Bocoran Lolos Seleksi Tes di Akademi Kepolisian

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di Akademi Kepolisian? Kali ini kita akan membahas pengalaman tes polisi atau akademi kepolisian.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Akademi Kepolisian

Kita akan bahas mulai dari tahap apa yang akan kalian lalui hingga bocoran bagaimana rasanya mengikuti proses rekrutmen dari akademi kepolisian. Berikut pembahasannya.

Kita semua tahu bahwa untuk bisa menjadi PNS dengan memperjuangkan negara Indonesia tidaklah mudah. Ada banyak persiapan yang harus Anda lakukan sebelum berniat mengikuti tes seleksi menjadi polisi.

Beberapa yang harus Anda persiapkan adalah kebugaran fisik Anda, Anda dapat mengembangkannya dengan berenang, berlari beberapa putaran, sit up, push up dan angkat beban di tiang secara teratur dan rutin.

Persiapan lainnya adalah persiapan untuk pembelajaran akademik dan tes psikologi yang juga sangat perlu Anda gali.

Persiapkan beberapa hal di atas selama kurang lebih 5 bulan sebelum memutuskan untuk mengikuti seleksi tes polisi. Anda juga harus rutin melakukan tes kesehatan di laboratorium terkait untuk mengetahui bagaimana kondisi tubuh Anda dan apa yang perlu Anda tingkatkan dan sembuhkan. Jangan lupa memeriksakan kesehatan gigi secara rutin juga sangat diperlukan.

Jika Anda telah sering menjalani pemeriksaan kesehatan, Anda telah memperoleh kebugaran fisik, dan Anda telah melatih persiapan mental dan pikiran Anda, maka Anda dapat dengan percaya diri mengikuti tes di akademi kepolisian.

Karena tahapan tesnya akan banyak dan tentunya akan sangat ketat, maka kalian pasti sudah paham dengan tahapan-tahapan yang akan dilalui dalam tes polisi ini seperti:

  1. Pendaftaran (dibuka selama kurang lebih 1 bulan)
  2. Rikmin awal
  3. Tes Kesehatan Tahap 1
  4. Tes Psikologi
  5. Tes Fisik
  6. Tes Akademik
  7. Tes Kesehatan Tahap 2
  8. Tes Kedalaman PMK
  9. Rikmin Terakhir
  10. Penetapan Lulus Tingkat Daerah

Tahapan Seleksi di Akademi Kepolisian

Kami akan satu per satu mengenai tahapan yang akan Anda lalui:

1. Pendaftaran Awal

Anda bisa mendapatkan informasi penerimaan AKABRI melalui website resmi AKABRI yang dapat diakses secara online.

Jadi ada baiknya untuk mengetahui kapan saja bulan penerimaan calon perwira polisi agar bisa lebih mempersiapkan diri sebelum mendaftarkan diri.

Pendaftaran awal ini seperti melamar sebuah perusahaan. Anda diharuskan mengisi beberapa formulir pendaftaran berdasarkan data pribadi Anda mulai dari data pribadi hingga kehidupan pribadi Anda.

Cobalah untuk menyelesaikan semua file yang diminta tanpa kecuali.

2. Rikmin awal

Rikmin awal ini biasa disebut tes administratif atau penyerahan sementara berkas asli dari data yang kita ajukan melalui formulir online sebelumnya. Ada banyak file yang harus anda siapkan seperti :

  1. KTP dan KTP orang tua kandung atau wakilnya
  2. Surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit yang masih aktif atau up-to-date
  3. Kartu keluarga yang dilegalisir
  4. Akta Kelahiran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota yang telah dilegalisir
  5. Ijazah terbaru
  6. Sertifikat berkelakuan baik/SKCK
  7. dan lain-lain

Jadi untuk tahap ini adalah pengumpulan berkas-berkas penting yang nantinya akan diserahkan untuk diperiksa keabsahannya. Jadi persiapan terlebih dahulu sangat dibutuhkan pada tahap file ini.

3. Tes Kesehatan Tahap 1

Jika sudah melewati tahap berkas sebelumnya, tahap selanjutnya adalah tahap pertama tes kesehatan. Berikut adalah langkah-langkah yang akan Anda lalui dalam tes kesehatan pertama ini:

  1. Tes Mata dan Gigi
  2. Tes tinggi dan berat badan
  3. Periksa apakah ada varises

Usahakan datang lebih awal untuk mendapatkan kartu tes kesehatan lebih cepat karena nomor antrian yang akan Anda dapatkan disesuaikan dengan siapa yang datang ke tempat tes terlebih dahulu.

Anda akan mendapatkan pengumuman tes pada hari yang sama setelah semua peserta tes menyelesaikan pemeriksaan keseluruhan.

Skor standar yang harus Anda dapatkan untuk lolos pada tahap ini adalah 61 poin ke atas dan secara otomatis poin di bawah 60 akan langsung tidak lulus.

4. Tes Psikologi Akademi Kepolisian

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Akademi Kepolisian

Jika Anda sudah mengetahui lulus atau tidak pada tes kesehatan tahap pertama, maka Anda harus mempersiapkan diri untuk tes tahap selanjutnya, yaitu tes psikologi. Tahapan tes yang akan Anda jalani dalam psikotes ini adalah:

  1. Tes Kepribadian
  2. Tes Kecerdasan
  3. Tes Akurasi
  4. Tes sikap kerja

Standar yang diberikan untuk psikotes ini adalah 61 ke atas. dan untuk nilai 60 ke bawah akan langsung didiskualifikasi. Anda akan menerima pengumuman pada hari yang sama.

Usahakan untuk membawa perbekalan seperti snack dan minuman ringan karena rangkaian tes ini akan kamu ikuti seharian penuh dan kamu juga akan menunggu hasil pengumumannya.

Baca juga: Latihan Soal Psikotes TNI Polri Gratis

5. Tes Fisik

Jika lulus, saatnya mengikuti tes fisik dan antropometri yang ditunggu-tunggu untuk menguji apakah kesehatan fisik Anda sudah memenuhi standar kepolisian atau belum. Tes yang akan Anda ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Lari selama 12 menit (berapa putaran yang Anda dapatkan selama 12 menit ini)
  2. Pull up
  3. Sit up
  4. Push Up
  5. Berenang dan sebagainya

6. Antropometri

Selanjutnya adalah tes antropometri, tes ini adalah tes untuk mengetahui seperti apa komposisi dan bentuk tubuh. Atau biasanya ukuran bagaimana struktur tubuh Anda.

Di sini Anda akan diuji apakah Anda memiliki kelainan bentuk tubuh seperti kelainan bentuk kepala, badan, tangan atau kaki. Anda diharuskan hanya makan celana pendek putih pada tahap tes ini.

Pengumuman akan segera Anda terima pada malam hari di hari yang sama dan bersiap untuk tahap selanjutnya.

7. Tes Akademik

Tes keesokan harinya adalah tes akademik. Tes ini memiliki beberapa poin pertanyaan seperti:

  1. Tes bahasa Indonesia dasar
  2. Tes Bahasa Inggris
  3. Tes Matematika Dasar
  4. Tes Pengetahuan Umum (pengetahuan alam, pengetahuan umum, wawasan kebangsaan dan hukum negara)

Tidak ada nilai minimal yang harus kamu penuhi dalam ujian akademik ini, namun menggunakan sistem peringkat untuk penilaian dimana hanya beberapa kuota teratas yang dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

8. Tes Kesehatan Tahap 2 dan Tes Kesehatan Mental

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Akademi Kepolisian

Untuk tahap selanjutnya, tes kesehatan tahap kedua ini dibarengi dengan rangkaian tes kesehatan jiwa. Jika tes kesehatan pertama yang diuji adalah tentang fisik luar Anda, maka tes medis kedua ini memiliki perbedaan.

Yang akan diuji adalah tentang organ dalam Anda. Berikut ini adalah tahapan dari tes kedua:

  1. Tes sampel darah
  2. Tes sampel urin
  3. Tes rontgen paru-paru
  4. Tes jantung

Untuk psikotes Anda akan menghadapi tes tertulis dan wawancara singkat dengan psikolog. Ada baiknya Anda banyak minum air putih dan tidak begadang sehari sebelum mengikuti tes ini.

Puasa kurang lebih 12 jam sebelum tes dimulai dan tidak mengonsumsi obat-obatan dokter (termasuk tidak mengonsumsi vitamin) juga sangat dianjurkan.

Baca juga: Apa Itu Tes Medical Check Up dan Tips Lolos Medical Check Up

9. Tes PMK (Pendalaman Kepribadian Mental)

Pada tahap tes ini akan dilakukan wawancara tentang kepribadian kita dan latar belakang keluarga kita. Tidak banyak yang perlu Anda persiapkan pada tahap ini, yang utama adalah kejujuran Anda.

Mereka yang akan diwawancarai adalah anggota polisi dari divisi paminal, yaitu departemen kepolisian yang memiliki tugas yang sama dengan rektor.

Inti dari tes ini adalah untuk mengetahui mentalitas dan kepribadian Anda. Yang penting kamu bisa menjawab dengan jujur, lancar dan tegas sehingga kamu bisa yakin bisa melewati tahap ini.

10. Rikmin Terakhir

Seperti rikmin awal, pada tahap rikmin akhir ini Anda hanya diminta melengkapi beberapa file pendukung lainnya sebanyak 4 eksemplar.

11. Pantukhir Panda (Pengumuman Wisuda Akhir Kelas Panda)

Ini pengumuman lulus atau tidak. Penilaian kelulusan didasarkan pada peringkat semua peserta yang ada. Setiap nilai yang Anda dapatkan pada setiap tahapan di atas tentunya memiliki nilai tersendiri.

Penting bagi Anda untuk mengingat nilai Anda pada tahap sebelumnya.

Penilaian adalah total skor yang telah Anda ambil dibagi dengan jumlah tes yang telah Anda ikuti dan akhirnya akan mendapatkan skor akhir.

Skor akhir ini akan diurutkan dari atas hingga akhir dan hanya yang melewati kuota yang diberikan yang akan lulus.

Kesimpulan

Itulah bocoran dan pengalaman tes polisi yang bisa kami berikan. Semoga dapat mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya untuk menjalani rangkaian ujian ini dengan baik dan membanggakan.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di Akademi Kepolisian, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!