Pemahaman Dasar-Dasar Manajemen

Bagaimana Pemahaman Dasar-Dasar Manajemen? Manajemen adalah seni atau kemampuan seseorang untuk mengelola, mengatur, dan menyelesaikan tugas melalui seseorang atau pendelegasian pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama dalam organisasi.

Pemahaman Dasar-Dasar Manajemen

Konsep dasar manajemen dapat didefinisikan sebagai cabang ilmu pengetahuan dan pengetahuan, sebagai seni, sebagai profesi atau sebagai proses.

Artikel ini merupakan rangkuman singkat, untuk penjelasan lengkapnya silahkan lihat artikel yang sudah kami publish sebelumnya untuk penjelasan tersebut

Pengertian manajemen penting untuk pemahaman Dasar-Dasar Manajemen, manajemen diartikan sebagai suatu proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing), pengkoordinasian (coordinating) dan mengontrol (controlling) semua sumber daya yang ada dan dimiliki dalam rangka mencapai suatu tujuan bersama agar lebih efisien dan efektif.

Pengertian Manajemen bisa dilihat di artikel Manajemen Adalah: Pengertian Ahli, Ruang Lingkup, Tujuan, Fungsi, dan Jenis

Ada pemahaman yang berbeda tentang manajemen dan tidak ada pemahaman yang seragam.

Karena konsep dasar manajemen adalah yang sangat luas dan dapat mencakup berbagai faktor.

Manajemen dapat diringkas sebagai ilmu dan pengetahuan, sebagai seni, sebagai karir atau sebagai proses, sehingga pengertian manajemen memiliki banyak arti dan makna.

Anda bisa melihat Fungsi Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

A. Konsep Dasar Manajemen

Pemahaman Dasar-Dasar Manajemen

Secara umum terdapat 4 (empat) konsep dasar manajemen yaitu manajemen sebagai pengetahuan, manajemen sebagai seni, manajemen sebagai profesi dan manajemen sebagai proses.

1. Manajemen sebagai Ilmu

Manajemen dapat dieksplorasi sebagai ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, ilmu manajemen dipelajari secara struktural dan teoritis, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana orang-orang dapat bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi atau perusahaan, dengan menggunakan mekanisme dan sistem yang awalnya ditetapkan.

2. Manajemen sebagai seni

Manajemen juga dapat diringkas sebagai seni. Secara umum, manajemen sebagai seni adalah seni untuk mencapai hasil yang optimal dengan upaya minimal untuk mencapai kesejahteraan dan kesuksesan yang optimal bagi banyak pemimpin atau karyawan dalam suatu organisasi atau bisnis.

3. Manajemen sebagai profesi

Manajemen juga dapat berfungsi sebagai karir atau bidang pekerjaan. Dalam hal ini, orang yang bergelut di departemen manajemen biasanya disebut sebagai manajer yang memiliki keterampilan untuk mengarahkan, merencanakan dan melaksanakan kegiatan manajemen perusahaan di bidang produksi, pemasaran, keuangan dan sumber daya manusia.

4. Manajemen sebagai sebuah proses

Manajemen dapat didefinisikan sebagai proses tertentu. Dengan kata lain, manajemen memiliki arti sebagai suatu proses yang dibagi menjadi perencanakan, koordinasi, pelaksanaan dan pengendalian yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur untuk mencapai tujuan yang ditentukan perusahaan.

Baca juga: 7 Unsur Manajemen dan Penjelasannya

B. Prinsip-Prinsip Manajemen

Pemahaman Dasar-Dasar Manajemen

Menurut Henry Fayol, ada 14 prinsip manajemen yang spesifik, antara lain sebagai berikut.

  1. Pembagian kerja (division of work)
  2. Wewenang dan tanggung jawab (authority and responsibility)
  3. Kedisiplinan (dicipline)
  4. Kesatuan perintah (unity of command)
  5. Kesatuan pengarahan (unity of direction)
  6. Mengesampingkan kepentingan individu (subordination of individual interest)
  7. Penggajian pegawai (remuneration)
  8. Pemusatan (centralization)
  9. Rantai hierarki (scalar chain)
  10. Ketertiban (order)
  11. Kesetaraan (equitity)
  12. Stabilitas kondisi pegawai (stabilization of tenure of personnel)
  13. Inisiatif (initiative)
  14. Kesatuan dan semangat (esprit de corps)

C. Bidang-Bidang Manajemen

Pemahaman Dasar-Dasar Manajemen

Penting juga memahami dasar-dasar manajemen, yaitu manajemen berdasarkan bidangnya, terdapat 5 (lima) jenis manajemen.

Di bawah ini kami uraikan apa itu bidang manajemen dan bagaimana mereka dipahami dan penjelasannya.

  1. Manajemen produksi, yaitu kegiatan untuk mengoptimalkan dan mengefektifkan kegiatan produksi melalui pengaturan berbagai faktor produksi, seperti sumber daya, bahan baku, tenaga kerja, mesin dan peralatan, dan lain-lain.
  2. Manajemen pemasaran, yaitu area manajemen yang berhubungan langsung dengan pelanggan serta pemasaran dan penjualan produk dari produsen ke pelanggan.
  3. Manajemen Keuangan, yaitu bidang manajemen yang menitikberatkan pada pengendalian dana dan keuangan perusahaan agar lebih efisien dan efektif.
  4. Manajemen sumber daya manusia (SDM), yaitu bidang manajemen yang menitikberatkan pada kegiatan yang berhubungan dengan tenaga kerja atau karyawan perusahaan.
  5. Manajemen Akuntansi/Administrasi, yaitu bidang manajemen yang berfokus pada penyediaan layanan informasi akuntansi dan administrasi untuk mengambil keputusan tentang aturan dan operasional perusahaan.

D. Teori Manajemen

Pemahaman Dasar-Dasar Manajemen

Dalam Pemahaman Dasar-Dasar Manajemen, anda perlu memahami ilmu manajemen, ada 6 (enam) teori manajemen utama yang dibagi ke dalam aliran yang berbeda.

  1. Aliran klasik, yaitu aliran  yang menggambarkan manajemen menurut beberapa fungsi manajemennya dalam pelaksanaan fungsi tersebut.
  2. Aliran manajemen ilmiah, aliran yang menggunakan pengetahuan matematika dan statistik untuk meningkatkan teorinya melalui analisis kuantitatif.
  3. Aliran perilaku adalah aliran yang berfokus pada faktor manusia dan pentingnya manajemen dalam memahami perilaku dan sikap manusia.
  4. Aliran manajemen berbasis hasil, yaitu aliran yang berfokus pada pertimbangan beberapa hasil yang dicapai, bukannya hubungan aktivitas karyawan.
  5. Aliran analisis sistem, yaitu aliran yang berfokus pada isu-isu yang terkait dengan sektor lain dalam rangka penyempurnaan teori.
  6. Aliran manajemen mutu, yaitu aliran yang berfokus pada berbagai upaya untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Berikut video untuk mendukung anda memahami dasar-dasar manajemen

Setelah selesai mengulas beberapa dasar-dasar manajemen, termasuk pemahaman, sektor, konsep dan teori aliran manajemen.

Sekian artikel berjudul Pemahaman Dasar-Dasar Manajemen, semoga bermanfaat,

Semoga pengetahuan tentang beberapa manajemen dasar dapat bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!