Sponsor Artinya: Fungsi, Jenis & Cara Mencarinya
Sponsor Artinya: Fungsi, Jenis & Cara Mencarinya | Dalam kehidupan sehari-hari, kata sponsored by atau sponsor sudah menjadi hal sehari-hari yang sering kita dapatkan.
Jika sponsor pada awalnya dipandang sebagai sesuatu yang bersifat komersial, kini sponsor memiliki eksistensi yang berbeda dan lebih dari sekedar komersial.
Dalam perubahan tersebut, sponsor telah memasuki kehidupan sosial warga. Beberapa perusahaan bahkan menjadikan sponsor sebagai bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) mereka.
Untuk pemahaman yang lebih baik mengenai apa itu sponsor, berikut pembahasan dari kami.
Table of Contents
Sponsor Artinya Bentuk Dukungan
Sponsor adalah bentuk dukungan terhadap suatu acara, kegiatan atau peristiwa. Bentuk dukungan ini biasanya berbentuk uang, tetapi bisa juga dalam bentuk hibah atau pinjaman properti.
Dalam bidang komersial, sponsor adalah istilah bagi pengiklan yang membayar sebagian atau seluruh aktivitasnya.
Padahal, identik dari sponsor adalah pemasang iklan di program televisi atau radio selama acara itu berlangsung. Misalnya, saat menayangkan berita utama di sebuah program televisi swasta.
Terkadang mitra siaran atau sponsor yang bersembunyi dalam siaran program.
Selama suatu kegiatan, pihak sponsor menyumbangkan uang untuk penyelenggaraan suatu acara.
Yang didapat dari pihak pemberi sponsor, dalam kegiatan ini, orang atau penonton dapat melihat ikon atau menerima barang dari pemberi sponsor .
Contoh sponsor adalah Piala Dunia 2014 di Brazil yang mendapatkan dukungan resmi dari beberapa perusahaan ternama seperti Johnson and Johnson, Marfrig, Yingli Solar, Castrol, Anheuser-Busch InBev, Continental dan beberapa lainnya.
Sponsor juga berbagai penyedia dan hal yang mendukung tujuan dan sasaran pribadi atau perusahaan.
Tujuan tentang berinvestasi di perusahaan swasta untuk sponsor adalah membuat keinginan dan menghasilkan keuntungan melalui perdagangan publik.
Disponsori Artinya?
Pihak yang memberikan dukungan berupa materiil yang akan mendapatkan timbal balik dari pihak penyelenggara, karena ada promosi produk yang datang dengan izin-izin tertentu.
Suatu bentuk kegiatan berdasarkan persetujuan pihak periklanan dan pihak yang ingin memasang iklan. Umumnya, perjanjian ini berbentuk pemberian beberapa uang yang disepakati oleh pihak pengiklan.
Fungsi dan Tujuan Sponsor
Fungsi dan tujuan sponsor adalah memberikan dukungan finansial untuk suatu kegiatan atau acara.
Pelayanan yang diberikan dimaksudkan untuk menunjang kegiatan yang akan dilakukan.
Selain itu, sponsor dapat diberikan untuk kelangsungan keberadaan perusahaan. Peran sponsor dalam perusahaan berbeda. Jadi bukan sekedar simpatisan suatu kegiatan.
Di pasar modal, contoh fungsi dan tujuan sponsor adalah sebagai berikut.
1. Perusahaan Rintisan atau Startup
Perusahaan yang baru berdiri atau start-up biasanya didukung oleh investor.
Startup sering menciptakan berbagai investor, yang mungkin termasuk individu, perusahaan modal ventura, perusahaan ekuitas swasta, dan pihak atau perusahaan yang mendukung mereka.
Sponsor dapat dianggap sebagai pengatur khusus dalam persetujuan modal.
Misalnya, Perusahaan Elektronik A menghimpun Rp 1 miliar dalam perputaran pendanaan Seri B pada Oktober 2017. A Group memimpin perputaran modal sebagai pihak pendukung utama.
2. Di perusahaan yang akan Go Public
Jika sebuah perusahaan memutuskan untuk go public, perlu dukungan dari beberapa pendukung.
Tujuan dari sponsor adalah untuk memandu perusahaan melalui proses penawaran umum perdana (IPO).
Selain itu, memberikan kredibilitas bagi investor baru dengan mempertimbangkan investasi IPO.
Sponsor utama IPO biasanya adalah bank investasi yang terlibat dalam perusahaan. Investor sering mencari bentuk dukungan yang luas dari saham sebelum melakukan investasi, percaya bahwa dukungan investor institusional membawa tingkat kepastian untuk keputusan investasi mereka.
Misalnya, perusahaan pertambangan akan go public, akan ada beberapa bentuk dukungan, mis. perusahaan penjamin emisi.
3. Sponsor untuk Underwriting
Sponsor underwriting digunakan untuk menawarkan reksa dana dan pertukaran dana yang diperdagangkan. Penjamin emisi harus mensponsori reksa dana agar investor dapat mengaksesnya.
Dalam kerangka reksa dana yang diperdagangkan di bursa, manajer investasi atau perusahaan lain bekerja untuk mengajukan materi peraturan. Manajer investasi berikut muncul sebagai pendukung.
Jenis-Jenis Sponsor
Sponsor memiliki arti yang luas dan dapat dikaitkan dengan berbagai konteks, mulai dari perdagangan dengan perusahaan hingga mendukung suatu kegiatan atau acara.
Hadirnya bentuk dukungan ini berfungsi untuk menunjang suksesnya acara atau kegiatan tersebut.
Biasanya sponsor suatu kegiatan lebih ditujukan untuk memperkuat brand dan status di masyarakat.
Bukan hanya untuk keuntungan instan.
Jenis sponsor berikut tersedia untuk beberapa kegiatan atau acara.
1. Sponsor Utama
Bentuk dukungan ini diletakkan pada bagian atas atau judul suatu kegiatan. Untuk alasan ini, ini disebut dukungan teratas.
Sponsor utama memberikan sebagian besar modal dalam penyelenggaraan acara.
Oleh karena itu, tanda pengenal perusahaan sebagai sponosr utama diletakkan di sebelah nama tersebut.
Ikon dan nama beberapa pihak pendukung utama tentunya akan meningkatkan persaingan dan menempatkan mereka pada posisi yang kuat, sehingga lebih mudah dilihat oleh penonton.
2. Sponsor Umum
Sebagai pihak sponsor umum, biasanya menyumbangkan setidaknya 50% dari dana pendukung. Sponsor umum ini akan menerima posisi promo pemasaran yang baik pada acara yang berlangsung.
3. Sponsor Resmi
Sponsor resmi umumnya masing-masing menyumbang antara 20% dan 25% dari semua dana yang dianggarkan. Terkadang mereka disebut sebagai mitra dan benar-benar beroperasi di bidang ini.
Misalnya, pada acara pameran mobil, perusahaan kredit kendaraan adalah yang ingin menjadi sponsor resmi.
4. Sponsor Teknis
Ini adalah pihak sponsor yang membayar sebagian atau seluruh barang dan jasa dalam menyelenggarakan suatu acara, seperti: Biaya transportasi, akomodasi, perawatan kesehatan atau peralatan klinis.
5. Sponsor Berpartisipasi
Sponsor jenis ini adalah mereka yang masing-masing memainkan hingga 10% dari semua dana dukungan.
6. Sponsor Tidak Resmi
Organisasi ini menyediakan informasi pendukung dengan promosi, liputan media dan hubungan masyarakat lainnya.
Perbedaan Sponsor dengan Dermawan
Jika kita mensponsori sesuatu yang ingin kita danai tetapi menginginkan keuntungan komersial, itu bukan jenis sponsor yang termasuk dalam kelompok dermawan.
Karena pihak dermawan akan dengan murah hati menyumbangkan uang dan tidak menginginkan imbalan apa pun.
Di sisi lain, jika sebuah perusahaan mensponsori acara olahraga, diharapkan memiliki akses ke kekuatan komersial eksplorasi yang terkait dengan kontes, turnamen, atau balapan.
Sementara sponsor dapat menarik perhatian, menciptakan citra merek dan mendorong pelanggan untuk membeli, sponsor berbeda dari iklan.
Sponsor membawa beberapa atribut produk terperinci yang tidak disebutkan sebagai iklan. Pemberian dukungan tidak bisa berdiri sendiri karena membutuhkan komponen pendukung.
Cara Mencari Sponsor
Anda mungkin saat ini tidak tahu cara mencari sponsor untuk acara yang ingin Anda selenggarakan.
Sekalipun Anda tampil sebagai penyelenggara atau pihak penyelenggara, tanggung jawab pencarian sponsor tentu ada di tangan Anda.
Jangan khawatir, mencari sponsor sebenarnya cukup mudah untuk Anda terapkan.
1. Pikirkan Konsep Acara dengan Matang
Soal mencari sponsor yang tepat, karena itu hal pertama yang perlu dilakukan dengan terlebih dahulu memikirkan matang-matang ide acara sebelum mengajak pihak sponsor untuk berkolaborasi.
Menurut Anda mengapa ide acara diperlukan? Argumennya adalah bahwa acara yang dipikirkan dengan matang bahkan lebih menarik bagi calon sponsor.
Hal ini membuat peluang mereka untuk ingin menjadi pihak sponsor semakin besar dibandingkan dengan acara yang tidak dipersiapkan dengan baik.
Munculkan ide acara yang menarik untuk ditonton oleh berbagai pihak. Artinya acara tersebut dapat menarik banyak pengunjung bahkan menarik media massa untuk mengulas acara yang Anda jalankan.
Menciptakan ide acara yang menarik membutuhkan pemikiran inovatif antara pihak-pihak penyelenggara acara.
Terapkan beberapa strategi tambahan untuk membuat acara Anda lebih menarik.
Misalnya, Anda dapat mengundang bintang tamu populer, mengundang pembicara paling tepercaya, menggunakan lokasi yang unik untuk menyelenggarakan acara, atau membuat acara lebih unik di mata calon pengunjung.
Atau memikirkan kemungkinan lain, mungkin bisa menambah rasa penasaran masyarakat, sehingga membuat banyak orang menaruh ekspektasi lebih terhadap acara yang ingin Anda selenggarakan.
Membuat ide acara yang menarik dan unik akan menarik calon sponsor untuk acara yang Anda selenggarakan.
Tentu hal ini berdampak positif, dimana peluang mereka untuk mendukung acara Anda semakin besar.
2. Pikirkan Berbagai Sponsor Potensial
Setelah Anda menemukan ide acara yang menarik, langkah selanjutnya adalah mencari sponsor dan memikirkan terlebih dahulu berbagai calon sponsor.
Hal terpenting yang perlu diingat ketika mencari calon sponsor adalah mengetahui kebutuhan masing-masing perusahaan saat bekerja sama dengan Anda sebagai penyelenggara acara.
Apa tujuannya? Tujuannya adalah ketika pihak penyelenggara acara dan pihak calon sponsor memiliki kebutuhan yang sama, peluang mereka untuk bekerja sama mungkin lebih besar daripada jika mereka tidak memiliki kebutuhan yang sama.
Misalnya untuk berbagi ilmu, begitu saja ketika menjalankan acara yang berbau kuliner atau momen memasak.
Acara tersebut erat kaitannya dengan berbagai perusahaan seperti tepung, produsen kecap, perusahaan manufaktur peralatan pengolahan dan lain-lain.
Hal ini dikarenakan jenis usaha ini memiliki kebutuhan yang sama dengan kelompok event organizer yang berkecimpung di dunia memasak.
Contoh lain, jika acara yang Anda selenggarakan terkait dengan olahraga, Anda harus memikirkan beberapa produsen sepatu atletik seperti Adidas, Nike, dan organisasi olahraga lainnya sebagai sponsor.
Atau jika Anda ingin mengadakan konser musik di universitas, maka stasiun radio lokal adalah sponsor utama yang dapat Anda rekrut untuk bekerja sama.
Jadi bagaimana jika beberapa perusahaan memiliki kebutuhan yang sama dengan Anda?
Anda tidak perlu khawatir tentang itu dan Anda selalu dapat menemukan perusahaan lain untuk mensponsori acara tersebut.
Langkah yang menarik adalah Anda harus bisa menawarkan berbagai keuntungan kepada pihak sponsor acara ketika mereka siap menjadi sponsor acara.
Selama ada hubungan yang saling menguntungkan antara pihak yang berbeda, tidak dikecualikan bahwa Anda dapat mengambil sponsor yang berbeda, tetapi mereka tidak terkait satu sama lain.
Buat daftar sponsor potensial untuk diajak bekerja sama. Buat daftar lengkap kontak masing-masing agar Anda dapat dengan mudah menghubungi mereka nanti.
Perusahaan yang perlu memasukkan calon sponsor potensial adalah perusahaan yang memiliki hubungan dengan acara yang Anda selenggarakan atau memiliki kebutuhan serupa, perusahaan yang telah mensponsori acara Anda, atau perusahaan yang memiliki hubungan individu dengan Anda.
3. Buat Surat Penawaran yang Bagus
Langkah selanjutnya benar-benar berkaitan dengan kekuatan Anda untuk memberikan kepercayaan kepada calon sponsor untuk mau bekerja sama dengan Anda sebagai pihak penyelenggara acara.
Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah menulis surat penawaran kepada sponsor.
Dalam surat penawaran Anda, Anda harus dengan jelas menyatakan tujuan acara, manfaat yang didapatkan pihak sponsor, dan memberikan deskripsi yang jelas tentang apa yang akan diterima pihak sponsor jika mereka memilih untuk bekerja dengan Anda.
Dalam surat penawaran, Anda juga harus memperkenalkan diri sebagai penyelenggara acara dan dapat menyampaikan ide Anda tentang acara tersebut secara singkat dan lugas.
Cukup tulis satu kalimat kurang lebih 300 kata, namun dengan jumlah kata tersebut Anda bisa menjelaskan secara detail dan pihak sponsor dapat mengetahui tujuan yang ingin Anda sampaikan kepada mereka.
4. Lanjutkan dengan Proposal yang Bagus
Alat yang bagus untuk kemudian menemukan sponsor dengan menggunakan taktik proposal yang bagus.
Maka Anda sebagai pihak penyelenggara acara harus mampu membuat proposal yang baik dan menarik perhatian calon pihak sponsor acara.
Hal yang sama berlaku untuk surat penawaran yang disebutkan di atas. Ketentuan khusus saat menyusun proposal dengan memberikan informasi secara singkat, padat, tidak banyak halaman dan sederhana.
Anda harus dapat menjelaskan acara dengan baik dan apa yang dapat dicapai oleh calon sponsor dengan kalimat yang sederhana dan langsung.
Jangan memberikan saran dengan kalimat yang berbelit-belit dan tidak mengandung kalimat yang tidak efektif dan pengulangan kata yang tidak bermakna.
Setelah membuat proposal yang baik dan jelas tanpa ribet, bisa dilanjutkan dengan presentasi proposal yang menarik untuk dilihat dan dibaca oleh pihak sponsor.
Berikan desain yang menarik agar pihak dari perusahaan yang Anda cari tertarik untuk melihat proposal Anda.
Mengapa presentasi proposal diperlukan? Karena dengan tampilan penawaran yang menarik, kemungkinan pihak korporasi akan membaca penawaran Anda lebih besar dibandingkan dengan penawaran yang tidak didesain secara menarik dan mudah diingat tanpa persiapan.
5. Melakukan Follow Up
Penyelenggara acara Anda harus gencar melakukan follow up proposal yang telah didistribusikan ke berbagai perusahaan sponsor.
Jangan hanya menunggu kabar dari pihak korporasi karena hal ini sangat kecil kemungkinannya.
Karena perusahaan akan menerima banyak penawaran dalam sehari, dan mereka tidak melihat hanya satu proposal yang Anda ajukan.
Tidak hanya itu, menindaklanjuti proposal yang Anda ajukan mengurangi risiko seperti. bahwa pihak perusahaan lupa menghubungi Anda, atau kemungkinan proposal Anda tidak dibaca sama sekali karena masih tertinggal di resepsi.
Sehingga Anda dapat dengan mudah melacak proposal yang diajukan ke perusahaan.
Setelah memberikan proposal, jangan lupa untuk meminta kontak yang bisa dihubungi.
Lebih baik jika Anda sudah memiliki kontak perusahaan yang sudah tersedia, Anda tidak perlu bertanya ke pihak penerima perusahaan.
Jangan percaya janji perusahaan yang menghubungi Anda jika mereka tertarik. Tindak lanjuti daripada menunggu lama tanpa kejelasan.
6. Saatnya Mempresentasikan Proposal Anda
Maka cara nomor satu bagi Anda untuk mendapatkan sponsor saat ini adalah dengan mulai mewakili proposal yang Anda ajukan.
Ingatlah bahwa proposal yang ditolak adalah hal biasa dalam pengiriman sponsor.
Jangan memikirkan proposal yang ditolak dan fokus pada proposal yang diterima dengan baik oleh pihak perusahaan.
Umumnya ada pihak-pihak korporasi yang tidak memerlukan presentasi dari Anda, namun Anda tetap perlu menyiapkan materi presentasi jika nantinya Anda diminta untuk memberikan presentasi.
Umumnya pihak yang ingin meminta presentasi adalah perusahaan besar yang ingin mengeluarkan dana besar untuk mendukung terselenggaranya acara yang Anda selenggarakan.
Mulailah dengan menyiapkan presentasi yang bisa Anda berikan nanti. Rancang media presentasi Anda dalam bentuk slide show yang menarik dan kuasai materi untuk acara nanti.
7. Kuasai Kemampuan Negosiasi
Jika Anda sedang mencari sponsor acara dan ada pihak yang tertarik untuk bekerja sama, pastikan Anda sudah menguasai kemampuan negosiasi.
Mengapa ini dibutuhkan? Karena sebagai penyelenggara acara, keinginan Anda terhadap sponsor seringkali tidak sepenuhnya diterima oleh mereka.
Perusahaan harus membuat penawaran untuk mendapatkan putaran yang lebih besar atau memberikan uang sponsor yang lebih kecil.
Lain kali, daya tawar Anda akan diuji. Negosiasikan dengan baik sehingga Anda sebagai pihak menyelenggara dan pihak promotor bisa mendapatkan keuntungan.
Setelah kata sepakat, maka terjadilah kesepakatan antara kedua belah pihak karena begitulah caranya setelah itu dengan melengkapi pernyataan penyelesaian antara kedua belah pihak.
Buatlah beberapa poin yang disepakati bersama dan tambahkan tanda tangan kedua belah pihak dan siapkan surat perjanjian dalam rangkap dua.
Satu arsip untuk Anda sebagai penyelenggara acara dan arsip lainnya untuk pihak sponsor acara yang mendukung acara Anda.
8. Laporan Pertanggungjawaban yang Harus Anda Siapkan
Setelah acara yang Anda selenggarakan selesai dan sponsorship group telah memberikan dukungan yang baik untuk acara Anda, jangan lupa untuk menulis surat penghargaan dan surat terima kasih kepada sponsor.
Hal ini sebagai langkah membangun hubungan baik dengan para sponsor yang telah mendukung acara Anda agar tetap berjalan dengan lancar.
Hubungan yang baik dengan pihak sponsor pasti akan memudahkan Anda di kemudian hari, yaitu jika Anda ingin mendapatkan dukungan acara kembali atau jika Anda akan melaksanakan event lagi.
Ada berbagai langkah untuk menemukan sponsor dan panduan berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menemukan sponsor untuk suatu acara.
Walaupun kelihatannya sulit dan sulit untuk diterapkan, pada kenyataannya tidak.
Karena jika Anda seorang event organizer terlatih dan mencari sponsor untuk sebuah acara, beberapa langkah di atas mudah untuk diterapkan.
Baca juga: 2 Cara Mengajukan Sponsor ke AQUA & Kontak Lengkapnya
Tips Mendapatkan Sponsor
Pendanaan sponsor adalah sumber modal yang sangat baik. Nah, langkah pertama yang perlu kita ambil untuk mendapatkan sponsor adalah analisis organisasi, acara dan program.
Dari hasil analisis akan membantu kami untuk menarik calon mitra bisnis dan dukungan sponsor. Berikut adalah cara bagi kita yang mencoba mendapatkan sponsor.
- Mendapatkan tambahan dana yang berhasil membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan dan upaya untuk menciptakan suatu kegiatan.
- Ketahuilah bahwa sebagai penyelenggara acara, anda memiliki banyak pengikut yang berpartisipasi di media sosial.
- Sasaran program anda adalah jajaran kelompok pendukung atau anggota yang dapat mempengaruhi rencana kegiatan.
- Memiliki basis karyawan yang besar dan lokasi implementasi yang mudah dijangkau.
- Pilih merek yang sudah dikenal dan disukai banyak orang.
- Mempunyai misi dan memiliki citra emosional dan sosial yang kuat, misalnya acara untuk membantu anak-anak atau menyelamatkan alam.
- Salah satu aset paling berharga yang bisa kita miliki adalah jaringan atau koneksi dengan perusahaan.
Manfaat Menjadi Sponsor
Untuk berbagai acara, sponsor adalah kunci pemasaran yang kuat. Hal ini mendorong sebuah institusi atau organisasi tertarik untuk menjadi pihak pendukung.
Sponsor dalam sebuah acara yang dapat membuka peluang untuk mendapatkan berbagai manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat bagi pemberi sponsor di sebuah acara.
- Membangun reputasi dan citra untuk sebuah merek.
- Meningkatkan jumlah pemasaran dan keuntungan perdagangan.
- Menjadi salah satu tempat di mana kolaborasi dan jaringan menjadi strategis.
Sekian artikel berjudul Sponsor Artinya: Fungsi, Jenis & Cara Mencarinya, semoga bermanfaat.
Sponsored by artinya?
Kata tersebut ditulis diikuti dengan logo perusahaan. Ini menyiratkan bahwa perusahaan-perusahaan ini adalah pihak sponsor untuk acara tersebut
Apa itu sponsor?
Sponsorship adalah kontribusi, dalam bentuk produk atau layanan, yang dibuat oleh perusahaan kepada pihak tertentu dengan imbalan promosi merek.
Apa yang diinginkan pihak sponsor?
Selain membangun dan memperluas merek dan citra perusahaan dan penguatan jangka pendek dari kesadaran merek produk di masyarakat, fokus utama sponsor adalah pada penciptaan kesadaran merek jangka panjang untuk suatu produk.