Manajemen Informatika Adalah: Jurusan dan Prospek Kerja

Manajemen Informatika Adalah: Jurusan dan Prospek Kerja | Adakah teman-teman Loker Pintar yang ingin kuliah jurusan manajemen informatika?

Manajemen Informatika Adalah: Jurusan dan Prospek Kerja

Jurusan ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi para Sahabat yang selama ini mengincarnya.

Tapi buat kamu yang ragu-ragu memilih jurusan kuliah ini, kamu perlu kenalan dulu sama jurusan manajemen informatika ini, lho.

A. Apa itu Jurusan Manajemen Informatika?

Manajemen Informatika adalah jurusan di perguruan tinggi yang mengajarkan mahasiswa bagaimana menggunakan teknologi untuk memfasilitasi kegiatan bisnis.

Mahasiswa jurusan Manajemen Informatika belajar bagaimana menganalisis, membuat, meningkatkan, dan mengelola teknologi informasi.

Jurusan Manajemen informatika dikenal dengan berbagai nama. Ketika Sahabat Loker Pintar mendengar jurusan manajemen informasi, sistem manajemen informasi, manajemen sistem informasi, atau sistem informasi, sebenarnya semuanya sama dengan jurusan manajemen informatika. Jadi, jangan bingung, ya!

Tentang Manajemen Informatika

Manajemen informatika adalah pengetahuan yang mempelajari teori-teori dalam teknologi informasi dan penggunaannya dalam memfasilitasi bisnis perusahaan.

Pada kali ini, manajemen informatika membahas bagaimana merancang sistem yang tepat dan sejalan dengan tujuan organisasi atau bisnis yang sifatnya mendukung kebutuhan dan proses bisnis.

Pengetahuan tentang manajemen informatika berguna untuk membantu bisnis atau organisasi untuk mencapai tujuan secara lebih efisien dan efektif.

Cara ini hadir sebagai jawaban atas kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk mengelola fungsi perangkat lunak agar berjalan sebagaimana mestinya dan berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu, perbedaan jurusan manajemen informatika dan ilmu komputer terletak pada ruang lingkup yang mereka pelajari.

Jika hanya pengetahuan pemrograman yang diajarkan di gelar ilmu komputer, pengetahuan manajemen dan administrasi bisnis diajarkan di gelar manajemen informatika.

Baca juga: Manajemen Adalah: Pengertian Ahli, Ruang Lingkup, Tujuan, Fungsi, dan Jenis

Pengetahuan dan Keterampilan Manajemen Informatika

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mahasiswa jurusan Manajemen informatika mempelajari langkah-langkah untuk menganalisis, membuat, meningkatkan, dan mengelola teknologi informasi. Tapi mari kita jelaskan, teman-teman.

Di jurusan Manajemen Informatika kita tidak hanya belajar ilmu komputer, tetapi juga manajemen operasional dan ekonomi.

Mahasiswa tidak hanya belajar pemrograman, tetapi juga akuntansi, pemasaran, dan bahkan sumber daya manusia.

Mahasiswa belajar bagaimana menciptakan dan menerapkan teknologi informasi dalam dunia bisnis agar tujuannya terwujud.

Pengetahuan manajemen informasi yang dipelajari digunakan untuk membuat, meningkatkan dan menerapkan sistem informasi organisasi (lembaga, perusahaan atau korporasi).

Dengan kata lain, pengetahuan manajemen informatika adalah ilmu untuk memecahkan masalah. Dan begitu juga kita sebagai bagian pemecah masalah ini.

Adapaun pengetahuan dan keahlian manajemen informatika adalah sebagai berikut:

  1. Kemampuan problem solving
  2. Kemampuan berpikir kreatif
  3. Kemampuan observasi
  4. Kemampuan analisis
  5. Tekun, detail, dan rasional

Kenapa Kuliah Jurusan Manajemen Informatika?

Manajemen Informatika Adalah: Jurusan dan Prospek Kerja

Apakah Anda ingin menjadi pemecah masalah yang inovatif dan memiliki kemampuan untuk berpikir di out of the box?

Dalam perjalanan jurusan manajemen informatika, mahasiswa menyerap pengetahuan dan mengasah keterampilan yang diperlukan.

Beberapa mata kuliah Manajemen Informatika yang akan dipelajari di jurusan Manajemen informatika antara lain:

  1. Enterprise Resource Planning,
  2. Manajemen Proyek Teknologi Informasi,
  3. Deployment dan Manajemen Investasi,
  4. Teknologi Informasi,
  5. Manajemen Risiko Teknologi Informasi,
  6. Keamanan Aset Informasi,
  7. Analisis dan Desain Perangkat Lunak,
  8. Desain dan Manajemen Jaringan Komputer,
  9. Desain dan Manajemen Proses Bisnis,
  10. Bahasa Pemrograman,
  11. Sistem dan teknologi informasi.

Komunikasi yang baik adalah bagian penting dari pemecahan masalah. Itu sebabnya mahasiswa belajar bagaimana berbicara dan bekerja dalam tim selama studi kuliah di jurusan manajemen informatika.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari gelar sarjana Manajemen informatika, antara lain:

  1. Bagi sebagian orang, belajar pemrograman komputer menyenangkan sekaligus menantang. Anda kemudian memiliki kesempatan untuk melakukan ini selama studi Anda di jurusan Manajemen Informatika. Anda akan merasakan diri Anda membuat program yang selama ini hanya bisa Anda gunakan.
  2. Lulusan program studi Manajemen Informatika memiliki prospek kerja yang baik saat ini. Jika Anda menyelesaikan gelar sarjana Anda di bidang manajemen informatika, peluang kerja sangat beragam. Semua industri pasti akan mengadopsi revolusi 4.0 dan menggunakan sistem komputerisasi dalam bisnisnya.
  3. Perusahaan besar tidak segan-segan mengeluarkan anggaran yang besar untuk memiliki sistem yang baik untuk meningkatkan usahanya. Setelah kuliah di jurusan Manajemen Informatika, Anda dapat meningkatkan banyak hal. Anda dapat dengan mudah meningkatkan algoritma sistem untuk mendukung kebutuhan bisnis organisasi. Artinya, sebagai lulusan manajemen informatika Anda memiliki kesempatan untuk bekerja dengan upah yang tinggi.
  4. Transfer ilmu di bidang manajemen informatika akan membantu Anda lebih siap menghadapi modernisasi dan perubahan teknologi di masa depan.
  5. Mereka yang belajar di bidang yang berhubungan dengan komputer dan teknologi dianggap oleh seseorang sebagai orang yang pintar. Anda bisa bangga pada diri sendiri atau keluarga Anda jika Anda berhasil sebagai lulusan manajemen informatika.

Baca juga: Sistem Informasi Manajemen Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tujuan

Mata Kuliah Jurusan Informatika

Manajemen Informatika Adalah: Jurusan dan Prospek Kerja

Jurusan manajemen informatika adalah jurusan yang mempelajari teori informasi, desain bisnis, analitik, dan penggunaan teknologi informasi untuk memfasilitasi berbagai aktivitas bisnis suatu organisasi atau perusahaan.

Oleh karena itu, mata kuliah mahasiswa ini semakin mengincar ilmu bisnis melalui pemanfaatan teknologi informasi. Mata kuliah yang akan Anda ambil pada jurusan manajemen informatika adalah:

1. Teori Informasi

Mata kuliah jurusan manajemen informatika pertama adalah teori informasi, di mana Anda akan mempelajari konsep matematika yang berkaitan dengan informasi, mis. Pengumpulan data, kategorisasi, manipulasi penyimpanan data dan penyebaran informasi melalui teknologi.

2. Ilmu Komputer

Mata kuliah jurusan Manajemen informatika hampir sama dengan jurusan sistem Informasi, perbedaannya jurusan ini lebih menitikberatkan pada mahasiswa yang menggunakan Teknologi Informasi daripada Media Manajemen.

3. Pemrograman

Dalam mata kuliah ini Anda akan mempelajari beberapa hal tentang algoritma, matematika dan bahasa pemrograman untuk membuat program atau aplikasi perhitungan.

Selain itu, siswa belajar bagaimana mengelola kegiatan perusahaan seperti perencanaan, koordinasi, pendampingan dan organisasi.

Dan jika jurusan manajemen informatika adalah kombinasi dari keterampilan komputer, administrasi bisnis dan ekonomi bisnis.

Konsentrasi gelar ini adalah pada bidang software atau yang biasa disebut dengan programming, tetapi lebih pada bagaimana penerapannya pada bisnis suatu perusahaan, sehingga tidak heran jika banyak mata kuliah pada gelar ini yang berkaitan dengan ekonomi dan manajemen bisnis.

a. Semester Pertama

Mata kuliah tentang manajemen informatika apa yang dipelajari? Yang ingin ditelaah di jurusan manajemen Informatika untuk mata kuliah semester pertama, Anda akan mendapatkan beberapa mata kuliah sistem Informasi berbasis pengetahuan umum seperti Pendidikan Agama, Manajemen dan Organisasi, wawasan Kebangsaan, Teknologi dan sistem Informasi, Matematika Diskrit, dan Bahasa Pemrograman.

Pada semester pertama Anda akan diberitahu dan disadarkan tentang semua yang perlu Anda ketahui tentang pengetahuan umum dan pengetahuan dasar.

b. Semester kedua

Pada semester kedua, Anda akan menerima mata kuliah di jurusan manajemen informatika, yaitu wawasan Teknologi dan Ilmu Komunikasi, Algoritma dan Struktur Data, Bahasa Inggris, Pengantar sistem Operasi, Arsitektur SI/TI Perusahaan, kepemimpinan dan Keterampilan Interpersonal.

c. Semester ketiga

Setelah itu, pada semester ketiga, Anda akan menerima mata kuliah tentang sistem informasi statistik, desain dan manajemen proses bisnis, desain dan manajemen jaringan komputer, dasar-dasar pengembangan perangkat lunak, pengenalan database dan pemrograman berorientasi objek.

d. Semester keempat

Dan di semester keempat, Anda akan mendapatkan mata kuliah dalam sistem informasi analitis dan desain perangkat lunak, hubungan manusia dan komputer, keamanan aset informasi, desain database, dan pemrograman berbasis situs.

e. Semester lima

Pada semester lima Anda akan menerima mata kuliah tentang sistem informasi Konstruksi dan Pengujian Perangkat Lunak, Manajemen Proyek TI, Riset Operasi, simulasi sistem, Perencanaan Sumber Daya Perusahaan, dan Manajemen Layanan TI.

f. Semester enam

Dan untuk semester 6 akan mendapatkan mata kuliah pada jurusan manajemen informatika yaitu IT Governance, IT Risk Management, IT Supply and Investment Management, dan semua Database Administration Management.

g. Semester tujuh

Selanjutnya untuk semester 7 akan diberikan beberapa mata kuliah yang mungkin berhubungan langsung dengan IT, mis. seperti Pengukuran Kinerja & Evaluasi TI, Kecerdasan Bisnis, Etika Profesi SI, Technopreneurship, Perencanaan Strategis SI/TI, Kerja Praktek dan Mata Kuliah Pilihan.

B. Prospek Kerja Manajemen Informatika

Manajemen Informatika Adalah: Jurusan dan Prospek Kerja

Di era teknologi informasi saat ini, prospek kerja manajemen informatika atau teknologi informasi sangat menjanjikan.

Ditambah dengan perannya sebagai pemecah masalah, seseorang dengan pengetahuan yang baik tentang manajemen informasi atau sistem teknologi informasi sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Karier apa yang biasanya dikejar oleh alumni jurusan Manajemen Informatika?

Kemungkinannya sangat tak terbatas, teman-teman! Programmer, perancang sistem, administrator basis data hingga manajer proyek atau chief information officer adalah beberapa pekerjaan manajemen informatika yang terutama dikejar oleh lulusan jurusan ini.

Pendapatan profesi di bidang manajemen informatika atau ilmu komputer juga cukup baik.

Gaji dari level UMR hingga puluhan juta rupiah bisa dibawa pulang setiap bulannya, namun tentunya hal ini sangat bergantung pada pengalaman kerja dan posisi kerja masing-masing orang.

Nah, untuk prospek kerja jurusan manajemen informatika, Anda memiliki peluang besar, kawan. Kurang lebih bisa bekerja, jadi apa?

1. Programmer

Prospek kerja jurusan manajemen informatika adalah profesi programmer. Programmer memiliki tugas dan tanggung jawab merancang, membuat, dan mengimplementasikan program perangkat lunak untuk tujuan bisnis, pemerintah, dan pendidikan.

2. Teknisi Komputer

Pilihan karir kedua dalam manajemen informatika adalah menjadi teknisi komputer.

Anda bertanggung jawab untuk membuat dan menginstal program dan menyertakan program antivirus di komputer tersebut.

3. Analisis data dan perancang sistem informasi

Manajemen Informatika Adalah: Jurusan dan Prospek Kerja

Prospek kerja jurusan manajemen informatika ini bertujuan untuk memecahkan masalah komputer dengan memberikan berbagai solusi dengan merancang, memodifikasi, meningkatkan, mengelola, dan mengintegrasikan fungsi perangkat lunak sehingga kinerja bisnis dan organisasi dapat ditingkatkan.

4. Manajemen Data

Menurut orientasi ini, sebagai mahasiswa manajemen informatika, Anda bertanggung jawab untuk dapat mengelola dan mengatur semua data perusahaan mulai dari pembuatan, merancang, pemodelan, administrasi dan analisis data organisasi dan perusahaan.

5. IT Manajer

Prospek kerja manajemen informatika adalah menjadi manajer IT. Menjadi manajer IT adalah peluang kerja yang tepat bagi lulusan IT dengan keterampilan manajemen yang baik.

Anda kemudian bertanggung jawab atas semua proses di departemen IT. Sebagai IT manager, Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 8.000.000 hingga Rp 12.000.000/bulan.

6. Database Administrator

Prospek kerja manajemen informatika selanjutnya adalah Anda dapat bekerja sebagai administrator database.

Mereka mungkin ditugaskan untuk mengelola data bisnis dan menyiapkan sebagian dari data tersebut untuk kebutuhan bisnis.

Bagaimanapun, mereka sangat terkait dengan sejumlah besar data atau yang biasa disebut sebagai Big Data.

Anda perlu menyiapkan sistem yang dapat memuat dan memproses berbagai jenis data. Gaji yang bisa didapatkan sebagai karyawan DBA berkisar Rp 4.000.000/bulan.

7. Sistem Analis

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika 1

Prospek kerja manajemen informatika selanjutnya adalah menjadi sistem penelitian.

Tugas Anda sebagai research engineer adalah mengerjakan analisis sistem operasi atau informasi dari perusahaan yang menggunakan sistem.

Anda bisa mendapatkan kisaran gaji mulai dari Rp 6.000.000 hingga Rp 12.000.000/bulan.

8. Konsultan IT

Prospek kerja manajemen informatika adalah menjadi konsultan IT.

Sebagai lulusan manajemene informatika, Anda dapat meniti karir sebagai konsultan IT yang bertanggung jawab pada bagian layanan diskusi di bidang IT seperti software, sistem informasi, elektronik dan lain-lain.

Dengan pengetahuan dan pengalaman yang Anda miliki, Anda dapat memberikan saran terbaik kepada perusahaan yang membutuhkannya.

Dalam karir ini, Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 6.000.000/bulan hingga Rp 11.000.000/bulan.

9. Web Developer

Prospek kerja manajemen informatika sebagai sisi pengembang.

Pengembang situs web adalah seseorang yang bekerja untuk membangun situs web. Mereka bisa sangat terlibat dalam dunia pemrograman dan proses pembuatan website.

Pada dasarnya karir seorang site developer terbagi menjadi dua yaitu frontend developer dan backend developer.

Bekerja di bidang ini Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 6.000.000 hingga Rp 15.000.000/bulan.

Berikut adalah video Prospek kerja manajemen informatika

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!