Pekerjaan, Gaji dan Tugas IT Support

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas IT Support? Anda akan sering menemukan istilah IT Support ketika Anda mencari lowongan di Internet.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas IT Support

Hal ini dikarenakan posisi ini sangat dibutuhkan oleh berbagai jenis usaha. Apalagi di era digital ini semua serba digital.

Apakah Anda memiliki pengetahuan tentang teknologi informasi (TI)? Tahukah Anda bahwa pekerjaan di departemen IT dengan gaji yang cukup tinggi terkenal dengan kualifikasi yang sulit?

Keterampilan di bidang IT saat ini banyak dicari oleh banyak perusahaan, apalagi teknologi yang semakin maju dan membutuhkan tenaga ahli untuk melakukan berbagai hal di sektor ini.

Meskipun tidak terkenal, sebagian besar perusahaan membutuhkan IT Support. Jadi apa sih, IT Support? dan apa tugas IT Support?

untuk menjawab semua pertanyaan diatas mari kita mulai dari pengertian IT Support.

A. Pengertian IT Support

IT Support ringkasan Information Technology Support. Posisi ini biasanya berperan sebagai sosok yang mengurus segala hal yang berkaitan dengan dunia IT.

IT Support adalah tenaga ahli dalam bisnis atau organisasi yang bertanggung jawab untuk menginstal, mengevaluasi dan memperbarui tiga objek tertentu yaitu komputer, perangkat lunak dan meningkatkan mekanisme jaringan atau sistem jaringan.

Baik merancang maupun pengujian dan ada banyak kualifikasi terbalik yang juga cukup sulit.

Dapat dikatakan bahwa sektor ini adalah karir yang pegang oleh seorang yang mempunyai keahlian. Masalahnya, tidak semua orang mampu melakukan pekerjaan yang diembannya.

Karena itu dibutuhkan pengetahuan dan keahlian tentang komputerisasi dan penguasaan bidang IT.

Karir sebagai IT support kini menjadi salah satu posisi yang berjalan dengan sangat baik. Ini karena kemungkinannya terbuka karena sangat dibutuhkan di berbagai sektor. Selain itu, gaji yang diterima juga tidak sedikit.

B. Tugas dan Tanggung Jawab IT Support

Pekerjaan, Gaji dan Tugas IT Support

Di satu sisi, Anda dapat memahami tugas dan tanggung jawab karir ini dari namanya. Pada dasarnya, bagaimanapun juga karir terdiri dari berbagai pekerjaan lainnya dan agak sulit.

Berikut adalah serangkaian tanggung jawab dan tugas IT Support.

  • Pastikan semua komputer dalam kondisi baik.
  • Pastikan semua komputer terhubung.
  • Pastikan semua program bekerja dengan baik.
  • Memastikan keamanan data untuk semua pengguna.
  • Perbaikan dan pengecekan.
  • Cadangan data pengguna.
  • Periksa dan pastikan semua komputer yang digunakan pengguna dapat digunakan
  • Periksa dan pastikan semua komputer terhubung ke jaringan
  • Periksa dan pastikan program yang digunakan pengguna dapat berjalan dengan baik
  • Pastikan data pengguna di komputer tidak dapat dibaca atau diambil alih oleh orang yang tidak berwenang
  • Perbaiki komputer pengguna yang rusak
  • Perbarui mekanisme atau program operasi secara berkala
  • Pastikan fungsi seperti printer dan scanner dapat berfungsi
  • Membuat atau merakit jaringan dan kabel jaringan
  • Instal antivirus untuk keamanan komputer
  • Dan ada banyak tugas lainnya.

Beberapa tugas IT Support ini biasanya akan dikerjakan bersama developer frontend atau developer backend karena pekerjaan mereka ini saling terkait.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Content Writer

C. Gaji dan Tunjangan IT Support

Mirip dengan karir lain, IT Support memiliki gaji yang berbeda. Itu tergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja. Karena standar gaji yang diterima adalah Rp 4.000.000 – Rp 7.000.000. Tapi nominalnya bukan angka tetap.

Salah satu faktor yang mempengaruhi nilai gaji adalah tempat tinggal pekerjaan.

Permasalahannya, setiap kota atau daerah memiliki peraturan yang berbeda dalam menentukan gaji minimum. Akhirnya, gaji yang ingin Anda terima juga tidak sama.

Selain tempat tinggal, status dan tugas IT Support yang dilakukan juga menentukan upah.

Status karyawan sebagai pemikiran perusahaan saat pemberian gaji. Dalam hal pegawai tetap atau pegawai kontrak, nilainya akan berbeda-beda sampai dengan keahliannya.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Staff Development

D. Syarat Dan Kualifikasi IT Support

Pekerjaan, Gaji dan Tugas IT Support

Tentu saja, salah satu hal yang diperlukan untuk IT Support adalah memahami semua mekanisme di sekitar komputer dan jaringan.

Namun pada kenyataannya itu tidak cukup karena masih ada kategorisasi yang berbeda yang perlu dibenahi. Berikut beberapa persyaratan dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pada umumnya perusahaan akan mengutamakan beberapa pelamar yang memiliki latar belakang pendidikan D3 dan S1. Selain itu, jurusan yang diprioritaskan adalah teknologi informasi. Namun bukan berarti lulusan SMK tidak punya kesempatan.

Anda tidak perlu gelar sarjana untuk bekerja sebagai IT Support. Tingkat minimal IT Support adalah sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan jurusan komputer, teknologi dan informasi.

Jika Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman yang baik di bidang IT, maka Anda tentu berkompeten untuk menjadi IT support.

2. Skill dan Kemampuan

Pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk memiliki keterampilan dan skill IT dasar. Salah satunya adalah memahami analisis dan pengoperasian perangkat dan jaringan. Selain itu perlu menguasai database dan lain-lain.

Nah, Anda akan bertemu tidak hanya dengan komputer dan mekanismenya. Terkadang Anda bertemu dengan pelanggan dengan berbagai jenis masalah.

Tidak jarang banyak orang yang tidak bisa mengontrol emosinya. Kesabaran diperlukan untuk posisi ini.

Berikut adalah kemampuan yang harus dimiliki IT Support:

  • Kemampuan dasar IT
  • Memahami dan menguasai segala sesuatu yang berhubungan dengan komputer
  • Memahami konsep kerja switch, router dan hub
  • Bisa buat kabel jaringan atau kabel jaringan
  • Memahami beberapa jaringan komputer dasar
  • Menguasai dan memahami program komputer yang digunakan oleh karyawan
  • Bisa melakukan instalasi komputer
  • Menguasai dasar programmer

Sebagai IT Support, Anda memerlukan pengetahuan yang luas tentang program berlangganan di perusahaan seperti program Ms Office, Auto Cad, SAP dan masih banyak lagi yang lainnya tergantung pada skala dan industri perusahaan.

Selain pada perangkat lunak, IT Support juga memerlukan pemahaman tentang perangkat keras yang baik untuk mendukung kinerja komputer atau jaringan.

Misalnya seperti switch, router, power supply dan hub dan masih banyak lagi. Namun dalam hal ini perlu adanya batasan karena saat memasuki fase perbaikan karena bukan tanggung jawab IT support lagi.

Tugasnya hanya menganalisis dan memutuskan masalah yang muncul. Kemampuan tersebut diperlukan untuk mendukung tugas IT Support.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Backend Developer

E. Tips Lolos Wawancara Sebagai IT Support

Tes wawancara membuat beberapa orang takut. Pasalnya, pada tahap ini pihak perusahaan sedang mengambil keputusan. Berikut adalah beberapa pedoman yang biasanya ditanyakan saat wawancara.

  • Manajemen waktu.
  • Memahami tanggung jawab dan tugas IT Support.
  • Menyiapkan materi informasi tentang IT.
  • Maintenance dasar jaringan dan komputer.
  • jadilah profesional

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Front End Developer

Kesimpulan

Itu saja gambaran IT Support, mulai dari pemahaman, pekerjaan, gaji hingga persyaratan dan pedoman untuk lulus wawancara. Semoga informasi ini dapat membantu Anda memahami pekerjaan atau kualifikasi IT support.

Salah satu hal terpenting yang Anda persiapkan adalah memahami semua elemen IT. Ini meningkatkan peluang untuk diterima.

Sekian artikel mengenai Pekerjaan, Gaji dan Tugas IT Support, semoga bermanfaat,

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!