Desk Collection Adalah: Skill, Tugas dan Tanggung Jawab
Desk Collection Adalah: Skill, Tugas dan Tanggung Jawab | Banyak yang bertanya apa itu desk collection? dan apa saja job desk atau tugas desk collection? Kami akan menjelaskannya pada penjelasan artikel ini.
Seperti yang kita ketahui, pembayaran utang baik secara online maupun offline seringkali menjadi jalan keluar di tengah tuntutan kehidupan yang semakin meningkat.
Sayangnya, setelah dana utangnya habis, ada beberapa nasabah yang belum membayar cicilan meski sudah jatuh tempo.
Hal ini menjadi masalah serius bagi perusahaan ketika terjadi pada banyak pelanggan secara terus menerus hingga desk collection perlu mengingatkan nasabah.
Table of Contents
Apa itu Desk Collection?
Desk Collection adalah salah satu aspek terpenting dari bisnis apa pun, terutama perusahaan pemberi pinjaman.
Desk Collection atau disingkat Deskcoll adalah sebuah profesi dengan fungsi dan tugas tertentu yaitu menginformasikan, mengingatkan dan menuntut kewajiban pelanggan melalui media telepon.
Career Desk Collection membantu mengingatkan klien tentang tagihan dan kewajiban pembayaran yang telah jatuh tempo atau telah jatuh tempo.
Jenis karir ini cukup penting karena berkaitan dengan keuangan. Namun harus diingat bahwa karir Desk Collection sangat berbeda dengan debt collector.
Tanggung Jawab dan Tugas Desk Collection
Tugas Desk Collection adalah wajib untuk menelpon pelanggan sesegera mungkin dan mengingatkan mereka untuk membayar.
Ketika melakukan penagihan hutang, Anda perlu memikirkan bagaimana meminta pelanggan Anda untuk membayar hutang tanpa menyentuh hati mereka.
Dibawah ini adalah rincian job desk desk collection, juga beberapa tanggung jawab dan tugas desk collection adalah sebagai berikut:
- Menjalankan pengecekan pada faktur pelanggan yang hampir jatuh tempo atau mungkin telah jatuh tempo pada tanggal tertentu.
- Menyiapkan data penagihan yang dibayarkan oleh pelanggan.
- Menghubungi atau meminta pelanggan yang terlambat melakukan pembayaran yang telah melebihi batas tanggal yang ditentukan.
- Memproses beberapa data tagihan pelanggan yang sudah masuk dalam jadwal kunjungan langsung atau jadwal penagihan.
- Membuat laporan rutin ke manajemen dan benar-benar perlu di ketahui.
- Menelepon, mengingatkan dan meminta pembayaran kepada pelanggan yang telah melebihi batas tanggal yang ditetapkan sesuai SOP yang berjalan di perusahaan.
- Memonitor atau pengecek setiap pelanggan yang mengalami masalah dengan pembayaran angsuran yang tidak dilakukan dalam jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya.
- Tindak lanjuti dengan memberikan informasi melalui media pesan seperti SMS, WhatsApp atau telepon. Follow up ini hanya diberikan kepada pelanggan yang tidak membayar. Jika Anda telah menindaklanjuti dan mendapatkan persetujuan pelanggan, Desk Collection akan menunggu pembayaran dari nasabah.
- Bertanggung jawab atas semua informasi yang disampaikan kepada pelanggan dalam proses penagihan.
- Bertanggung jawab atas penyelesaian tugas tepat waktu sesuai dengan target yang diberikan.
Dalam hal penagihan hutang, yang terpenting adalah memikirkan bagaimana cara menagih hutang dari pelanggan/nasabah tanpa menyentuh hati mereka.
Mengingat bahwa ada hubungan baik yang perlu terjalin dengan pelanggan untuk kelangsungan kerjasama antara Anda dan pelanggan Anda harus dipertahankan.
Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Arsip
Skill untuk Menjadi Desk Collection
Seperti yang telah disebutkan, salah satu tugas Desk Collection adalah penagihan pelanggan melalui telepon. Oleh karena itu, karyawan yang memegang posisi ini harus memiliki keterampilan berikut.
1. Desk Collection adalah Orang yang Harus Memiliki Kemampuan Negosiasi
Salah satunya adalah collection bank atau perusahaan pembiayaan lain yang membutuhkan keterampilan untuk berbisnis dengan klien.
Hal ini sangat dibutuhkan ketika Anda merasa ada pelanggan yang terlambat membayar tagihan karena suatu hal.
Proses negosiasi Desk Collection dengan klien diharapkan dapat memberikan solusi terbaik bagi kedua belah pihak.
Desk Collection perlu memastikan bahwa pelanggan mau melakukan cicilan dan melunasi utangnya.
2. Harus Memiliki Keterampilan Komunikasi
Sebagai garis depan perusahaan pembiayaan, kekuatan komunikasi Desk Collection berdampak pada tingkat keberhasilan penyelesaiannya.
Ini penting karena pekerjaan Desk Collection melakukan pekerjaan melalui telepon.
Sangat penting bahwa Desk Collection memiliki ejaan dan pengucapan yang jelas saat di telepon.
Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahpahaman atau ambiguitas dalam hal penerimaan oleh pelanggan.
3. Mampu Mengerjakan Beberapa Tugas Sekaligus (Multitasking)
Pekerjaan Desk Collection adalah serangkaian tugas yang memerlukan kekuatan untuk melakukan banyak tugas pada saat yang bersamaan. Desk Collection tidak hanya menghubungi pelanggan untuk penagihan.
Saat di telepon, Desk Collection juga harus menuliskan percakapan atau beberapa hal yang dikatakan oleh pelanggan. Oleh karena itu, Desk Collection harus bisa multitasking.
4. Fokus pada Tujuan
Karyawan Desk Collection biasanya bekerja dengan tujuan atau target tertentu.
Dengan cara ini, orang yang tidak terlatih untuk bekerja dengan target akan mengalami kesulitan dalam posisi Desk Collection.
Target ini sering dikaitkan dengan pendapatan karyawan dari gaji Desk Collection.
Misalnya, jika pekerjaan Desk Collection dapat melebihi target penagihan yang ditetapkan, ia berhak mendapatkan komisi untuk penagihan itu.
Saat ini ada sistem dan perangkat lunak lain yang dapat membantu mencapai target.
Salah satu sistem dan softwarenya adalah SAP dan ERP Software.
Produktivitas dan pendapatan karyawan Desk Collection dan nilai perusahaan akan meningkat ketika Anda menerima dukungan Teknologi.
5. Sopan dan Sabar, tapi Tetap Tegas
Desk Collection harus memiliki sikap dan kekuatan ini. Kesopanan dan kesabaran ketika berhadapan dengan pelanggan dari segala jenis harus selalu dijaga.
Pada saat yang sama, seorang Desk Collection juga harus mampu bertindak tegas.
Pelanggan yang selalu terlambat membayar dari jadwal sering kali merasa cemas saat menerima telepon dari Desk Collection.
Oleh karena itu, Desk Collection harus memiliki sikap yang sopan dan sabar namun tetap tegas.
Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Marketing
Tahapan Desk Collection saat Menghubungi Nasabah
Desk Collection wajib bersikap ramah dan sopan saat melakukan panggilan telepon tentang pembayaran pelanggan. Anda dapat menggunakan metode ini saat menghubungi nasabah.
1. Siapkan Data dengan Lengkap
Poin pertama ketika menghubungi kreditur adalah penyediaan data kreditur yang lengkap. Anda perlu menyiapkan file yang tepat agar semua informasi dapat tersampaikan kepada pelanggan.
dengan data yang lengkap akan memudahkan tugas desk collection dalam langkah selanjutnya.
2. Menanyakan Kabar
Obrolan ringan mungkin mengesankan, tetapi percakapan ini mencairkan percakapan di telepon.
Setelah berbagi berita untuk sementara waktu, Anda kemudian dapat menyampaikan tujuan panggilan yang spesifik. Hal ini cukup penting sebelum masuk ke tugas desk collection yaitu penagihan.
3. Menanyakan dengan Sopan, Apakah Surat Tagihan sudah Diterima atau Belum
Saat ini, semakin banyak perusahaan yang memilih untuk mengirim surat secara elektronik, sehingga Desk Collection perlu memastikan kreditur telah menerima dan membacanya.
Biasanya surat dikirim 1 minggu sebelum tanggal jatuh tempo.
Mengirim surat kepada klien yang mengingatkan mereka tentang tanggal jatuh tempo tenggat waktu sekarang dapat dengan mudah dilakukan dengan perangkat lunak atau program.
Tidak hanya cepat dan mudah, ini juga penting untuk menghindari lupa atau pelanggan melewatkannya.
4. Peringatkan Tanggal Jatuh Tempo Tagihan
Masuk ke tugas desk collection yang utama yaitu memperingatkan dan melakukan penagihan.
Terkadang ada pelanggan yang melewatkan pembayaran tagihan bukan karena kesengajaan, melainkan karena lupa tanggal jatuh tempo.
Oleh karena itu, Desk Collection memainkan peran penting untuk mengingatkan pelanggan.
Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Kasir
Desk Collection dan Debt Collector Apa Bedanya?
Apa perbedaan Desk Collection dan Debt Collection? Ketika seseorang berhutang dan telah jatuh tempo dengan waktu yang melebihi batas.
Desk Collection dan Debt Collection mengambil peran untuk menagih hutang. Meski perannya sama dengan menagih utang, Desk Collection dan Debt Collector itu tampak berbeda.
Desk Collection dan Debt Collector sebenarnya bekerja untuk menagih utang dari konsumen yang terlambat membayar.
Terdapat perbedaan antara Desk Collection dan Debt Collector, silahkan baca penjelasannya
Desk Collection
Desk Collection umumnya melakukan peringatan utang secara tidak langsung di depan pelanggan, dengan melakukan penagihan di belakang meja.
Kata “Desk” itu sendiri telah menggambarkan cara kerja Desk Collection. Mereka biasanya menanyakan tentang hutang secara online melalui ponsel atau PC.
Debt Collector
Debt Collector melakukan penagihan hutang seperti Desk Collection. Bedanya, setelah menerima reminder dari Desk Collection, Debt Collector langsung mendatangi konsumen yang tidak melakukan pembayaran.
Debt Collector datang ke tempat mengunjungi rumah semua konsumen yang kartu angsurannya macet.
Apakah Anda tahu perbedaan antara Desk Collection dan Debt Collector?
Meskipun terlihat sama, mereka berbeda. Oleh karena itu, sebagai konsumen, Anda harus selalu membayar tagihan tepat waktu, agar tidak bermasalah dengan debt collector ini!
Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Public Relation
Syarat Menjadi Desk Collection
- Pria maupun wanita
- Cermat, teliti, dan mampu berkomunikasi secara verbal
- Pendidikan minimal D3 hingga S1, bidang terkait lebih diutamakan
- Dapat mengoperasikan komputer dan software
- Rapi, ramah, sopan, dan komunikatif
- Mampu bekerja dalam target dan tekanan
- Mampu bekerja di dalam tim
- Berpengalaman atau tersertifikasi di bidang perkreditan akan lebih diutamakan
Sekian artikel berjudul Desk Collection Adalah: Skill, Tugas dan Tanggung Jawab, semoga bermanfaat.