12 Manfaat Mindfulness Menurut Para Ahli

Apa Manfaat Mindfulness Menurut Para Ahli? Di dunia yang sangat sibuk dan padat saat ini, hal itu sangat berpotensi merusak kesehatan mental dan fisik kita.

12 Manfaat Mindfulness Menurut Para Ahli

Hidup di masa sekarang seringkali memaksa kita untuk selalu berada dalam keadaan multitasking, melakukan segala sesuatu pada waktu yang bersamaan, meskipun otak manusia tidak dirancang untuk berpikir pada saat yang bersamaan.

Hal ini sering membuat kita dalam keadaan terburu-buru, tidak tenang, cemas dan sebagainya.

Dampak dari semua itu akan membuat kita semakin kehilangan koneksi kita terlebih lagi pada saat moment penting saat ini dan sering mengalami hilang moment.

Sehingga kita tidak sadar dan tidak merasakan apa yang kita lakukan.

Dengan Mindfulness, kita dilatih untuk selalu datang dengan sadar dan penuh perhatian juga menerima apa yang terjadi tanpa menghakimi.

Juga, baru-baru ini beberapa peneliti dan ilmuan di seluruh dunia benar-benar bersemangat tentang Mindfulness dan menemukan bukti bahwa Mindfulness benar-benar efektif dalam mengurangi tingkat stres manusia.

Penjelasan lengkap bisa dilihat di artikel Mindfulness Adalah: Pengertian, Tujuan dan Manfaat

A. Manfaat Umum Mindfulness

Telah terbukti secara ilmiah bahwa mindfulness memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Berikut kami uraikan beberapa manfaat mindfulness yang telah dirasakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Pada dasarnya, latihan mindfulness memiliki keuntungan sebagai berikut:

1. Manfaat mindfulness untuk kesejahteraan hidup

Latihan mindfulness terbukti bisa membuat hidup lebih sejahtera, tentram, dan damai.

Dengan latihan mindfulness, kita dilatih untuk fokus pada masa kini dan tidak terlalu memikirkan masa lalu atau mengkhawatirkan masa depan.

Hal ini jelas berdampak langsung pada jiwa yang selalu tenang, kekhawatiran berkurang dan kita dilatih untuk selalu mensyukuri apa yang kita miliki saat ini.

2. Manfaat mindfulness untuk kesehatan mental

Selama bertahun-tahun, para peneliti telah berhasil menemukan bukti bahwa latihan mindfulness dapat mengurangi stres, masalah kecemasan, gangguan panik, masalah makan, stres, kemarahan yang berlebihan, dan sejumlah hal yang dapat merusak kesehatan mental kita.

3. Manfaat mindfulness untuk kesehatan fisik

Selain kesehatan mental, tampaknya ada bukti lain bahwa mindfulness dapat membantu penderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, penyakit akut, masalah tidur, dan lain-lain.

Dilansir dari Mayo Clinic, meditasi mindfulness dapat meredakan berbagai kondisi tubuh seperti:

  • Stres
  • Kecemasan
  • Nyeri
  • Depresi
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Meningkatkan fokus
  • Mengurangi kelelahan kerja
  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Meningkatkan kontrol diabetes

Baca juga: Cara Memotivasi Diri Sendiri dalam Bekerja

B. Manfaat Mindfulness yang Lebih Rinci

12 Manfaat Mindfulness Menurut Para Ahli

Kita dapat mencapai kehidupan yang berkualitas, sempurna secara mental dan fisik, dengan melakukan latihan mindfulness secara teratur, maka mari kita bahas lebih detail tentang manfaat mindfulness:

1. Tingkat stres yang lebih rendah

Manfaat Mindfulness pertama yaitu tingkat stress menjadi lebih rendah.

Seperti yang kita ketahui, latihan mindfulness berawal dari program yang disebut Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR), yang diprakarsai oleh Jon Kabbat-Zinn, yang berfokus pada penyembuhan penyakit terkait stres.

Salah satu studi terbaru tentang mindfulness menemukan bahwa mindfulness telah terbukti memiliki efek positif dalam menanggapi stres apa pun yang muncul setiap hari (Donald, Atkins, Parker, Christie, dan Ryan, 2016).

Mindfulness dapat membantu mengurangi depresi dengan meningkatkan kontrol emosional, yang mengarah ke suasana hati yang lebih baik dan lebih banyak kemampuan dalam menghadapi depresi (Remmers, Topoliski, dan Koole, 2016).

2. Meningkatkan kekuatan untuk melawan penyakit

12 Manfaat Mindfulness Menurut Para Ahli

Meningkatkan kekuatan untuk melawan penyakit adalah Manfaat Mindfulness.

Mungkin eksperimen yang paling umum dilakukan tentang pengaruh Mindfulness terhadap penyakit adalah penelitian pada pasien kanker.

Mindfulness tidak serta merta menghilangkan gejala kanker atau rasa sakit, tetapi latihan mindfulness telah terbukti membuat beberapa pasien kanker lebih kuat dan lebih berdaya untuk mengelola rasa sakit mereka.

Mindfulness dapat membantu pasien menghindari fokus pada rasa sakit yang mereka derita, sehingga meningkatkan kualitas hidup mereka (Garland dan Howard, 2013).

Sebuah studi tentang penggunaan MBSR pada pasien kanker paru-paru dan pasangannya menunjukkan bahwa praktik mindfulness dapat mendorong proses perubahan positif pada pasien dan pasangannya dan mengurangi beban pengasuh mereka (van den Hurk, Schellekens, Molema, Speckens, dan van Der Drift, 2015).

Karena penyakit serius seperti kanker Mindfulness sebenarnya memiliki manfaat besar, beberapa penyakit ringan juga pasti memiliki pengaruh yang sama.

3. Membantu Proses Pemulihan Penyakit

Manfaat Mindfulness selanjutnya yaitu membantu proses pemulihan penyakit.

Mindfulness berguna tidak hanya untuk mengatasi penyakit dan tekanan hidup, tetapi juga untuk membantu proses penyembuhan dan keluar darinya.

Mindfulness, yoga dan meditasi telah terbukti mengurangi kecemasan dan memberikan pilihan pengobatan pasca-trauma untuk pasien kanker payudara dalam hal pemberdayaan dan religiusitas (Tamagawa, Speca, Stephen, Lawlor-Savage, dan Carlson, 2015).

4. Mengurangi Gejala Depresi

12 Manfaat Mindfulness Menurut Para Ahli

Manfaat Mindfulness keempat yaitu mengurangi gejala depresi.

Mindfulness telah lama terbukti membantu dalam proses terapi untuk pasien stres, praktik mindfulness dapat merangkul, mengenali dan menerima semua pikiran negatif alih-alih menantang mereka.

Ini sangat membantu penderita stres mengendalikan emosinya dan membuatnya lebih mudah untuk mengelola stresnya.

Mindfulness telah terbukti efektif bahkan untuk orang yang menunjukkan tanda-tanda stres akut (dengan pikiran untuk bunuh diri).

Pada peserta yang mengalami stres akut dengan pikiran untuk bunuh diri, Mindfulness telah terbukti lebih efisien daripada cara penyembuhan tradisional dalam mengurangi pikiran berisiko ini (Forkmann, Brakemeier, Teismann, Schramm, dan Michalak, 2016).

5. Meningkatkan Kesehatan Secara Menyeluruh

Meningkatkan kesehatan secara menyeluruh juga termasuk dalam Manfaat Mindfulness.

Seiring dengan banyak manfaat kesehatan mental, mindfulness juga dapat meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

Sebagai contoh, satu penelitian menemukan bahwa berlatih midfulness dapat mempengaruhi dan meningkatkan beberapa sikap yang berhubungan dengan kesehatan, seperti: pemeriksaan kesehatan secara teratur, aktivitas fisik, mengenakan sabuk pengaman, dan menghindari nikotin dan alkohol. (Jacobs, Wollny, Sim dan Horsch, 2016).

Selain itu, latihan mindfulness telah terbukti menurunkan tekanan darah secara positif, terutama ketika praktisi mindfulness telah dilatih untuk tidak menghakimi dan tidak bereaksi berlebihan terhadap apa pun yang terjadi (Tomfohr, Pung, Mills, dan Edwards, 2015).

Dalam sebuah studi tentang efek mindfulness pada kesehatan mental dan fisik orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas, para peneliti menemukan bahwa mindfulness dapat membantu peserta studi menurunkan berat badan, meningkatkan kebiasaan dan rutinitas makan mereka, dan mengurangi stres dan kecemasan (Rogers, Ferrari, Mosely, Lang, dan Brennan, 2017).

Semua manfaat mindfulness ini bisa didapatkan oleh orang dewasa atau anak-anak, masih banyak manfaat mindfulness yang baru bisa dibuktikan di usia yang lebih muda.

6. Meningkatkan Prestasi Akademik

12 Manfaat Mindfulness Menurut Para Ahli

Manfaat Mindfulness keenam yaitu meningkatkan prestasi akademik.

Mindfulness bermanfaat dan terbukti meningkatkan prestasi akademik, sangat masuk akal, jadi rajin-rajinlah berlatih mindfulness karena membuat pikiran kita lebih fokus, sehingga mudah menerima pengetahuan baru.

Selain itu, mindfulness meningkatkan daya ingat otak, sehingga daya ingat kita akan mudah dan kuat untuk menangkap beberapa hal baru, terutama yang berkaitan dengan kegiatan belajar.

7. Menurunkan Reaksi emosional

Menurunkan reaksi emosional juga termasuk dalam Manfaat Mindfulness.

Penelitian mendukung gagasan bahwa meditasi mindfulness mengurangi reaktivitas emosional.

Dalam sebuah penelitian terhadap orang-orang yang telah berlatih meditasi mindfulness selama satu bulan hingga 29 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa berlatih meditasi mindfulness membantu orang melepaskan diri dari gambaran yang mengganggu secara emosional dan memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada pekerjaan kognitif.

Hasil ini secara signifikan lebih baik daripada kelompok kontrol atau pembanding yang tidak berlatih meditasi mindfulness (Ortner et al., 2007).

8. Hubungan Yang Berkualitas

12 Manfaat Mindfulness Menurut Para Ahli

Manfaat Mindfulness kedelapan yaitu membuat hubungan menjadi berkualitas.

Beberapa penelitian menemukan bahwa mindfulness dapat meningkatkan kemampuan untuk merespons depresi dengan baik dalam suatu hubungan dan kemampuan untuk berbagi perasaan dengan pasangan.

Bukti empiris menunjukkan bahwa memberikan perhatian melindungi terhadap efek depresi dari konflik pada suatu hubungan (Barnes et al., 2007) dan secara positif terkait dengan kemampuan untuk mengekspresikan diri dalam berbagai situasi sosial (Dekeyser et al., 2008).

9. Mengusir Perasaan Negatif

Manfaat Mindfulness selanjutnya yaitu mengusir perasaan negatif. Duduk di meja atau komputer sepanjang hari tidak baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Saran yang sering dijadikan rujukan adalah menambahkan gerakan-gerakan olahraga ringan di sela-sela aktivitas kerja, terutama yang sering menetap di tempat kerja.

Tambahkan gerakan mindfulness di antara istirahat atau setiap 1-2 jam untuk jalan-jalan kecil di kantor sementara menerapkan mindfulness sangat baik untuk kesehatan kita.

Dengan latihan yang mudah ini, Anda mendukung efisiensi dan menjaga pikiran selalu dan selalu positif.

10. Mengurangi Gangguan Kecemasan

12 Manfaat Mindfulness Menurut Para Ahli

Manfaat Mindfulness kesepuluh yaitu mengurangi gangguan kecemasan.

Meditasi mindfulness yang jelas sangat membantu dalam mengurangi tanda dan efek dari masalah gangguan kecemasan.

Elizabeth Hoge, seorang psikolog di Center for Anxiety and Traumatic Stress Disorders di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan asisten profesor psikiatri di Harvard Medical School, menjelaskan bahwa meditasi mindfulness sangat masuk akal untuk menyembuhkan kecemasan.

“Orang dengan masalah kecemasan mengalami kesulitan berurusan dengan pikiran mengganggu, yang seringkali sangat kuat,” jelasnya.

“Anda tidak dapat membandingkan pemikiran yang benar dengan kekhawatiran yang mengganggu, yang tentu saja tidak ada gunanya.”

“Jika Anda memiliki kekhawatiran yang tidak produktif,” kata Dr. Hoge, Anda dapat melatih diri Anda untuk merasakan beberapa pemikiran ini dengan cara yang sangat berbeda.

“Anda mungkin berpikir, ‘Saya akan terlambat, saya mungkin kehilangan pekerjaan saya jika saya tidak datang tepat waktu, dan ini bisa menjadi bencana!’

mindfulness mengajarkan Anda untuk mengenali pikiran itu: “Oh, pikiran itu kembali. aku pernah merasakannya, Tapi jangan khawatir, itu hanya pemikiran dan bukan kondisi saya yang sebenarnya,'” kata Dr Hoge.

11. Mindfulness mengurangi Perenungan

Manfaat Mindfulness selanjutnya yaitu mengurangi perenungan.

Ruminasi didefinisikan sebagai kecenderungan untuk terus memikirkan sesuatu. Dikutip dari situs American Psychological Association, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mindfulness dapat mengurangi perenungan.

Perhatian penuh dapat menyebabkan seseorang mengalami lebih sedikit tanda-tanda stres dan memiliki ingatan dan retensi kerja yang jauh lebih baik daripada mereka yang tidak mempraktikkan Mindfulness.

12. Meningkatkan memori kerja

Manfaat Mindfulness terakhir yaitu meningkatkan memori kerja.

Sebuah studi 2010 oleh Jha et al, dikutip di situs American Psychological Association, mendokumentasikan manfaat mindfulness antara personel militer yang berpartisipasi dalam latihan mindfulness selama delapan minggu dan tentara militer dan sipil yang tidak berlatih mindfulness.

Beberapa peneliti menemukan bahwa personel militer yang tidak berlatih mindfulness mengalami penurunan memori kerja dari hari ke hari, dan kemampuan memori kerja pada warga sipil yang tidak mempraktikkan mindfulness stabil dari waktu ke waktu.

Namun, di jajaran militer yang melatih Mindfulness, keterampilan memori kerja meningkat dengan latihan meditasi. Selain itu, latihan mindfulness berhubungan langsung dengan dampak positif.

Untuk lebih jelas mengenai Manfaat Mindfulness bisa melihat video dibawah ini

Penutup

Manfaat latihan mindfulness hanyalah sebagian kecil dari jutaan manfaat mindfulness yang bisa diperoleh dengan menggunakan latihan mindfulness dengan benar dan teratur.

Manfaat latihan mindfulness dapat langsung dirasakan, dan manfaat ini akan terakumulasi seiring waktu dan jumlah sesi latihan yang Anda lalui.

Tetap semangat menjalani hidup, dengan pikiran yang sehat, hidup menjadi lebih menyenangkan.

Sekian artikel berjudul 12 Manfaat Mindfulness Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.


Referensi

  • Positivepsychology. 23 Amazing Health Benefits of Mindfulness for Body and Brain. https://positivepsychology.com/benefits-of-mindfulness/
  • Harvard Health article. Benefits of Mindfulness. https://www.helpguide.org/harvard/benefits-of-mindfulness.htm
  • American Psychological Association. What are the benefits of mindfulness. https://www.apa.org/monitor/2012/07-08/ce-corner
  • Psychcentral. 10 Surprising Health Benefits of Mindfulness Meditation. https://psychcentral.com/blog/10-surprising-health-benefits-of-mindfulness-meditation/
  • Harvard Health Publishing. Mindfulness meditation may ease anxiety, mental stress. https://www.health.harvard.edu/blog/mindfulness-meditation-may-ease-anxiety-mental-stress-201401086967
Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!