10+ Cara Membuat Landing Page Gratis dan Menarik
Bagaimana Cara Membuat Landing Page Gratis dan Menarik? Berpikir tentang cara membuat landing page? Landing page yang baik merupakan faktor penting dalam pemasaran.
Yang menjadi poin utama artikel ini yaitu:
- Cara Membuat Landing Page di WordPress
- Tips Membuat Landing Page Menarik
- Membuat Landing Page Gratis dengan Zyro
Jika Anda ingin mendapatkan pelanggan dan meningkatkan pemasaran, Anda memerlukan landing page.
Jangan khawatir bahkan jika Anda bukan ahlinya.
Anda Bisa membuat Landing Page Dengan WordPress Dengan 5 Cara Mudah!
mau tau triknya Yok, simak cara membuat landing page yang disiapkan berikut ini!
Table of Contents
A. Apa itu Landing Page?
Sebelum masuk ke bagian Cara Membuat Landing Page, ketahui dahulu apa itu landing page?
Menurut WPBeginner, landing page secara terperinci ditampilkan kepada pengunjung ketika mereka terhubung ke situs web yang dihasilkan dari pencarian berbayar.
landing page berguna untuk mengumpulkan data pengunjung potensial yang perlu diarsipkan oleh bisnis dengan benar untuk mengembangkan strategi pemasaran yang akurat.
Selain itu, landing page dapat digunakan untuk mempercepat transaksi karena pengunjung atau konsumen dapat fokus pada halaman tersebut dan tidak terganggu oleh menu atau tombol navigasi lainnya.
Lebih jelasnya bisa dilihat di artikel Landing Page Adalah: Jenis, Cara Membuat dan Contoh
B. Tips Membuat Landing Page Menarik
Anda dapat membuat landing page menggunakan pembuat landing page pilihan Anda.
Beberapa yang paling terkenal adalah Elementor di WordPress, Unbounce, dan Wix.
Nah, menurut Moosend, inilah beberapa langkah umum yang bisa Anda ikuti.
1. Tentukan Target Audience Anda
Landing page ditujukan untuk tipe pelanggan yang terperinci.
Jenis pelanggan atau audiens ini disamakan dengan produk yang ingin Anda pasarkan dengan landing page.
Oleh karena itu, langkah penting pertama adalah mengetahui orang seperti apa yang ingin Anda targetkan dari bisnis Anda.
Ini memengaruhi desain, copy, dan pendekatan lain ke landing page Anda.
2. Tetapkan Tujuan
Langkah selanjutnya dalam membuat landing page adalah menentukan tujuan yang Anda inginkan untuk halaman tersebut.
landing page umumnya ditujukan untuk detail satu halaman.
Hal baiknya adalah hanya ada satu tujuan utama di landing page Anda.
Misalnya landing page tempat pengunjung meninggalkan informasi kontak, login, mengisi formulir, mendaftar, klik download, dan lain sebagainya.
Menawarkan pilihan minimal ini adalah salah satu cara untuk memastikan pengunjung tidak terganggu oleh hal-hal lain dan membuat konversi yang diperlukan.
Ini memungkinkan landing page Anda mengonversi pengunjung secara efektif.
3. Konten Landing Page
Sekarang setelah Anda mengetahui fokus landing page Anda, cara selanjutnya adalah mengisi halaman itu dengan copy.
Cara terbaik untuk menulis copy untuk landing page adalah dengan menggunakan beberapa kata kunci terkait yang dicari oleh target audiens Anda.
Dengan cara ini, landing page Anda akan terlihat lebih baik dan dapat membantu membuat konversi terjadi dengan cara terbaik.
Jangan lupa gunakan headline yang menarik di bagian atas atau pertama.
Fungsi headline adalah untuk membuat pengunjung terus menggulir ke bawah.
Di bawah ini adalah contoh headline yang jelas yang menawarkan proposisi penjualan yang unik dengan cara yang menarik.
Headline ini tidak terlalu pendek, tetapi juga tidak terlalu panjang.
Intinya juga langsung tersampaikan, sehingga memudahkan pengunjung untuk memahami apa yang dijual atau ditawarkan.
4. Tambahkan Konten Visual
Sebuah landing page tentu tidak lengkap tanpa konten visual yang mendukung.
Tentukan contoh warna yang cocok dengan merek Anda, gunakan gambar, tambahkan video, dan faktor visual lainnya.
Konten yang sesuai secara visual yang sama dapat memengaruhi pemahaman pengunjung landing page dan meningkatkan kenyamanan pada halaman tersebut.
Jadi faktor visual ini penting untuk mendukung copy yang sudah ditulis.
5. Membuat CTA
Call-to-action (CTA) adalah bagian yang harus ada di landing page.
Hiasi halaman Anda dengan ajakan bertindak ini sehingga konsumen tahu tindakan apa yang harus diambil.
Samakan CTA dengan tujuan landing page yang Anda tetapkan di awal.
Misalnya, jika landing page Anda akan meminta pengunjung untuk mendaftar, contoh CTAnya adalah “Daftar sekarang!”.
Untuk memudahkan pengguna, CTA biasanya dibuat dalam bentuk tombol.
Contohnya seperti gambar berikut.
6. Membuat Sasaran Konversi
Tentukan tindakan yang paling efektif untuk penempatan landing page dan pastikan kampanye sesuai dengan bisnis Anda.
Pikirkan tentang tujuan utama Anda. Ingin membuat pengunjung membeli sesuatu, mendaftar untuk berlangganan bulanan, atau mengunduh aplikasi tertentu?
Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, Anda perlu membaginya pada target yang lebih kecil.
Anda dapat mendorong pengunjung untuk mendaftar akun untuk uji coba gratis 30 hari, menerima e-book, buletin mingguan, atau kupon diskon.
Misalnya, landing page Spotify meminta Anda untuk mendaftar akun dan menggunakan versi gratis.
Namun, Anda akan mendengar beberapa iklan di antara lagu-lagu tersebut. Jika Anda ingin mendengarkan lagu tanpa gangguan iklan, Anda perlu membeli paket premium.
Kenali detail audiens target Anda dan ingatlah mereka. Oleh karena itu, analisis target Anda dan perilakunya.
Tetapkan pengguna rata-rata dan buat seolah-olah Anda adalah dia. Oleh karena itu Anda akan tahu apa yang Anda butuhkan.
Halaman arahan Anda harus fokus pada pengoptimalan yang mengarah ke tingkat konversi yang Anda inginkan.
7. Menciptakan Value Proposition yang Jelas
Anda perlu menawarkan manfaat melalui tindakan yang ditargetkan dengan jelas.
Jangan menuliskan hal-hal umum seperti “Solusi terbaik untuk Anda” atau “Temukan kebahagiaan Anda di sini”.
Anda harus menulis secara singkat, kuat dan detail. Oleh karena itu, pesan tersebut akan menjadi jelas.
Tambahkan tagline sederhana jika diperlukan, selama itu mendukung value proposition utama Anda.
Misalnya, lihat lagi bagaimana Spotify mengatakan “Spotify free” dan penambahan “Jutaan lagu. tanpa kartu kredit” sebagai slogan.
Pada saat yang sama, mereka memahami value propostion Spotify dalam membuat musik tersedia untuk semua orang.
Kelebihannya adalah banyak koleksi lagu yang bisa didengarkan secara gratis.
Baca juga: 15+ Contoh Landing Page Keren untuk Berbagai Produk
C. Apa yang Membuat Landing Page Menarik?
Banyak yang bertanya bagaimana Cara Membuat Landing Page yang menarik? Menurut Envato Tuts+, ada poin utama yang harus diperhatikan jika Anda ingin membuat landing page yang menarik.
1. Call-to-action yang Jelas
Cara Membuat Landing Page menarik pertama yaitu mempunyai Call to Action yang jelas. Call-to-action (CTA) yang menarik penting untuk landing page.
Pastikan CTA yang Anda buat jelas sehingga prospek pelanggan tidak terlalu kebingungan.
Tempatkan CTA landing page di tempat yang tepat, yang biasanya di bagian atas situs web, sehingga mudah dilihat.
2. Pembagian Konten
Cara Membuat Landing Page kedua yaitu terdapat pembagian konten. Beberapa bagian landing page perlu dipisahkan dengan baik agar tidak terlihat berantakan dan membingungkan.
Pastikan konsentrasi pengunjung tidak terganggu, karena ada konten yang biasanya tidak memerlukan beberapa bagian yang terpisah dengan baik.
3. Teks dengan Rapi
Cara Membuat Landing Page ketiga yaitu teks tertata dengan rapi. Semakin mudah pengunjung membaca dan memahami konten di landing page situs web Anda, semakin tinggi peluang keberhasilannya.
Gunakan font yang mudah dibaca, juga perhatikan jarak antar huruf dan kalimat.
Anda juga harus menghindari teks yang terutama ada di landing page.
4. Informasi Visual
Cara Membuat Landing Page keempat yaitu mempunyai informasi visual. Teks yang cepat dan mudah dipahami perlu disertai dengan gambar atau contoh agar terlihat lebih baik.
Informasi visual dapat menekankan teks pada landing page agar lebih mudah dipahami.
5. Warna yang Menarik
Cara Membuat Landing Page kelima yaitu mempunyai warna yang menarik.
Menggunakan warna yang menarik tidak hanya membuat landing page menjadi lebih menarik, tetapi juga memudahkan pengunjung untuk memahami dan menjelajahi situs tersebut.
UX landing page Anda akan terlihat lebih baik jika Anda menggunakan warna kontras tinggi.
Pengguna dapat dengan mudah mengetahui beberapa konten dan menemukan apa yang mereka cari di landing page Anda.
Nah, tidak sulit bukan? Sekarang Anda dapat mencoba membuat landing page untuk bisnis Anda sendiri.
Setelah landing page Anda siap, saatnya untuk menarik pengunjung dan mulai memasarkan produk Anda.
Baca juga: 35+ Contoh Copywriting Skincare untuk Landing Page
D. Membuat Landing Page dengan Zyro Web Builder
Bagaimana cara membuat landing page di Zyro? ini jawabannya
Zyro Web Builder memungkinkan Anda membuat satu landing page secara gratis.
Selain menjadi solusi yang mudah dan cepat, platform ini dioptimalkan untuk membuat landing page yang mulus dan mampu menghasilkan banyak conversion rate.
Jika Anda tidak ingin membangun dari nol, Zyro menawarkan template yang dibuat oleh desainer yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.
Platformnya SEO friendly, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang peringkat Anda di SERP.
Platform ini memiliki AI Heatmap yang paling berguna untuk mengumpulkan beberapa ide layouting seperti penempatan posisi tombol CTA dan informasi utama.
Jika Anda kesulitan membuat konten, AI Writer dapat membantu Anda membuat badan landing page.
Anda dapat mengintegrasikannya dengan platform media sosial, tetapi Anda memerlukan paket premium Zyro untuk mendapatkan fitur ini.
Untuk cara membuat landing page dengan Zyro, berikut panduannya:
- Membuat akun, tentukan template landing page sesuka Anda
- Sesuaikan landing page Anda dengan mengklik Add Elements dan memasukkan tombol CTA, gambar, dan membuat teks dengan fungsi drag and drop.
- Jangan lupa untuk melakukan pratinjau tampilan di PC dan mobile dan pastikan layout sudah optimal di kedua perangkat.
- Saat Anda puas dengan hasilnya, klik Onlinekan Website untuk membuat landing page online.
Baca juga: 20+ Copywriting Makanan yang Menarik dan Contohnya
Cara Membuat Landing Page di WordPress
Setelah mengetahui menggunakan Zyto, kali ini kami akan memberitahu Cara Membuat Landing Page di WordPress.
Jika Anda memiliki situs web WordPress dan ingin membuat landing page, ikuti langkah-langkah ini:
- Dari dasbor WordPress Anda, arahkan kursor ke Halaman dan pilih Tambah Baru. Atau Anda dapat mengubah halaman beranda untuk membuatnya lebih mudah.
- Klik tombol add block di sudut kiri atas block editor. Masukkan block ke dalam elemen desain landing page Anda, judul, cover, teks, dan tombol.
- Klik Terbitkan lalu kembali ke dasbor WordPress
- Arahkan kursor ke Appearance dan pilih Customize. Klik Homepage Settings dan memilih static page.
- Tentukan landing page sebagai homepage. Pastikan Anda memiliki halaman web untuk mengunggah artikel.
Lebih jelasnya untuk cara membuat landing page di wordpress bisa melihat video dibawah ini
Kesimpulan
Landing Page adalah situs web atau laman web mandiri yang bertujuan mengubah pengunjung agar mengambil tindakan yang diinginkan, seperti: melakukan pembelian atau mengirim informasi kontak. Ini merupakan kewajiban bagi setiap perusahaan.
Anda dapat membuat dan mengeluarkannya menggunakan pembuat landing page seperti Zyro atau WordPress.
Pastikan itu telah memiliki tujuan, proposisi nilai langsung yang jelas, dan ajakan untuk bertindak.
Sekian artikel berjudul 10+ Cara Membuat Landing Page Gratis dan Menarik, semoga bermanfaat.