Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Resepsionis

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Resepsionis? Resepsionis adalah peran yang sangat umum, terutama di industri yang mengutamakan perhotelan, seperti hotel dan restoran.

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Resepsionis

Resepsionis sering dibutuhkan tidak hanya di hotel dan restoran, tetapi juga di lobi pintu masuk kantor. Pekerjaan resepsionis dianggap wajah paling penting dari kantor.

Berikut ulasan tentang deskripsi pekerjaan, gaji, dan tugas resepsionis

A. Mengenal Resepsionis

Resepsionis adalah karyawan yang bertugas menyambut pengunjung, pelanggan, atau pemangku kepentingan, dan memberi tahu tentang tujuan yang diinginkan.

Resepsionis harus dapat bertindak sebagai jembatan informasi antara manajemen perusahaan dan tamu. Pekerjaan ini berperan sebagai penerima pengunjung di sebuah perusahaan, kantor, atau hotel.

Posisi seorang resepsionis biasanya terletak di depan kantor. Para tamu dapat dengan mudah mencari informasi atau menggunakannya sebagai ilustrasi perusahaan.

Perusahaan biasanya memiliki sekretaris yang merangkap sebagai resepsionis untuk bosnya. Namun, perusahaan besar biasanya memiliki personel khusus.

Untuk menempati posisi sebagai resepsionis, kamu setidaknya merupakan lulusan SMA/SMK yang harus memiliki gelar di Sekolah Manajemen Perhotelan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pendidikan tambahan dengan mendapatkan gelar D3/S1 di bidang industri perhotelan atau manajemen perkantoran.

B. Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Menjadi Resepsionis

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi citra dari perusahaan, salah satunya adalah kehadiran resepsionis.Tetapi ketika tamu melihat perusahaan untuk pertama kalinya, pastinya akan berkomunikasi dengan resepsionis.

Pegawai ini harus memiliki wajah yang cantik, tubuh yang tinggi dan langsing, serta pengetahuan, sikap yang dewasa, dan sikap yang baik dan benar.

Resepsionis harus memperhatikan hal-hal berikut saat bertemu tamu diantaranya jangan biarkan tamu menunggu. Pastikan bahwa kamu menyambutnya dengan ramah dan sopan.

Tanyakan kepentingan atau bantuan yang diperlukan. Kamu juga bisa meminta atau mengarahkan tamu untuk mengisi buku tamu.

Kamu juga perlu memperhatikan kepentingan tamu. Jika orang yang ingin ditemui sedang tidak ada atau pergi, maka perlu menanyakan apakah tamu bersedia untuk menunggu.

Selain itu, jika seorang pimpinan yang hendak ditemui sedang tidak bisa menerima tamu, maka kamu perlu menjelaskan dengan baik dan jangan sampai menyinggung perasaan

Tanggung jawab lain dari pekerjaan ini, kamu perlu memandu, melayani, mengatur, dan memberikan informasi yang dibutuhkan.

Seorang resepsionis harus mampu menjaga percakapan dan memahami apa yang bisa dan tidak bisa dibicarakan dengan tamu. Hindari makanan ringan atau mengunyah permen karet saat jam kerja.

Saat jam kerja, usahakan kamu tidak bergerombol dengan rekan kerja yang lain selain urusan pekerjaan. Pastikan menjaga kamu selalu bersih dan rapi dan terhindar dari barang-barang yang tidak berguna atau tidak berhubungan dengan pekerjaan. Penampilan kamu juga harus selalu lengkap, rapi dan menggunakan sepatu

C. Tugas Resepsionis

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Resepsionis

Tugas resepsionis yang utama adalah menjawab semua panggilan masuk dan menelepon orang atau departemen yang tepat secara langsung.

Seorang pegawai pekerjaan ini juga disibukkan dengan kegiatan administrasi lainnya.Beberapa tugas yang harus dikerjakan diantaranya menerima panggilan masuk dan kemudian menghubungkan pada pihak yang dituju.

Selain itu, tugas lainnya adalah menyampaikan pesan kepada pihak internal maupun eksternal jika ditemukan kendala harus bersedia mencatat dan menyampaikan pada pihak yang dituju.

Seorang resepsionis perlu menerima kedatangan tamu secara ramah dan profesional. Mencatat panggilan masuk dan keluar, dan Membuat laporan kegiatan rutin

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Social Media Specialist

D. Syarat untuk Menjadi Resepsionis

1. Keterampilan

Saat melayani tamu, resepsionis harus bisa menggunakan alat pendukung di mejanya. Misalnya, cara menggunakan komputer dan perangkat lunaknya.

Begitu halnya dengan cara menggunakan telepon dan cara menghubungkan telepon ke pegawai yang tepat di perusahaan. Demikian pula pengetahuan tentang struktur organisasi dan perencanaan bisnis.

Kamu juga harus bisa menyelesaikan pekerjaan dengan berinteraksi dengan tamu dan menyambut yang datang ke perusahaan.

Untuk melakukan ini, resepsionis harus dapat bekerja dengan baik dengan atasan, kolega, bawahan, dan departemen lainnya. Untuk melakukan ini, resepsionis harus memiliki keinginan untuk membantu dan menghormati satu sama lain.

Resepsionis perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik dengan mengatakan sesuatu dengan cara yang lugas, efektif, efisien dan ramah.

Jangan sampai tamu merasa kecewa walaupun keinginannya tidak menjadi kenyataan. Hal ini memungkinkan para tamu untuk memahami dan memaklumi situasi melalui penjelasan yang tepat di meja depan.

2. Perilaku

Bukan hanya karakter resepsionis yang terorganisir dengan baik yang terlihat bagus dan tertata dengan baik. Namun, ada juga hal-hal yang mengelilinginya.

Perlengkapan kerja yang sejenis dengan alat tulis harus ditempatkan dengan benar. Para tamu akan puas dan terkesan dengan pelayanan dari resepsionis yang  sopan, baik,dan bersih.

3. Kepribadian

Resepsionis harus memiliki kepribadian yang baik dan nyaman. Kamu harus bersedia membantu tamu kapanpun dibutuhkan, senang berinteraksi, dan menjadi pendengar yang baik.

Resepsionis yang bertanggung jawab atas pekerjaannya selalu berusaha menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan tepat waktu, tanpa harus selalu diawasi oleh atasannya.

Penerima tamu dituntut untuk dapat melakukan pekerjaannya. Meskipun ada tambahan waktu sebagai bentuk loyalitas terhadap perusahaan.

Selain hal tersebut, pekerjaan ini juga menuntut para pegawainya selalu cepat dalam membuat sebuah keputusan yang akurat ketika dihadapkan dengan situasi di depan kantor

4. Pengetahuan

Resepsionis perlu mempelajari keterampilan umum untuk menyambut tamu dari budaya, ras, dan bahkan negara yang berbeda.

Untuk melakukan ini, Kamu perlu mengetahui budaya atau menerima tamu dari latar belakang yang berbeda. Resepsionis juga perlu mengetahui struktur organisasi dan tanggung jawab masing-masing jabatan di perusahaan.

Selain itu, Juga perlu mengetahui denah perusahaannya untuk menampilkan lokasi atas permintaan tamu. Memiliki kemampuan bahasa internasional juga perlu dimiliki oleh resepsionis.

Hal tersebut merupakan senjata ampuh yang dapat meningkatkan karir resepsionis semaksimal mungkin. Bahkan, dituntut minimal bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Seorang resepsionis disarankan untuk selalu berhati-hati saat menghitung jumlah tamu atau menuliskan hal-hal penting yang berhubungan dengan tamu seperti nama tamu dan segala hal yang dibutuhkan.

Resepsionis harus bersikap baik, raham, dan mudah bergaul kepada karyawan perusahaan dan juga harus mengetahui banyak nama dan jabatan.

E. Kemampuan Menjadi Resepsionis

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Resepsionis

Resepsionis harus bisa melalui semua prosedur di perusahaan tempat bekerja. Untuk itu, kemampuan komunikasi yang baik merupakan kunci terpenting yang harus dimiliki seorang resepsionis.

Hal ini untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan masing-masing pihak. Keterampilan komputer tambahan juga diperlukan.

Ketika sudah menguasai 2 kemampuan dasar tersebut, pastinya kamu akan sangat terbantu dalam melakukan tugas lainnya. Keterampilan komunikasi dan komputer sangat penting dan dapat menjadi persyaratan dan prosedur bisnis.

Itulah mengapa kedua kemampuan tersebut kerap kali menjadi ketentuan penilaian kinerja resepsionis.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji Dan Tugas Voice Over Talent

F. Gaji Pekerjaan Resepsionis

Untuk pemaparan dari pekerjaan, gaji, dan tugas resepsionis terakhir yaitu berkaitan dengan intensif yang diterima.  Pekerjaan ini memiliki cukup banyak peminat.

Posisi ini memang sangat menarik dan memiliki tugas yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Gaji yang diperoleh dari pekerjaan Resepsionis ini berkisar mulai Rp 2 juta sampai dengan Rp 5 juta sesuai perusahaan

Informasi diatas, dikhususkan untuk kamu yang tertarik melakukan pekerjaan ini. mulailah mengasah keahlian yang sesuai dengan pekerjaan dan berlatih untuk meningkatkan skill komunikasi yang baik.

Dengan berlatih sejak dini, kamu dapat meningkatkan peluang untuk bisa menduduki jabatan sebagai seorang resepsionis

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.