Positif Thinking Artinya: Pengertian dan Manfaat bagi Kehidupan

Positif Thinking artinya: Pengertian dan Manfaat bagi Kehidupan | Sebenarnya penulisan yang benar adalah Positive Thinking, akan tetapi pengejaan masyarakat yang umumnya memakai kata Positif.

Positif Thinking artinya: Pengertian dan Manfaat bagi Kehidupan

Ada perbedaan kecil yang cukup signifikan pada setiap orang, dan perbedaan kecil itu menjadi perbedaan yang cukup besar.

Perbedaan kecil ini merupakan langkah pemikiran dan sikap.

Langkah berpikir dan sikap berikut membandingkan seseorang dengan sikap positif atau negatif.

Pentingnya positif thinking sebenarnya cukup sederhana. Memang benar bahwa ada dua langkah berbeda dalam berpikir, berpikir positif atau berpikir negatif.

Sebelum sobat baca artikel ini silahkan baca pengertian positive thinking terlebih dahulu.

A. Pengertian Positive Thinking

Positive thinking adalah sikap mental yang membuat kita berharap untuk mendapatkan hasil yang baik, bahkan yang terbaik, dan memberikan manfaat.

Beberapa ciri-ciri positive thinking, salah satunya selalu tenang, berpikir positif, tidak mudah cemas dan selalu berusaha untuk bertindak bijaksana ketika menghadapi cobaan hidup.

Dengan kata lain, positive thinking adalah proses membuat pikiran yang baik dan mengubah elemen positif menjadi kenyataan.

Setelah itu, dari pentingnya positif thinking, kita dapat memahami bagaimana berpikir positif dapat memberikan kepercayaan diri untuk menghadapi suatu kondisi yang mungkin tidak bahagia.

Juga, kemampuan positive thinking dapat membawa kebahagiaan, kesehatan, dan kedamaian lahir dan batin dalam menghadapi situasi apapun.

Jadi positif thinking artinya berpikir dengan tenang dan merenungkan beberapa hal positif atau baik dan menghindari beberapa hal negatif atau buruk.

Orang yang memiliki karakter seperti ini adalah orang yang sulit untuk menuduh seseorang seperti itu tanpa bukti yang jelas.

Baca juga: Problem Solving Adalah Skill Penting untuk Pekerjaan

B. Manfaat Positive Thinking

Positif Thinking artinya: Pengertian dan Manfaat bagi Kehidupan

Menurut web verywellmind.com, ada beberapa manfaat positive thinking yang harus kita ketahui.

Salah satu petunjuk untuk mengetahuinya adalah agar kita lebih percaya diri dan optimis untuk selalu positif thinking dalam menjalani hidup.

Karena memang ketenangan dan keberhasilan kita dalam hidup yang sulit ini dapat ditentukan oleh bagaimana kita menyikapi beberapa hal kecil atau besar dalam berpikir dan bertindak.

Pada artikel kali ini kami mengajak teman-teman untuk mempelajari dan memahami manfaat positive thinking dan bagaimana berpikir positif dapat mengubah hidup kita menjadi lebih baik.

Ingin tahu? Yok, mari kita baca penjelasannya di bawah ini.

1. Positive Thinking Membantu Mengatasi Depresi Lebih Cepat dan Efisien

Manfaat pertama Positive thinking adalah mengatasi depresi lebih cepat dan efisien.

Depresi adalah hal yang paling sulit untuk dihilangkan. Perubahan yang terjadi sangat cepat, peristiwa yang terjadi secara tidak terduga, atau kegagalan yang muncul setelah upaya putus asa adalah beberapa hal yang dapat dengan sangat cepat memicu timbulnya suasana hati yang tertekan.

Namun, positif thinking dapat mengurangi bahkan menghilangkan depresi hati yang menghampiri kehidupan kita.

Beberapa orang dengan positive thinking akan mencoba yang terbaik untuk fokus pada pemecahan masalah daripada menyesali keadaan seolah-olah merekalah yang paling menderita.

Beberapa orang yang selalu berpikir positif akan membuat hidupnya bahagia karena tidak peduli dengan pikiran negatif yang mencoba mengganggu pemikirannya.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika orang merasa percaya diri dan berpikir positif dalam menghadapi situasi yang penuh tekanan, mereka cenderung lebih fokus pada hal-hal yang dapat mereka lakukan untuk mengatasi situasi tersebut.

Dengan kata lain, mereka tidak memikirkan hal-hal yang tidak dapat mereka gantikan, melainkan fokus pada hal-hal yang dapat mereka lakukan.

Mereka segera datang dengan ide-ide pengobatan dan meminta masukan dan nasihat bijak dari beberapa orang yang paling mereka percayai.

Baca juga: Copywriter Adalah: Pengertian, Skill dan Prospek

2. Positive Thinking membantu kita membangun hubungan yang baik

Positif Thinking artinya: Pengertian dan Manfaat bagi Kehidupan

Manfaat kedua Positive thinking adalah membantu kita membangun hubungan yang baik

Berpikir positif akan membantu kita menjauh dari perasaan “baper” atau membawa perasaan yang pada akhirnya menjadikan kita pribadi yang terlalu sensitif.

Kenyataannya tidak semua orang yang kita temui akan bersikap baik terhadap apa yang kita lakukan kepada seseorang.

Bisa jadi saat kita ingin bertemu orang ini terlihat acuh atau memberikan wajah masam.

Namun, jika kita terus berpikir positif dalam pikiran kita, semua faktor eksternal yang dapat membuat hati dan persaaan kita yang sedih akan cepat berlalu.

Kami merasa lebih mudah untuk membangun hubungan yang baik satu sama lain tanpa memiliki perasaan yang buruk, kekhawatiran, atau perasaan negatif lainnya.

Bukti lain menunjukkan bahwa beberapa orang menjadi lebih tertarik dan berteman dengan mereka yang memiliki pemikiran positif yang kuat.

Inilah sebabnya mengapa beberapa orang dengan pemikiran positif cenderung memiliki kehidupan sosial yang lebih aktif daripada yang lain.

3. Positive Thinking Membuat Kita Lebih Percaya Diri

Manfaat selanjutnya Positive thinking adalah membuat kita lebih percaya diri.

Positive thinking akan membuat sebagian orang menyukai dan menghargai dirinya apa adanya.

Sehingga mereka bisa menjadi pribadi yang lebih optimis tanpa harus menjadi seseorang.

Positive thinking akan menyadarkan setiap orang apakah Tuhan menciptakan mereka dengan kekurangan dan kelebihan lainnya, menjadikan mereka makhluk yang unik tanpa perlu merasa iri dan dengki sekaligus.

Baca juga: Contoh Soft Skill yang Dibutuhkan Perusahaan

4. Positive Thinking Membuat Kita Lebih Fokus dan Konsentrasi

Positif Thinking artinya: Pengertian dan Manfaat bagi Kehidupan

Manfaat ketiga dari Positive thinking adalah membuat kita lebih fokus dan konsentrasi.

Berhati-hatilah dan tetap berpikir positif dalam diri sendiri yang akan membuat kita sadar jika setiap masalah yang muncul bukanlah akhir dari hidup ini.

Itu semua tergantung bagaimana sikap kita menyikapi atau bereaksi terhadap masalah yang ada.

Positive thinking akan membawa kita menjadi pribadi yang tidak mudah cemas atau terlalu cemas saat menghadapi masalah.

Jadi, berpikir positif akan menjadikan kita pribadi yang lebih fokus dan fokus pada beberapa hal penting.

5. Positive Thinking Membantu Kita Memiliki Kesehatan yang Lebih Baik

Manfaat selanjutnya dari Positive thinking adalah membantu kita memiliki kesehatan yang lebih baik.

Tidak hanya pikiran menjadi lebih tenang, tetapi juga kesehatan menjadi lebih konstan dan lebih baik.

Ada bukti bahwa beberapa individu dengan positive thinking yang kuat cenderung hidup lebih lama atau lebih lama daripada mereka yang hidupnya selalu diganggu oleh pemikiran negatif.

6. Positive Thinking Membantu Kita Menjadi Lebih Sukses dalam Hidup.

Manfaat keenam dari Positive thinking adalah membantu kita menjadi lebih sukses dalam hidup.

Kegagalan? Hmm, bagi mereka yang memiliki positive thinking yang kuat, kegagalan hanyalah kesempatan lain untuk sukses atau seperti “batu loncatan” untuk membawa mereka menuju kesuksesan yang mereka tunggu-tunggu.

Beberapa orang dengan pemikiran positif cenderung menghindari kesedihan atas kegagalan yang mereka alami. Namun, mereka akan fokus pada peluang emas lainnya.

Dalam hal ini, berpikir positif akan menjadikan mereka pribadi yang terbuka untuk belajar dan mencoba sesuatu yang baru. Oleh karena itu, mereka menjadi lebih sukses dalam profesi mereka.

Baca juga: Design Thinking Adalah: Pengertian, Proses dan Contoh

7. Positive Thinking Membantu Kita Menjalani Kehidupan yang Lebih Bahagia.

Positif Thinking artinya: Pengertian dan Manfaat bagi Kehidupan

Manfaat terakhir Positive thinking adalah Menjadi kehidupan yang lebih bahagia.

Positive thinking dan kebahagiaan tampaknya menjadi satu paket yang tak terpisahkan.

Rahasianya, ketika seseorang selalu berpikir positif, orang tersebut cenderung merasa bahagia sepanjang waktu.

Seperti Hukum Ketertarikan, beberapa orang dengan pemikiran positif akan mendapatkan beberapa hal positif yang indah dalam hidup mereka.

Jika seseorang mengungkapkan rasa syukur dan mengungkapkan rasa syukur atas semua yang dimilikinya, maka mereka akan mendapatkan lebih banyak hal.

Yok, berbahagialah dengan berpikir positif mulai dari sekarang.

Sekarang kita telah melihat dan memahami beberapa manfaat dari berpikir positif dalam kehidupan.

C. Contoh Positive Thinking terhadap Hidup Kita

Positif Thinking artinya: Pengertian dan Manfaat bagi Kehidupan

Pikiran positif apa yang kemudian dapat mengubah hidup kita? Jawabannya tentu saja bisa! Silakan baca informasi di bawah ini.

Banyak penelitian telah dilakukan selama setahun tentang efek positive thinking yang menghasilkan pemikiran positif dan ketenangan pikiran.

Begitu juga sebaliknya, efek negatif menggantikan pikiran kita menjadi negatif.

Contoh positive thinking yang dapat mengubah hidup kita adalah ketika seseorang tidak merasa putus asa atau berpikir negatif ketika mereka terus gagal.

Orang tersebut terus merasa percaya diri dan terus berpikir positif. Ketika persiapan matang mendapat kesempatan emas, kesuksesan tidak bisa ditinggalkan dalam hidupnya.

Ini hanyalah salah satu contoh berpikir positif yang dapat mengubah hidup kita dari orang yang tidak sukses menjadi orang yang sukses.

Nah, kita harus memiliki beberapa contoh positive thinking di bawah ini agar berpikir positif dapat mengubah hidup kita menjadi lebih baik.

  1. Positive thinking membantu kita memiliki lebih banyak energi.
  2. Positive thinking meningkatkan keyakinan kita pada kekuatan yang kita miliki untuk mencapai masa depan yang lebih bahagia.
  3. Positive thinking selalu membuat kita merasa terinspirasi.
  4. Dengan positive thinking, kita mendapatkan rasa hormat dan cinta dari beberapa orang di sekitar kita.
  5. Positive thinking menjadikan kita pribadi yang tidak mudah menyerah.
  6. Positive thinking akan membuat kita berani menghadapi segala rintangan dan kesulitan yang ada.
  7. Positive thinking memudahkan kita untuk menginspirasi dan memotivasi seseorang.
  8. Terakhir, positive thinking memudahkan kita untuk mencari peluang baik dalam hidup.

Jelas bahwa positive thinking bukan hanya langkah yang baik untuk menjalani hidup, tetapi positive thinking adalah jalan keluar terbaik untuk mengubah hidup kita sehingga lebih bermakna.

Bagi anda yang tertarik tentang arti positif thinking dan caranya bisa lihat video ini.

Lantas, siapa rekan pembaca yang semakin dipercaya untuk selalu positive thinking? Kalau begitu, pertahankan.

Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan “apa arti positif thinking?”

Sekian artikel berjudul Positif Thinking artinya: Pengertian dan Manfaat bagi Kehidupan, semoga bermanfaat

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!