Keterampilan Adalah: Pengertian, Macam dan Contohnya

Keterampilan Adalah: Pengertian, Macam dan Contohnya | Tentu anda sudah mengetahui tentang Keterampilan atau kemampuan secara umum.

Keterampilan Adalah: Pengertian, Macam dan Contohnya

Kemampuan atau Keterampilan selalu disebut sebagai skill yang dimiliki seseorang.

Dalam hal kemampuan, memang benar ada banyak jenis kemampuan yang dimiliki setiap manusia.

Ada keterampilan menulis, ada keterampilan berbicara di depan umum, ada keterampilan olahraga, ada keterampilan matematika, dan ada juga keterampilan kepemimpinan.

Meninjau jenis keterampilan juga tidak pernah berakhir jika dijelaskan satu persatu. Setelah melihat berbagai bentuk keterampilan, keterampilan apa yang Anda kuasai?

Atau sampai saat ini kamu belum benar-benar menemukan Keterampilannya?

Tenang karena keterampilan ini bisa dibuat dan dipraktikkan asalkan ada tekad dan kesungguhan untuk belajar.

Kemampuan ini bukanlah sesuatu yang mustahil untuk diterapkan.

Jadi bagi Anda yang memiliki mimpi, keinginan yang membutuhkan keterampilan, tidak perlu khawatir.

Karena Anda dapat membuat dan mempraktikkannya. Tentunya dengan bertambahnya wawasan dan pengetahuan.

A. Tentang Kemampuan

Keterampilan adalah kemampuan dasar manusia yang kemudian secara terus menerus dilatih, diasah dan dikembangkan untuk membuktikan kekuatan seseorang di masa depan sehingga seseorang menjadi ahli dan profesional di bidang tertentu.

Keterampilan dapat berubah atau bertambah dengan adanya proses belajar atau berdasarkan berbagai pengetahuan.

Jika pada awalnya terasa seperti keterampilan tidak ada, namun dengan latihan yang terus menerus, mengasah dan berkembang dari waktu ke waktu, keterampilan muncul dan berkembang melalui proses pembelajaran.

Begitu pula sebaliknya, ketika seseorang memiliki potensi keterampilan tetapi tidak dikembangkan atau dibiarkan begitu saja, peluang dapat muncul karena keterampilan menyusut dalam diri seseorang.

Baca juga: Pantang Menyerah adalah: Pengertian dan Cara Melatih

B. Pengertian Keterampilan

Keterampilan Adalah: Pengertian, Macam dan Contohnya

Keterampilan adalah kemampuan dasar manusia yang perlu dilatih, diasah dan dikembangkan terus menerus sehingga menjadi bukti masa depan dalam tindakannya.

Selain itu, peningkatan keterampilan memerlukan proses penajaman akal atau pemikiran. Untuk mendorong munculnya kemampuan khusus.

Pada dasarnya, keterampilan adalah kekuatan yang ada pada diri seseorang sejak lahir. Dengan kata lain, keterampilan sebagai bakat yang melekat sebagai inti.

Kalaupun ada bakat atau kekuatan dalam diri sendiri harus selalu diasah dan dilatih agar kekuatan tersebut dapat berkembang secara maksimal.

Menjadi berkualitas membutuhkan serangkaian proses. Keterampilan khusus dasar yang dimiliki seseorang dalam bidang atau aspek tertentu kemudian dilatih melalui latihan yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan serta didukung dengan proses pembelajaran yang cermat.

Sampai dengan proses pelatihan dan pembelajaran yang berkesinambungan dan terus menerus, terciptalah pengetahuan yang luas dan mendalam, yang kemudian diterapkan dalam bentuk pengelolaan sektor secara maksimal dan prospektif.

Baca juga: Customer Experience Adalah: Pengertian, Komponen dan Contoh

C. Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli

Keterampilan Adalah: Pengertian, Macam dan Contohnya

Kembali ke fokus pada pengertian keterampilan, tampaknya beberapa tokoh dan ahli memiliki banyak pendapat dan pemikiran tentang keterampilan juga.

Ingin tahu?

Langsung saja kita baca pendapat mereka sebagai berikut.

1. Marvin Dunette

Berbeda dengan pendapat Dunette, yang mendefinisikan keterampilan sebagai pertimbangan kemampuan aktual seseorang yang dimiliki orang lain, itu adalah bentuk proses memperoleh pengetahuan, diperoleh melalui proses pelatihan, latihan, atau melalui pengalaman yang beragam.

Dunette mengatakan bahwa Keterampilan adalah kemampuan yang dibutuhkan seseorang untuk melakukan pekerjaan dalam rencana pengembangan diri.

2. Nadler

Nadler juga memiliki pendapat tentang keterampilan, dimana keterampilan adalah proses peningkatan potensi dan bentuk proses penggalian seseorang.

Tentunya melalui cara dan bentuk kegiatan. Namun, keterampilan ini diterapkan dalam bentuk latihan langsung dan terus menerus.

3. Muzni Ramanto, Soemarjadi dan Wikdati Zahri

Kata Keterampilan dalam bahasa lain mengacu pada kelincahan. Jadi pengertian keterampilan dapat dengan mudah disimpulkan sebagai orang yang mampu menyelesaikan tugas dengan cepat dan benar.

Jika seseorang melakukannya dengan cepat dan masih melakukan kesalahan, maka mereka tidak masuk ke dalam kelompok cekatan.

Ketika seseorang menyelesaikan suatu tugas dengan lambat tetapi dapat dilakukan dengan baik, orang tersebut dikatakan terampil.

4. Spencer

Pemahaman Spencer tentang keterampilan dibagi menjadi beberapa jenis, seperti yang dikutip dari jurnal Researchgate.

a. Kemampuan concern for order (CO)

Pertama, concern for order skills atau disingkat CO, yaitu individu yang termasuk dalam kelompok ini adalah individu yang memiliki motivasi diri untuk meminimalkan ketidakpastian yang dihadapinya.

Terutama dalam hal tugas, informasi, data dan perintah, tipe orang ini sangat memperhitungkan.

b. Intiative (INT)

Ada juga yang namanya inisiatif atau disingkat INT. Tipe orang ini adalah orang yang merasakan dorongan untuk tampil lebih mencolok daripada kebutuhan atau tuntutan pekerjaan untuk melakukan sesuatu.

c. Impact and Influence (IMP)

Ada juga yang menyebut Impact and Influence atau IMP yang mengutamakan treatment untuk membujuk seseorang agar memberikan keyakinan dan mempengaruhi seseorang untuk mendukung niatnya.

d. Keterampilan information seeking

Jenis keterampilan terakhir adalah information seeking atau INFO, yang merupakan jumlah upaya ekstra yang dikeluarkan untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin.

5.Ricky W.Griffin

Keterampilan Adalah: Pengertian, Macam dan Contohnya

Pengertian kemampuan dikatakan oleh Ricky W. Griffin yang membagi kemampuan menjadi dua hal. yaitu:

a. Keterampilan Manajemen Waktu

Yang pertama adalah keterampilan manajemen waktu. Rupanya kemampuan manajemen waktu menghitung keterampilan dengan bijak dan benar.

Ricky W. Griffin menekankan bahwa kemampuan ini menuntun seorang manajer untuk lebih bijak dalam menggunakan waktu yang mereka miliki.

b. keterampilan dalam membuat keputusan

Bentuk kemampuan yang kedua, menurut Ricky W. Griffin, adalah kemampuan mengambil keputusan.

Ini pun sebenarnya masih ada kaitannya dengan kewirausahaan dan kepemimpinan.

Jadi, kemampuan memutuskan sebagai kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah dan kemampuan untuk memecahkan masalah secara tepat dan bijaksana.

6. Gordon

Pengertian keterampilan, menurut Gordon, adalah kemampuan yang dimiliki seseorang. Dimana kemampuan itu berupa implikasi dari sistem pelaksanaan tugas atau kegiatan.

Keterampilan yang didefinisikan oleh Gordon dapat memprioritaskan pengalaman yang dieksplorasi atau proses pembelajaran.

7. Hari Amirullah

Beda ahli beda juga pemikiran, salah satunya pemahaman keterampilan menurut Hari Amirullah yang mengutamakan skill dalam meningkatkan proses diri untuk terus belajar.

8. Robbins

Pengertian keterampilan menurut Robbins memiliki empat jenis keterampilan, yang terbagi menjadi:

a. basic literacy skill

Kemampuan membaca dasar yang mengutamakan kemampuan dasar yang sudah dimiliki seseorang.

Keterampilan dasar yang harus diakui adalah keterampilan mendengarkan, keterampilan berhitung, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca.

b. technical skill

Kedua, technical skills, yaitu keterampilan yang mengutamakan proses pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan bidangnya.

Sektor yang memenuhi syarat sebagai keterampilan teknis meliputi keterampilan komputer, keterampilan merakit ponsel cerdas, dan banyak lagi.

c. interpersonal skill

Robbin mengatakan jenis keterampilan lain, yang disebut keterampilan interpersonal adalah keterampilan yang berfokus pada kekuatan mendasar yang dibutuhkan seseorang untuk berkomunikasi.

Baik dalam bentuk komunikasi personal to personal maupun personal to group dan masih ada banyak lagi yang lainnya.

Yang penting dalam kemampuan interpersonal adalah kemampuan untuk mengungkapkan pendapat dengan cara yang mudah dimengerti.

d. problem solving

Terakhir, keterampilan problem solving, di mana seseorang memiliki kemampuan perspektif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk pemecahan masalah.

Biasanya, orang dengan kemampuan ini memiliki kemampuan berpikir dan kognitif yang baik.

9. Singer

Pemahaman keterampilan, menurut Singer adalah keberhasilan seseorang dalam menyelesaikan suatu tugas, dan keberhasilan dalam menyelesaikan tugas tersebut dilakukan secara stabil.

10. Robert L Katz

Pandangan berbeda tentang keterampilan juga disampaikan oleh Robert L. Katz.

Dia mengidentifikasi kemampuan dalam beberapa bentuk, sebagai berikut:

a. Kemampuan technical skills

Pertama, technical skill atau keterampilan teknis. Seseorang yang memiliki kemampuan ini memiliki kemampuan spesifik.

Misalnya, menjadi lebih mencolok dan gesit dalam pelaksanaan pekerjaan yang terkait dengan teknis dan proses.

Yang dimaksud dengan keterampilan teknis, yaitu pengetahuan teknis yang bersifat spesialisasi.

b. Keterampilan administrasi

Kedua, keterampilan administrasi. Kemampuan ini merupakan kemampuan untuk mengelola pengumpulan data dan mengelola informasi yang akan dilakukan.

Orang dengan kemampuan ini memiliki kekuatan untuk membedakan hambatan apa yang mungkin menimbulkan ancaman dan cerdas dalam mengenali kemampuan kebijakan dan prosedur.

c. keterampilan hubungan manusia

Keterampilan hubungan manusia, dimana orang dengan keterampilan tersebut memiliki kelebihan yaitu dapat memahami seseorang dan memberikan motivasi pribadi atau kelompok.

Orang-orang yang memiliki keterampilan ini cocok dengan manajemen atau sumber daya manusia.

d. keterampilan konseptual

Keempat, keterampilan konseptual. Mungkin kamu tahu skill yang satu ini. Ya, keterampilan konseptual adalah kekuatan dalam hal mengoordinasikan dan mengintegrasikan kebutuhannya sendiri.

Selain itu, orang dengan kemampuan ini memiliki kelebihan dalam menganalisis dan menafsirkan informasi yang diterima dengan baik.

Pekerjaan yang tepat untuk skill ini adalah masuk ke manajemen atau sebagai developer.

e. kemampuan diagnostic

Terakhir, kemampuan diagnostik. Anda mungkin tidak asing dengan istilah ini.

Dengan demikian, menurut Robert L. Kantz, keterampilan diagnostik adalah keterampilan yang menekankan pada kekuatan seseorang untuk mengambil keputusan semata-mata dengan menganalisis dan meneliti sifat kondisi tertentu yang ada.

Dikatakan bahwa keterampilan diagnostik adalah keterampilan yang memberi seseorang kekuatan yang tepat untuk mempelajari kebenaran dari situasi tertentu hanya melalui data atau melalui pengamatan dan bukti.

Baca juga: Copywriter Adalah: Pengertian, Skill dan Prospek

D. Macam Keterampilan

Keterampilan Adalah: Pengertian, Macam dan Contohnya

Robbins mengungkapkan pemikirannya bahwa keterampilan pada dasarnya dibagi menjadi 4 jenis yaitu sebagai berikut:

1. Basic Literacy Skill

Sebagai keterampilan atau kekuatan mendasar yang melekat pada setiap manusia, jenis keterampilan ini mencakup berbagai kekuatan seperti mendengarkan, membaca, menulis, dan kekuatan dalam faktor aritmatika.

2. Technical Skill

Technical Skill sebagai jenis keterampilan yang diperoleh melalui proses penilaian secara eksklusif di bidang teknis.

Technical Skill memiliki contoh antara lain kemampuan mengoperasikan peralatan komputer, memperbaiki berbagai perangkat elektronik seperti smartphone, televisi dan lain-lain.

3. Interpersonal Skill

Kemampuan interpersonal sebagai jenis kekuatan atau kemampuan mendasar yang dimiliki setiap manusia ketika berkomunikasi antar individu atau antar pangkat.

Interpersonal skill untuk memiliki contoh termasuk kemampuan untuk menyampaikan beberapa ide atau pendapat dan bekerja secara kolaboratif dalam tim kerja yang ditentukan.

4. Problem Solving

Problem Solving sebagai kemampuan mendasar dalam diri seseorang yang dapat digunakan secara prospektif dengan dukungan kemampuan berpikir logis seseorang untuk memecahkan suatu masalah.

Baca juga: Design Thinking Adalah: Pengertian, Proses dan Contoh

E. Contoh Keterampilan

Keterampilan Adalah: Pengertian, Macam dan Contohnya

Keterampilan dapat direpresentasikan sebagai berikut:

1. Kemampuan bekerja dengan tekanan

Contoh Keterampilan Adalah kemampuan bekerja dengan tekanan.

Seiring dengan perkembangan zaman, khususnya dalam dunia kerja, seringkali ada kewajiban untuk dapat mengerjakan kelebihan yang dimiliki oleh karyawan dengan penuh semangat.

Dalam hal ini, penekanan berarti sikap yang tetap menunjukkan ketenangan ketika menghadapi tugas-tugas yang kritis atau bermasalah.

Contoh nyata bekerja dengan penekanan yang sering ditemui adalah ketika perusahaan memiliki tujuan yang ditetapkan setiap hari atau minggu, karyawan didorong untuk menyelesaikan tugas dengan tujuan yang ditetapkan sambil tetap tenang dan efisien untuk mencapai tujuan, bahkan dalam kondisi berbahaya.

2. Kepemimpinan atau Leadership

Di semua bidang kehidupan, tetapi juga di lingkungan kerja atau di lingkungan organisasi sosial masyarakat, penting untuk menerapkan kualitas kepemimpinan.

Sebagai contoh, khususnya dalam kaitannya dengan tugas, kepemimpinan adalah kemampuan yang berpotensi untuk memegang status atau posisi tertinggi sebagai manajer atau pemimpin dengan menunjukkan kekuatan untuk memimpin, mengkoordinasikan, atau memotivasi anggota tim secara maksimal.

3. Kemampuan berkomunikasi yang baik

Contoh keterampilan lain yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah kemampuan berbahasa yang baik.

Dalam hal ini, kemampuan berkomunikasi diartikan sebagai komunikasi lisan dan tulisan.

Kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan contoh keterampilan yang berperan penting dalam segala aspek kehidupan.

Komunikasi erat kaitannya dengan proses hubungan yang terjalin dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam tatanan sosial yang mencakup berbagai sektor, diperlukan komunikasi untuk mengungkapkan inspirasi, gagasan, refleksi atau sebagai kebutuhan percakapan antar warga dalam kehidupan sosial.

Sehingga daya tutur yang baik harus benar-benar dimanfaatkan oleh warga dan dikembangkan secara maksimal.

4. Kemampuan bernegosiasi dan persuasi yang baik

Pekerjaan adalah tentang fakta bahwa ranah perusahaan membutuhkan tindakan dan persuasi dalam pengembangannya.

Kekuatan tawar menawar adalah kekuatan untuk mengkonsolidasikan dan mendiskusikan peraturan, baik dengan kelompok internal perusahaan atau dengan pelanggan atau kelompok eksternal perusahaan.

Dan kemampuan persuasi menunjukkan kemampuan untuk mengarahkan atau mengarahkan visi dan misi yang hendak dituju, juga mengajak pihak-pihak terkait perusahaan untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan atau perbaikan perusahaan lebih lanjut dengan beberapa rencana atau pertimbangan yang telah dirumuskan.

Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis, kemampuan bernegosiasi dan persuasi yang baik merupakan bahan utama yang berperan dalam pencapaian misi dan visi perusahaan, serta tujuan bersama yang saling menguntungkan.

5. Keterampilan Menjahit

Bekerja sebagai penjahit membutuhkan keterampilan mulai dari proses pengukuran hingga menemukan peluang pasar.

Menjahit itu sendiri dapat diperoleh melalui pelatihan atau otodidak, tetapi jelas bahwa jenis keterampilan ini diperlukan.

Alasannya karena baju atau pakaian yang dikenakan di samping lebih dibutuhkan daripada kebutuhan primer.

Penutup

Dalam kehidupan sehari-hari, istilah keterampilan sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kita.

Argumennya adalah bahwa keterampilan adalah bagian utama yang sering dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan.

Oleh karena itu, keterampilan dengan makna yang luas dan mendalam dapat diringkas dengan banyak sudut pandang yang berbeda.

Salah satunya adalah pengertian keterampilan, yang menjelaskan pengertian keterampilan sebagai suatu kekuatan yang diserap oleh akal, gagasan, pertimbangan dan dilatarbelakangi oleh daya dalam arti inovatif untuk membuat, mengubah atau menjadikan sesuatu lebih bermakna dan bernilai, sehingga dapat menghasilkan suatu produk yang berharga.

Keterampilan pada dasarnya bersifat kodrati, karena pada hakekatnya kemampuan melekat pada diri manusia sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Ini adalah pemahaman keterampilan dengan beberapa angka dari sudut yang berbeda.

Membicarakan pemahaman keterampilan menurut beberapa ahli, bila diuraikan secara individual, tidak dapat diselesaikan.

Karena ada banyak jenis dan pendapat. Bahkan, Anda juga bisa mendefinisikannya secara mandiri.

Tapi pendapat kita tidak boleh didengar dan didengar karena kita bukan sembarang orang dan kita bukan orang hebat yang banyak membuat penemuan atau banyak meneliti.

Dan suara-suara dari beberapa kepribadian dan ahli yang disebutkan dapat digunakan sebagai dasar dan evaluasi.

Hal ini disebabkan oleh faktor kepercayaan dan integritas karakter. Dan itulah perbedaan antara orang hebat dan orang biasa.

Sekian artikel mengenai Keterampilan Adalah: Pengertian, Macam dan Contohnya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.