Jurusan Administrasi Pendidikan Kerja Apa? 10+ Prospeknya

Jurusan Administrasi Pendidikan telah berdiri sejak tahun 1964 di Universitas Pendidikan Indonesia dengan nama Jurusan Administrasi dan Supervisi. Di Universitas Negeri Malang, nama jurusan ini awalnya adalah Jurusan Ketatalaksanaan Pendidikan.

Nama Jurusan Administrasi Pendidikan sendiri baru mulai digunakan pada tahun 1993, dan mulai lebih sering terdengar pada tahun 1998.

Jurusan Administrasi Pendidikan akan membantu siswa belajar tentang administrasi di dunia pendidikan, memberikan peluang karir selain menjadi guru.

Siswa akan diajarkan tentang proses pengintegrasian semua kegiatan yang berkaitan dengan lembaga pendidikan, termasuk perencanaan, pengarahan, koordinasi, evaluasi, dan banyak lagi.

Apa itu Jurusan Administrasi Pendidikan?

Apa itu Jurusan Administrasi Pendidikan

Jurusan Administrasi Pendidikan adalah program studi yang memfokuskan pada administrasi di dunia pendidikan.

Siswa yang mengambil jurusan ini akan belajar tentang proses pengintegrasian semua kegiatan yang berkaitan dengan lembaga pendidikan, termasuk perencanaan, pengarahan, koordinasi, evaluasi, dan banyak lagi. Jurusan ini dapat memberikan peluang karir selain menjadi guru.

Jurusan Administrasi Pendidikan Belajar Apa?

Dalam bidang administrasi pendidikan, para siswa belajar tentang keorganisasian dari segala aspek, termasuk pengelolaan, penataan, dan pengaturan.

Namun, jurusan ini memiliki fokus khusus pada bidang pendidikan, termasuk perencanaan dan pengawasan.

Berikut adalah beberapa hal yang dipelajari dalam jurusan administrasi pendidikan:

  1. Konsep-konsep dasar dalam bidang pendidikan, seperti pendidikan sebagai sistem, teori-teori belajar, dan prinsip-prinsip manajemen pendidikan.
  2. Perencanaan dan pengawasan pendidikan, termasuk cara mengelola dan mengevaluasi program pendidikan.
  3. Keorganisasian dalam pendidikan, termasuk cara mengelola, menata, dan mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan.
  4. Keterampilan praktis yang diperlukan dalam bidang administrasi pendidikan, seperti mengajukan proposal, mengelola anggaran, dan menyusun laporan pendidikan.

Mata Kuliah Jurusan Administrasi Pendidikan

  1. Dasar-dasar Manajemen
  2. Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan
  3. Kepemimpinan Pendidikan
  4. Supervisi Pendidikan
  5. Belajar dan Pembelajaran
  6. Manajemen Strategik
  7. Manajemen Pelatihan dan pengembangan
  8. Manajemen Sekolah
  9. Manajemen Perguruan Tinggi
  10. Filsafat Administrasi Pendidikan
  11. Pedagogi
  12. Manajemen Mutu Terpadu
  13. Manajemen Kurikulum
  14. Manajemen Keuangan Pendidikan

Baca juga: 24 Prospek Kerja Jurusan Manajemen, Lulus Jadi Apa?

Pengetahuan dan Keahlian yang Didapatkan

Pengetahuan dan Keahlian yang Didapatkan

Pengetahuan dan keahlian yang dapat didapatkan dalam jurusan Administrasi Pendidikan antara lain:

  • Pengetahuan tentang administrasi di dunia pendidikan, termasuk bagaimana mengintegrasikan kegiatan-kegiatan di lembaga pendidikan, merencanakan, mengarahkan, mengkoordinasikan, dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan tersebut.
  • Pengetahuan tentang kebijakan pendidikan, manajemen lembaga pendidikan, dan pengembangan kurikulum.
  • Keterampilan dalam mengelola administrasi di lembaga pendidikan, termasuk perencanaan, pengarahan, koordinasi, dan evaluasi kegiatan-kegiatan pendidikan.
  • Keterampilan dalam menyusun dan mengevaluasi kurikulum, mengelola sumber daya manusia, dan mengelola keuangan di lembaga pendidikan.
  • Keterampilan dalam mengkomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis.
  • Keterampilan dalam bekerja secara tim dan mengembangkan hubungan kerja yang efektif dengan berbagai pihak di lembaga pendidikan.

Alasan Memilih Jurusan Administrasi Pendidikan?

Berikut adalah alasan mengapa seseorang mungkin memilih untuk mempelajari jurusan administrasi pendidikan:

1. Peluang Karir yang Luas

Dengan memiliki pengetahuan dan keahlian dalam administrasi pendidikan, siswa akan memiliki peluang karir yang lebih luas daripada hanya menjadi guru. Mereka dapat bekerja di berbagai posisi di lembaga pendidikan, seperti kepala sekolah, manajer administrasi, atau konsultan pendidikan.

2. Pengembangan Kompetensi Profesional

Program studi Jurusan Administrasi Pendidikan akan membantu siswa mengembangkan kompetensi profesional mereka dalam bidang administrasi pendidikan, sehingga mereka dapat bekerja secara efektif di dunia pendidikan.

3. Peluang untuk Membantu Peningkatan Kualitas Pendidikan

Dengan memiliki pengetahuan dan keahlian dalam administrasi pendidikan, siswa akan memiliki kontribusi yang besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, baik di tingkat sekolah maupun di tingkat nasional.

4. Program Studi yang Menantang

Jurusan Administrasi Pendidikan merupakan program studi yang menantang karena siswa akan diajak untuk belajar tentang berbagai aspek administrasi pendidikan, seperti kebijakan pendidikan, manajemen lembaga pendidikan, dan pengembangan kurikulum.

Dengan mempelajari jurusan administrasi pendidikan, seseorang juga dapat membantu memajukan sistem pendidikan di Indonesia, serta memberikan sumbangsih untuk peningkatan mutu pendidikan di negara ini.

Dunia Perkuliahan di Jurusan Administrasi Pendidikan

Dunia Perkuliahan di Jurusan Administrasi Pendidikan

Jika seseorang memutuskan untuk kuliah di jurusan administrasi pendidikan, mereka akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan.

Beberapa contoh mata kuliah yang dapat dipelajari dalam jurusan ini adalah kepemimpinan pendidikan, belajar dan pembelajaran, pedagogi dan manajemen kurikulum, dasar-dasar perencanaan pendidikan, dan pengawasan pendidikan.

Mahasiswa yang mengambil jurusan administrasi pendidikan akan mempelajari beberapa mata kuliah yang lebih spesifik mengarah ke administrasi di bidang pendidikan, seperti manajemen pelatihan dan pengembangan, manajemen perguruan tinggi, manajemen strategis, manajemen sekolah, filsafat administrasi pendidikan, manajemen mutu terpadu, dan manajemen keuangan pendidikan.

Dengan mempelajari mata kuliah-mata kuliah tersebut, seseorang akan memiliki pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk mengelola dan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya.

Mahasiswa yang mengambil jurusan administrasi pendidikan akan dibentuk menjadi orang yang tekun, kritis, terstruktur, senang menganalisis, mampu bekerja sama dengan tim, teliti, detail, rasional, senang berhitung, dan senang bekerja.

Karakter-karakter tersebut akan membantu mereka menjadi administrator pendidikan yang efektif dan berkualitas.

Karakter Siswa yang Sesuai

Untuk dapat menjadi siswa yang sesuai dengan jurusan administrasi pendidikan, seseorang harus memiliki beberapa karakter yang penting, di antaranya:

1. Tekun dan Ulet

Jurusan administrasi pendidikan mengharuskan siswa untuk belajar dan memahami banyak materi yang beragam dan kompleks. Oleh karena itu, siswa yang sesuai dengan jurusan ini harus tekun dan ulet dalam belajar dan memahami materi tersebut.

2. Kritis dan Terbuka

Jurusan administrasi pendidikan juga menekankan pentingnya kritis dalam memahami dan menganalisis masalah-masalah pendidikan. Siswa yang sesuai dengan jurusan ini harus terbuka terhadap ide-ide baru dan mampu menganalisis masalah secara kritis.

3. Terstruktur dan Terorganisir

Sebagai administrator pendidikan, siswa yang sesuai dengan jurusan ini harus mampu mengelola dan menyusun berbagai kegiatan pendidikan dengan baik dan teratur. Oleh karena itu, siswa yang sesuai dengan jurusan ini harus terstruktur dan terorganisir dalam bekerja.

4. Senang Menganalisis

Jurusan administrasi pendidikan menekankan pentingnya menganalisis masalah-masalah pendidikan secara kritis dan mencari solusi yang tepat. Oleh karena itu, siswa yang sesuai dengan jurusan ini harus senang menganalisis dan memecahkan masalah-masalah pendidikan.

Prospek Kerja Administrasi Pendidikan

Prospek Kerja Administrasi Pendidikan

Meskipun tidak terlalu populer, jurusan administrasi pendidikan memiliki lulusan yang cukup berpotensi untuk menemukan karier yang sukses di bidang pendidikan.

Karena itulah, banyak perusahaan yang mencari lulusan dari jurusan ini untuk bekerja di bidang pendidikan.

Salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari oleh lulusan jurusan administrasi pendidikan adalah menjadi seorang pengawas pendidikan.

Pekerjaan ini masuk dalam daftar formasi perekrutan CPNS yang diadakan oleh pemerintah Indonesia, dan lulusan jurusan ini memiliki kualifikasi yang tepat untuk mengisi posisi ini.

Pengawas pendidikan dapat bekerja di tingkat daerah maupun provinsi, tergantung pada posisi yang tersedia.

Berikut adalah beberapa prospek kerja yang dapat dimasuki oleh lulusan administrasi pendidikan:

1. Pengawas Pendidikan di Tingkat Daerah Maupun Provinsi

Pengawas pendidikan adalah salah satu prospek kerja yang dapat dimasuki oleh lulusan administrasi pendidikan.

Pengawas pendidikan adalah orang yang bertanggung jawab untuk memonitor dan mengevaluasi kegiatan pendidikan di sekolah atau lembaga pendidikan.

Mereka bertanggung jawab untuk menjamin bahwa sekolah atau lembaga pendidikan tersebut memenuhi standar kualitas pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Pengawas pendidikan dapat bekerja di tingkat daerah maupun provinsi, tergantung pada posisi yang tersedia.

2. Staff Administrasi

Staff administrasi di sekolah atau lembaga pendidikan adalah salah satu prospek kerja yang dapat dimasuki oleh lulusan administrasi pendidikan.

Staff administrasi bertanggung jawab untuk mengelola segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasi di sekolah atau lembaga pendidikan, seperti mengelola anggaran, menyusun laporan, dan mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan.

Staff administrasi juga bertanggung jawab untuk membantu menjalankan kegiatan-kegiatan administrasi di sekolah atau lembaga pendidikan, seperti membantu mengatur jadwal kegiatan, mengatur jadwal ujian, dan mengatur data siswa.

Berikut beberapa staff administrasi untuk lulusan administrasi pendidikan:

  • Staff Administrasi di Sekolah atau Lembaga Pendidikan
  • Staff Administrasi di Perusahaan yang Bergerak di Bidang Pendidikan
  • Staff Administrasi di Kantor Dinas Pendidikan
  • Staff Administrasi di Kantor Kementerian Pendidikan
  • Staff Administrasi di Kantor Pemerintahan yang Terkait dengan Bidang Pendidikan

Baca juga: 10+ Prospek Kerja Administrasi Bisnis Menjanjikan

3. Dosen

Prospek kerja administrasi pendidikan sebagai dosen memang cukup baik, terutama karena banyak sekolah dan lembaga pendidikan yang membutuhkan dosen yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang ini.

Menjadi dosen di bidang administrasi pendidikan akan memungkinkan seseorang untuk membagikan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya kepada siswa, serta memberikan contoh yang baik bagi siswa dalam menjalankan tugas-tugas administrasi di sekolah atau lembaga pendidikan.

Sebagai dosen, seseorang juga akan memiliki kesempatan untuk terus belajar dan mengembangkan diri di bidang administrasi pendidikan.

4. Kepala Sekolah

Prospek kerja administrasi pendidikan sebagai kepala sekolah cukup baik, terutama karena banyak sekolah yang membutuhkan kepala sekolah yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang ini.

Menjadi kepala sekolah di bidang administrasi pendidikan akan memungkinkan seseorang untuk memimpin sekolah dan mengelola segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasi di sekolah, seperti mengelola anggaran, menyusun laporan, dan mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan.

Sebagai kepala sekolah, seseorang juga akan memiliki kesempatan untuk terus belajar dan mengembangkan diri di bidang administrasi pendidikan.

5. PNS

Prospek kerja administrasi pendidikan sebagai pegawai negeri sipil (PNS) cukup baik, terutama karena banyak instansi pemerintah yang membutuhkan pegawai negeri sipil yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang ini.

Menjadi pegawai negeri sipil di bidang administrasi pendidikan akan memungkinkan seseorang untuk bekerja di kantor dinas pendidikan, kantor kementerian pendidikan, atau instansi pemerintah lain yang terkait dengan pendidikan.

Sebagai pegawai negeri sipil, seseorang juga akan memiliki kesempatan untuk terus belajar dan mengembangkan diri di bidang administrasi pendidikan.

Sekian artikel berjudul Jurusan Administrasi Pendidikan Kerja Apa? 10+ Prospeknya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.