Jurusan Digital Marketing: Kemampuan, Prospek Kerja dan Kampusnya

Jurusan Digital Marketing: Kemampuan, Prospek Kerja dan Kampusnya | Jurusan Digital Marketing sedang naik daun dan banyak dilirik oleh pelajar. Saat ini, banyak orang tua dan siswa SMA yang tertarik untuk belajar jurusan ini karena marketing dan pemasaran dilakukan secara digital melalui internet.

Di jaman yang sudah serba digital, tak heran banyak orang yang tertarik untuk mempelajari jurusan Digital Marketing.

Walaupun sudah cukup dikenal, masih banyak yang bingung tentang jurusan ini. Apakah hanya belajar tentang digital marketing saja atau juga ada bidang lain? Bagaimana prospek kerja setelah lulus jurusan ini? Di mana saja universitas yang menawarkan jurusan Digital Marketing?

Jika kamu punya pertanyaan seperti itu, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan jawaban yang lengkap tentang jurusan Digital Marketing.

Apa itu Jurusan Digital Marketing?

Apa itu Jurusan Digital Marketing?

Jurusan Digital Marketing adalah program pendidikan yang mempelajari cara meningkatkan promosi dan pemasaran produk atau jasa melalui media digital seperti internet, sosial media, dll.

Mahasiswa akan belajar cara menganalisa data pasar, membuat rencana pemasaran, dan melakukan kampanye pemasaran di media digital.

Jurusan ini juga mempelajari cara membuat konten, optimasi mesin pencari, dan analisis website. Prospek kerja setelah lulus dari jurusan ini antara lain sebagai digital marketer, spesialis media sosial, atau analis digital.

Lama belajar jurusan Digital Marketing berbeda-beda tergantung program yang dipilih, apakah itu program Diploma atau Sarjana.

Program Diploma biasanya akan ditempuh dalam waktu sekitar 3 tahun. Sementara program Sarjana (S1) akan ditempuh dalam waktu sekitar 4 tahun.

Jurusan Digital Marketing Belajar Apa?

  1. Prinsip Ekonomi Makro
  2. Pengantar Bisnis
  3. Komunikasi Bisnis
  4. Penggunaan dan Pengelolaan Sistem Informasi
  5. Manajemen Operasi Dasar
  6. Pemasaran E-Commerce
  7. Simulasi Bisnis

Kenapa Memilih Jurusan Digital Marketing?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang memilih jurusan Digital Marketing sebagai program studi impiannya:

1. Prospek Kerja yang Baik

Di era digital saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan profesional dalam bidang digital marketing. Prospek kerja lulusan jurusan Digital Marketing cukup baik.

2. Peluang Karir yang Beragam

Lulusan jurusan Digital Marketing memiliki peluang kerja yang beragam, seperti digital marketer, social media specialist, analis digital, dan lainnya.

3. Kompetensi yang Dibutuhkan Perusahaan

Kemampuan yang dibutuhkan perusahaan saat ini adalah kemampuan dalam bidang digital marketing, seperti analisis data pasar, pembuatan konten, SEO, dan analisis website. Lulusan jurusan Digital Marketing memiliki kompetensi yang sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

4. Perkembangan Teknologi yang Cepat

Industri digital marketing berkembang sangat cepat dan selalu mengalami perubahan. Memilih jurusan Digital Marketing akan memungkinkan seseorang untuk mengikuti perkembangan terbaru dalam industri ini.

5. Dapat Bekerja di Perusahaan atau Menjadi Entrepreneur

Lulusan jurusan Digital Marketing dapat bekerja di perusahaan atau memulai bisnis sendiri sebagai digital marketer atau pemilik bisnis online.

Kemampuan Lulusan Jurusan Digital Marketing

Kemampuan Lulusan Jurusan Digital Marketing

Lulusan jurusan Digital Marketing adalah seseorang yang telah menyelesaikan program studi Digital Marketing di universitas atau perguruan tinggi.

Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan dalam menganalisis data pasar, mengembangkan strategi pemasaran, dan mengeksekusi kampanye pemasaran melalui media digital. Mereka juga memiliki kemampuan dalam pembuatan konten, SEO, dan analisis web.

Lulusan jurusan Digital Marketing dapat bekerja di berbagai bidang seperti perusahaan, agensi pemasaran, atau start-up yang mengkhususkan diri dalam bidang digital marketing.

Lulusan jurusan Digital Marketing memiliki kemampuan dalam beberapa bidang, diantaranya:

  1. Analisis data pasar: Lulusan jurusan ini dapat menganalisis data pasar untuk menentukan target pasar dan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat.
  2. Pembuatan strategi pemasaran: Lulusan ini dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan perusahaan.
  3. Ekseskusi kampanye pemasaran: Lulusan jurusan ini dapat mengeksekusi kampanye pemasaran melalui media digital seperti internet, sosial media, dan lainnya.
  4. Pembuatan konten: Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan dalam pembuatan konten yang menarik dan berkualitas untuk digunakan dalam kampanye pemasaran.
  5. SEO: Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan dalam optimasi mesin pencari (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan visibilitas website dalam hasil pencarian Google.
  6. Analisis web: Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan dalam menganalisis data dari website untuk mengukur kinerja kampanye pemasaran dan mengambil tindakan yang diperlukan.
  7. Kemampuan komunikasi: Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan dalam komunikasi yang baik untuk mempresentasikan ide dan strategi pemasaran kepada rekan kerja dan klien.
  8. Kemampuan dalam teknologi: Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi digital yang digunakan dalam digital marketing seperti tools, software, dan platform digital marketing.

Baca juga: 15 Tempat Kursus Digital Marketing Gratis Terbaik

Prospek Kerja Jurusan Digital Marketing

Prospek Kerja Jurusan Digital Marketing

Prospek kerja jurusan Digital Marketing cukup baik. Setelah lulus dari jurusan ini, lulusan dapat bekerja di berbagai jenis industri seperti periklanan, e-commerce, agensi digital, startup, hingga perusahaan besar yang memiliki departemen pemasaran digital.

Beberapa posisi yang dapat dipegang oleh lulusan jurusan Digital Marketing meliputi:

1. Digital Marketer

Pekerjaan ini menangani pemasaran produk atau jasa melalui media digital seperti internet dan sosial media. Tugas utama digital marketer adalah membuat rencana pemasaran, mengeksekusi kampanye pemasaran, dan mengevaluasi hasilnya.

2. Social Media Specialist

Pekerjaan ini menangani pemasaran produk atau jasa melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Tugas utama social media specialist adalah membuat konten, mengelola akun media sosial, dan mengevaluasi hasilnya.

2. Content Creator

Pekerjaan ini menangani pembuatan konten seperti artikel, video, dan gambar untuk digunakan dalam pemasaran produk atau jasa. Tugas utama content creator adalah membuat konten yang menarik, mengelola konten yang sudah ada, dan mengevaluasi hasilnya.

3. SEO/SEM Specialist

Pekerjaan ini menangani optimasi mesin pencari (SEO) dan pemasaran melalui mesin pencari (SEM). Tugas utama SEO/SEM specialist adalah meningkatkan peringkat website di mesin pencari, membuat kampanye SEM, dan mengevaluasi hasilnya.

4. E-commerce Manager

Pekerjaan ini menangani pemasaran produk atau jasa melalui website e-commerce. Tugas utama e-commerce manager adalah mengelola website e-commerce, meningkatkan jumlah pembeli, dan mengevaluasi hasilnya.

5. Web Analyst

Pekerjaan ini menangani analisis data website untuk meningkatkan kinerja website. Tugas utama web analyst adalah menganalisis data website, mengevaluasi hasilnya, dan memberikan rekomendasi untuk peningkatan website.

6. CRM Specialist

Pekerjaan ini menangani manajemen hubungan pelanggan melalui media digital. Tugas utama CRM specialist adalah mengelola data pelanggan, meningkatkan hubungan pelanggan, dan mengevaluasi hasilnya.

7. Email Marketer

Pekerjaan ini menangani pemasaran produk atau jasa melalui email. Tugas utama email marketer adalah membuat kampanye email, mengelola daftar email, dan mengevaluasi hasilnya.

8. Mobile Marketer

Pekerjaan ini menangani pemasaran produk atau jasa melalui perangkat mobile. Tugas utama mobile marketer adalah membuat kampanye mobile, mengelola aplikasi mobile, dan mengevaluasi hasilnya.

9. Marketing Automation Specialist

Pekerjaan ini menangani pemasaran produk atau jasa melalui otomatisasi. Tugas utama marketing automation specialist adalah mengatur dan mengelola sistem otomatisasi pemasaran, seperti pengiriman email otomatis dan iklan online yang ditargetkan, serta mengevaluasi hasilnya.

10. Data Analyst

Pekerjaan ini menangani analisis data untuk meningkatkan pemasaran produk atau jasa. Tugas utama data analyst adalah mengumpulkan, menganalisis dan mengevaluasi data pasar, mengevaluasi hasil kampanye pemasaran dan menyediakan rekomendasi untuk peningkatan strategi pemasaran.

Apakah Jurusan Digital Marketing Gampang Dapat Kerja?

Apakah Jurusan Digital Marketing Gampang Dapat Kerja?

Prospek kerja untuk jurusan Digital Marketing baik, karena saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan profesional di bidang digital marketing.

Akan tetapi, kesempatan kerja bisa berbeda di setiap negara atau wilayah. Ada negara atau wilayah yang persaingannya ketat dan ada juga yang lebih longgar.

Kesempatan kerja juga tergantung pada kemampuan, pengalaman, dan kualifikasi yang dimiliki oleh lulusan.

Lulusan yang memiliki kemampuan yang baik di bidang digital marketing dan pengalaman kerja yang relevan, akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Namun, jika belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa mencari peluang untuk magang atau bekerja paruh waktu.

Universitas yang Ada Jurusan Digital Marketing

Di Indonesia, tidak perlu pergi ke luar negeri, sudah ada universitas swasta dan negeri yang menawarkan jurusan Digital Marketing. Berikut adalah daftar universitas yang menawarkan jurusan tersebut:

1. Universitas Padjadjaran

Ini adalah universitas negeri yang menawarkan jurusan Digital Marketing dalam program Bisnis Digital, yang berada di bawah fakultas Ekonomi Bisnis. Mahasiswa yang ingin mengambil jurusan ini akan belajar di kampus Unpad Jatinangor.

2. BINUS University

BINUS adalah perguruan tinggi swasta yang juga menawarkan program studi Digital Marketing. Mahasiswa yang memilih jurusan ini di BINUS akan mendapat peluang belajar dan meningkatkan kompetensi dalam dunia pemasaran di tingkat internasional.

3. Universitas Ciputra

Universitas ini menawarkan program studi Digital Marketing dengan fokus pada aspek strategi pengembangan perusahaan dan manajemen pemasaran. Universitas yang berlokasi di Surabaya ini sudah mendapat akreditasi A untuk jurusan Digital Marketing.

Kesimpulan

Informasi yang telah diberikan dapat membantu kamu untuk membuat keputusan tentang jurusan Digital Marketing, prospek kerjanya, dan di mana kamu bisa belajar jurusan tersebut di Indonesia. Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam mengenai bidang ini, kamu juga dapat mengejar pelatihan digital marketing yang bersertifikat untuk pemula.

Sekian artikel berjudul Jurusan Digital Marketing: Kemampuan, Prospek Kerja dan Kampusnya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.