Apa itu 5V Big Data? Ini Penjelasannya

Apa itu 5V Big Data? Ini Penjelasannya, 5V Big Data atau jika lebih rinci disebut volume, velocity, variety, veracity, dan value.

Mengatahui 5V Big Data memungkinkan banyak peneliti data untuk mendapatkan lebih banyak nilai dari data mereka sekaligus menjadikan organisasi beberapa peneliti lebih berpusat pada pelanggan.

Apa itu 5V Big Data? Ini Penjelasannya

Pada awal era ini, big data hanya dibahas dalam tiga V yaitu volume, kecepatan dan variasi.

Dua V lagi (Nilai dan Kebenaran) telah ditambahkan dari waktu ke waktu untuk membantu peneliti data membaca dan mengomunikasikan karakteristik penting Big Data secara lebih efektif.

Angka lima mewakili lima pertanyaan dasar yang harus dijawab oleh setiap artikel informasi. Namun, itu tidak secara eksklusif mengharuskan organisasi untuk mengikuti database lain yang disebutkan di atas.

Big data adalah kumpulan data yang tidak terstruktur, semi-terstruktur, atau terstruktur yang dikumpulkan oleh suatu organisasi.

Data ini dapat dianalisis untuk wawasan dan digunakan dalam proyek pembelajaran mesin, model prediktif, dan program analisis lanjutan lainnya.

Data besar dapat digunakan untuk meningkatkan operasi, memberikan layanan pelanggan yang lebih baik, dan membuat promosi pemasaran yang dipersonalisasi.

Misalnya, Big Data dapat memberi perusahaan informasi berharga tentang pelanggan mereka, yang kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan teknik pemasaran guna meningkatkan retensi dan tingkat konversi pelanggan.

Big Data dapat digunakan oleh organisasi dari sektor medis atau energi. Misalnya Bidang medis dapat menggunakan big data untuk mengidentifikasi faktor risiko penyakit, atau dapat digunakan oleh dokter untuk membantu menganalisis penyakit pada pasien.

Industri energi dapat menggunakan big data untuk menemukan jaringan listrik, menerapkan manajemen risiko, atau menganalisis data pasar secara realtime.

Organisasi yang memanfaatkan Big Data memiliki kemungkinan keunggulan kompetitif dibandingkan yang lain karena mereka dapat membuat keputusan bisnis yang lebih cepat dan lebih terinformasi.

Baca penjelasan mengenai Big Data disini Big Data Adalah: Pengertian, Karakteristik, Jenis dan Fungsi

Apa itu 5V Big Data?

Apa itu 5V Big Data? Ini Penjelasannya

Apa yang dimaksud dengan 5V Big Data? 5V Big Data yaitu volume, velocity, variety, veracity, dan value) adalah lima karakteristik utama dan bawaan dari Big Data.

1. Volume

Volume, yang pertama dari 5 V Big Data, mengacu pada jumlah data yang tersedia. Volume seperti database besar karena merupakan ukuran awal dan jumlah data yang dikumpulkan.

Jika jumlah datanya cukup besar maka disebut big data. Seperti apa big data itu relatif dan tergantung pada kemampuan komputasi yang tersedia di pasar.

2. Velocity

Apa itu 5V Big Data? Ini Penjelasannya

Hal yang paling dekat dengan 5V Big Data adalah kecepatan. Ini mengacu pada seberapa cepat data dibuat dan seberapa cepat bergerak.

Ini merupakan faktor penting bagi perusahaan yang membutuhkan aliran data yang cepat untuk membuat keputusan bisnis terbaik pada waktu yang tepat.

Perusahaan yang menggunakan big data memiliki saluran data yang besar dan berkelanjutan yang dibuat dan dikirimkan ke tujuan akhirnya.

Data dapat mengalir dari sumber seperti mesin, jaringan, ponsel atau media sosial. Data ini perlu diproses dan diverifikasi dengan cepat, dan terkadang dalam waktu hampir bersamaan.

Sebagai contoh, di bidang kesehatan, saat ini banyak dikembangkan alat kesehatan untuk memantau pasien dan mengumpulkan data.

Dari perangkat medis di rumah sakit hingga perangkat yang dapat dikenakan, data yang dikumpulkan perlu dikirim dan diverifikasi dengan cepat.

Namun, dalam beberapa kasus, mengumpulkan kumpulan data yang terbatas mungkin lebih baik daripada mengumpulkan lebih banyak data daripada yang tidak dapat ditangani oleh organisasi.

3. Variety

V berikutnya dalam lima 5 V Big Data yaitu Variasi. Keanekaragaman mengacu pada berbagai tipe data.

Sebuah organisasi dapat memperoleh data dari beberapa sumber data lain, yang mungkin berbeda sumber datanya.

Data juga dapat berasal dari sumber di dalam dan di luar perusahaan. Hambatan keragaman termasuk standarisasi dan penyebaran semua data yang dikumpulkan.

Data yang dikumpulkan dapat berupa tidak terstruktur, semi-terstruktur atau terstruktur.

Data tidak terstruktur adalah data yang tidak terorganisir dan tiba dalam bentuk file atau pola berbeda.

Secara umum, data yang tidak terstruktur tidak cocok untuk database peer-to-peer aliran utama karena tidak cocok dengan model data konvensional.

Data semi-terstruktur adalah data yang belum diatur dalam repositori khusus tetapi berisi informasi yang relevan seperti metadata.

Ini membuatnya lebih mudah untuk diproses daripada data tidak terstruktur.

Data yang terstruktur, di sisi lain, adalah data yang telah diatur ke dalam repositori yang diformat. Ini berarti data dapat dibuat lebih tersedia untuk pemrosesan dan analisis data yang efisien.

4. Veracity

Apa itu 5V Big Data? Ini Penjelasannya

Veracity adalah V ke-4 dalam 5V Big Data. Ini mengacu pada kualitas dan keakuratan data.

Data yang dikumpulkan mungkin memiliki bagian yang hilang, mungkin tidak akurat, atau mungkin tidak memberikan wawasan yang asli dan berharga.

Veracity secara keseluruhan mengacu pada tingkat kepercayaan yang ada pada data yang dikumpulkan.

Data terkadang berantakan dan sulit digunakan. Data dalam jumlah besar dapat menyebabkan lebih banyak ketidaktahuan daripada wawasan jika tidak lengkap.

Misalnya dalam bidang medis, jika data obat apa yang dikonsumsi pasien tidak lengkap, maka nyawa pasien bisa terancam. Nilai dan kebenaran membantu menentukan kualitas dan wawasan dari data yang dikumpulkan.

5. Value

V terakhir dalam 5V Big data adalah Value. Ini mengacu pada nilai yang dapat ditawarkan oleh big data dan secara langsung terkait dengan apa yang dapat dilakukan organisasi dengan data yang dikumpulkan.

Mampu mengekstrak nilai dari big data adalah suatu keharusan, karena nilai big data meningkat secara signifikan tergantung pada informasi yang dapat diambil darinya.

Organisasi dapat menggunakan alat big data yang serupa untuk mengumpulkan dan menganalisis data, tetapi cara mereka memperoleh nilai dari data itu harus unik bagi mereka.

Berikut penjelasan 5V Big Data dapat dilihat di video dibawah ini

Sekian artikel berjudul Apa itu 5V Big Data? Ini Penjelasannya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!