Resume Lamaran Kerja: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Resume Lamaran Kerja: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya | Resume adalah dokumen yang mungkin Anda perlukan untuk melamar pekerjaan.

Resume Lamaran Kerja: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Jika Anda mempersiapkan diri, peluang Anda untuk memenuhi syarat sebagai karyawan di perusahaan impian bisa menjadi kenyataan.

Lalu apakah Anda tahu apa itu Resume? Bagaimana cara membuat Resume? Apakah dokumen ini sama dengan CV?

Untuk menjawabnya, Kami akan mengulasnya di artikel ini. Bacalah dengan baik!

A. Pengertian Resume Lamaran Kerja

Apa yang dimaksud dengan Resume ini? Sebenarnya istilah ini memiliki beberapa arti.

Bagi Anda yang sedang atau pernah kuliah, istilah ini mungkin sudah sering Anda dengar. Umumnya, ini mengacu pada ringkasan artikel atau buku.

Anda mungkin telah menerima tugas dari dosen untuk menulis Resume.

Namun, dalam artikel ini, Kami akan mengulas Resume dalam konteks yang berbeda. Yakni yang berkaitan dengan dunia kerja.

Dalam dunia kerja, Resume adalah gambaran singkat tentang pelamar kerja. Berisi beberapa hal yang meningkatkan daya tawar mereka di mata perekrut (Recruiter).

Dokumen ini berlaku dalam resmi dan pelamar biasanya memasukkannya ke dalam lampiran. Sebagai salah satu isi untuk melamar kerja di perusahaan.

Lalu apa bedanya dengan CV? Bukankah CV merupakan deskripsi profil pelamar?

Memang benar, keduanya memiliki peran untuk memperkenalkan diri. Tetapi pada titik tertentu, keduanya adalah dua hal yang berbeda. Untuk mengetahui perbedaannya, silakan baca terus.

Baca juga: Tips Membuat Resume yang Menarik Agar Dilirik Perusahaan

B. Perbedaan CV dan Resume Lamaran Kerja

Penting bagi Anda untuk memahami perbedaan antara resume dan CV. Jangan berikan perusahaan dokumen yang salah.

Misalnya, jika sebuah perusahaan meminta CV, jangan memberikan Resume. Begitu juga sebaliknya. Ketika Anda diminta untuk memberikan Resume, Anda memberikan CV.

Lebih baik lagi jika perusahaan tidak mempersoalkannya. Jika itu menjadi masalah, sayang, kan? Peluang Anda dalam karir impian bisa gagal di tengah jalan.

Nah, untuk memahami perbedaan cv dan resume, Anda bisa melihat tabel yang kami sajikan di bawah ini:

ResumeApa yang beda?CV
Hanya untuk melamar kerjaTujuan pembuatanSelain digunakan melamar kerja, CV juga punya fungsi luas. Misalnya untuk pengenal pembicara seminar, melanjutkan pendidikan, mendapat beasiswa, dll.
Kontennya hanya beriri data diri yang berhubungan dengan bidang kerja yang dilamar (Spesifik)KontenKontennya berupa daftar riwayat hidup yang lebih lengkap sehingga bisa digunakan untuk banyak hal
Biasanya hanya tersusun dalam satu lembar dokumenUkuranBisa 1 halaman namun bisa juga lebih. Mulai 2, 3, bahkan ada juga yang sampai 5 lembar. Tergantung isinya.

Menurut pengamatan kami, CV sebenarnya lebih populer di Indonesia ketika diminta oleh perusahaan kepada pelamar.

Namun meski CV yang dibutuhkan, ada juga pelamar yang ingin memberikan resume. Untungnya, hal ini sering tidak terjadi.

Apa lagi beberapa orang yang menyamakan di antara keduanya.

Tetapi jika Anda sudah tahu perbedaannya sekarang, jangan salah paham. Berikan resume jika perusahaan meminta resume dan berikan CV jika perusahaan meminta CV.

Baca juga: Cara Membuat CV ATS

C. Jenis Resume Lamaran Kerja

Sebenarnya, ada berbagai jenis resume. Jika Anda ingin membuatnya, Anda benar-benar harus mengetahui jenis resume yang berbeda.

Apa sifat dari tipe resume? Kami akan menjelaskannya untuk Anda. Baca penuturannya di bawah ini:

1. Resume Kronologis

Jenis pertama Resume Lamaran Kerja mencakup gambaran umum.

Formatnya terdiri dari profil, pendidikan dan pengalaman profesional, yang disusun menurut posisi waktu. Secara umum, sifatnya dalam urutan terbalik.

Jadi mirip dengan pengungkapan diri. Anda dapat dengan cepat melihat ini sebagai CV.

Kurang lebih, misalnya seperti ini:

Resume Lamaran Kerja: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

2. Resume Fungsional

Format Resume Lamaran Kerja selanjutnya adalah resume fungsional

Berbeda dengan resume kronologis, yang menekankan urutan terbalik, resume fungsional lebih memilih untuk merinci keterampilan yang dibutuhkan dalam posisi pekerjaan.

Di dalamnya, fokus memberikan beberapa hal terkait yang dapat mereka bagikan dengan perusahaan.

Setelah, misalnya seperti ini:

Resume Lamaran Kerja: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

3. Resume Kombinasi

Resume Kombinasi adalah Resume Lamaran Kerja gabungan antara Kronologis dan Fungsional.

Seperti namanya, ini adalah kombinasi. Artinya resume ini memuat dua pola sekaligus dalam satu dokumen.

Tidak hanya bisa kamu isi dengan skill, tapi kamu juga bisa menunjukkan pengalaman kerja agar terlihat lebih menarik.

Resume jenis gabungan ini pasti sesuatu yang menarik untuk digunakan.

Ini misalnya:

Resume Lamaran Kerja: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Baca juga: 5+ Contoh CV Bahasa Indonesia Menarik

D. Cara Membuat Resume Lamaran Kerja

Selanjutnya, bagaimana cara membuat resume lamaran kerja?

Tentu Anda yang membutuhkan dokumen ini ingin mengetahui jawabannya.

Jangan khawatir, kami menjelaskan triknya langkah demi langkah.

1. Tentukan dulu format resume

Cara pertama membuat Resume Lamaran Kerja  adalah menentukan dulu format resume yang ingin kamu buat

Tahukah Anda bahwa ada 3 jenis resume?

Nah, saat Anda memahaminya, Anda harus terlebih dahulu menentukan pola yang ingin Anda buat.

Sebagai bahan untuk melakukan penimbangan, kami mencoba memberikan saran seperti yang diberikan oleh My Future:

Anda dapat menentukan resume kronologis ketika:

  • Pembaca resume kemungkinan adalah orang tua
  • Bidang kerja yang Anda tentukan adalah pekerjaan biasa (bukan tugas pekerjaan saat ini)

Anda dapat menentukan jenis resume fungsional ketika:

  • Anda tidak memiliki pengalaman kerja di bidang yang Anda lamar, jadi Anda harus fokus untuk menunjukkan keahlian Anda
  • Anda memiliki keterampilan yang berarti

Untuk resume kombinasi, Anda dapat membuat dengan menggabungkan yang terbaik dari dua format sebelumnya.

Tapi pastikan hasilnya tidak terlalu panjang. Ingatlah hal ini jika resume hanya dibuat pada satu lembar.

2. Buat Header (Kepala Resume)

Setelah menentukan format resume, langkah selanjutnya dalam membuat Resume Lamaran Kerja adalah membuat header.

Setelah jelas format mana yang akan Anda gunakan, silakan mulai membuatnya.

Hal pertama yang harus Anda buat adalah header atau halaman atas resume. Di bagian ini Anda akan menemukan banyak konten penting. Diantaranya:

  • Nama
  • Nomor telepon
  • Alamat email
  • Alamat surat

Ada 2 key pointer yang kami garis bawahi di bagian header ini. apa itu?

  • Jika Anda membuat resume untuk melamar pekerjaan secara online, Anda tidak perlu memasukkan alamat surat.
  • Ketika memasukan alamat email, Anda perlu memastikan bahwa nama alamat tersebut memberikan kesan profesional. Kami sarankan untuk memberikan nama asli Anda.

Contoh: [email protected] tidak boleh berasal dari email yang tidak memiliki nama baik, contoh: [email protected].

3. Tulis ringkasan

Langkah selanjutnya dalam membuat Resume Lamaran Kerja  adalah menulis ringkasan

Di bawah judul Anda dapat menulis ringkasan dari seluruh isi resume.

Namanya rangkuman, sejujurnya harus dibuat sesingkat mungkin. Kami merekomendasikan hanya satu atau dua kalimat.

Mengapa kalimat sederhana ini penting bagi Anda?

Ini karena akan membantu menjelaskan alasan melamar pekerjaan, terutama jika Anda melamar jalur karir yang sedikit berbeda.

4. Ceritakan tentang pengalaman atau keterampilan Anda

Resume Lamaran Kerja: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Langkah ke empat dalam membuat Resume Lamaran Kerja menceritakan tentang pengalaman atau keterampilan anda,

Pada tahap ke-4, cara pembuatannya berbeda-beda tergantung pada format yang Anda atur pada awalnya.

Kami menjelaskan caranya untuk setiap format.

Resume Kronologis

Bagi Anda yang menggunakan format kronologis, lihat berikut ini:

  • Isi dengan pengalaman kerja Anda, terutama yang berkaitan dengan tempat kerja dan jam kerja di tempat tersebut.
  • Susun dari pekerjaan terakhir yang Anda kerjakan dan berikan penjelasan juga untuk pekerjaan yang sebelumnya.
  • Jika Anda memiliki banyak pengalaman kerja, Anda harus mengurutkannya berdasarkan yang paling terkait dengan pekerjaan yang akan anda lamar.

Resume fungsional

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan resume fungsional, maka ada banyak hal penting yang perlu dipertimbangkan. Berikut poin-poinnya:

  • Buat daftar keterampilan yang terkait dengan posisi pekerjaan tujuan.
  • Karena dunia yang sibuk saat ini membutuhkan orang-orang dengan keterampilan teknologi, keterampilan ini harus disertakan dalam posisi pekerjaan apa pun yang Anda lamar. Keterampilan yang paling dasar misalnya mengetik atau membuat slide presentasi.

Resume gabungan

Bagaimana jika Anda memutuskan untuk membuat format gabungan?

Ini pasti mudah. Anda hanya perlu menyusun dua catatan untuk resume kronologis dan resume fungsional di atas.

5. Riwayat Pendidikan

Langkah selanjutnya membuat Resume Lamaran Kerja adalah riwayat pendidikan

Selain pengalaman kerja, Anda harus menyertakan daftar pendidikan yang telah Anda selesaikan.

Tetapi jika lembaran yang telah Anda siapkan tidak cukup, Anda harus menunjukkan pendidikan terbaru atau pendidikan yang paling tinggi.

Jangan lewatkan ini. Apalagi jika Anda memiliki latar belakang pendidikan di bidang yang relevan.

Ada banyak hal penting yang perlu diperhatikan dalam bagian ini, antara lain:

  • Cantumkan IPK yang didapat, apalagi jika IPKnya bagus (cum laude). Mungkin nilai tambah.
  • Jika Anda pernah mengikuti program pelatihan atau kursus yang berkaitan dengan tujuan posisi tersebut, Anda juga harus mengungkapkannya.

6. Bagikan penghargaan atau pencapaian apa pun yang mungkin Anda miliki

Yang terpenting ketika membuat Resume Lamaran Kerja yaitu membagikan penghargaan atau pencapaian apa pun yang anda miliki.

Meyakinkan perekrut tidak mudah. Terlebih lagi jika mereka bahkan tidak mengenal Anda sebagai pelamar pada awalnya.

Salah satu langkah untuk membuat seseorang percaya pada kemampuan Anda adalah dengan memberikan bukti tentang apa yang dikatakan seseorang.

Anda dapat menggunakan ini jika Anda memiliki ijazah atau sertifikat yang memberikan prestasi tertentu.

Jika demikian, Anda harus memasukkannya ke dalam resume. Masukkan nama, tahun dan area berlakunya penghargaan tersebut.

Hanya pihak atau karakter yang memberikan penghargaan akan memberikan pengaruh nyata.

Ada perbedaan nilai antara penghargaan Lurah dan Bupati.

7. Sebutkan minat pribadi

Poin terakhir ini tidak perlu. Ini hanya opsional. Tapi bisa berpengaruh ketika membuat Resume Lamaran Kerja.

Anda dapat sepenuhnya mengabaikannya jika Anda melihat bahwa ringkasan yang Anda buat terlalu panjang.

Tetapi jika Anda ingin berminat memasukan ini pada akhirnya, Anda dapat memperhatikan beberapa hal:

  • Bagian ini dapat digunakan jika Anda memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas.
  • Anda harus memilih minat yang ingin Anda tunjukkan. Minat yang umum tidak perlu Anda sebutkan. Seperti suka tidur siang, bergosip, minum air putih dan lain sebagainya.

8. Cetak dengan benar

Hal terakhir yang jangan dilewatkan ketika membuat Resume Lamaran Kerja yaitu mencetak dengan benar.

Terakhir, setelah membuat format yang benar, Anda bisa mencetaknya.

Namun, ini tidak berlaku jika Anda menggunakan resume untuk melamar pekerjaan secara online.

Catatan penting dalam mencetak ini adalah:

  • Pastikan kertas memiliki ukuran gramatikal yang baik, Anda tidak boleh menggunakan kertas biasa yang digunakan untuk fotokopi mis. B.70gsm.
  • Pastikan kertas bersih dan bebas dari tinta atau debu.
  • Terakhir, jangan kusut. Gunakan map saat Anda memberikannya.

Meskipun mungkin tampak sederhana, beberapa hal di atas dapat menjadi faktor untuk dipikirkan. Bisa jadi perusahaan menganggap hal seperti itu serius. mungkin kan?

E. Contoh Resume Lamaran Kerja

Berikut ini adalah salah satu contoh resume lamaran kerja yang bisa anda coba

1. Contoh Resume Lamaran Kerja untuk Posisi Content Creator

Jakarta, 30 April 2021

Kepada Yth:

HRD PT Kawan Megah

Jl. Medan Utara N0. 9

Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dari situs loker pada tanggal 29 April 2021, perusahaan ini sedang membuka lowongan pekerjaan. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu sebagai Content Creator.

Karena tujuan itulah saya memberikan beberapa data yang dapat menjadi pertimbangan. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama : Adelia Citta
  • Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 10 Agustus 1997
  • Jenis Kelamin : Perempuan
  • Pendidikan : S1 Perhotelan Sejahtera
  • Alamat : Jl. Kalongan No. 10, RT 01/RW 02
  • No. HP : 08925678432
  • E-mail : [email protected]

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

  • Pas Photo
  • Fotocopy KTP
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotocopy Sertifikat Kompetensi
  • Fotocopy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Adelia Citta.

2. Contoh Resume Lamaran Kerja untuk Public Relations Manager

Jakarta, 30 Mei 2021

Kepada Yth:

HRD PT Surya Jaya

Di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama : Fikri Jaya
  • Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 13 Agustus 1996
  • Alamat : Jalan Jeruk 5 No. 11, RT 01/RW 08
  • No. HP : 081267548932

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak/Ibu Pimpinan untuk diterima menjadi Public Relations Manager di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:

  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotocopy SKCK
  • Fotocopy KTP
  • Pas Foto 4×6

Demikian dokumen tersebut untuk menjadikan bahan pemeriksaan. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Fikri Jaya.

3. Contoh Resume Lamaran Kerja Sederhana

Resume Lamaran Kerja: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Untuk lebih jelas untuk cara membuat Resume Lamaran Kerja bisa lihat video dibawah ini

Penutup

Terakhir, bagi Anda yang hanya ingin membuat resume dengan mudah, ada beberapa situs web yang dapat membantu Anda membuat resume cepat.

Bukan hanya resume, beberapa situs ini juga memungkinkan Anda membuat resume dan surat lamaran yang mungkin Anda perlukan untuk melamar pekerjaan.

Nah, setelah berhasil membuat, Anda bisa menggunakan resume ini untuk melamar kerja.

Resume adalah dokumen pengantar yang tidak dapat Anda abaikan. Jadi anggaplah serius.

Sekian artikel berjudul Resume Lamaran Kerja: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!