Cara Mendapatkan Nilai Tinggi SKD CPNS 2021

Bagaimana Cara Mendapatkan Nilai Tinggi SKD CPNS 2021? Kehadiran seleksi CPNS tahun 2020 disambut antusias oleh warga Indonesia. Mereka yang berniat pun harus mengikuti rentetan prosedur seleksi. Salah satunya adalah SKD atau seleksi kompetensi dasar yang berat. Terutama mengingat pentingnya skor setinggi mungkin.

Lantas bagaimana cara mendapatkan nilai tinggi SKD CPNS 2021? Berikut adalah beberapa tipsnya.

Cara Mendapatkan Nilai Tinggi SKD CPNS 2021

1. Selalu Aktif Mencari Informasi CPNS

Cara Mendapatkan Nilai Tinggi SKD CPNS 2021

Saat kamu mendapat pengumuman lulus seleksi administrasi, maka kamu akan melanjutkan proses seleksi SKD. Sama halnya dengan tahap sebelumnya, kamu harus menggali informasi lebih dalam tentang tes yang satu ini.

Tapi tentunya pastikan sumber informasi tersebut terpercaya, seperti BKN atau media sosial yang telah terverifikasi.

Informasi yang harus dicari cukup beragam. Hal yang harus dikumpulkan adalah informasi yang mencakup jadwal tes, ambang batas kelulusan, keperluan tes, hingga dasar isi tes.

Perlu kamu ketahui kalau passing grade untuk (TIU) tes intelegensi umum adalah 80, (TWK) tes wawasan kebangsaan 65, dan (TKP) tes karakteristik pribadi adalah 126.

2. Belajar Soal CPNS Dengan Tekun

Setelah tahu nilai minimal untuk lulus, saatnya untuk mempersiapkan otak dengan bahan ujian. Sudah jelas sekali kalau kamu butuh belajar untuk mendapat nilai yang tinggi.

Tes ini bagaikan ujian sekolah tapi memiliki level yang jauh lebih tinggi, karena cakupannya lebih luas. Karena itulah, kamu harus rajin mencari referensi tes bahkan ikut les ujian CPNS.

Dalam hal belajar soal CPNS, ada banyak sekali sumber yang bisa diandalkan. Seperti contohnya adalah buku cetak, soal online, atau ebook dari internet.

Disarankan untuk mulai belajar soal dari tahun sebelumnya (2020), kemudian mundur ke tahun sebelum sebelumnya. Pelajari segala contoh soal yang muncul, agar tahu perkiraan soal di CPNS tahun ini.

Aktivitas belajar yang satu ini juga bisa dioptimalkan dengan membuat panduan progress. Catat setiap kemajuan dari soal yang kamu kerjakan, sehingga kamu tahu mana kekurangan dan kelebihanmu.

Setelah itu, perbaiki dan pelajari lebih baik. Sehingga, kamu tidak akan kaget dan sudah siap dengan segala jenis soal yang muncul nanti.

3. Persiapan Fisik Dan Mental

Setelah waktu sudah dekat dan kamu sudah belajar dengan giat, maka saatnya menguatkan mental dan fisik. Pastikan kamu bersiap diri dengan baik, entah itu sebelum dan sesudah hari H.

Jaga kebugaran agar bisa fokus dan mengerjakan soal dengan maksimal. Ada baiknya kamu berolahraga rutin dan konsumsi makanan sehat agar fisik 100% di saat tes.

Selain fisik dan otak, jangan lupa dengan mental. Jangan takut dengan salah dan adopsi sikap percaya diri. Sehingga kamu bisa lebih fokus dengan apa yang ada di depan mata.

Camkan bahwa setiap individu itu unik dan tidak ada yang sempurna. Hilangkan rasa panik, karena merasa tidak siap. Percaya, berdoa, dan fokus karena itu adalah penentu keberhasilan.

4. Atur Waktu Dengan Baik

Perlu diingat bahwa tes SKD ini punya jumlah soal yang banyak. Jadi cara mendapatkan nilai tinggi SKD CPNS 2021 yang tidak kalah penting adalah manajemen waktu.

Hal ini berkaitan dengan waktu yang diberikan mungkin akan sangat mepet untuk menyelesaikan semua soal. Terutama dengan jumlah dan jenis soal yang butuh waktu untuk dipahami.

kamu bisa mengasah manajemen waktu dengan sering melakukan try out atau scoring mandiri. Mengikuti les khusus tes CPNS juga bisa jadi jawaban, karena kamu akan terbiasa dengan limitasi waktu dalam mengerjakan soal.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa berkesempatan untuk berbagi jawaban dan soal dengan peserta les lainnya.

5. Teliti Dalam Membaca Pertanyaan

Cara Mendapatkan Nilai Tinggi SKD CPNS 2021

Meski kamu sudah belajar dengan giat dan menguasai suatu bidang, kalau tidak teliti maka bisa saja jawabannya salah. Karena itulah peserta CPNS dituntut untuk lebih teliti dalam membaca setiap pertanyaan.

Meski waktu yang diberikan mepet, tapi jangan terburu buru saat membaca instruksi. Pasalnya sering kali peserta melewatkan kata kunci penting.

Kata kunci ini bisa saja menjadi penentu benar tidaknya jawaban kamu. Jadi kenali soal dengan baik sebelum memilih pilihan jawaban.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, yang penting adalah fokus. Jangan pernah membandingkan progres orang lain. Tenangkan pikiran dan selalu baca dengan teliti, baik itu pertanyaan atau jawaban yang akan kamu pilih.

6. Baca Soal Dahulu

Jangan tergesa gesa untuk menjawab hanya karena merasa sudah menemukan jawaban di depan bacaan. Terutama saat mendapati soal bacaan panjang.

Trik untuk soal seperti ini adalah langsung baca dan kenali pertanyaannya. Kemudian, kembali ke bacaan untuk mencari jawabannya. Cara ini cukup efektif untuk memotong waktu membaca bacaan yang terlalu panjang.

7. Jawab Dengan Cepat Dan Tepat

Tips yang satu ini membutuhkan latihan yang tidak satu dua kali saja. Mengerjakan dengan cepat memang mudah, namun tidak tentu jawabannya selalu tepat.

Untuk itu, kamu harus mengasah skill analisis dan penggunaan waktu untuk setiap tipe pertanyaan. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk soal perhitungan dan bacaan?

Jika kamu tahu berapa waktu yang dibutuhkan, maka kamu bisa dengan mudah melakukan manajemen pengerjaan soal. Hal ini juga berkaitan dengan pemilihan soal dan kesiapan materi.

Semakin kamu paham akan materi yang dibahas, maka akan semakin cepat untuk mengerjakannya. Untuk itu, selalu belajar untuk menambah pengetahuan.

Baca juga: Tips Agar Lulus Tes SKD di CPNS 2021

8. Kerjakan Soal Yang Lebih Mudah

Terkadang soal yang muncul memang tidak terduga, bahkan tidak sedikit pertanyaan yang muncul dirasa jauh lebih sulit dari perkiraan. Karena itulah kamu bisa memilih mengerjakan soal yang dirasa lebih mudah.

Hal ini karena kamu harus cepat dalam mengerjakan tes, jadi tidak akan baik jika berlama lama untuk mencari tahu satu jawaban soal yang sulit.

Terpaku pada salah satu soal akan membuang waktu untuk mengerjakan pertanyaan yang lainnya. Ingat, bahwa masih ada banyak soal selanjutnya. Karena itu kerjakan yang lebih mudah atau sedang terlebih dahulu.

Kemudian, kamu bisa kembali ke soal yang dianggap sulit jika masih memiliki banyak waktu yang tersisa. Cara ini juga paling cocok untuk mengoreksi jawaban.

9. Hindari Mengulangi Soal Yang Sudah Dijawab

Jangan kaget dengan rasa ragu saat menjawab pertanyaan. Hal ini sering terjadi, namun cara mendapatkan nilai tinggi SKD CPNS 2021 yang baik juga tidak menganjurkan untuk kembali mengulang soal yang sudah dijawab.

Terutama untuk soal mudah yang telah dikerjakan terlebih dahulu. Lebih baik kamu fokus dengan soal sulit yang belum dikerjakan.

Pada dasarnya, mendapatkan nilai tinggi tentunya perlu persiapan yang matang. Mulai dari mengenal materi hingga memperdalam ilmu yang lebih luas, karena cakupan dari tes ini adalah intelegensi umum, kebangsaan dan kepribadian.

kamu juga dituntut untuk lebih teliti, pintar mengatur waktu, percaya diri, dan fokus, karena ambang batas untuk CPNS 2021 bisa saja berubah.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!