Proposal Adalah: Jenis, Tujuan, Fungsi, Manfaat & Cara Menyusunnya

Proposal Adalah: Jenis, Tujuan, Fungsi, Manfaat & Cara Menyusunnya | Proposal adalah rancangan usulan kegiatan yang dituangkan secara tertulis dan dijelaskan secara rinci dan terstruktur.

Proposal Adalah: Jenis, Tujuan, Fungsi, Manfaat & Cara Menyusunnya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), proposal adalah suatu gagasan yang dituangkan dalam bentuk rencana kerja. Kata proposal berasal dari bahasa Inggris “to propose”, yang berarti “mengusulkan”.

Proposal dibuat untuk menjelaskan secara jelas dan rinci ide dan arah suatu kegiatan.

Selain itu, proposal biasanya berisi informasi mengenai dana yang dibutuhkan untuk pelaksanaannya.

Sebagian orang yang sedang berjuang pasti membutuhkan ilmu tentang membuat proposal terutama dalam dunia keguruan dan dunia kerja.

Untuk memahami apa yang dimaksud dengan proposal yang lebih jelas, Anda perlu memahami beberapa pakar, jenis, fungsi, dan petunjuk tentang langkah-langkah membuatnya.

Berikut rangkuman mengenai pengertian proposal menurut para ahli, jenis, tujuan, fungsi, keunggulan dan cara membuatnya.

Proposal Adalah, Apa itu Proposal…

Apa yang dimaksud dengan proposal? Proposal adalah gagasan kegiatan tertulis berupa rencana kerja yang akan dilaksanakan. rencana kegiatan tersebut tentunya harus benar dan ditulis dengan baik agar pihak-pihak yang berkepentingan dapat memahaminya dengan baik.

Proposal hanya usulan tertulis yang ditujukan kepada beberapa pihak yang terlibat dalam suatu kegiatan.

Kegiatan tersebut dapat berupa kegiatan usaha, pengajuan, hibah, proyek bahkan penelitian.

Pengertian Proposal Menurut Ahli

Proposal Adalah: Jenis, Tujuan, Fungsi, Manfaat & Cara Menyusunnya

Apakah Anda pernah membuat proposal? Baik itu proposal kegiatan, proposal sumbangan dana atau yang lainnya.

Tentunya jika anda pernah menjadi panitia suatu kegiatan pasti tidak asing lagi dengan adanya proposal. Lalu apa pengertian proposal?

Pengertian Proposal Menurut Rieefky

Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.

Pengertian Proposal Menurut Hasnun Anwar

Proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.

Pengertian Proposal Menurut Jay

Proposal adalah alat bantu menejemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.

Pengertian Proposal Menurut Hadi

Proposal adalah suatu usulan terstruktur untuk agenda kerja sama bisnis antarlembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah.

Pengertian Proposal Menurut Keraf

Proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu pekerjaan.

Baca juga: 10 Manfaat Artificial Intelligence bagi Dunia Bisnis

Jenis Jenis Proposal

pendahuluan dalam proposal berisi

Jenis Proposal Berdasarkan Tujuan

1. Proposal penelitian

Proposal penelitian, yaitu proposal yang biasa digunakan di dunia akademis. Misalnya proposal penelitian untuk skripsi, skripsi dan lain-lain. Proposal ini disajikan sebagai kegiatan penelitian.

2.Proposal kegiatan

Proposal kegiatan, yaitu proposal untuk melakukan suatu kegiatan. Proposal ini umumnya mencakup gagasan tentang aktivitas pribadi atau kelompok. Misalnya pentas seni dan pameran.

3. Proposal Bisnis

Proposal Bisnis, yaitu proposal yang berkaitan dengan perusahaan, baik perorangan maupun kelompok. Misalnya proposal untuk membangun bisnis, proposal kerjasama bisnis dan lain-lain.

4. Proposal proyek

Proposal proyek, yaitu proposal yang digunakan dalam dunia bisnis, isi dari proposal ini adalah kumpulan rencana untuk kegiatan pengembangan.

Jenis Proposal Berdasarkan Format

1. Proposal formal

Proposal formal adalah jenis proposal standar atau resmi yang memuat tiga aspek khusus, yaitu pendahuluan, isi proposal, dan data pelengkap.

2. Proposal semi formal

Proposal semi formal adalah proposal yang tidak memiliki struktur lengkap seperti proposal formal. Namun, proposal ini masih menggunakan format baku proposal.

3. Proposal non formal

Proposal informal adalah proposal yang tidak terstandarisasi dan valid. Secara umum usulan ini akan dituangkan dalam bentuk memorandum atau surat.

Tujuan Proposal

 anggaran biaya dalam proposal berisi

Proposal ditentukan berdasarkan tujuan tertentu. Umumnya, proposal disusun untuk memberikan gambaran kepada pihak lain tentang suatu kegiatan.

Dengan adanya proposal ini diharapkan kegiatan yang direncanakan akan mendapat kesepakatan atau persetujuan, mendapat dana dan sponsor, mendapat dukungan dan sebagainya.

Kegiatan yang dituangkan dalam bentuk proposal juga bervariasi tergantung jenisnya.

Pada umumnya proposal kegiatan ditujukan untuk seminar, kompetisi, workshop atau pelatihan, pentas seni, pameran seni rupa, dll.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang tujuan proposal adalah sebagai berikut:

  • Untuk mendapatkan persetujuan dari pihak terkait untuk melakukan suatu kegiatan.
  • Jika terkait dengan proposal pengajuan dana, proposal tersebut bertujuan untuk menerima dana dari kelompok pendukung.
  • Mendapat dukungan dari pihak yang terkait dengan kegiatan tersebut.
  • Oleh karena itu, jika menyangkut proposal proyek pemerintah, proposal tersebut bertujuan untuk melakukan tender atau lelang untuk beberapa proyek tersebut.
  • Untuk mendapatkan tawaran kerjasama bisnis jika itu adalah proposal bisnis.
  • Untuk mendapatkan sponsor atau menerima bantuan keuangan.
  • Untuk mendapatkan dukungan.
  • Untuk mendapatkan izin.

Fungsi Proposal

pengertian proposal

Fungsi proposal lebih kedalam pelaksanaan kegiatan atau acara. Kemudian fungsinya disamakan dengan jenis event atau kegiatan yang akan dibuat.

Dengan demikian, fungsi proposal terbagi menjadi fungsi aktivitas, penelitian, proposal bisnis atau bisnis, dan proyek.

Lebih jelasnya, fungsi proposal adalah sebagai berikut:

  • Dapat digunakan untuk menyampaikan kerjasama bisnis kepada perusahaan sasaran.
  • Dapat digunakan untuk mengadakan acara-acara tertentu seperti pelatihan, seminar, kompetisi, dll.
  • Dapat digunakan untuk penelitian ilmiah.
  • Dapat digunakan untuk pengajuan untuk membangun bisnis.
  • Dapat digunakan untuk melelang suatu proyek atau barang.
  • Melakukan penelitian yang berkaitan dengan sosial, budaya, ekonomi dan sebagainya.
  • Dapat digunakan untuk mengajukan penawaran dari berbagai jenis lembaga.

Baca juga: Konsep Manajemen Strategi dalam Berbisnis

Manfaat Proposal

  • Rencana yang menjadi pedoman panitia dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
  • Secara tidak langsung menjelaskan kepada beberapa pihak yang ingin mengetahui kegiatan tersebut.
  • Meyakinkan beberapa donatur/sponsor untuk memberikan dukungan materil atau finansial demi terwujudnya kegiatan yang direncanakan.

Kaidah Bahasa untuk Proposal

Pada saat yang sama, proposal menggunakan aturan kebahasaan yang mengidentifikasi apakah tulisan merupakan bentuk proposal kegiatan atau proposal penelitian, karena ada ciri-ciri sebagai berikut:

1. Pernyataan Argumentatif

Karena ada konjungsi kausal seperti karena, sebab , oleh karena itu dan sebagainya.

2. Pernyataan Persuasif

Digunakan untuk mengajak orang yang menerima proposal agar bersedia menerimanya.

Misalnya, menggunakan ungkapan “Oleh karena itu, agar upaya mendukung beberapa pendidik dalam meningkatkan kurikulum dan bahan ajar membaca dan menulis yang sangat perlu segera dilaksanakan, maka…”

3. Kata Kata Teknis

Penggunaan istilah teknis atau istilah ilmiah yang berkaitan dengan bidang kegiatan.

4. Kata Kerja Tindakan

Penggunaan kata kerja tindakan untuk menggambarkan beberapa langkah kegiatan (sistem penelitian). Misalnya kata latihan, dokumen, perhatian dan sebagainya.

5. Kata Kata Deskripsi

Penggunaan kata yang memberikan deskripsi, misalnya merupakan, adalah, yaitu, dan yakni.

6. Kata Perincian

Penggunaan frasa yang memiliki makna rinci, mis. B. tambahan, pertama, kedua, ketiga, dst.

7. Kata Kata keakanan

Penggunaan kata yang berhubungan dengan waktu atau kejadian yang akan datang.

Misalnya kata-kata akan, direncanakan, diharapkan dan sebagainya. Hal ini disebabkan sifat proposal sebagai usulan, gagasan atau rencana suatu program kegiatan.

8. Kata Denotatif

Penggunaan kalimat memiliki makna sederhana atau denotatif. Hal ini penting karena menghindari kesalahpahaman antara kelompok yang mengajukan proposal dan kelompok yang menerima proposal.

Syarat untuk Pembuatan Proposal

profil perusahaan dalam proposal berisi

1. Lengkap

Saat mengajukan proposal, pastikan bagian-bagiannya lengkap, mulai dari latar belakang hingga halaman daftar pustaka.

Jika ada lampiran, maka itu juga harus dimasukkan dalam kerangka penyusunannya.

2. Jelas

Saat menyiapkan kegiatan atau proposal penelitian, penggunaan bahasa tertentu harus diperhatikan dan kosakata dipilih dengan cara yang mudah dipahami oleh mereka yang menerima proposal.

3. Menarik

Saat menyiapkan proposal, perhatian harus diberikan pada teknik presentasi seperti tata letak, contoh, pemilihan font, ukuran font, dll.

Hal ini dilakukan agar mereka yang menerima proposal akan tertarik untuk membacanya dan mau berpartisipasi dalam proses kegiatan.

Baca juga: Magang Adalah: Tujuan, Jenis & Cara Diterima Magang

Cara Membuat Proposal Bisnis

Berikut langkah-langkah membuat proposal bisnis:

1. Pendahuluan

Dalam bagian pendahuluan, sebagai pengantar. Anda bisa menguraikan setepat mungkin latar belakang usaha yang ingin Anda mulai.

Anda perlu menuliskan misi dan visi usaha yang ingin Anda bangun.

2. Profil Unit Bisnis

Pada company profile ini anda harus mengisikan jenis usaha, nama usaha dan lokasi perusahaan.

a. Jenis Usaha

Di bagian ini Anda dapat menjelaskan jenis usaha yang ingin Anda mulai. Namun, yang penting untuk Anda sadari ketika menulis jenis usaha adalah menulis secara singkat, padat dan jelas.

b. Nama Usaha

Memilih nama usaha dapat menjadi merek dagang untuk produk yang Anda produksi, jadi sebaiknya pilih nama perusahaan yang mudah diingat oleh calon pelanggan anda.

c. Lokasi

Memilih lokasi untuk usaha atau bisnis adalah poin penting karena lokasi yang tepat dapat membantu berfungsinya bisnis yang Anda mulai.

3. Struktur Organisasi Perusahaan

Jika bisnis yang Anda rintis sudah memiliki mekanisme manajemen yang baik, Anda bisa menuliskan pemilik bisnis, pengelola, team marketing dan lain-lain.

Sekalipun mekanisme manajemen perusahaan Anda belum berjalan dengan baik, Anda harus tetap menulis karena bagaimanapun calon investor perlu mengetahui siapa pemilik perusahaan atau mekanisme apa yang dimilikinya.

4. Produk Bisnis

Pada bagian ini, Anda perlu menuliskan jenis produk, cara pembuatannya, dan keunggulan produk yang Anda miliki.

a. Jenis Produk

Jika Anda tidak mengetahui atau memiliki produk yang ingin Anda tawarkan, sudah pasti bisnis yang diinginkan tidak dapat dijalankan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengatakan dan menjelaskan produk seperti apa yang ingin Anda tawarkan.

b. Pembuatan Produk

Pada tahap ini, Anda harus menjelaskan secara rinci bagaimana suatu produk akan diproduksi oleh perusahaan Anda.

c. Keunggulan produk

Jelas bahwa setiap produk yang akan dipasarkan pasti memiliki keunggulan dibandingkan merek lain.

Untuk melakukan ini, Anda perlu menuliskan keunggulan produk perusahaan Anda dibandingkan dengan perusahaan lain.

5. Pasar Sasaran/Target Pasar

Dalam proposal, Anda perlu menuliskan target pasar yang ingin Anda produksi, mis. wilayah, usia, dan kelas mana yang menjadi target produk yang Anda buat.

6. Promosi dan Pemasaran

Dalam proposal Anda, Anda perlu menjelaskan taktik promosi dan pemasaran apa yang ingin Anda gunakan untuk menjual produk.

Tentunya promo-promo yang kamu buat nantinya harus digunakan untuk mendukung usaha kamu.

7. Laporan Keuangan

Di bagian laporan keuangan pada proposal, perlu untuk menuliskan alokasi dana, perhitungan keuntungan dan perhitungan hasil yang Anda rencanakan untuk menjalankan usaha.

Hal ini dilakukan dalam realistis karena setiap usaha yang dilakukan memiliki resikonya masing-masing.

8. Penutup

Di bagian akhir, Anda dapat menulis ulang beberapa hal yang menjadi nilai tambah bagi beberapa calon investor.

Anda juga dapat menambahkan doa dan keinginan Anda pada proposal yang diajukan dan tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada calon investor yang bersedia membaca proposal Anda.

9. Lampiran

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika mengajukan proposal. Hal ini dilakukan untuk menawarkan dukungan dan menanamkan kepercayaan pada proposal yang diajukan.

Beberapa dokumen lampiran ​​yang bisa Anda siapkan adalah riwayat hidup pemilik usaha, izin usaha, surat perjanjian usaha, dan sertifikat usaha.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Membuat Proposal

cara membuat proposal

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membuat proposal adalah:

  • Penyusun proposal harus menunjuk seseorang atau beberapa orang yang ahli dalam cara membuat proposal dan harus memiliki kaitan dengan kegiatan yang dilakukan.
  • Penyusun proposal harus mempersiapkan beberapa bahan dan informasi yang diperlukan, berupa bahan-bahan yang merupakan hasil persetujuan semua panitia.
  • Buatlah draft proposal dengan sistematis, menarik dan nyata.
  • Proposal dibahas dalam bentuk musyawarah untuk ditinjau, dikoreksi, dan disetujui.
  • Proposal yang disempurnakan dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.
  • Proposal diperbanyak dan didistribusikan ke beberapa pihak sasaran, baik internal maupun eksternal.

Anggaran Biaya dalam Proposal Berisi…

Tujuan proposal adalah untuk mendapatkan persetujuan dari pihak lain mengenai ide atau rencana yang akan dilaksanakan.

Salah satu elemen kerangka proposal adalah biaya anggaran biaya kegiatan. Anggaran biaya dalam proposal harus dicantumkan.

Anggaran biaya dalam proposal berisi perkiraan biaya, biaya atau total alokasi dana yang akan digunakan.

Anggaran biaya meliputi administrasi, perlengkapan, piala, konsumsi, dll. Isi anggaran disamakan dengan kebutuhan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Pada umumnya anggaran biaya diberikan dalam rancangan proposal dalam bentuk RAB (Rancangan Anggaran Biaya).

Ini menyatakan nominal biaya dan pentingnya logistik yang dibutuhkan untuk suatu kegiatan.

Seperti halnya membuat elemen atau menyusun proposal pada umumnya, saat menulis anggaran sebaiknya menggunakan bahasa dan tulisan yang valid, padat, dan detail.

Anggaran biaya dikelola secara rasional dan realistis, dengan memperhatikan keseimbangan antara pengeluaran dan pendapatan. Hal ini agar diterima secara rasional oleh para donatur.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat Rancangan Anggaran Biaya (RAB) pada proposal adalah sebagai berikut

  • Buatlah daftar khusus untuk menghitung semua biaya utilitas dan peralatan yang digunakan.
  • Jika gedung sewaan digunakan sebagai lokasi acara, hal ini harus dicantumkan dalam data pendanaan dan juga termasuk penyediaan panggung dan dekorasi.
  • Masukkan biaya konsumsi yang dihasilkan dari jumlah tamu, jenis konsumsi dan intensitas konsumsi.
  • Buat anggaran biaya untuk beberapa tamu yang berpartisipasi dalam aktivitas. Tunjukkan persyaratan apa yang diperlukan untuk tamu undangan.
  • Buatlah daftar panitia, tugas kerja panitia, dan besarnya biaya transportasi yang dikeluarkan selama kegiatan berlangsung.

Contoh Anggaran Biaya Proposal

cara membuat proposal

Profil Perusahaan dalam Proposal Berisi…

Profil perusahaan dalam proposal bisnis biasanya berisi nama dan alamat perusahaan. Tujuannya untuk memudahkan para pemodal atau investor mengenal perusahaan tersebut.

Selain profil bisnis, proposal bisnis harus menjelaskan informasi tentang bisnis yang ingin Anda jalankan dan menunjukkan keunggulannya yang tidak dimiliki pesaing.

Hal-hal yang harus disertakan dalam profil perusahaan

  • Nama perusahaan dan Nama Legal perusahaan (CV, PT, Perorangan, dll)
  • Tanggal pendirian perusahaan
  • Alamat perusahaan
  • Nomor telepon
  • Situs perusahaan
  • Email perusahaan
  • Akun media sosial, mis. Facebook dan Instagram (opsional)

Deskripsi Analisis Kebutuhan dalam Proposal Berisi…

Deskripsi analisis kebutuhan dalam proposal berisi informasi bisnis. Hal ini berlaku bagi Anda yang memiliki usaha dan akan menjalankan suatu event atau acara terkait melalui produk yang ditawarkan.

Deskripsi analisis kebutuhan sebagai salah satu elemen dalam klasifikasi proposal.

Analisis kebutuhan dalam proposal adalah studi pertama yang dilakukan untuk mendapatkan beberapa data yang diperlukan untuk proposal.

Deskripsi analisis kebutuhans berisi informasi bisnis yang terkait dengan penawaran.

Deskripsi analitis kebutuhan dilakukan untuk melakukan keperluan terhadap pelaksanaan aktivitas atau kegiatan.

Hasil analisis dapat digunakan untuk memecahkan suatu kendala atau masalah.

Analisis dapat dilakukan dengan beberapa sistem, mis. Wawancara, observasi atau studi literatur.

Setelah mendapatkan data-data yang diperlukan, maka disusunlah sampai dapat menggambarkan maksud dan tujuan dari proposal tersebut.

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa deskripsi analitis kebutuhan dalam proposal berisi informasi bisnis.

Informasi yang diberikan harus benar dan tepat. Beberapa sistem yang dapat diterapkan untuk memperoleh data saran adalah wawancara, observasi, atau tinjauan pustaka.

Pendahuluan dalam Proposal Berisi…

Pendahuluan dalam proposal berisi latar belakang dan tujuan kegiatan. Jelaskan mengapa aktivitas yang disusun itu penting. Sebutkan juga tujuan atau arah kegiatan.

Dalam pendahuluan dalam proposal kegiatan berisi latar belakang kegiatan, tujuan kegiatan, tema kegiatan, tujuan peserta kegiatan, waktu kegiatan dan penerapannya.

Pendahuluan dalam proposal karya ilmiah berisi

  • Latar belakang penelitian
  • Rumusan masalah penelitian
  • Tujuan penelitian
  • Manfaat penelitian
  • Tinjauan Literature

Tujuan Dibuatnya Proposal Pameran Adalah untuk…

  1. Untuk mempermudah mendapatkan prosedur persetujuan dari berbagai instansi terkait.
  2. Mempermudah mendapatkan dana sponsor dari pihak lain sehingga berkomitmen untuk bekerja sama.
  3. Sebagai gambaran acara pameran seni rupa apa saja yang dipertunjukkan.

Proposal pameran seni rupa merupakan salah satu dokumen penting yang harus disiapkan saat mengadakan pameran seni rupa.

Dengan proposal ini, pameran seni rupa dapat dengan mudah mendapatkan kesepakatan dengan organisasi terkait. Selain itu, usulan KPU ini memudahkan kegiatan dan kerja sama dengan sponsor dan pengguna lain.

Proposal pameran seni rupa memuat gambaran rinci tentang pameran seni rupa yang akan dilaksanakan. Secara sederhana, proposal pameran seni rupa dapat digambarkan sebagai dokumen yang menjelaskan rancangan suatu kegiatan pameran.

Audiens Sasaran dalam Proposal Berisi…

Audiens sasaran dalam proposal berisi persyaratan konsumen, mis. lembaga, agen, organisasi atau individu yang secara teratur membeli produk atau layanan bisnis karena produk atau layanan tersebut bermanfaat bagi mereka.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa sebagai calon yang ingin membeli suatu produk, sudah pasti akan diambil suatu keputusan, pengguna atau bahkan semua faktor yang mempengaruhi.

Audiens berikut akan memainkan peran dan memengaruhi keputusan pasar.

Oleh karena itu, setiap proposal perusahaan yang diusulkan harus menyertakan halaman yang menjelaskan audiens sasaran.

Jadi tidak hanya anggaran biaya yang harus diperhatikan, tetapi juga Audiens sasaran.

Terakhir kali disebutkan bahwa audiens sasaran proposal berisi persyaratan konsumen.

Langkah pertama dalam meningkatkan suatu program adalah memilih dan menentukan siapa yang menerima target atau lini audiens.

Kelompok audiens sasaran yang telah ditentukan harus dikenali terlebih dahulu dengan karakter yang spesifik dan tidak ambigu.

Hal ini akan memudahkan Anda sebagai pemasar nantinya untuk menentukan komunikasi pemasaran yang terbaik.

Agar proses pemilihan sasaran dapat berjalan dengan baik, Anda perlu melakukan analisis kebutuhan, peluang di pasar, dan apa yang diinginkan pasar.

Nantinya, pemasar dapat menggunakan informasi ini untuk memetakan peluang secara cepat dan akurat dan mengkomunikasikannya kepada konsumen.

Implementasi Proyek dalam Proposal Berisi…

Implementasi proyek dalam proposal berisi penjadwalan kegiatan. Penjadwalan didefinisikan sebagai dasar untuk distribusi alat produksi dan sumber daya. Selain itu, dasar untuk pembelian bahan dan perencanaan proses produksi atau sumber daya manusia.

Implementasi proyek sebagai salah satu posisi kerangka proposal yang harus ada. Jenis proposal ini umumnya digunakan untuk kebutuhan dunia kerja. Ini berisi informasi teknis dan rencana kerja.

Proposal dalam sebuah proyek ini menjadi dasar pelaksanaan tender untuk sebuah lembaga swasta atau negara.

Berikut adalah video mengenai pengertian proposal

Penutup

Dokumen proposal dapat digunakan sebagai bentuk pengajuan program, kegiatan atau ide bisnis kepada pihak lain.

Tentunya para pengusul proposal perlu mengetahui komposisi atau kumpulan unsur-unsur yang harus dicantumkan dalam proposal agar proposal yang diajukan memiliki tujuan dan fungsi yang diharapkan oleh pengusul.

Pengusul yang mengajukan proposal harus membuat proposal sesuai dengan tugasnya.

Oleh karena itu, perlu dipahami sifat atau bentuk proposal agar tidak terjadi ketidaksesuaian proposal.

Baik itu proposal untuk melakukan meminta izin, dana, atau ide kerja/usaha.

Sekian artikel berjudul Proposal Adalah: Jenis, Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Cara Menyusunnya, semoga bermanfaat.

Apakah ciri proposal?

Beberapa ciri proposal adalah memuat ringkasan kegiatan atau penelitian yang akan dilakukan. Proposal tersebut akan menjelaskan secara luas dan rinci apa yang perlu dilakukan, mulai dari latar belakang, tujuan, agenda kegiatan dan teknis pelaksanaan.

Kapan proposal dibuat?

Proposal kegiatan dibuat sebelum kegiatan berlangsung untuk mendapatkan sponsor acara dan izin kegiatan.

Bagaimana sebuah proposal yang baik?

Sebuah proposal dapat dikatakan baik jika memiliki penataan struktur yang tepat yaitu judul, latar belakang, tujuan, kegiatan dan anggaran

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!