Merchandiser Adalah: Job Desk, Tugas, Skill, dan Jenis

Apa itu Merchandiser? Merchandiser adalah seseorang yang bekerja untuk menata display barang di supermarket. Taktik menata barang yang baik memudahkan konsumen dalam mencari dan membeli suatu barang.

Merchandiser Adalah: Job Desk, Tugas, Skill, dan Jenis

Anda tidak bisa menganggap enteng tugas Merchandiser! Jika taktik merchandising buruk, produk yang dipasarkan mungkin menjadi tidak terlihat. Akhirnya, target penjualan juga tidak tercapai.

Kita akan menjelaskan seorang merchandiser secara lengkap untuk menjawab pertanyaan, Apa itu Merchandiser?

Dari penjelasan singkat di atas tentunya Anda sudah memiliki gambaran bagaimana tugas dan tanggung jawab seorang merchandiser khususnya yang harus dilakukan dengan baik. Karena pekerjaan adalah perintah dari perusahaan.

Agar lebih jelas, mari kita lihat lebih dekat seperti apa seharusnya tugas merchandiser, berikut artikel selengkapnya.

Apa itu Merchandiser? Merchandiser Adalah…

Merchandise bukan hanya sekedar menata display produk di supermarket. Lebih khusus lagi, merchandiser adalah orang yang bertanggung jawab penuh atas beberapa produk di supermarket, dimulai dengan pengiriman produk ke supermarket dan diakhiri dengan pembelian konsumen.

Bagaimanapun, ini termasuk tanggung jawab untuk menjaga dan memantau stok barang, sehingga tidak ada kerugian atau bahkan kehabisan produk.

Situasi out of stock, sudah pasti bukan karena produsen tidak lagi berproduksi, melainkan karena tidak berkoordinasi dengan distributor. Setelah itu, itu bisa menjadi tanggung jawab dan tugas merchandiser.

Tentu saja, Jika ada beberapa produk memiliki program diskon, Tugas merchandiser adalah harus mencatat tanggal kedaluwarsa produk tersebut. Beberapa produk tersebut kemudian ditata ulang oleh merchandiser agar lebih terlihat oleh konsumen.

️Job Desk Merchandiser

Job Desk Merchandiser

Seorang merchandiser harus memiliki rasa tanggung jawab yang besar. Ditambah lagi jika barang-barang yang diatur bernilai tinggi. Umumnya akan ada lebih dari satu merchandiser tergantung pada ukuran supermarket tempat mereka bekerja.

Secara detail, Job Desk Merchandiser adalah sebagai berikut:

  • Bekerja dengan tim penjualan sampai distributor untuk memastikan masuknya suatu produk.
  • Buat taktik promosi di dalam toko dan kampanye promosi produk.
  • Mengatur penempatan produk sedemikian rupa sehingga memudahkan konsumen untuk menemukannya.
  • Pengecekan barang, mulai dari kondisi hingga stok.
  • Mengetahui tren yang sedang berkembang di masyarakat sehingga Anda tahu produk mana yang perlu ditempatkan paling depan untuk menarik perhatian konsumen.
  • Menganalisis tingkat pembelian satu produk untuk memutuskan produk mana yang dapat dihapus dari display dan mana yang harus ditambahkan ke stok.

Baca juga: Marketing Adalah: Jenis, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Tugas Merchandiser

Tugas Merchandiser

  • Tugas merchandiser adalah memberikan label pada semua barang atau produk yang ada di rak/gondola, baik itu label display maupun label barang dagangan.
  • Penting untuk memastikan bahwa tidak ada bagian kosong di sepanjang rak/gondola.
  • Seorang merchandiser menjaga rak atau gondola tetap bersih dan barang-barang yang dipajang tetap bersih.
  • Saat produk atau barang kosong, MD perlu mencetak label rak, misalnya “Maaf, barang kosong”, kemudian label tersebut ditempel di rak.
  • Merchandiser atau MD bertanggung jawab atas kelengkapan barang/produk di atas rak/gondola.
  • Tugas Merchandiser yaitu untuk memberikan informasi tentang produk baru
  • Bertugas untuk menjalankan semua program promosi Perusahaan
  • Merchandiser bertugas untuk membuat laporan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Tugas Merchandiser yang perlu mendapat perhatian dan penting adalah pengemasan ulang produk atau barang yang diperpanjang, kemudian memilih dan mengambil kembali barang yang kemasannya sudah rusak atau kadaluarsa.

Selain itu, tugas merchandiser juga perlu membersihkan gondola atau rak dari atas ke bawah dan kolongnya.  Tujuannya adalah membersihkan rak atau gondola agar produk tetap bersih dan pelanggan nyaman.

Skill yang harus Dimiliki Merchandiser

Jika Anda ingin menjadi seorang merchandiser, Anda perlu menguasai beberapa keterampilan ini.

  • Memiliki kreativitas yang tinggi untuk mendesain display produk yang menarik dan sejenis sesuai dengan kebutuhan konsumen.
  • Memiliki kemampuan berbicara yang baik.
  • Dapat menganalisa data dan trend yang ada.
  • Memiliki tingkat akurasi yang tinggi.
  • Memahami perilaku konsumen untuk memahami cara menempatkan produk dengan benar.️

Jenis Merchandiser

Jenis Merchandiser

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu job desk merchandiser dan keterampilan yang perlu dikuasai, kini saatnya Anda memahami jenis merchandiser apa yang bisa Anda lamar. Berikut penjelasannya:

1. Retail Merchandiser

Jenis merchandiser pertama dan paling umum adalah Retail Merchandiser, juga dikenal sebagai merchandiser yang mengatur display produk eceran.

Umumnya, Anda dapat menemukan karir Retail Merchandiser ini di mini market, supermarket dan berbagai jenis gerai ritel lainnya.

Retail Merchandiser adalah individu yang perlu memahami cara menata barang dagangan agar tetap rapi dan mudah dilihat konsumen. Selain itu, Retail Merchandiser harus memahami cara menata barang dagangan berdasarkan promosi atau tanggal kedaluwarsa agar barang dagangan dapat terjual lebih dulu.

️2. Visual Merchandiser

Visual merchandiser adalah jenis merchandiser yang bekerja untuk merancang, mengatur, dan menggabungkan produk untuk membuatnya menarik secara visual. Karier sebagai visual merchandiser seringkali dibutuhkan di dunia fashion.

Selain keterampilan display, seorang visual merchandiser harus memiliki bakat untuk memadupadankan. Tanpa kemampuan ini, menjadi sulit bagi visual merchandiser untuk menggabungkan gaya pakaian berdasarkan model paling populer saat ini.

️3. Digital Merchandiser

Bagi Anda yang tertarik terjun ke dunia digital marketing, ada juga karir digital merchandiser di luar sana. Seperti namanya, Digital Merchandiser berfungsi untuk mengunggah dan mengelola tampilan dan nuansa toko online yang rapi, menarik dan tentu saja mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Selain itu, Digital Merchandiser juga dapat membantu proses pembuatan konten, misalnya dengan memberikan saran kepada pembuat konten tentang jenis produk atau konten yang paling mereka sukai.

Baca juga: Pramuniaga Adalah: Tugas, Fungsi dan Syarat

Tips Display Produk untuk Menarik Perhatian Konsumen

Tips Display Produk untuk Menarik Perhatian Konsumen

Jika Anda tertarik dengan peran seorang merchandiser, Anda akan mendapati bahwa produk tersebut tidak bisa sembarangan dapat dipajang. Selain penataan yang jelas dan menarik, produk juga harus dikelompokkan menurut penggunaannya.

Lihat panduan cara menata display produk di bawah ini untuk lebih jelasnya. Penampilan produk yang baik dapat menarik perhatian konsumen bahkan mendongkrak penjualan.

1. Kategorikan Produk

Produk harus diklasifikasikan menurut jenisnya. Misalnya, produk tisu perlu dikelompokkan di satu tempat. Penataan pasti harus berdasarkan merek.

Hal ini memudahkan konsumen untuk menemukan tisu yang mereka inginkan bahkan memilihnya berdasarkan harga yang mereka inginkan.

Makanan pasti tidak dicampur dengan produk yang mengandung bahan kimia berbahaya atau bahkan produk berbau menyengat untuk menghindari kontaminasi.

️2. Membangun User Experience untuk Konsumen

Tips selanjutnya itu harus dilihat sebagai konsumen. Pikirkan jika Anda seorang konsumen, apa yang Anda perhatikan ketika Anda memasuki supermarket? Apa yang menarik Anda ke tampilan display produk?

Melibatkan semua indera seperti mata dan hidung. Apa yang mengganggu Anda saat mencari barang?

Jika Anda dapat menjawab beberapa pertanyaan ini, Anda akan dengan mudah mengatur produk di setiap rak.

️3. Lampirkan Signage dan Informasi Produk dengan Baik

Tidak menjadi masalah bagi konsumen untuk mencari produk di supermarket kecil. Tetapi ketika mereka berada di supermarket besar, pasti kebingungan untuk mencari produk yang diinginkan di antara beberapa ribu produk, bukan?

Di bawah ini adalah manfaat signage atau papan nama. Pasang signage secara mencolok dan jelas sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan produk yang mereka cari. Jangan lupa nama produk dan harga suatu barang.

️4. Buat Hierarki yang Tepat

Setiap produk harus terjual dengan baik. Tapi tentu ada produk yang perlu diprioritaskan bukan?

Secara umum, beberapa produk yang menjadi pusat perhatian adalah produk yang dibeli banyak pada waktu tertentu. Produk harus ditempatkan pada posisi yang terlihat jelas. Konsumen yang baru datang langsung melihatnya dengan jelas.

Letakkan produk dengan promosi menarik di area yang selalu dilalui konsumen.

Ini berlaku untuk produk yang memiliki tanggal kedaluwarsa yang pendek. Produk ini dapat diletakkan di dekat kasir untuk dijelaskan oleh petugas, sehingga konsumen dapat langsung memahami jika waktu konsumsi perlu cepat.

️5. Ubah Display Secara Teratur

Untuk menghindari kejenuhan konsumen, Anda dapat menukar tampilan produk secara berkala. Namun, rentang waktunya tidak boleh terlalu cepat. Perubahan berkala ini akan menciptakan kesan segar dan membuat pengalaman berbelanja lebih menarik bagi konsumen yang sering berbelanja ke supermarket.

Jangan lupa untuk memasang papan nama dengan benar, agar konsumen lama tidak bingung.

Jenjang Karir Merchandiser

Jika Anda bekerja sebagai merchandiser di sebuah perusahaan besar, jumlah merchandiser pasti tidak hanya satu atau dua karyawan. Sehingga Anda dapat mencapai tingkat karir linier di merchandiser. Secara umum, ada empat tingkatan karir merchandising, yaitu sebagai berikut.

  • Junior Merchandiser
  • Senior Merchandiser
  • Manager Merchandiser
  • Head of Sales/Retail

️Ada banyak informasi tentang merchandiser yang bisa Anda pelajari. Merchandiser tidak hanya bekerja untuk membuat tampilan toko lebih menarik, mereka juga merupakan pribadi yang bertanggung jawab agar arus konsumen tidak macet di satu tempat. Karena itu, penampilan toko lebih penting.

Apa itu Merchandiser? Simak penjelasannya dibawah ini

Penutup

Setiap toko atau perusahaan ritel pasti memiliki banyak karyawan yang membantu menjaga agar toko tetap berjalan dengan lancar.

Tahukah Anda bahwa beberapa barang di toko, supermarket, dan toko serba ada selalu dijaga rapi dan bersih? Harus ada seseorang di sana untuk merapikan dan memastikan semuanya tertata dengan baik.

Selain SPB, SPG harus ada merchandiser yang biasa disebut MD. Tugas Merchandiser adalah merapikan produk di rak/gondola, memeriksa display barang dan banyak lagi.

Namun selain itu, ada tugas dan tanggung jawab lain yang harus diemban oleh seorang merchandiser dan harus dilakukan dengan baik dan bertanggung jawab.

Menceritakan sedikit tentang merchandiser adalah orang yang melakukan semua pekerjaan yang berhubungan dengan merchandising. Jadi, merchandising adalah beberapa produk yang dipasarkan di supermarket, toko, swalayan, toko serba ada dan lain-lain.

Seorang merchandiser dapat dikatakan sebagai ujung tombak dalam hal ketersediaan produk, kebersihan rak/gondola, harga, kualitas dan lain-lain.

Dalam suatu perusahaan, baik di retail atau di tempat lain, tentunya mempunyai karyawan dengan tugas yang berbeda-beda tergantung dari posisi orang tersebut.

Demikian informasi mengenai seorang merchandiser atau MD yang harus dilakukan dengan baik. Hal ini harus diperhatikan agar barang/produk di atas rak dapat menarik perhatian pelanggan dengan cara memajang produk di rak/gondola yang rapi dan bersih karena otomatis memudahkan konsumen untuk tertarik dan membeli.

Sekian artikel berjudul Merchandiser Adalah: Job Desk, Tugas, Skill, dan Jenis, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!