10+ Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia
Siapa Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia? Indonesia memiliki banyak tokoh Entrepreneur sukses di berbagai bidang usaha. Dan tentunya sebagai seorang pebisnis, Anda perlu mempelajari bagaimana sosok Entrepreneur yang sukses menjalankan usahanya, bukan?
Itulah mengapa kami mengumpulkan 10 Entrepreneur Terkemuka di Indonesia untuk menginspirasi Anda.
Siapa pebisnis sukses yang layak Anda contoh? Bagaimana kisah Entrepreneur sukses ini menjalankan bisnisnya?
Sebelumnya baca penjelasan Entrepreneur disini Entrepreneur Adalah: Pengertian, Ciri, Manfaat, dan Contohnya
Baca narasi lengkap Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia di artikel ini!
Table of Contents
Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia
Berikut ini adalah contoh para pebisnis sukses di Indonesia yang telah berhasil menciptakan bisnis berskala nasional bahkan internasional. Siapa saja?
1. Robert Budi Hartono
Nama Perusahaan: Djarum
Sektor Bisnis: Tembakau
Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia pertama yaitu Robert Budi Hartono. Robert Budi Hartono adalah Entrepreneur sukses di balik perusahaan rokok besar PT. Djarum Super.
Djarum sendiri pada awalnya adalah sebuah perusahaan kecil bernama Djarum Gramophon. Pada tahun 1951 Djarum Gramophon dibeli oleh ayah Budi Hartono dan berganti nama menjadi Djarum.
Namun, Pabrik Tembakau Djarum mengalami kebakaran besar pada tahun 1963 dan hampir tidak bertahan.
Untuk bangkit kembali, Budi dan saudaranya mengembangkan berbagai variasi produk rokok terbaru.
Pada tahun 1972, Djarum mampu berekspansi dan berkembang. Misalnya mulai dalam penggunaan mesin produksi rokok, ekspor produk ke luar negeri dan lain-lain.
Tidak hanya itu, Budi Hartono juga kini menjadi pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA).
Tak heran, Robert Budi Hartono dimasukan oleh Forbes selama 11 tahun sebagai Entrepreneur sukses sekaligus orang terkaya nomor satu di Indonesia.
Total kekayaannya pun mencapai USD 21,3 miliar atau setara Rp 303 triliun, yang membuat Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia yang no 1.
2. Anthony Salim
Nama Perusahaan: Salim Grup
Sektor Bisnis: Makanan, Ritel, Perbankan, Telekomunikasi, dan Energi
Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia kedua yaitu Anthony Salim.
Anthony Salim selaku Ketua Salim Group yang menjalankan dua perusahaan besar yakni Indofood dan Bogasari.
Berasal dari keluarga Salim Group, perjalanan Anthony dalam berbisnis pasti mudah bukan? Pada kenyataannya, itu pasti tidak semulus itu.
Memang, pada 1998, Anthony harus memutar otak untuk menyelamatkan Salim Group dari utang 55 miliar dan nyaris bangkrut.
Salah satu kunci sukses bisnis Anthony yang bisa Anda tiru adalah inovasi dan ekspansi.
Dua konsep bisnis tersebut berhasil memberi Anthony kekayaan US$8,5 miliar atau setara dengan Rp 91 triliun.
Contoh inovasi yang dilakukan Anthony Salim adalah pembukaan franchise di lini bisnis Indomaret pada tahun 1997 yang telah berhasil memproduksi sekitar 18.113 convenience store di seluruh Indonesia.
Contoh inovasi produk indomie dengan rasa yang berbeda dan ekspor ke berbagai negara dapat berhasil ditunjukkan.
Hal ini menjadikan Indomie sebagai merek mi instan terbesar di dunia dengan keuntungan US$5,8 miliar.
Kisah Entrepreneur sukses Anthony Salim terus semakin paten, dimulai dengan ekspansi ke sektor teknologi, khususnya data center. Wah, sangat menginspirasi bukan?
Baca juga: 10+ Contoh Entrepreneur di Indonesia dengan Startup Sukses
3. Dato’Sri Tahir
Nama Perusahaan: Mayapada
Sektor bisnis: Keuangan, Kesehatan, Properti dan Pariwisata
Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia ketiga yaitu Dato’Sri Tahir. Kisah Entrepreneur sukses berikutnya datang dari Dato’ Sri Tahir yang telah sukses membangun Mayapada Group sejak 1986.
Terlahir dari ibu pemilik warung kecil dan ayah seorang tukang becak, Tahir hidup dalam keadaan serba kekurangan.
Berasal dari keluarga ini, nilai-nilai kejujuran, kerja keras, dan berbagi tanpa pamrih selalu ada di benak Tahir.
Dengan kegigihan dalam menjalankan bisnisnya, Tahir mampu mengembangkan Mayapada Group di berbagai bidang bisnis.
Mulai dari Mayapada Hospital, Bank Mayapada, Fairmont Hotel Bali, Menara Topas, Forbes Indonesia hingga ELLE Indonesia juga berada di bawah payung Mayapada Group.
Keuntungan dari setiap upaya Tahir juga tidak main-main. Misalnya, Bank Mayapada mencatatkan laba Rp 64,16 miliar pada laporan keuangan 2020.
Dengan segala upayanya, Tahir berhasil memiliki kekayaan sebesar US$2,7 miliar atau setara dengan Rp39,8 triliun.
Sudah kaya masih murah hati, julukan yang tepat untuk Tahir. Ini karena Tahir populer sebagai Entrepreneur sukses di Indonesia yang menjadi filantropis di Tahir Foundation.
4. Chairul Tanjung
Nama Perusahaan: CT Corp
Sektor Bisnis: Perbankan, Ritel, Media, Hiburan, Gaya Hidup dan Properti
Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia keempat yaitu Chairul Tanjang. “Si Anak Singkong” sapaan Chairul Tanjung dikenal, seorang Entrepreneur sukses yang meniti karir dari nol di usia muda.
Sejarah usaha Chairul Tanjung dimulai dari usaha kecil-kecilan seperti fotokopi dan berjualan buku saat kuliah, mendirikan toko alat kesehatan dan toko sepatu anak.
Pada tahun 1987, Chairul Tanjung mendirikan perusahaan sendiri yaitu Para Corps yang berubah nama menjadi CT Corp pada tahun 2011.
Dengan modal kerja keras dan networking, CT Corp kini menjadi payung bagi banyak unit bisnis nasional. Sebut saja Bank Mega, Trans Corp, Transmart dan banyak lainnya.
Kerajaan bisnis Chairul Tanjung berkembang dengan membuka waralaba untuk beberapa merek besar seperti Wendy’s, Versace, Mango dan Jimmy Choo.
Tidak mengherankan, Chairul Tanjung memiliki kekayaan bersih gabungan sebesar $6,7 miliar, atau setara dengan RP 98,9 triliun.
Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil
5. Edward Tirtanata dan James Prananto
Nama Perusahaan: Kopi Kenangan
Sektor Bisnis: minuman
Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia kelima yaitu Edward Tirtanata dan James Prananto.
Kamu suka kopi? Pastinya Anda tahu Kopi kenangan kan? Setelah itu, tokoh Entrepreneur di balik kesuksesan kopi modern adalah Edward Tirtanata dan James Prananto.
Keduanya menyaksikan masalah disparitas antara kafe kelas atas dan kafe jalanan kecil.
Maka munculah ide Kopi kenangan, sebagai alternatif kopi berkualitas dengan harga terjangkau.
Kesuksesan Kopi kenangan tidak lepas dari banyak hal yang telah dilakukan Edward Tirtanata dan James Prananto, yaitu:
- Kejelian saat mengamati kemungkinan rutinitas kopi Indonesia.
- Memahami pembeli dari tokoh-tokoh bisnis yang mengarah ke anak muda.
- Bereksperimenlah dengan nama produk yang unik untuk lebih dekat dengan beberapa pelanggan.
- Terus bereksperimen dengan pengembangan produk dengan menciptakan variasi baru produk kopi.
- Mengoptimalkan pemasaran media sosial berdasarkan pangsa pasar.
- Menjaga kualitas bahan baku dan proses produksi.
Dengan metode itu, Kopi kenangan sudah memiliki 600 cabang di 45 kota dan berhasil menjual tiga juta gelas kopi setiap bulannya.
Keberhasilan ini mendorong Kopi Kenangan menambah modal Seri C dengan nilai valuasi USD 333 juta atau setara Rp 4,9 triliun. Kesempatan untuk memajukan bisnis lebih jauh.
Tak heran jika Edward Tirtanata dan James Prananto menjadi contoh orang-orang sukses yang masuk dalam Forbes 30 Under 30 sebagai tokoh Entrepreneur muda di Asia Pasifik.
6. Dimas Harry Priawan dan Aruna Harsa
Nama Perusahaan: Decoruma
Sektor Bisnis: Perbaikan Rumah
Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia keenam yaitu Dimas Harry Priawan dan Aruna Harsa.
Dimas Harry Priawan dan Aruna Harsa adalah Entrepreneur sukses di Indonesia. Mereka telah berhasil mendorong startup perbaikan rumah bernama Decoruma.
Kisah sukses mereka dimulai pada tahun 2015 ketika mereka pertama kali mendirikan Decoruma, dengan Dimas sebagai CEO dan Aruna sebagai CTO.
Keduanya melihat dengan sangat jelas peluang di bidang kebutuhan pokok, dimana pelaku usahanya masih jarang, yakni papan.
Decoruma awalnya diluncurkan sebagai marketplace yang menjual berbagai furnitur dan perabot rumah tangga.
Namun, mereka tidak berhenti bereksperimen dengan memasukkan segmen DIY lainnya, seperti: Penyediaan material bangunan, jasa desain interior dan jasa pembangunan.
Kini, Decoruma telah berhasil memiliki satu juta pelanggan, menawarkan 100.000 produk dan memiliki 400 merchant.
Bukan itu saja, Dimas dan Aruna memperluas mitra bisnisnya ke lebih dari 250 desainer interior.
Baca juga: Usaha Ternak Paling Cepat Panen
7. Ahmad Zaky
Nama Perusahaan: Bukalapak
Sektor bisnis: Marketplace
Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia ketujuh yaitu Ahmad Zaky.
Setelah itu, Achmad Zaky menjadi Entrepreneur sukses melalui marketplace Bukalapak. Sesuai dengan namanya, Bukalapak yang berasal dari kata “membuka lapak” memiliki misi “fair economy for all”.
Dan untuk mewujudkan misi tersebut, Achmad Zaky menginisiasi beberapa pengembangan yang telah diprioritaskan untuk beberapa UMKM, misalnya:
- Program 1001 Pelapak – Menetapkan biaya rendah untuk Super Seller.
- Kontes Pelapak Indonesia – Membekali UMKM dengan pembelajaran dan pelatihan pengembangan usaha dan mengadakan kompetisi penjualan.
- Digitalisasi Warung (Mitra Bukalapak) – Menyediakan teknologi bagi UMKM offline.
Oleh karena itu, Achmad Zaky menawarkan wadah kepada para pemangku kepentingan UMKM untuk mendapatkan akses yang sama terhadap permodalan, memanfaatkan teknologi dan infrastruktur, serta terhubung dengan konsumen melalui Bukalapak.
Strategi bisnis Achmad Zaky telah membuat Bukalapak memiliki lebih dari 110 juta pengguna dan 15 juta mitra UMKM.
Bahkan, marketplace ini telah berhasil menjadi startup unicorn dengan valuasi USD1,5 miliar atau Rp21,9 triliun pada 2017.
8. Ferry Unardi
Nama Perusahaan: Traveloka
Sektor Bisnis: Travel, Finansial, dan Lifestyle
Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia kedelapan yaitu Ferry Unardi.
Ferry Unardi adalah Entrepreneur sukses dengan startup Traveloka. Kisah bisnis Ferry dimulai pada semester pertama di Harvard ketika ia mencoba untuk jual beli tiket pesawat.
Hal ini menginspirasi Ferry untuk membangun bisnis penjualan tiket berbasis online dengan menciptakan platform yang dapat dijangkau pengguna dengan mudah dan real time.
Kehadiran Traveloka merupakan jalan keluar dari permasalahan pelanggan karena pelanggan tidak perlu bolak-balik ke bandara atau agen penerbangan.
Di tangan Ferry, Traveloka tak berhenti berekspansi. Misalnya, Traveloka kini menawarkan segalanya mulai dari tiket hotel, tiket lokasi wisata, layanan keuangan hingga layanan sesuai permintaan seperti pesan antar makanan.
Apalagi Traveloka berhasil menjadi startup unicorn di tahun 2017 dengan total investasi US$1,2 miliar atau setara Rp17,7 triliun!
Setelah itu, masih banyak lagi kunci sukses yang dilakukan Ferry Unardi di Traveloka, yaitu:
- Berinvestasi besar dalam aset teknologi seperti, pembuatan website dan aplikasi.
- Berkolaborasi dengan beberapa pihak seperti, Maskapai penerbangan, fasilitas rekreasi, hotel, dan lainnya.
- Perluasan jaringan untuk menerima investasi.
Berbasis online, Traveloka memiliki total 12,8 juta kunjungan web per bulan. Bisa dibayangkan berapa banyak transaksi bisnis yang terjadi di web Traveloka?
Tak heran, dengan strategi bisnis ini, Ferry menjadi Entrepreneur sukses di Indonesia dan masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 tahun 2016.
Baca juga: Cara Memulai Usaha Sendiri
9. Andre Soelistyo
Nama Perusahan: GoTo
Sektor Bisnis: Layanan Sesuai Permintaan, E-Commerce, Transportasi, Keuangan dan Gaya Hidup
Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia kesembilan yaitu Andre Soelistyo.
GoTo merupakan startup yang terbentuk dari penggabungan dua startup terbesar di Indonesia, Gojek dan Tokopedia. Kesuksesan GoTo tak lepas dari tangan Entrepreneur sukses Andre Soelistyo.
Awalnya, Andre Soelistyo adalah Presiden Gojek yang berperan meletakkan dasar bagi perubahan dan perkembangan jangka panjang Gojek.
Kemudian Andre terpilih sebagai Co-CEO Gojek pada 2019 dan diangkat menjadi CEO GoTo pada 2021.
Di bawah kepemimpinan Andre, GoTo telah berhasil menawarkan kombinasi layanan on-demand, e-commerce, dan keuangan kepada banyak klien.
Keberhasilan ini mengakibatkan nilai valuasi GoTo mencapai $18 miliar. Pada tahun 2020, GoTo berhasil mencatatkan nilai transaksi bisnis hingga 22 miliar USD atau setara dengan Rp319 triliun pada tahun 2020.
Dengan kesuksesan tersebut, Andre Soelistyo masuk dalam daftar Bloomberg 50 sebagai sosok Entrepreneur sukses di Indonesia.
Faktanya, Bloomberg mengatakan merger GoTo sama dengan Amazon.com, DoorDash, Netflix, PayPal, dan Uber jika digabungkan!
10. Amanda Susanti
Nama Perusahaan: Sayurbox
Sektor Bisnis: e-commerce
Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia kesepuluh yaitu amanda susanti. Kisah wirausaha sukses terbaru adalah Amanda Susanti, pendiri Sayurbox, sebuah startup e-commerce di bidang pangan.
Amanda berhasil memanfaatkan kesempatan untuk beralih ke sistem belanja online untuk kebutuhan pokok.
Amanda berhasil menggunakan Sayurbox sebagai jalan keluar bagi sebagian petani yang kesulitan memotong rantai pasok yang panjang.
Awalnya, sebagian petani tidak memiliki akses langsung ke pasar, melainkan harus melalui tahapan pengepul atau tengkulak.
Sehingga harga sayuran naik dan di sisi lain mau tidak mau harga jual ke petani terpaksa ditekan.
Setelah itu, Amanda menggunakan teknologi untuk memotong jalur penjualan tradisional ini.
Sehingga proses dari petani ke pelanggan bisa langsung dilakukan, dan distribusi sayur juga lebih cepat.
Solusi win-win bagi pelanggan dan petani, bukan?
Pada awal keberadaannya, Amanda hanya mempromosikan Sayurbox melalui media sosial. Karena meningkatnya permintaan, Sayurbox mengonversi ke web dan aplikasi.
Namun, Amanda sempat menemui kendala yang ia temui. Misalnya tidak bermodal, aplikasi UI-UX yang tidak memberikan kepuasan, server sering down dan lain sebagainya.
Beruntung Amanda bisa melewatinya, sejauh ini Sayurbox memiliki setidaknya 1000 pesanan setiap hari.
Pesanan tersebut disampaikan oleh 300 mitra tani dan petani lokal untuk 50.000 pelanggan.
11. Bob Sadino
Daftar perusahaan milik Bob Sadino:
- Kem Chicks: Supermarket yang menawarkan berbagai bahan makanan impor.
- Kem Food: perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan daging.
- Kem Farm: perusahaan yang bergerak di bidang ekspor buah dan sayur.
- The Mansion at Kemang: apartemen yang dilengkapi dengan pusat perbelanjaan dan perkantoran bekerja sama dengan pengembang real estate Agung Sedayu Group.
Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia terakhir yaitu Bob Sadino
Bambang Mustari Sadino atau biasa disapa Bob Sadino adalah sosok pengusaha sukses yang tak kalah dengan gayanya yang santai mengenakan celana pendek.
Kehidupan muda Bob Sadino nyaman karena ia tinggal di lingkungan keluarga kaya.
Sayangnya kedua orang tuanya meninggal saat ia berusia 19 tahun. Dimana hal itu menjadi titik balik dalam kehidupan Bob Sadino.
Dengan modal mobil eksklusif yang didatangkan dari Belanda, ia membuka usaha rental mobil.
Namun sayang Bob Sadino mengalami kecelakaan hingga mobilnya hancur. Di tengah depresinya berusaha mencari uang, seorang rekan memberikan 50 ekor ayam ras sebagai bentuk dukungan.
Tak hanya dipelihara sebagai hewan peliharaan, 50 ekor ayam itu terus ia manfaatkan untuk bisnis telur ayam.
Seiring dengan kesuksesan bisnis ayam, Bob mulai merambah bisnis lain yang pada akhirnya membawanya menjadi salah satu pengusaha tersukses di Indonesia.
Pelajaran berharga yang bisa dipetik dari Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia Bob Sadino, salah satunya:
- Setiap kesuksesan selalu diawali dengan kegagalan.
- Tidak ada perjalanan yang semulus jalan tol, untuk itu harus sabar dan tidak mudah menyerah saat memulai bisnis.
Sekian artikel berjudul 10+ Tokoh Entrepreneur Terkemuka di Indonesia, semoga bermanfaat.