Tips Lulus Mengerjakan Tes Koran

Bagaimana Tips Lulus Mengerjakan Tes Koran? Tes koran atau yang juga dikenal dengan nama tes Pauli, adalah salah satu jenis ujian yang kerap kali diberikan untuk seleksi pencarian karyawan.

Para calon karyawan diharuskan untuk menghitung bilangan sederhana dari 0 -9 yang tersusun secara acak membujur vertical dan membentuk lajur. Sekilas terdengar mudah, namun perlu ketelitian yang baiik. Untuk mempersiapkan diri, berikut adalah tips lulus/mengerjakan tes koran untuk anda.

Tips Yang Perlu Dilakukan Untuk lulus Tes Koran

1. Persiapkan Diri Dengan Banyak Berlatih Mengerjakan tes Koran

Tips Lulus Mengerjakan Tes Koran

Tes koran ini tidaklah serumit yang anda kira, namun untuk memahami pola dan cara pengerjaan yang benar pastinya perlu banyak latihan. Semudah apapun tes yang ada, pasti akan butuh latihan yang cukup.

Entah itu tes koran, Kraepelin, atau tes bahasa pun semua akan lebih baik jika anda pernah berlatih sebelumnya. Setidaknya tip yang pertama ini akan bantu anda lebih siap dan tidak kaget lagi dengan macam tes yang akan anda kerjakan.

2. Tetap Fit Dan Siap Hadapi Tantangan Dengan Menjaga Kesehatan

Setiap mengerjakan tes atau ujian, kesehatan badan dan mental adalah salah satu faktor yang bisa pengaruhi proses kerja. Bayangkan saja jika anda tidak cukup tidur satu malam sebelum kerjakan tes.

Kondisi mengantuk akan membuat anda tidak bisa fokus dengan soal yang ada di depan mata, tidak bisa menghitung dengan baik, bahkan merasakan tekanan batin atau muncul rasa tidak enak badan ditengah mengerjakan tes koran.

3. Persiapkan Diri Dan Peralatan Sebelum Melakukan tes Koran

Tips lulus/mengerjakan tes koran selanjutnya adalah persiapan diri dan peralatan. Yang dimaksud disini adalah pastikan anda sarapan sebelum melakukan tes.

Anda perlu energi yang cukup untuk menghadapi deretan angka yang sangat banyak, karena itu perut yang sudah terisi akan bantu menambah energi saat lakukan tes. Begitu juga dengan peralatan. Jangan lupa untuk sediakan pensil atau alat tulis lain sebelum memulai tes.

4. Manfaatkan Waktu Luang Untuk Ke Kamar Kecil dan menenangkan diri

Tips Lulus Mengerjakan Tes Koran

Tidak jarang sebelum tes dimulai, rasa tertekan dan nervous muncul untuk menggangu. Jika hal ini terjadi, terkadang rasa mual, sakit perut, atau bahkan rasa ingin buang air kecil kerap kali muncul.

Untuk menghindari gangguan tersebut, ada baiknya anda gunakan waktu luang dengan baik dan pergi ke kamar kecil. Baik itu sebelum tes dimulai, saat istirahat atau rehat, begitu pula saat selesai tes. Pastikan anda tidak menghabiskan waktu terlalu lama di toilet.

5. Mendengarkan Segala Instruksi yang diberikan Dengan Baik

Baik sudah pernah ataupun baru pertama kali mengerjakan tes koran, pastikan anda dengar segala instruksi dari penguji dengan baik.

Tips lulus/mengerjakan tes koran yang satu ini sangat penting, karena kerap kali peraturan atau aba-aba penguji berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Memahami dan mengikuti instruksi ini bisa saja menjadi salah satu poin dimana tindak tanduk anda selama tes akan diperhatikan oleh penguji.

6. Fokus dan konsentrasi Dengan Soal Yang Anda Dapat

Tips Lulus Mengerjakan Tes Koran

Tes ini penuh dengan angka yang berjajar dengan rapi. Kehilangan fokus bisa saja merusak hitungan atau proses pengerjaan tes yang anda lakukan. Dalam hal ini, pastikan anda tetap fokus dengan soal yang anda dapatkan.

Meskipun ada gangguan atau anda ingin melirik orang lain, pastikan mata anda terus tertuju pada lembar tes yang dimiliki. Fokus adalah kunci utama untuk berkonsentrasi. Jika anda panik atau bingung dengan hal lain, konsentrasi anda bisa terganggu.

7. Tenangkan Diri Dan Jangan Terburu-Buru Dalam Mengerjakan

Tidak bisa dipungkiri jika rasa ingin cepat selesai dan juga panik saat mengerjakan tes sering kali muncul di saat – saat seperti ini.

Hal ini bisa saja terjadi karena anda melihat para calon karyawan lain atau bingung dengan jam dinding yang terus berdetak. Tips lulus/mengerjakan tes koran yang baik adalah tenangkan diri anda dan kembalilah fokus pada lembar tes di depan mata. Rasa tidak tenang ini bisa merusak fokus dan konsentrasi otak saat mengerjakan tes.

Angka yang seharusnya terhitung jadi terloncati atau anda melakukan kesalahan dalam menjumlah angka yang diberikan. Pastinya hal ini akan membuat hasil akhir tes tidak maksimal.

Hal ini juga bisa terjadi jika anda merasa terburu – buru untuk menyelesaikan tes. Melihat orang selesai lebih cepat pastinya akan membuat anda merasa panik. Sebisa mungkin kendalikan rasa panik dan terburu – buru agar anda bisa kerjakan tes dengan konsentrasi dan fokus penuh.

8. Jumlahkan Angka Di Setiap Kolom

Dalam tes ini, anda akan menemukan deretan angka yang perlu dijumlahkan. Setiap kolom deret angka yang berhasi kamu kerjakan akan dinilai secara menyeluruh oleh penguji.

Apa yang dilihat oleh penguji? Perlu anda ketahui bahwa penguji akan menilai hasil hitungan dan juga kestabilan penjumlahan. Usahakan anda mengerjakan dengan semaksimal mungkin dan kerjakan secara stabil setiap deretan angka yang dijumlahkan.

Karena itulah tips lulus/mengerjakan tes koran yang perlu dipahami adalah menjumlah dengan baik angka setiap kolomnya dan juga lakukan dengan stabil.

Kestabilan ini bisa dilihat dari rentangan yang tidak terlampau tinggi atau rendah pada setiap kolomnya. Kestabilan pengerjaan dan rentangan yang tertera ini akan menunjukkan kemampuan fokus dan juga konsentrasi yang anda miliki selama mengerjakan tes Pauli tersebut.

Baca juga: Penyebab Gagal Lulus Tes Koran untuk Melamar Kerja

9. Teliti saat mengerjakan dan Sebelum Mengakhiri Tes

Tips Lulus Mengerjakan Tes Koran

Baik saat mengerjakan ataupun saat akan mengakhiri tes, pastikan anda selalu teliti dalam menghitung. Kertelitian menghitung akan membantu anda mendapat jumlah yang benar.

Selain itu, anda juga tidak akan melewatkan salah satu angka. Namun, anda perlu fokus dan konsentrasi agar anda bisa lebih teliti. Tidak ada salahnya jika anda melakukan double check sebelum selesaikan test tersebut. Hal ini bisa dilakukan apabila anda masih punya waktu luang yang tersisa.

10. Libatkan Doa Dan Juga Terus Berjuang

Yang terakhir dan tidak boleh dilupakan adalah berdoa. Tips lulus/mengerjakan tes koran ini mungkin saja bisa menjadi salah satu cara untuk menenangkan diri. Kembalikan dan serahkan semua kepada tuhan.

Setelah anda berusaha yang terbaik, berdoa dan mintalah agar usaha tersebut tidak tersia-siakan. Karena jika tidak lulus seleksi, mungkin ini bukan rejeki atau jalan yang tepat. Tetapi jangan menyerah, teruslah berusaha untuk mendapat yang terbaik di masa depan.

Itulah beberapa tips yang setidaknya cukup layak untuk membuat anda siap dalam hadapi jajaran angka dalam tes koran. Pastinya persiapan diri, fokus, teliti, dan kepahaman akan ujian ini adalah kunci penting untuk lulus.

Kemampuan anda untuk berhitung juga menjadi faktor utama yang akan mempermudah pengerjaan tes. Karena itulah persiapkan diri dengan baik dan coba dengan sungguh – sungguh untuk meraih kesuksesan. Semoga beruntung!

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!