berlatih dan meningkatkan peluang Anda untuk diwawancarai dan mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.