5+ Gaji Tukang Las Bawah Laut dan Tunjangan

Berapa Gaji Tukang Las Bawah Laut? dan apa saja tunjangannya? Pengelasan bawah air atau Underwater Welding adalah salah satu pekerjaan yang melibatkan risiko tinggi.

5+ Gaji Tukang Las Bawah Laut dan Tunjangan

Ini bukan tugas yang mudah, karena membutuhkan pelatihan dan pendidikan khusus untuk dapat Underwater Welding.

Di balik risiko kerja yang tinggi ternyata gaji Underwater Welding cukup tinggi.

Hal ini juga membuat karir Tukang Las Bawah Laut menjadi salah satu jenis pekerjaan dengan gaji yang besar karena memiliki bahaya pekerjaan yang sangat tinggi dan berisiko.

Underwater Welding merupakan jenis tukang las (welder) dengan pendapatan bulanan yang sangat tinggi.

Meskipun menawarkan gaji Tukang Las Bawah Laut perbulan yang tinggi, pekerjaan ini tidak populer, tidak lepas dari pelatihan dan risiko seorang Underwater Welding.

Meskipun demikian, beberapa orang sangat ingin tahu tentang gaji yang diperoleh Tukang Las Bawah Laut dalam sebulan.

Sementara itu, informasi mengenai gaji Underwater Welding perbulan dibahas lebih detail dalam penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Gaji Tukang Las Bawah Laut

Gaji Underwater Welding memang sangat menarik. Tentu saja, gaji yang besar sepadan dengan risikonya.

Gaji rata-rata untuk Tukang Las Bawah Laut adalah sekitar $26,32/jam atau sekitar Rp370.000/jam. Dan untuk gaji pertahun rata-rata sekitar USD 54.750 atau sekitar Rp 771 juta.

Namun, ada juga underwater welding yang dibayar USD 200/jam (sekitar Rp 2,7 juta). Artinya, jika mereka bekerja 8 jam sehari, mereka akan dibayar Rp 21 juta per hari atau Rp 462 juta/bulan.

Gaji tukang las bawah laut pertamina memiliki gaji rata-rata per jam sekitar Rp 370 ribu, tentu saja akan berbeda tergantung pengalaman dan juga keahliannya.

Sedangkan gaji tukang las bawah laut di indonesia ada di kisaran Rp 300.000 per jam.

Ini nilai yang paling fenomenal. Di beberapa daerah di Indonesia saja, tukang las umumnya bisa berpenghasilan 5-10 juta per bulan.

Misalnya seperti tukang las Batam yang berpenghasilan 4-10 juta sebulan. Dan untuk PT IWIP sendiri, seorang tukang las menerima 6-8 juta per bulan.

Perbedaan yang terkandung di dalamnya sangat besar, makanya Underwater Welding ini termasuk pekerjaan dengan kemampuan tinggi dengan gaji yang tinggi..

Meski demikian, profesi Underwater Welding membutuhkan pelatihan khusus setelah lulus dari sekolah.

Baca juga: Gaji PT Len Industri dan Tunjangan

Tunjangan Underwater Welding

5+ Gaji Tukang Las Bawah Laut dan Tunjangan

Selain mendapatkan Gaji Tukang Las Bawah Laut, terdapat juga tunjangan.

Sebagai pekerjaan berisiko tinggi, diakui bahwa Tukang Las Bawah Laut menerima tunjangan di atas gaji pokok. Ini adalah bagian terpenting dari pekerjaan berisiko tinggi.

Di Indonesia, tunjangan Underwater Welding biasanya datang dalam bentuk Asuransi Kesehatan, Asuransi Kecelakaan kerja dan Jaminan Kematian, yang tersedia dari BPJS Ketenagakerjaan.

Dan jika Tukang Las Bawah Laut di luar negeri, kemungkinan tunjangannya sama, tetapi memiliki nama yang berbeda. Jika di luar sana lebih dikenal dengan perusahaan asuransi.

Umumnya tunjangan yang didapat yaitu:

  1. Tunjangan Kesehatan dan Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan)
  2. THR
  3. Hak Cuti Karyawan
  4. Tunjangan transport
  5. Tunjangan Jabatan
  6. Tunjangan Makan
  7. Pelatihan
  8. Tempat tinggal/Mes
  9. Dll

Pelatihan Khusus untuk Underwater Welding

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, untuk mendapatkan gaji Tukang Las Bawah Laut tersebut, sebenarnya membutuhkan pelatihan khusus.

Mereka dilatih tidak hanya dalam pengelasan, tetapi juga dalam scuba diving (menyelam).

SCUBA adalah ringkasan Self-Contained Underwater Breathing Appartus.

Ada beberapa sekolah Underwater Welding di Indonesia salah satunya SLV dengan biaya Rp 65.000.000 selama 1,5 bulan dan mendapatkan sertifikat BNSP.

Risiko untuk Underwater Welding

Gaji Underwater Welding

Risiko utama dari pekerjaan ini adalah saluran tenaga listrik. Selain itu, ada juga risiko penyakit terkait dekompresi, yang meliputi jumlah kompresi dan gas yang dihirup saat melakukan tugas.

Tidak hanya itu, alat yang dibutuhkan pun cukup berbahaya. Pengelasan di bawah air memaparkan tugas pada bahaya listrik.

Mereka umumnya menggunakan 300-400 ampere arus listrik untuk menyalakan alat las.

Risiko lain adalah gelembung menjadi mitra, mereka juga bisa menjadi musuh. Gelembung penting saat mengelas di bawah air.

Gelembung besar umumnya dibuat di sekitar busur dan untuk perlindungan ekstra. Gelembung berisi 70% hidrogen, 25% karbon dioksida dan 5% karbon mocoside.

Gelembung disebabkan oleh pembakaran fluks, yang menciptakan reaksi kimia, meskipun dapat membantu dalam proses pengelasan. Tapi gelembung  juga bisa menyebabkan masalah.

Lingkungan yang tidak stabil dan tidak dapat dikendalikan sering menyebabkan gelembung terbang ke atas dan menghalangi penglihatan.

Gelembung juga dapat meningkatkan risiko pengelasan menjadi tidak berhasil.

Tentu saja risiko tersebut sebanding dengan Gaji Tukang Las Bawah Laut yang cukup tinggi.

Baca juga: Gaji PT Pertamina dan Tunjangan

Pengetahuan Tentang Underwater Welding

Gaji Underwater Welding

Setelah mengetahui Gaji Tukang Las Bawah Laut, ada baiknya anda mengetahui sedikit tentang Tukang Las Bawah Laut.

Pengelasan bawah air tidak hanya membutuhkan pengetahuan tentang pengelasan umum.

Tentu saja, karena pekerjaan ini sebenarnya dilakukan di bawah air, ada ilmu-ilmu baru yang harus digali.

Setidaknya ada tiga cara untuk mentransfer panas dalam pengelasan bawah air. Tiga kemungkinan termasuk katoda, anoda dan plasma. Seorang Underwater Welding harus menguasai pengetahuan ini agar bisa melakukan pengelasan di bawah air.

Tukang las bawah air dikatakan perlu memiliki keterampilan khusus karena menghadapi risiko besar saat mengelas di bawah air.

Dengan keterampilan yang baik, seorang tukang las bawah laut akan dapat melakukan pekerjaannya dengan baik tanpa kecelakaan kerja.

Oleh karena itu, seorang tukang las bawah air membutuhkan sekolah atau pelatihan dengan lembaga yang benar-benar terpercaya agar kualitas dan keahliannya dapat diperhitungkan.

Hal ini penting agar ilmu yang didapat dapat bermanfaat di lapangan.

Untuk mendapatkannya, ada banyak lembaga pelatihan tukang las khusus yang menawarkan sertifikasi las pipa minyak dan bawah air.

Fasilitas ini dirancang khusus untuk menjadikan seseorang ahli dalam pengelasan bawah air.

Tidak semua industri yang mempekerjakan spesialis las bawah air memiliki tingkat keahlian yang sama untuk pekerjaan berisiko ini.

Namun dapat dikatakan bahwa jika suatu perusahaan membutuhkan sertifikat, berarti perusahaan tersebut dapat menjadi besar karena menjamin jika terjadi kecelakaan kerja.

Jadi kami harap Anda tidak salah memilih perusahaan yang mengoperasikan tukang las bawah air.

Perusahaan yang ingin merekrut tukang las bawah air tentunya memilih tukang las yang memiliki sertifikat sebagai bukti keahliannya.

Pengelasan bawah air dapat membantu melindungi lingkungan karena banyak aliran pipa yang melewati air dan memiliki kedalaman yang berbeda dari jenis yang berbeda, dan umumnya pekerjaan seorang tukang las bawah air adalah menangani aliran pipa minyak.

Karena berada di bawah air, perlu dipantau secara teratur. Seorang tukang las bawah air harus memeriksa kondisi saluran minyak ini secara langsung dengan meletakkan peralatan las di dalam air.

Jika ada tumpahan minyak di pipa ini, dunia bawah laut pasti akan hancur dan perusahaan akan menanggung konsekuensi berupa hukuman tertentu.

Pekerjaan tukang las bawah laut adalah untuk menyambung dan memperbaiki logam baru atau yang rusak sehingga dapat dibebaskan dan mencegah kebocoran pada pipa aliran minyak.

Alat yang dibutuhkan cukup beresiko karena ada berbagai macam alat las listrik yang proses pengelasannya berada di bawah air.

Anda tentu dapat membayangkan tingkat risiko yang terlibat dalam menggunakan beberapa alat berbahaya yang menggunakan listrik, apalagi pengelasan dilakukan di bawah air.

Menggunakan alat las bawah laut sendiri membutuhkan tiga ratus hingga empat ratus ampere arus listrik untuk menghidupkan alat las.

Pengetahuan umum tentang pengelasan yang digunakan di sana sebagai pengelasan busur.

Memanggang objek dan membuat gelembung dari dekonstruksi susunan elektroda, perangkat ini mengubah tetesan logam seperti mengoleskan lem, tetapi dalam proporsi yang lebih kuat.

Penutup

Nah, itulah informasi dari kami tentang gaji dan risiko Underwater Welding, tunjangan dan pelatihan khusus untuk Tukang Las Bawah Laut.

Tukang las bawah air biasanya bekerja di perusahaan pertambangan minyak atau sebagai mekanik kapal.

Demikian informasi Gaji Tukang Las Bawah Laut dari kami, semoga informasi diatas bermanfaat.

Apa itu pekerjaan underwater welding?

Pengelasan dalam air (underwater welding) merupakan pengembangan proses dari pengelasan umum yang dilakukan di bawah air, biasanya di laut.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!