Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Call Center
Bagaimana Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Call Center? Salah satu departemen yang mungkin Anda hubungi pertama kali ketika Anda membutuhkan bantuan dengan layanan perusahaan pasti call center.
Faktanya tidak hanya itu, masih banyak tugas lainnya. Jadi perannya di departemen sangat penting.
Table of Contents
A. Pengertian Call Center
Menurut definisi, call center adalah layanan panggilan yang dirancang untuk menyediakan berbagai informasi perusahaan. Dengan adanya layanan ini tentunya akan semakin membantu pelanggan. Baik mengenai pelayanan terhadap berbagai keluhan.
Layanan ini secara alami memusatkan informasi tentang perusahaan, agensi, atau produk. Tujuannya agar pelanggan atau yang terkena dampak tidak bingung mencari informasi. Sehingga semuanya terjawab dengan benar.
Pada dasarnya, layanan ini dirancang untuk membantu orang lain terhubung dengan pihak yang bersangkutan. Itulah mengapa tanggung jawabnya sebagai juru bicara sangat penting. Perannya cukup penting bagi sebuah perusahaan.
B. Tugas dan Tanggung Jawab Call Center
Jika Anda mendengar tentang posisi call center, Anda mungkin akrab dengan sebuah peran. Dimana untuk bertanya, tempat mengeluh dan di protes yang berkaitan dengan perusahaan. Tapi tugas dan tanggung jawabnya lebih dari itu, berikut rekapnya.
1. Tugas call center
Berikut sejumlah tugas dari call center.
- Jawab dan lakukan panggilan.
- Dengarkan baik-baik panggilan itu.
- Memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan.
- Menawarkan pelanggan solusi terbaik.
- Menawarkan layanan terbaik.
- Koneksi antara perusahaan dan pelanggan.
- Terima panggilan telepon masuk dalam saluran call center.
- Dengarkan baik-baik panggilan dari pelanggan dan tangani dengan sopan keluhan dari pelanggan.
- Memberikan jawaban atau informasi yang jelas atas setiap pertanyaan dari konsumen terkait produk dan jenis layanan lain.
- Membantu memberikan solusi terbaik bagi pelanggan terhadap masalah yang muncul.
- Tugas call center adalah memberikan pelayanan yang baik, cepat dan ramah kepada setiap pelanggan setia.
2. Tanggung Jawab Call Center
Berikut sejumlah tanggung jawab dari call center.
- Memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh konsumen.
- Menawarkan dukungan dan meningkatkan penjualan kepada konsumen.
- Melakukan kegiatan pemasaran atau pemasaran jarak jauh melalui jaringan telepon.
- Melakukan kegiatan riset pasar secara langsung melalui komunikasi dengan pelanggan.
Komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan mekanisme call center adalah komunikasi dua arah yaitu panggilan masuk dari pelanggan setia ke call center dan panggilan keluar dari call center ke pelanggan setia. Berikut adalah fitur lengkap dan peran call center:
1. Interactive Voice Response (IVR)
IVR atau Interactive Voice Response adalah suara pertama yang langsung didengar pelanggan setelah menghubungi call center.
Fitur ini membantu memilih panggilan pelanggan secara instan, setiap saat.
2. Distribusi Panggilan Otomatis (ACD)
Fitur ini memastikan panggilan secara otomatis dialihkan ke agen yang tepat, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama.
Fitur ini membantu dalam penanganan panggilan yang terstruktur dan memudahkan penyesuaian posisi panggilan-pelanggan.
3. Rute Berdasarkan Keterampilan
Penunjukan tergantung pada keterampilan khusus atau kekuatan karyawan. Peran IVR dalam berurusan dengan pelanggan adalah untuk mengetahui apa yang mereka inginkan dan untuk merujuk staf yang memenuhi syarat dan seterusnya.
Oleh karena itu, jika panggilan berlanjut ke pekerja yang berpengetahuan luas di industri, informasi atau masalah yang dikeluhkan oleh konsumen dapat diselesaikan secara akurat dan efisien.
Hal ini akan mempengaruhi kepercayaan konsumen yang loyal terhadap perusahaan.
4. Rekaman Panggilan
Rekaman panggilan call center berisi riwayat panggilan masuk atau keluar. Dengan demikian, melalui pencatatan tersebut, perusahaan dapat memantau kualitas dan kinerja karyawannya.
Sementara itu, karyawan baru dapat melatih dan memutuskan kualitas panggilan yang sedang berlangsung.
Selain itu, sejak panggilan ini direkam, perusahaan dapat dengan mudah menemukan dan menyelesaikan konflik antara karyawan dan pelanggan setia.
5. Pelacakan Dan Pemantauan Panggilan
Tugas lain dari call center adalah mencari dan memantau panggilan 24/7.
Dengan mengambil langkah ini, perusahaan dapat lebih mudah memantau kinerja karyawan, meningkatkan produktivitas.
6. Meneruskan Panggilan Langsung
Fitur call center ini memungkinkan panggilan dilanjutkan langsung di ponsel karyawan tanpa mengakhiri panggilan.
Misalnya, jika ada karyawan yang tidak dapat menyelesaikan masalah, mereka dapat melanjutkan panggilan langsung ke bagian lain.
7. Integrasi CRM
CRM Integratif memungkinkan karyawan untuk menerima informasi tentang panggilan. Dengan langkah ini, layanan call center menjadi lebih jelas, efisien dan efektif.
8. Laporan Analisis
Laporan analitik menunjukkan jumlah panggilan tidak terjawab, volume panggilan pada waktu yang berbeda, penelepon baru dan kembali dan berbagai informasi penting lainnya.
C. Gaji dan Tunjangan Call Center
Ketika membicarakan gaji untuk Call Center, jawabannya sangat berbeda. Karena tidak hanya satu posisi, tapi beberapa. Alhasil, nominal gaji yang diraih juga berbeda.
Seperti diketahui, posisi call center terbagi menjadi beberapa bagian. Diantaranya adalah operator, agen supervisor sampai customer service. Masing-masing posisi tersebut memiliki jumlah gaji yang berbeda.
Faktor lain yang secara signifikan mempengaruhi gaji dan tunjangan adalah status pekerja. Karyawan baru umumnya memiliki nilai nominal yang lebih rendah dibandingkan karyawan lama. Kemudian nilai sangat dipengaruhi oleh perusahaan tempat Anda bekerja.
Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee
D. Persyaratan dan Kualifikasi Call Center
Meski pekerjaannya terdengar cukup sederhana, yakni menjawab dan menelepon, ada kategorisasi khusus untuk bisa mengisi status tersebut.
Masalahnya adalah bahwa tugas yang dilakukan tidak semudah yang mereka pikirkan. Berikut persyaratan dan kualifikasinya.
1. Pendidikan dan Pengalaman
Seseorang yang menjalankan profesi call center biasanya memiliki lulusan SMA (setara).
Selain itu, mereka biasanya memiliki lebih dari satu tahun pengalaman di industri yang sama. Namun kembali ke peraturan perusahaan yang mengisi kekosongan tersebut.
2. Skill dan Kemampuan
Keahlian khusus yang harus dimiliki oleh seorang call center adalah komunikasi. Masalahnya adalah pekerjaannya berurusan dengan berbagai tipe orang dengan latar belakang yang berbeda.
Selain itu, harus bisa menawarkan jalan keluar. Pengetahuan produk adalah prioritas.
Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Pramuniaga
E. Tips Lolos Wawancara Sebagai Call Center
Wawancara pada dasarnya adalah langkah terakhir dalam proses mencari kerja. Itu membuat peristiwa wawancara menjadi sangat penting.
Oleh karena itu Anda harus menggunakannya dengan baik. Berikut adalah beberapa pertanyaan wawancara call center yang sering ditanyakan.
- Keterampilan mengenai Call Center.
- Pekerjaan dan tanggung jawab sebagai call center.
- Informasi tentang produk dan perusahaan.
- Metode komunikasi yang umum digunakan.
- Bagaimana Anda memberi solusi.
- pengalaman selama bekerja.
- Cara menghadapi pelanggan.
- Berapa gaji yang Anda minta.
Baca juga: Pekerjaan, Gaji Dan Tugas Voice Over Talent
Ini hanya ulasan tentang Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Call Center. Setidaknya beberapa poin di atas menambah pengetahuan bagian ini. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendaftar sebagai call center, Anda akan memahami perannya.
Sekian artikel mengenai Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Call Center, semoga bermanfaat.