Kisi-Kisi Tes BUMN 2022: Soal dan Penjelasannya

Kisi-Kisi Tes BUMN 2022: Soal dan Penjelasannya | Soal Tes FHCI BUMN dan juga Soal tes TKD dan juga Soal Tes Core Values BUMN.

Kisi-Kisi Tes BUMN 2022: Soal dan Penjelasannya

Proses seleksi masuk BUMN bisa dibilang ‘istimewa’ dan sering membuat pelamar menjadi takut. Untuk lolos sebagai kandidat pilihan memang tak mudah. Ada rangkaian tahapan seleksi yang harus dilalui. Yuk, kenali apa saja tahapan tes masuk ke perusahaan BUMN.

Artikel ini merupakan lanjutan dari Pengalaman Tes FHCI BUMN dan Kisi-Kisinya 2022

Kisi-Kisi Tes BUMN 2022: Terdapat 4 Ebook Soal dan Penjelasannya bisa di download di bagian bawah artikel

Tahapan Seleksi dan Kisi-Kisi Tes BUMN 2022

Perlu diingat bahwa ini bukan Tahapan Seleksi FHCI BUMN, akan tetapi tahapan BUMN pada umumnya

Bagi kamu yang ingin berkarier di perusahaan BUMN, kamu perlu tahu apa saja tahapan seleksi yang akan kamu lalui. Dengan mengetahui tes apa saja yang akan dihadapi, kamu bisa menyiapkannya lebih awal dengan baik. Apa saja seleksinya?

1. Seleksi Administrasi

Sebelum masuk ke Kisi-Kisi Tes BUMN 2022, anda perlu memastikan seleksi administrasi.

Seleksi ini merupakan tahapan yang paling umum pada tiap perusahaan. Dalam tahapan ini, kamu diminta mengumpulkan berkas lamaran berupa CV, cover letter atau surat motivasi, serta berkas- berkas lain sesuai persyaratan.

Hampir semua BUMN maupun non BUMN mengadakan tes ini sebagai rangkaian awal seleksi.

Seleksi BUMN untuk fresh graduate biasanya diprogram khusus pada waktu tertentu, bekerja sama dengan lembaga karier dan universitas pada sebuah acara khusus untuk menjaring bibit unggul pada beberapa universitas unggulan.

Ada pula yang membuka e-recruitment pada waktu-waktu tertentu di website resmi perusahaan. Jadi, kandidat hanya perlu unggah berkas administrasi pada laman tersebut sebelum dipanggil ke tahap selanjutnya.

Kunci mengikuti seleksi ini hanya satu, stay update! Pantau terus informasi karir dari kampusmu atau lembaga-lembaga career center terdekat.

Selain itu, rajin-rajinlah memantau website resmi BUMN incaranmu, di tautan laman bumn.go.id. Siapa tahu perusahaan sedang membuka e-recruitment.

2. Tes Tertulis

Kisi-Kisi Tes BUMN 2022: Soal dan Penjelasannya

Tes tertulis disini ada 4 tahap, jadi pastikan tahapan ini agar Kisi-Kisi Tes BUMN 2022 ini dapat maksimal.

Tahap ini yang cukup panjang dan bervariasi pada tiap perusahaan. Beberapa BUMN mengadakan 3 – 4 tahap tes tertulis tetapi beberapa BUMN hanya dua tahap saja. Berikut adalah ragam tes tertulis BUMN:

a) GAT (General Aptitude Test)

Kisi-Kisi Tes BUMN yang pertama yaitu GAT (General Aptitude Test).

Tes ini bertujuan untuk menguji kemampuan dan bakat calon karyawan, di samping itu juga mengukur IQ. Biasanya soal-soal yang diberikan berupa numerik, linguistik, logika, dan pengetahuan umum.

TIPS sukses tes ini adalah berlatih dari contoh-contoh soal GAT dan fokus pada saat mengerjakan agar dapat mengerjakan dengan maksimal.

b) Tes akademik

Tes akademik adalah sesuatu yang penting dan ada dalam Kisi-Kisi Tes BUMN.

Tes ini bertujuan untuk menguji kompetensi kandidat di bidang studi yang dikuasai. Selain itu, untuk mengetahui kedalaman pengetahuan terkait job desc posisi yang akan dilamar.

Misalnya untuk posisi akuntan, tes akademik yang diberikan berupa soal-soal mengenai akuntansi. Sedangkan untuk calon staf teknis, tes akademik berkaitan dengan bidang teknik atau engineering.

c) Psikotes

Tes ini cukup umum digunakan di berbagai perusahaan. Hampir semua BUMN melakukan psikotes untuk rekrutmen terbuka.

Selain menguji kemampuan intelegensi secara umum, psikotes juga memiliki aspek untuk menguji kepribadian kandidat.

TIPS untuk lulus pada tahap ini adalah dengan berlatih soal-soal psikotes.

Untuk Latihan Kisi-Kisi Tes BUMN:

d) Tes Bahasa Inggris

Sebagai perusahaan yang bersaing secara nasional dan internasional, karyawan BUMN harus memiliki nilai plus, yaitu menguasai bahasa Inggris.

Tahap tertulis ini akan menguji kemampuan bahasa Inggris secara tertulis dan terkadang diadakan dalam bentuk tes TOEFL.

Unduh Kisi-kisi tes BUMN dan Latihan Soal BUMN beserta pembahasannya, dibawah ini secara gratis

Selain belajar dari ebook pastikan anda latihan di 100+ Latihan Soal TKD dan Core Values BUMN [Gratis]

3. Seleksi Wawancara

Kisi-Kisi Tes BUMN 2022: Soal dan Penjelasannya

Pada tahap ini, kalian harus dapat meyakinkan perusahaan mengenai kualitas pribadimu. Biasanya tes wawancara BUMN dilakukan antara 2 – 3 tahap, yang paling umum dikenal adalah wawancara HR dan wawancara user.

Beberapa BUMN ada yang melakukan wawancara dengan cara presentasi individu kemudian dilanjutkan presentasi di hadapan direksi, seperti misalnya di perusahaan PT Pupuk Kujang.

Sedangkan pada Bank BRI ada tiga lapis wawancara yakni wawancara awal, wawancara psikolog, dan wawancara akhir. Adapula FGD, sejenis wawancara tetapi dilakukan dengan diskusi kelompok.

Pada beberapa BUMN, kemampuan bahasa Inggris lisan bisa jadi akan diuji dalam tahap ini. Jadi, kalian harus belajar memperkenalkan diri dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam bahasa Inggris.

4. Tes Kesehatan (Medical check up)

Kisi-Kisi Tes BUMN 2022: Soal dan Penjelasannya

Belum selesai sampai tes saja, ada Kisi-Kisi Tes BUMN yang lainnya yaitu tes kesehatan.

Tes kesehatan biasanya dilakukan pada tahap akhir seleksi masuk perusahaan dengan cara medical check up. Nah, pada BUMN, tahap ini tidak dapat dianggap enteng.

Seperti telah diungkapkan, segala biaya kesehatan karyawan menjadi tanggung jawab perusahaan kelak. Juga pada beberapa BUMN, karyawan wajib bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia dan terjun ke lapangan. Jadi, tes ini sangat krusial untuk memastikan karyawan dapat bekerja dengan prima.

Medical check up BUMN biasanya dilakukan dengan detail. Sri Muliati Abdullah, S. Psi, M.A, kembali mengungkapkan ada BUMN yang menggunakan paket khusus medical check up bernilai jutaan untuk memastikan secara fisik kandidatnya tak memiliki masalah apapun.

Bahkan, terkadang juga dilakukan uji ketahanan fisik dengan cara melakukan jenis olahraga tertentu seperti berlari atau berenang.

Baca juga: Apa Itu Tes Medical Check Up dan Tips Lolos Medical Check Up

6. On The Job Training

Tahap ini bervariasi pada tiap BUMN dengan nama yang beragam pula. Namun, umumnya sebelum diangkat menjadi karyawan tetap, kandidat yang lolos seleksi akan menjalani waktu tiga bulan sampai satu tahun untuk bekerja sekaligus training.

Pada akhir training akan dilakukan evaluasi oleh perusahaan. Perusahaan akan memutuskan sesuai kinerja calon karyawan selama periode tersebut, apakah ia layak untuk tetap dipekerjakan atau tidak.

Kisi-Kisi Tes BUMN 2022 ini juga dapat digunakan untuk:

Untuk yang masih bingung apa itu tes core values BUMN? bisa lihat video dibawah ini:

Sekian artikel berjudul Kisi-Kisi Tes BUMN 2022: Soal dan Penjelasannya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!