Pekerjaan, Gaji dan Tugas CMO

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas CMO? Dalam struktur posisi perusahaan terdapat beberapa unsur kepemimpinan. Tidak hanya CEO, tetapi juga CMO.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas CMO

Dalam perusahaan besar terdapat berbagai bidang yang perlu ditangani oleh orang-orang yang mumpuni di bidangnya.

Menurut Market Business Review, pengertian CMO adalah jabatan manajerial atau pemimpin yang tanggung jawabnya berada di dalam departemen pemasaran atau marketing.

Individu yang memegang posisi ini dituntut untuk bekerja secara kolaboratif dengan pemimpin lain untuk melaksanakan pekerjaannya.

Dan berbagai sumber lain mengatakan bahwa CMO sama dengan marketing director.

Namun, banyak yang mengatakan bahwa tanggung jawab CMO lebih luas daripada tanggung jawab marketing director.

Forbes menulis bahwa posisi ini merupakan posisi yang cukup menakutkan. Masalahnya adalah bahwa seorang CMO tidak hanya berurusan dengan masalah pemasaran, tetapi juga untuk mengembangkan bisnis. Inovasi besar sering kali datang dari kerja kerasnya.

Sebelum melangkah jauh ke Tugas CMO sebaiknya kita mengetahui dulu apa pengertian dari CMO ini.

A. Pengetian CMO

Chief Marketing Officer (CMO) adalah eksekutif perusahaan yang bertanggung jawab atas aktivitas dalam organisasi yang terkait dengan penciptaan, komunikasi, dan penyampaian penawaran yang bernilai kepada pelanggan, klien, atau mitra bisnis.

Tugas CMO adalah untuk memfasilitasi pengembangan dan meningkatkan pemasaran dengan menciptakan ide pemasaran mendalam yang mendorong kesadaran merek dan membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif.

Untuk mencapai tujuan mereka sendiri dan secara efektif membuat profil perusahaan mereka, CMO harus menjadi pemimpin yang luar biasa dan menangkap suara konsumen di semua organisasi.

CMO umumnya melapor kepada CEO atau Chief Operating Officer (COO) dan memegang gelar berkelanjutan dalam bisnis dan pemasaran.

Dari pengertian diatas tentu sudah paham bukan Tugas CMO, jika masih belum. Mari kita lanjut ke penjelasannya.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Front Office

B. Tugas dan Tanggung jawab CMO

Pekerjaan, Gaji dan Tugas CMO

Chief marketing officer adalah orang yang memiliki berbagai tugas dan tanggung jawab di bagian pemasaran.

Anda harus bisa menentukan tujuan dan mencapai tujuan pemasaran. Segala arah dengan keuntungannya masing-masing harus diterapkan dalam strategi pemasaran.

1. Tugas CMO

Tugas CMO yang harus bertanggung jawab untuk memutuskan taktik pemasaran yang tepat untuk bisnis.

a. Menentukan tujuan pemasaran dan target

Tugas CMO yang pertama yaitu menentukan tujuan pemasaran dan target perusahaan.

Sebagai pemimpin bisnis, seorang CMO bekerja untuk mengatur tujuan pemasaran dan menghasilkan keuntungan.

Selain itu, tujuan yang berbeda diterapkan dengan setiap pencapaian dalam bentuk strategi pemasaran.

CMO bertanggung jawab untuk memutuskan strategi apa yang sesuai untuk bisnis.

Oleh karena itu, seorang CMO harus mampu mengkomunikasikan berbagai keputusan baik kepada pimpinan perusahaan maupun bawahannya agar arahan pemasaran dapat dilaksanakan.

b. Sesuaikan strategi dengan anggaran

Menyesuaikan strategi dengan anggaran merupakan salah satu Tugas CMO.

Setelah tujuan perusahaan dan pencapaian pemasaran telah ditentukan, tugas CMO lainnya adalah mengawasi implementasinya.

Berbagai strategi yang dilakukan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, CMO harus mengawasi implementasi untuk memastikannya sesuai dengan anggaran.

Kinerja pemasaran yang baik ditunjukkan dengan kesesuaian antara anggaran dengan jumlah hasil yang dicapai.

Oleh karena itu, jika terjadi masalah dalam prosesnya, seorang CMO juga harus mengambil keputusan tentang penerapan strategi pemasaran ini.

c. Analisis strategi perusahaan

Tugas CMO selanjutnya yaitu menganalisis trategi perusahaan.

Setelah strategi berhasil diterapkan, CMO perlu mengetahui apa yang terjadi dalam proses itu.

Selain untuk memastikan strategi berjalan sesuai dengan ide dan anggaran yang diputuskan, hal ini dimaksudkan untuk menentukan strategi ke depan.

Dengan pemahaman yang mendetail tentang kondisi pasar dan bisnis, seorang CMO dapat menganalisis keakuratan strategi yang dilakukan untuk menentukan strategi untuk masa depan.

d. Pahami strategi pemasaran terbaru

Pahami strategi pemasaran terbaru merupakan Tugas CMO yang cukup penting.

Dunia marketing atau pemasaran adalah dunia yang aktif. Perubahan selalu ada dan tidak pasti.

Sebagai CMO, tentu tugas CMO untuk memahami perubahan. Hal ini dilakukan agar strategi yang dijalankan tidak tertinggal dari perusahaan lain.

Karena itulah, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, berbagai inovasi kerap datang dari CMO.

Hal ini disebabkan kemampuannya untuk memahami dinamika pemasaran dan mampu beradaptasi dengan cepat.

e. Berpartisipasi dalam pengembangan perusahaan

Tugas CMO yang terakhir adalah berpartisipasi dalam pengembangan perusahaan.

Dengan menggunakan berbagai strategi, seorang CMO secara otomatis berperan dalam perkembangan perusahaan.

Bahkan, seorang CMO bisa menjadi penghubung antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Ini sering terjadi ketika seorang CMO menghadiri rapat pemasaran.

Dalam hal ini, tugas CMO adalah menjalin hubungan dengan pihak lain untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis.

2. Tanggung Jawab CMO

Selain itu, ada banyak tanggung jawab yang perlu dijalankan, antara lain:

  • Menganalisis strategi pemasaran perusahaan
  • Memiliki pemahaman yang baik tentang stretegi pemasaran terbaru
  • Berpartisipasi dalam pengembangan perusahaan
  • Meningkatkan pengembangan berbagai instrumen pendukung

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Promotor Sales

C. Gaji dan Tunjangan CMO

Pekerjaan, Gaji dan Tugas CMO

CMO adalah posisi tertinggi dalam pemasaran. Di era digital ini, bahkan akan membuat tugas dari sisi pemasaran menjadi lebih mudah.

Juga tidak menutup kemungkinan seorang chief marketing officer dipromosikan menjadi CEO.

Tempatnya tertinggi di departemen pemasaran karena itu chief marketing officer harus mendapat bayaran tertinggi di departemen pemasaran.

Namun, tergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja, hal ini sesuai dengan beban dan tanggung jawab yang harus Anda pikul.

Untuk perusahaan besar biasanya membayar Rp 125.000.000 sampai Rp 200.000.000 sebagai gaji pokok. Dan untuk support dan bonus yang diberikan diluar dari nominal yang tertera.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Karyawan Kantor

D. Persyaratan dan Kualifikasi CMO

Chief marketing officer merupakan faktor yang sangat penting karena membuat merek berkembang dengan cepat atau tidak.

Pemasaran berjalan lancar ketika Anda memiliki pemimpin pemasaran yang terbaik dengan kualifikasi yang disukai.

Kinerja seorang CMO dapat diukur dari keuntungan yang diperoleh perusahaan. Sebagus apapun produk yang ditawarkan, jika rencana dan strategi pemasarannya salah, tidak bisa diterima secara baik oleh warga.

1. Pengalaman dan Pendidikan

Anda akan menjadi chief marketing officer jika Anda telah berhasil menyelesaikan setidaknya satu gelar S2 di bidang pemasaran.

Anda juga harus memiliki setidaknya sepuluh tahun pengalaman dalam pemasaran dan kepemimpinan.

a. Punya visi, misi dan rencana strategis

Pemasaran merupakan halaman penting yang mendorong perkembangan perusahaan.

Oleh karena itu, CMO harus menjadi seorang idealis yang dapat membantu tim kepemimpinan membuat keputusan yang berpikiran maju berdasarkan peluang dan tantangan pemasaran.

Rencana strategis berkaitan erat dengan misi perusahaan. CMO memainkan peran penting dengan kemampuan mereka untuk melihat tren dan skema pasar.

Jika CMO dapat mengidentifikasi kebutuhan pasar sebelum kompetitor, perusahaan memperoleh kekuatan laba yang signifikan.

2. Analisis dan interpretasi data

Tidak ada bisnis yang dapat bertahan di era digital tanpa mekanisme pemasaran berbasis data, yang mencakup perangkat lunak canggih yang mampu mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah besar.

CMO membutuhkan keterampilan analitis untuk berpartisipasi dalam definisi taktis dan peningkatan infrastruktur, proses pengumpulan data, dan peningkatan program.

Setelah CMO dibantu oleh teknologi dan penerapan SOP dalam mengumpulkan data pelanggan, ia masih perlu mengubahnya menjadi laporan dan menginterpretasikan hasilnya.

Interpretasi kualitas dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan, efektivitas pemasaran yang ditargetkan, dan laba atas investasi pemasaran.

c. Fokus pada pengalaman pelanggan dan pelanggan

Selain mekanisme pemasaran berbasis data, pengalaman konsumen menjadi faktor pendorong kesuksesan bisnis di era digital.

Evolusi internet dan teknologi seluler memberi konsumen akses ke berbagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sebagian perusahaan besar tahu bahwa memberikan pengalaman pengguna yang berkualitas di situs web dan program seluler dan selama proses pembayaran menghasilkan pemasaran yang tinggi dan kepuasan pelanggan.

Saat ini, beberapa agen pemasaran atau perusahaan memiliki spesialis tertentu yang bekerja untuk mengamati dan mengevaluasi pengalaman pengguna.

Para profesional ini memahami semua faktor untuk memaksimalkan UX (user experience) atau pengalaman pengguna.

Agar CMO berhasil memimpin orang di bagian ini, mereka perlu tahu bagaimana UX bekerja, dikembangkan, dan terus ditingkatkan.

d. Inovatif

Data sikap pelanggan yang loyal diterima sebagai sumber umpan balik yang unik tentang kinerja dan prediksi perusahaan untuk masa depan.

Informasi ini mengharuskan CMO untuk berpikir secara inovatif dan melihat peluang untuk menambah, menghilangkan, atau mengubah produk, layanan, dan proses.

Dengan memantau dan meningkatkan pengalaman pelanggan, CMO mengetahui jika pendekatan dan keinginan pelanggan berubah.

Jika perusahaan selalu dapat memuaskan keinginan konsumen dan terus memperbarui saluran belanja sesuai dengan pilihan pasar, maka perusahaan akan semakin menjadi pemimpin di industri di mana ia beroperasi.

e. Manajemen Konten

Content marketing adalah bagian dari taktik dan mekanisme pemasaran di era digital.

Pemasaran konten melibatkan peningkatan dan distribusi yang dimaksimalkan melalui situs web, media sosial dan lainnya.

Menurut Google/Millward Brown Digital, B2B Path to Purchase Study Report, 89% konsumen B2B menggunakan internet sebagai bagian dari riset produk.

Sebagian besar perusahaan menggunakan Google untuk mencari informasi dan memecahkan masalah bisnis.

CMO perlu memahami semua proses manajemen konten sehingga mereka dapat memimpin perencanaan dan implementasi konten.

Proses ini melibatkan gagasan untuk membuat konten yang memenuhi kebutuhan dan sikap konsumen yang ditargetkan dalam hal distribusi konten.

Kontrol konten yang baik membutuhkan kolaborasi antara strategi pemasaran, komunikasi media sosial, dan percakapan yang terjadi di saluran komunikasi lain seperti email dan pemasaran jarak jauh.

2. Keterampilan dan Skill

Kepemimpinan yang kuat, analitik, keterampilan berbicara yang baik, dan pengetahuan hukum adalah beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang chief marketing officer.

Anda juga harus inovatif dan memiliki kekuatan teknis dalam menghadapi alat analisis dan media sosial.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Marketing Executive

E. Tips Lolos Wawancara CMO

Pekerjaan, Gaji dan Tugas CMO

Posisi tinggi di bidang pemasaran ini membutuhkan seseorang dengan kualitas terbaik.

Masalahnya adalah anda yang akan memastikan bahwa perusahaan berkembang menjadi lebih baik. Jika Anda memenuhi kualifikasi, coba periksa pertanyaan wawancara berikut:

  • Berapa nilai penjualan terbesar?
  • Strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan ini
  • Langkah-langkah mengoordinasikan tim pemasaran untuk melampaui target
  • Kekurangan dan kelebihan

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Manajer Keuangan

Kesimpulan

Mengisi posisi CMO memang mempunyai banyak tanggung jawab di departemen pemasaran.

Oleh karena itu, jika pemasaran tidak berjalan dengan baik, semua sistem bisnis akan terhenti karena pasar sedang tidak ada permintaan.

Oleh karena itu, CMO harus memiliki strategi terbaik untuk membuat produk terjual dengan baik.

Sekian artikel berjudul Pekerjaan, Gaji dan Tugas CMO, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!