Cara Membuat NPWP Online untuk Melamar Kerja 2023
Bagaimana Cara Membuat NPWP Online untuk Melamar Kerja? Persyaratan tertib administrasi sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seluruh warga negara Indonesia.
Salah satu surat administrasi yang paling sering dibutuhkan adalah NPWP.
NPWP sendiri umumnya dibuat oleh orang-orang yang memiliki penghasilan (bekerja). Lalu bagaimana langkah-langkah membuat NPWP bagi yang belum bekerja sebagai syarat mencari pekerjaan? Baca diskusi lengkapnya.
Biasanya Cara Membuat NPWP Online untuk Melamar Kerja ini sering ditanyakan bagi para fresh gradute yang sedang mencari kerja
Table of Contents
A. Apa itu NPWP?
Sebelum masuk ke Cara Membuat NPWP Online untuk Melamar Kerja, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu NPWP.
Pertama, apakah NPWP itu? Nomor sebagai wajib pajak. Nomor ini berfungsi sebagai media dalam administrasi perpajakan, digunakan sebagai tanda pengenal wajib pajak atau sebagai tanda pengenal diri dalam melaksanakan hak dan kewajibannya.
Sesuai dengan kepentingannya, NPWP ini biasanya diberikan oleh orang-orang yang memiliki penghasilan (untuk dikenakan pajak).
Baca juga: 14 Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan
B. Cara Membuat NPWP Online untuk Melamar Kerja
Mari kita masuk ke pembahasan Cara Membuat NPWP Online untuk Melamar Kerja.
Awalnya agak menjadi pertanyaan kalau NPWP ini termasuk pajak penghasilan. Lalu bagaimana langkah-langkah pembuatan NPWP bagi yang tidak bekerja, apakah sulit?
Pertama-tama, harus dipahami bahwa peraturan KPP (kantor pajak) berbeda tergantung pada peraturan masing-masing daerah.
Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahan, ada baiknya terlebih dahulu mengikuti pengecekan melalui internet atau mendaftar secara online untuk membuat NPWP agar tidak membuang waktu.
Langkah-langkah membuat NPWP online adalah sebagai berikut.
- Kunjungi website www.pajak.go.id
- Pilih Pendaftaran NPWP
- Isi dengan lengkap nama Anda, alamat email, kata sandi, dan bidang lainnya. Kemudian klik Simpan atau Save.
- Aktifkan akun dengan mengklik tautan yang dikirim ke email terdaftar.
- Jika Anda mengisi kolom pekerjaan, itu bisa diisi freelance, wiraswasta, atau pegawai swasta. Ini disamakan dengan pekerjaan yang ingin Anda lamar.
- Kemudian masukkan alamat rumah dan bisnis Anda. Tips untuk cepat diterima adalah dengan mengisi yang sama dengan alamat di KTP.
- Kemudian cek email Anda, di mana nomor transaksi pajak akan dikirimkan kepada Anda nanti.
- Masuk kembali ke pajak.go.id untuk memverifikasi kantor KPP tempat Anda ingin menerbitkan NPWP. Lokasi KPP ini umumnya paling dekat dengan alamat KTP
- Cetak email yang Anda terima dan bawa ke KPP untuk membuat kartu.
Cara pendaftaran NPWP online ini juga gratis, lebih mudah diterapkan dan meminimalisir terjadinya penolakan.
C. Berapa Biaya Tanggungan NPWP Bagi yang Belum Bekerja?
Setelah mengetahui Cara Membuat NPWP Online untuk Melamar Kerja, pasti pertanyaan berikutnya adalah berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar pajak bagi yang belum bekerja?
Tak lama setelah NPWP berhasil dibuat, pertanyaan lain akan muncul. Berapa biaya pembayaran tahunan sebagai pemegang kartu pajak penghasilan?
Untuk menjawab pertanyaan orang yang penghasilannya kurang dari Rp 4,5 juta/bulan akan bebas pajak.
Oleh karena itu, bagi yang belum bekerja tidak perlu khawatir karena tidak perlu membayar pajak.
Fungsi NPWP bagi yang belum Bekerja
Lalu apa gunanya NPWP sebenarnya jika belum bekerja? Banyak. Karena NPWP dianggap sebagai salah satu dokumen terpenting saat ini. Beriukut adalah salah satu fungsi NPWP
a. Dalam Pembuatan Paspor
Dimana jika seorang fresh graduate ingin bekerja atau pergi ke luar negeri, diperlukan NPWP sebagai persyaratan dokumen yang perlu disiapkan.
Selain itu, dengan memiliki NPWP seseorang dapat pergi ke luar negeri bebas pajak.
b. Dalam Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
Ketika fresh graduate memilih untuk tidak menjadi pegawai profesional, dan lebih memilih menjadi wirausahawan, penting bagi mereka untuk memiliki NPWP, karena dapat memudahkan mereka dalam proses pembuatan SIUP, baik itu usaha untuk perorangan atau badan.
c. Dalam Membuat Kartu Kredit
Ketika fresh graduate nantinya memiliki tugas, tentunya akan dikaitkan dengan berbagai jenis masalah administrasi, baik untuk kebutuhan kantor maupun individu.
Dengan memiliki NPWP, permasalahan terkait administrasi dapat berjalan dengan mudah.
d. Mempermudah Manajemen Pajak.
Misalnya, mampu mengurangi beban pajak ketika fresh graduate menjadi pegawai. Karena ketika seorang pegawai memiliki NPWP, biaya pajak yang harus ditanggungnya jauh lebih ringan dibandingkan yang tidak memiliki NPWP. Contohnya adalah pajak penghasilan.
e. Manfaat NPWP lainnya
- Untuk melamar pekerjaan bagi mereka yang tidak memiliki atau akan berganti pekerjaan.
- Sebagai salah satu syarat administrasi
- Sebagai salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman
- Cari tahu jumlah pajak yang harus dibayar nanti
- Melakukan transaksi perbankan seperti: Pembukaan rekening tabungan atau kartu kredit
Itu sebabnya membuat NPWP menjadi poin penting, meskipun belum bekerja.
Bagi yang masih kesulitan dalam Cara Membuat NPWP Online untuk Melamar Kerja, bisa melihat video dibawah ini:
Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil
Kesimpulan
Saat ini masih banyak yang belum mengetahui pentingnya memiliki NPWP bagi yang tidak memiliki tugas misalnya beberapa Fresh Graduate. Pasti ada yang bertanya, “Kenapa harus NPWP? Kita baru lulus dan belum mendapat pekerjaan, jadi apa gunanya punya NPWP?”
Jadi bagi yang sedang tidak mencari pekerjaan dan membutuhkan NPWP sebagai salah satu penentu tidak perlu bingung lagi.
Ikuti saja semua Cara Membuat NPWP Online untuk Melamar Kerja bagi yang belum berhasil di atas. Selamat mencoba.