20+ Manfaat dan Tujuan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001
Manfaat dan Tujuan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 | Sistem manajemen mutu memiliki efek yang bertahan lama pada perkembangan perusahaan.
Apa manfaat dan tujuan sistem manajemen mutu? Baca pembahasan di bawah ini!
Perkembangan dalam sebuah perusahaan ditentukan oleh kepuasan pelanggannya. Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan perlu meningkatkan kualitas produk dan layanannya.
Selain itu, perusahaan harus memiliki sertifikat ISO sebagai jaminan sistem manajemen mutu.
sistem manajemen mutu didukung oleh empat elemen spesifik, yaitu perencanaan, peningkatan, pengendalian, dan penjaminan mutu.
Salah satu sistem manajemen mutu yang paling banyak digunakan adalah ISO 9001.
Untuk informasi lebih lanjut tentang mekanisme manajemen mutu dan artinya, lihat penjelasan di bawah ini.
Artikel ini merupakan kelanjutan dari penjelasan Manajemen Mutu Adalah: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Fungsi
Table of Contents
A. Apa itu Sistem Manajemen Mutu ISO 9001?
Sistem manajemen mutu dipandang sebagai alat yang membantu perusahaan mempertahankan kualitas mereka secara keseluruhan.
Selain itu, sistem manajemen mutu mencakup sumber daya manusia yang ideal dan berfokus pada kepuasan pelanggan.
ISO 9001 adalah standar yang diakui secara internasional untuk sistem manajemen mutu, yang disebut sebagai parameter global untuk sistem manajemen mutu.
ISO 9001 mendefinisikan persyaratan dan referensi untuk merancang dan mengevaluasi sistem manajemen mutu.
ISO 9001 bukanlah standar produk karena tidak menetapkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh suatu produk (barang atau jasa), tetapi diharapkan jika produk tersebut dibuat dari sistem manajemen mutu internasional maka akan berkualitas baik (standar).
Implementasi ISO 9001
Sistem Manajemen Mutu dengan versi terbaru memiliki 7 (tujuh) prinsip manajemen dan siklus PDCA (Plan, Do, Check, Act), yaitu:
- Customer Focus: Bisnis perlu peka terhadap kebutuhan pelanggan agar pelanggan tetap puas.
- Leadership: Pemimpin bisnis harus mampu mencapai keseimbangan antara manajemen dan karyawan.
- Engagement of people: Bisnis perlu melibatkan semua karyawan untuk memfasilitasi operasional organisasi.
- Process Approach: Dalam hal menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas, perusahaan perlu fokus pada prosesnya.
- Improvement: Konsep ini dimaksudkan untuk mempercepat implementasi tujuan perusahaan.
- Evidence – based Decision Making: Perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan efektivitasnya.
- Relationship management: Saat mengambil keputusan. Keputusan yang dibuat harus didasarkan pada bukti nyata agar dapat diselesaikan secara efektif.
Mengapa ISO 9001 penting bagi perusahaan?
Fokus utama QMS untuk memenuhi dan memberikan lebih dari sekadar kebutuhan pelanggan.
Konsentrasi ini akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi keberhasilan organisasi dalam jangka panjang.
Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 menyediakan infrastruktur, prosedur, proses, dan sumber daya yang diperlukan untuk membantu organisasi memantau, meningkatkan, dan memaksimalkan kinerja untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, layanan pelanggan dan keunggulan produk.
Sertifikasi ISO 9001 membantu organisasi mengomunikasikan proses keterlibatan multi-stakeholder, rekam jejak organisasi, kepuasan pelanggan dan keunggulan kompetitif.
Dengan pemahaman bahwa ISO 9001 memberikan acuan berupa sistem manajemen mutu.
Ada sistem yang memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan darinya, yang mungkin menjadi alasan mengapa perusahaan membutuhkan sertifikasi ISO 9001. Salah satunya adalah:
- Perusahaan memiliki sistem penjaminan mutu dan kualitas yang berstandar internasional.
- sistem jaminan kualitas dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan atau mitra.
- Kualitas produk yang dipertahankan memiliki implementasi langsung atau tidak langsung dari kepuasan pelanggan.
- Penentuan risiko dan peluang dari kerangka dan tujuan organisasi.
- Tahan terhadap kegagalan proses dan kerugian yang berkelanjutan karena perbedaan yang berkelanjutan dalam kualitas produk dan layanan.
- Sertifikasi ISO 9001 mensyaratkan bahwa ada sistem yang terdokumentasi dengan baik di dalam perusahaan. Karena mekanismenya terdokumentasi, dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan audit internal.
B. Manfaat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001
Terdapat Manfaat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, yaitu sebagai berikut:
- Meningkatkan kepercayaan konsumen.
- Jaminan kualitas produk dan proses.
- Meningkatkan produktivitas bisnis dan mendapatkan pangsa pasar.
- Meningkatkan motivasi, kepribadian, dan kinerja karyawan Anda.
- Sebagai alat untuk menganalisis persaingan perusahaan.
- Meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok.
- Meningkatkan efisiensi biaya dan keamanan produk.
- Meningkatkan komunikasi internal.
- Meningkatkan citra positif perusahaan.
- Sistem Terdokumentasi.
- Media untuk pendidikan dan pengajaran.
C. Tujuan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001
Sistem manajemen mutu, khususnya Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, memiliki tujuan khusus yang mendukung pencapaian perusahaan.
Berikut ini adalah tujuan penerapan sistem manajemen mutu di perusahaan.
- Menetapkan standar kerja dalam organisasi atau unit bisnis agar mampu menghasilkan sumber daya yang berkualitas.
- Membantu perusahaan dalam memenuhi misi dan misinya.
- Meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan perusahaan.
- Menciptakan budaya kerja yang kompak, tertib dan terukur.
- Meningkatkan motivasi kerja bagi karyawan atau anggota perusahaan.
- Membantu perusahaan meningkatkan bisnis mereka.
- Perusahaan mampu menghitung kesesuaian antara persyaratan dan kondisi standar tertentu.
- Meningkatkan kepuasan pelanggan karena pemenuhan kebutuhan yang sama dilakukan sesuai dengan persyaratan proses atau produk perusahaan dan konsumen.
- Memobilisasi karyawan perusahaan untuk meningkatkan kemampuan mereka sesuai dengan standar sistem manajemen mutu.
- Mendukung perusahaan dalam menarik karyawan yang handal dan bertanggung jawab untuk tugas masing-masing.
- Meningkatkan integritas di mata pemangku kepentingan di sekitar barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan.
D. Persyaratan untuk ISO 9001:2015
Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 atau ISO 9001:2015 memuat beberapa hal yang penting untuk dipahami dan dilakukan bagi organisasi yang ingin mencapai sertifikasi, yang disebut sebagai Requirement.
Terkait persyaratan tersebut dalam ISO, terdapat klausul atau clause yang memuat beberapa aturan sebagai acuan dalam melakukan sertifikasi ISO 9001:2015.
Dalam panduan ISO 9001:2015 terdapat 10 klausul yang penting untuk dipahami, namun bila diterapkan pada sistem organisasi, fokus implementasinya dimulai dari klausul 4 sampai dengan 10.
Ke 10 klausul tersebut adalah sebagai berikut:
- Scope / Ruang Lingkup
- Normative Reference / Acuan Normatif .
- Terms and References / Istilah dan Definisi
- Context of Organization / Konteks Organisasi
- Leadership / Kepemimpinan
- Planning / Perencanaan
- Support / Dukungan
- Operation / Operasional
- Performance Evaluation / Evaluasi Kinerja
- Improvement / Peningkatan Performa
Untuk lebih jelas mengenai Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 bisa melihat video dibawah ini
Kesimpulan
Pada artikel ini, kami membahas secara singkat ISO 9001:2015 sebagai standar manajemen mutu.
Selain itu, penjelasan berlanjut secara lebih rinci untuk mengeksplorasi beberapa alasan mengapa suatu organisasi membutuhkan ISO 9001:2015.
Selanjutnya sudah kita simak apa saja syaratnya jika ingin mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015.
Sekian artikel berjudul Manfaat dan Tujuan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, semoga bermanfaat.