8 Bocoran Lolos Seleksi Tes PPTI PPBP BCA

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes PPTI PPBP BCA? Tahapan tes PPTI PPBP di Bank BCA memang menjadi perbincangan hangat saat ini.

8 Bocoran Lolos Seleksi Tes PPTI PPBP BCA

Halo teman-teman! Apa kabar? Semoga kalian selalu baik-baik saja, tetap bersih dan sehat ya guys!

Sesuai dengan judulnya, disini saya ingin berbagi pengalaman saya mengikuti seleksi Beasiswa PPA/PPTI BCA. Sebelum saya berbagi pengalaman, rasanya kurang lengkap jika saya tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang beasiswa ini.

Sebelum membahas bagaimana Seleksi Tes PPTI PPBP BCA, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Beasiswa PPTI PPBP BCA?

A. Apa itu PPTI-PPBP Bank BCA?

Jadi, beasiswa PPA/PPTI BCA merupakan beasiswa yang disiapkan BCA sebagai bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

Program ini berlangsung selama 30 bulan dan bertempat di BCA Learning Institute, Sentul. Beasiswa ini memiliki dua bentuk program dengan jalur lain yaitu:

  • Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP);
  • Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI).

*Kuota dapat berubah sewaktu-waktu tergantung minat dan spesifikasi keperluan pihak BCA

Anda pasti bertanya-tanya apa yang bisa kita lakukan dengan program ini? Dan keuntungan apa yang akan kita dapatkan?

Nah jawabannya banyak. PPA/PPTI/PPBP BCA adalah beasiswa paket penuh. Berikut manfaat yang ingin kami dapatkan dari PPA/PPTI/PPBP BCA:

  • Disediakan buku teks selama program pembelajaran yang sedang berlangsung dan beberapa alat untuk mendukung program.
  • Kalkulator Scientific (hanya untuk PPA/PPBP) dan Netbook/laptop (hanya untuk PPTI).
  • Gratis biaya pendidikan (penuh) dan tunjangan bulanan
  • Dapatkan kesempatan magang dan tawaran kerja di BCA
  • Makan siang selama program berlangsung
  • Asrama/Dormitory  (Asrama PPTI-PPBP BCA bisa dilihat di Instagram @rumahtalentabca) dan shuttle bus

Benar-benar menarik bukan? Tapi Anda jangan salah, beasiswa ini memiliki banyak manfaat dan juga tingkat Seleksi Tes PPTI PPBP BCA yang banyak juga.

Baca juga:

B. Tahapan Seleksi PPTI-PPBP Bank BCA?

8 Bocoran Lolos Seleksi Tes PPTI PPBP BCA

Berikut saya beri tahu tahapan seleksi untuk PPA/PPTI/PPBP BCA:

Tahapan Seleksi  PPTI-PPBP Bank BCA sebelum pandemi Covid 19 (Offline)

  1. Seleksi Administrasi
  2. Tes online
  3. Tes psikologi
    – Psikotes 1 (akademik)
    – Psikotes 2 (kepribadian)
  4. Wawancara 1
  5. Wawancara 2
  6. Medical Check Up

Tahapan Seleksi  PPTI-PPBP Bank BCA saat ini (Online)

  1. Seleksi Administrasi
  2. Tes online
  3. Psikotes IFO
    – Tes psikologi online
    – Wawancara dengan pihak vendor (IFO)
  4. Wawancara 1 BCA
  5. Wawancara 2 BCA
  6. Medical Check Up

*Karena pandemi, ada perbedaan dalam tingkat penyeleksian dan tahapan antara tahun-tahun sebelumnya dan tahun ini

Itu banyak tahapan, bukan? Tapi itu semua sebanding dengan apa yang ingin kita dapatkan nantinya.

Dan perlu ditegaskan bahwa jika setiap tahapan di atas menerapkan mekanisme gugur, maka jika gagal di satu level tidak bisa melanjutkan ke level berikutnya.

Jadi, inilah deskripsi singkat saya tentang program ini. Jika Anda tertarik untuk mendaftar dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang ketentuan lain terkait PPA/PPTI/PPBP BCA, Anda dapat mengakses website https://karier.bca.co.id/beasiswa-bca

Setelah mengikuti seleksi PPA/PPTI BCA 2021, saya hanya bisa berbagi pengalaman. Karena semua yang saya tulis disini hanya berdasarkan apa yang saya alami dan ikuti.

Mari kita mulai pembahasan tahapan seleksi Tes PPTI PPBP BCA.

1. Seleksi Adminstrasi

8 Bocoran Lolos Seleksi Tes PPTI PPBP BCA

Seleksi Tes PPTI PPBP BCA yang pertama yaitu seleksi administrasi, ini adalah langkah awal yang sangat penting.

Saat itu saya baru mendapatkan rapot untuk kenaikan dari Kelas XI ke Kelas XII.

Saya sempat berniat mendaftar di PPA/PPTI BCA beberapa waktu lalu, sehingga saya langsung menghubungi salah satu alumni saya yang diterima di PPTI-PPBP BCA.

Alumni saya menyarankan saya untuk mendaftar di PPTI-PPBP BCA segera setelah saya memiliki nilai semester 4.

Akhirnya 1 minggu kemudian saya memutuskan untuk mendaftar. Dan seingat saya, keberadaan web BCA mengenai formulir nilai pendaftaran PPTI-PPBP BCA saat itu masih berupa file Excel.

Namun, BCA telah memperbarui website dan formulir pendaftaran agar lebih mudah untuk diisi.

Jangan sampai lupa untuk melengkapi administrasi, meskipun bukan termasuk Tes PPTI PPBP BCA tetapi ini merupakan langkah awal anda.

2. Tes online

Tes Online adalah salah satu tahapan seleksi Tes PPTI PPBP BCA yang perlu anda ikuti.

Setelah menunggu seminggu, akhirnya saya mendapat email. Dan email tersebut berisi informasi tentang materi yang penting bagi saya untuk belajar dan mengakses data untuk ujian online.

Pada titik ini saya memiliki waktu 3 hari dan memutuskan untuk melakukannya pada hari pertama karena saya adalah anak yang sibuk dan saya tidak punya waktu untuk melakukan tes online sampai hari berikutnya.

Sebetulnya menurut saya tidak begitu sulit soalnya, hanya saja waktunya sangat terbatas sehingga harus ada waktu untuk mengejar ketertinggalan.

Walaupun waktu terbatas saya berusaha untuk mengerjakan semua soalnya, meskipun ada beberapa soal saya asal mengisi karena saya tidak punya waktu untuk menghitung hehehe.

Tes PPTI PPBP BCA yang pertama anda hadapi yaitu tes online, semoga berhasil melewati langkah ini.

Tips:

Jika Anda berada pada tahap ini, saya sarankan untuk mengatur waktu pengerjaan ketika kondisi Anda benar-benar sempurna sehingga Anda dapat melakukan tes online dengan sebaik-baiknya.

Buat kalian yang bingung dengan contoh soal tes bagian numerik ketika ujian online, kalian bisa mencoba latihan soal numerik TPA, karena menurut saya biasanya soalnya mendekati dengan model soal ini.

Tes Online memiliki waktu yang relatif singkat, tetapi usahakan untuk menyelesaikan semua soal di dalamnya.

Sejauh yang saya tahu, tes online tidak memiliki nilai negatif. Jadi kalau kalian mengisi asal, masih aman kok guys.

3. Tes psikologi online

8 Bocoran Lolos Seleksi Tes PPTI PPBP BCA

Seleksi Tes PPTI PPBP BCA yang selanjutnya yang harus anda ikuti adalah tes psikologi online.

Setelah tes online saya sangat menunggu informasi tentang tahap selanjutnya yang tidak datang-datang.

Awal Oktober saya mendapat informasi bahwa psikotes akan dilakukan secara online, dan beberapa hari setelah menerima informasi tersebut, saya mendapat jadwal.

Saya sedikit kaget karena jadwalnya cukup padat sementara persiapan saya belum cukup matang dalam hal beberapa materi psikotes.

Sebenarnya saya mempelajari materi psikotes, tapi itu baru dimulai setelah saya melakukan tes online. Karena saya menunggu lama, saya tidak memperdalam persiapan saya saat itu.

Akhirnya hari itu tiba. Suatu hari saya meminta izin kepada wali kelas saya untuk tidak hadir dan meminta beberapa tugas yang harus dilakukan nanti di mata pelajaran pada hari berikutnya karena tes psikologi dimulai pada jam 8 pagi.

Saya cukup grogi karena mekanisme psikotes online mengharuskan kita untuk melakukan pertemuan Google dengan teman-teman yang memiliki jadwal yang sama dan didampingi oleh vendor dari IFO Group.

Saat tes psikologi berlangsung, saya agak kaget awalnya karena waktunya sangat singkat, bahkan lebih singkat dari tes online.

Tapi saya berusaha konsentrasi dan mengerjakan psikotes dengan sebaik mungkin.

Sejujurnya beberapa pertanyaan tes psikologi tidak terjawab karena keterbatasan waktu dan jadi saya merasa tidak akan berhasil jika melihat seperti ini pada saat itu.

Tes psikologi berakhir pada pukul 11.00, dan vendor menjelaskan bahwa informasi tentang peserta yang telah maju ke tingkat berikutnya akan diberitahukan langsung pada pukul 12.00.

Pada akhirnya saya menunggu satu jam dalam keadaan pasrah karena saya pikir saya tidak melakukan tes psikologi pertama secara optimal.

Saya memiliki masalah server selama tes kepribadian yang menyebabkan saya pergi lebih lambat dari teman-teman saya yang lain.

Saya hanya bisa menjelaskan “oke”. Saya benar-benar mengabdikan diri dan hanya bisa berdoa ketika hasilnya adalah jalan terbaik untuk saya.

Untuk Tes PPTI PPBP BCA selanjutnya lebih sulit dari pada tes online sebelumnya, berikut tipsnya agar dapat lolos beasiswa PPTI PPBP BCA.

Tips:

  1. Jika Anda baru saja menyelesaikan tes online dan sedang menunggu tingkat tes psikologi, saya menyarankan Anda untuk melatih soal tes psikologis secara teratur sehingga Anda akan lebih mudah untuk mengerjakan soal nanti.
  2. Ada beberapa bentuk tes yang saya ingat melakukan Psikotes online PPTI-PPBP BCA sebagai berikut:
    Figural (Pola gambar, ketidaksetaraan dan kesamaan gambar)
    Deret angka
    Analisis Wacana (disiapkan wawasan nanti, soalnya berupa pengakuan, kita perlu memastikan bahwa nilai pengakuan itu antara “Benar” / “Salah” / “Tidak diketahui”.
    Analisis pertidaksamaan variabel (pertidaksamaan yang ada, nanti soalnya berupa ringkasan pertidaksamaan, dan kita perlu memastikan bahwa nilai rangkumannya berada di antara “Benar” / “Salah” / “Tidak diketahui”. * Contoh: a < b < c kesimpulan: a > c jadi Nilai kesimpulan: Salah
    Tes Kepribadian
    Menggambar orang
    Menggambar pohon
  3. Selain materi, Anda juga perlu mempersiapkan psikis Anda. Hadapi masalah dengan tenang dan cobalah untuk tidak khawatir
  4. Panduan utama untuk tahap ini, menyiapkan perangkat atau cadangan jaringan. Sangat penting untuk mempertimbangkan berbagai masalah teknis yang muncul saat mengikuti tes psikologi online ini.

Latihan soal psikotes online PPTO-PPBP BCA bisa diakses di:

4. Interview IFO (Vendor)

8 Bocoran Lolos Seleksi Tes PPTI PPBP BCA

Wawancara IFO adalah salah satu tahapan Seleksi Tes PPTI PPBP BCA.

Saya menunggu satu jam setelah tes psikologi dan pusing karena 3 jam non-stop menatap monitor netbook.

Pukul 12 siang, informasi tersebut akhirnya ditransmisikan melalui WhatsApp grup yang awalnya dibentuk oleh grup vendor sehari sebelum tes psikologi dimulai.

Sejak saya menyerah, saya agak malas untuk membuka info. Lagi pula, saya tidak berpikir saya berhasil saat itu.

Tapi ternyata saya lulus dan mendapat wawancara pertama jam 1 siang. Saya menyukainya meskipun saya gugup karena itu berarti saya hanya memiliki sekitar 1 jam waktu persiapan.

Saya akhirnya pergi ke tautan pertemuan dengan pewawancara saya 5 menit sebelum jadwal.

Saya menunggu cukup lama, bahkan lebih lama dari waktu yang disepakati, tetapi wawancara saya belum tiba. Setelah menunggu beberapa saat, wawancara saya akhirnya muncul.

Sesi wawancara berjalan tidak cukup lama, sekitar 30 menit. Pertanyaannya menyangkut diri sendiri dan sekolah.

Pewawancara menginformasikan bahwa tahap selanjutnya akan dilaporkan paling lambat 1 bulan setelahnya.

Setelah menjalani semua Tes PPTI PPBP BCA, masuk ke tahapan interview PPTI PPBP BCA, untuk gambaran soalnya lebih ke pertanyaan tentang diri anda.

Tips:

  • Persiapkan mental Anda dan cobalah untuk tidak gugup saat menjawab
  • Ketika saya di sekolah menengah, saya belajar berbicara di depan umum, yang sangat berguna selama sesi wawancara. Saat berbicara di depan umum, Anda perlu memperhatikan 3 faktor, yaitu:
    Sopan santun (norma saat menjawab adalah bersikap sopan, usahakan tubuh tetap lurus dan menatap lurus ke monitor/pewawancara).
    Metode (saat menjawab pertanyaan sebaiknya menggunakan gerak tubuh yang baik, tetapi tidak terlalu banyak, serta pilihan kata yang diucapkan [saya pribadi mendiktekan penggunaan kata yang tidak begitu baku namun tetap santun]).
    Materi (untuk faktor ini sebenarnya tidak ada materi dalam sesi wawancara yang penting bagi Anda karena semua pertanyaan berhubungan dengan diri kita. Anda hanya harus jujur ​​pada dasarnya).

Baca juga: Cara Mengatasi Grogi saat Wawancara Kerja

5. Interview 1 BCA

8 Bocoran Lolos Seleksi Tes PPTI PPBP BCA

Seleksi Tes PPTI PPBP BCA yang kelima adalah interview 1 BCA, interview yang akan dilakukan oleh pihak internal BCA.

Setelah wawancara IFO saya benar-benar menunggu informasi lebih lanjut, saya memeriksa email saya hampir setiap hari tetapi undangan tidak datang.

Dan ada kejadian unik di masa penantian ini. Saya tidak mengerti jika teman sekelas dan sekretaris umum saya berpartisipasi dalam seleksi PPTI PPBP BCA di OSIS saya.

Anda tahu saya sangat menyukainya karena saya pikir saya akhirnya memiliki kawan seperjuangan.

Saya dan dia mulai berpartisipasi dalam percakapan online. Yang saya sadari ternyata dia sudah menerima email undangan wawancara BCA 1 yang dijadwalkan keesokan harinya.

Keesokan harinya teman saya menghadiri sesi wawancara dan memberi saya gambaran tentang bagaimana sesi itu berlangsung.

Teman saya sangat baik dan sebenarnya saya berharap jika kita berdua bisa melewati sampai akhir.

Namun kenyataan berbicara lain. Teman saya memberi tahu saya ketika dia menerima email yang mengonfirmasi bahwa dia harus berhenti pada saat itu pada hari yang sama setelah wawancara.

Dan saat itu aku benar-benar hancur. Saya pikir saya suka ketika seseorang yang saya kenal bekerja dengan saya dalam seleksi ini dan saya benar-benar merasa perlu untuk menjalani program ini bersama mereka. Tapi ternyata alam semesta tidak begitu baik.

Meskipun demikian, teman saya masih memberikan dukungan dan itulah yang membuat hati saya sedikit terbuka.

Saya sangat berterima kasih kepada teman saya. Saya hanya bisa mendoakan yang terbaik untuknya.

Setelah kejadian itu saya menunggu cukup lama dan kemudian menyerah karena berpikir sepertinya saya tidak berhasil sebelum tahap wawancara BCA yang pertama.

Karena saya sudah menunggu selama dua minggu tapi tidak ada kabar, padahal sebenarnya teman saya baru mendapat email 5 hari setelah wawancara IFO.

Namun beberapa saat kemudian, saya dikejutkan oleh email notifikasi saya, yang ternyata adalah undangan Interview 1 BCA. Dengan kata lain, saya menerima undangan 20 hari setelah wawancara IFO saya.

Saya melakukan wawancara selama kurang lebih 45 menit. Pewawancara saya di sesi ini adalah orang yang paling ramah jadi saya merasa seperti sedang melakukan percakapan biasa dari pada wawancara.

Beberapa pertanyaan interview PPTI-PPBP BCA yang saya ingat dari wawancara itu, misalnya:

  • Mengapa Anda mendaftar PPTI PPBP BCA?
  • Jika Anda tidak diterima dalam program ini, apa yang akan Anda lakukan?
  • Keberhasilan apa yang Anda miliki sejauh ini di SMA?
  • Lebih dekat dengan siapa di lingkungan keluarga?
  • Bagaimana langkah-langkah belajar Anda?
  • Berapa banyak teman yang kamu miliki?
  • Bagaimana Anda membagi waktu Anda antara organisasi dan kewajiban anda sebagai siswa?
  • Bagaimana Anda membagi pekerjaan dalam kelompok Anda ketika ada pekerjaan kelompok?

Pada dasarnya pertanyaan-pertanyaan dalam sesi ini mengutamakan kepribadian, latar belakang keluarga dan banyak detail dari diri kita masing-masing.

Semoga dengan sedikit pertanyaan wawancara Tes PPTI PPBP BCA diatas dapat memberikan gambaran, tetapi kami memiliki sedikit tips untuk anda, agar dapat lolos beasiswa PPTI PPBP BCA.

Tips:

  • Sama seperti pada wawancara pertama, wawancara ini membutuhkan persiapan psikologis dan ketenangan
  • Perhatikan sopan santun dan langkah Anda saat menjawab pertanyaan
  • Kejujuran adalah kunci khusus karena setahu saya BCA sangat menghargai kejujuran
  • Bahkan jika percakapannya santai, jangan memalingkan muka dan bertindak sembrono. Karena pewawancara adalah orang-orang yang berpengalaman di bidangnya, jelas bahwa pewawancara memiliki triknya sendiri untuk mengubah konsentrasi Anda dengan cara yang dapat menjadi salah satu pengukur kemampuan Anda.
  • Pertanyaan-pertanyaan yang disebutkan bersifat relatif dan akan berbeda tergantung pada pewawancara dan diri Anda masing-masing, jadi sebaiknya Anda tidak terlalu bergantung pada pertanyaan standar yang telah Anda siapkan.

6. Interview 2 BCA

8 Bocoran Lolos Seleksi Tes PPTI PPBP BCA

Tahapan Seleksi Tes PPTI PPBP BCA selanjutnya yaitu adalah interview 2 BCA.

Sebelas hari setelah wawancara pertama saya, saya akhirnya menerima undangan untuk wawancara 2 BCA.

Sebelum wawancara dimulai, saya sangat gugup, karena wawancara ini merupakan tahap penting dan kepastian apakah saya akan bisa pergi ke tahap medical check up atau tidak.

Awalnya saya diberikan semangat oleh teman saya saat itu. Dia mengingatkan saya untuk berdoa dan saya melakukannya. Saya berdoa semoga wawancara ini berjalan lancar.

Selama wawancara saya mengalami masalah dengan akses internet, tetapi untungnya saya menyiapkan hotspot yang dapat saya gunakan kapan saja ada masalah seperti itu.

Pewawancara saya sangat pengertian dan sangat ramah. Dia mengizinkan saya untuk menukar jaringan saya terlebih dahulu ketika masalah dimulai.

Durasi wawancara ini terhitung lebih lama dari sebelumnya, kurang lebih 50 menit.

Sekali lagi, saya merasa sangat nyaman dengan wawancara karena pertanyaannya hampir sama dengan wawancara awal, tetapi lebih detail.

Seperti yang saya katakan di awal, kejujuran adalah poin penting dan menurut saya kejujuran memudahkan saya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan Sesi 2.

Tips:

  • Sekali lagi, saya mendorong Anda untuk jujur ​​dan apa adanya. Saya sendiri memiliki konsep bahwa jika saya harus menjadi diri kita sendiri, jika saya lulus, saya benar-benar mengucapkan terima kasih. Jika saya gagal, kemungkinan profil saya tidak cocok dengan profil BCA.
  • Anda harus tetap konsisten dalam menjawab karena wawancara pada sesi ini, karena mempunyai rekaman jawaban Anda pada Sesi Wawancara BCA pertama 1. Jika jawaban Anda berbeda, Anda bisa dianggap sebagai pembohong.
  • Sesi ini mengharuskan Anda untuk mendorong diri sendiri melampaui wawancara awal, jadi Anda perlu mempersiapkan pertanyaan lanjutan yang akan disajikan oleh pewawancara.

7. Medical Check-Up

8 Bocoran Lolos Seleksi Tes PPTI PPBP BCA

Medical Check Up adalah tahapan Seleksi Tes PPTI PPBP BCA yang cukup penting.

Setelah serangkaian tes dan wawancara saya menunggu kabar selanjutnya untuk Medical Check Up jika dipastikan saya bisa lolos tahap awal.

Delapan hari setelah wawancara saya di 2 BCA, saya menerima email undangan untuk pemeriksaan kesehatan di salah satu pusat kesehatan di Jakarta Selatan.

Rangkaian tes kesehatan, yaitu:

  • Tes Darah;
  • Tes Urine;
  • Tes Buta Warna (untuk PPTI tidak mempengaruhi);
  • Rontgen Paru-Paru;
  • Tinggi, Berat Badan;
  • Tekanan Darah, Denyut Nadi;
  • Pengecekan Tato;
  • dan beberapa tes kesehatan pada umumnya.

Tips:

  • Saya sangat merekomendasikan minum banyak air sebelum MCU karena dapat memudahkan Anda jika diminta sampel untuk tes urin.
  • Cobalah untuk tidak tegang dengan semua rangkaian tes MCU karena ini dapat memengaruhi hasil nanti. Ketika saya berada di MCU, salah satu kontestan lain sangat tegang selama pengambilan darah sehingga jarum suntik tidak dapat mengambil darah kontestan, jadi dia harus menenangkan diri di terlebih dahulu.
  • MCU adalah tahapan seleksi. Bahkan jika peluang Anda untuk lolos lebih baik dari sebelumnya, MCU masih bisa mengeluarkan peserta. Tapi kamu tenang saja, selama kamu sehat dan tidak macam-macam pasti kamu akan melewati tahap ini.

Baca juga: Apa Itu Tes Medical Check Up dan Tips Lolos Medical Check Up

8. Tanda Tangan Kontrak

Tahapan Seleksi Tes PPTI PPBP BCA yang paling ditunggu-tunggu adalah tanda tangan kontrak.

Beberapa hari kemudian,  9 hari setelah saya menjalani tes MCU, saya menerima telepon untuk mengkonfirmasi penandatanganan kontrak beasiswa.

Saya sangat menyukainya dan tidak ada kata lain untuk diucapkan kecuali saya sangat bersyukur.

Saya benar-benar bersyukur bahwa saya telah berhasil sejauh ini. Proses seleksi yang agak lama sepertinya terlewatkan mengingat status saya saat ini.

Saya sangat berterima kasih kepada beberapa orang yang selalu mendukung saya selama seleksi ini, terutama teman saya yang awalnya ikut dengan saya di seleksi ini.

Saya sadar perjalanan saya masih panjang. Tapi saya berjanji pada diri sendiri jika saya memenuhi harapan semua orang yang memberi saya kesempatan dan membantu saya mencapai titik ini, termasuk diri saya sendiri. Saya akan berusaha lebih keras daripada yang saya lakukan sekarang.

Video proses Seleksi Tes PPTI PPBP BCA bisa dilihat di bawah ini

Sekian artikel berjudul Bocoran Lolos Seleksi Tes PPTI PPBP BCA, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!