Prospek kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Bagaimana Prospek kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat? Sebelum pada akhirnya kamu masuk ke perguruan tinggi, pasti nanti akan disajikan dengan berbagai jurusan yang populer, salah satunya kesehatan masyarakat.

Prospek kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan ini banyak diminati karena kedepannya mempunyai prospek kerja yang sangat bagus. Penasaran dengan jurusan ini dan prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

A. Pengertian dari Kesehatan Masyarakat

Sebelum pada akhirnya kamu memahami jurusannya, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui dulu apa itu kesehatan masyarakat.

Jadi kesehatan masyarakat yang ada dalam jurusan tersebut merupakan suatu kombinasi ilmu pengetahuan serta seni melindungi, memelihara, serta meningkatkan kesehatan dari lingkup masyarakat itu sendiri.

Pendapat lain terkait kesehatan masyarakat ini diartikan dengan sebuah ilmu yang sangat berguna untuk mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan fisik serta mental, dan juga mampu memperpanjang hidup.

Usaha yang dilakukan demi menjalankan kesehatan masyarakat tersebut  telah ditunjukkan melalui usaha pengorganisasian masyarakat.

sedangkan untuk jurusan kesehatan mental sendiri adalah suatu bidang dalam lingkup pendidikan, yang telah melibatkan berbagai ilmu. Mulai dari biostatistika, epidemiologi, manajemen pelayanan kesehatan, dan yang terakhir ada ilmu sosial.

Sedangkan subbidang di bawah jurusan ini diantaranya ekonomi kesehatan, kesehatan komunitas, disabilitas, dan lain sebagainya.

Lalu sebenernya apa saja cakupan ilmu kesehatan yang ada dalam jurusan ini? banyak sekali cakupan dari ilmu kesehatan masyarakat, mulai dari psikologi, sosial, dan juga fisik.

Sedangkan untuk masyarakat ang dimaksud adalah keseluruhan dari penduduk yang ada di wilayah desa atau kota.

B. Manfaat dari Adanya Jurusan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Dengan adanya jurusan atau ilmu kesehatan masyarakat ini, maka akan membantu dalam meningkatkan kontrol infeksi yang ada di masyarakat, menaikkan sanitasi lingkungan, pendidikan serta individu.

Dalam hal apa? Peningkatan tersebut dalam bidang bidang medis, pelayanan, perawatan dan juga diagnosis dini.

Adanya ilmu kesehatan masyarakat ini juga akan sangat berguna sebagai salah satu upaya untuk mencegah berbagai macam penyakit serta pengembangan dalam aspek sosial.

Dimana nantinya akan sangat berguna untuk mendukung agar semua masyarakat mempunyai standar kehidupan yang sangat kuat dalam menjaga kesehatannya.

Lebih umumnya, untuk kesehatan masyarakat ini bisa diartikan dengan sebuah aplikasi serta kegiatan terpadu antara pengobatan dan juga sanitasi.

Tujuannya sendiri untuk mencegah berbagai penyakit yang tengah melanda pendudukan dalam suatu masyarakat tertentu yang mengalami isu kesehatan.

Baca juga: Gaji Dokter Gigi dan Tunjangan

C. Alasan kuat Memilih Jurusan Kesehatan Mental

1. Ilmu Terapan yang Luas

Salah satu alasan kuat yang membuat seseorang tertarik untuk masuk dan memilih jurusan ini kesehatan mental adalah karena menawarkan ilmu terapan yang luas.

Hal ini bisa terjadi karena jurusan kesehatan masyarakat telah membahas banyak bidang. Sehingga kedepan lulusan kesehatan masyarakat mampu bersaing dalam dunia kerja dengan baik.

2. Menawarkan Banyak Kemampuan

Banyaknya disiplin ilmu yang telah dipelajari oleh jurusan kesehatan masyarakat. Maka mahasiswa lulusan dari kesehatan juga mempunyai berbagai kemampuan.

Mulai dari kemampuan public speaking, menyajikan data bentuk grafis, mengolahnya, hingga menginterpretasikan, dan masih banyak yang lainnya.

3. Mempuanyai Jaringan yang Sangat Luas

Lulusan dari jurusan kesehatan masyarakat ini, nantinya bakal memiliki lebih banyak jaringan di lingkungan luar atau lingkup karir.

Hal ini bisa dicapai dengan baik tatkala ia mampu mampu menguasai berbagai macam penawaran mata kuliah yang disajikan dalam jurusan kesehatan masyarakat.

4. Mempunyai Prospek Kerja yang Menjanjikan

Tidak kalah menarik dengan bidang lainnya. Jurusan kesehatan masyarakat juga memiliki prospek kerja yang sangat bagus. Lulusan KESMAS juga bisa dibilang lebih mudah berkarir di berbagai bidang.

Peristiwa tersebut bisa terjadi karena mereka telah mempelajari banyak hal, hingga dalam ranah sosial. Contohnya berkarir di perusahaan, asuransi, hingga di lembaga atau institusi pemerintah.

Baca juga: Gaji Dokter Anak dan Tunjangan

D. Prospek kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

1. Menjadi Staf Keselamatan dan Juga Kesehatan Kerja

Peluang kerja yang perta dari jurusan kesehatan masyarakat yaitu bisa memilih karir di bidang keselamatan dan kesehatan kerja atau K3.

Sebagai salah satu lulusan dari jurusan kesehatan masyarakat yang di menekuni disiplin ilmu kesehatan, maka kamu bisa bekerja menjadi staf keselamatan dan kesehatan kerja di sebuah perusahaan.

Belakangan ini memang banyak sekali perusahaan yang membutuhkan orang yang bekerja di K3, terutama perseroan yang bergerak dalam di bidang konstruksi atau yang tengah menjalankan berbagai proyek-proyek tertentu.

Jangan salah kamu juga bisa berkarir di perusahaan pertambangan, baik emas, batu bara dan lainnya. Dari profesi staf K3 kamu bisa memperoleh gaji sekitar 5 jutaan.

2. Bekerja di Bagian Promosi Kesehatan

Peluang karir bagi lulusan kesehatan masyarakat selanjutnya adalah bisa bekerja sebagai promotor kesehatan di sebuah instansi kesehatan atau perusahaan.

Kamu bisa menjadi penyuluh kesehatan yang bertugas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya pola hidup dan menjaga kesehatan. Pekerjaan mulia ini bisa menghasilkan gaji sekitar 3 jutaan per bulannya.

3. Administrator di Layanan Kesehatan

Bagi kamu yang suka dengan hal administrasi juga bisa menjadi administrator layanan kesehatan. Kamu bisa berkarir di fasilitas kesehatan yang disediakan, contohnya di puskesmas, rumah sakit, klinik, dan tempat lainnya.

Tugas yang harus kamu jalankan anti yaitu memberikan layanan administrasi kepada masyarakat. Gaji yang kamu peroleh per bulannya sekitar 4 jutaan.

4. Dosen

Bila kamu termasuk orang yang suka mengajar terkait bidang kesehatan mental, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi dosen.

Agar bisa menjadi dosen, maka and perlu untuk melanjutkan pendidikan minimal di jenjang S2, atau lebih tinggi dari jenjang pendidikan yang telah kamu emban sekarang

Sebagai seorang tenaga pendidik atau dosen, maka kamu harus bisa mendapat contoh yang baik bagi mahasiswa. Kemudian untuk gaji yang akan kamu peroleh nanti yaitu mulai dari 5 juta rupiah.

Dimana gaji tersebut belum termasuk dengan berbagai tunjangan lainnya. namun umumnya itu akan tergantung pada masing-masing instansi.

5. Staf Gizi Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja selanjutnya yang akan kamu dapatkan jika menjadi salah satu lulusan kesehatan masyarakat yaitu menjadi seorang staf gizi kesehatan masyarakat.

Dengan bekal Ilmu yang telah kamu peroleh dari studi S1 kesehatan masyarakat, maka bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas gizi.

Menjadi staf gizi kesehatan masyarakat umumnya akan ditempatkan pada wilayah yang membutuhkan. Misalnya di balai desa, puskesmas, rumah sakit, klinik, maupun pos pelayanan terpadu.

Umumnya gaji yang kamu peroleh dengan menjadi staf gizi kesehatan masyarakat kurang lebih sekitar 4 jutaan.

6.  Bekerja di Rumah Sakit atau Puskesmas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat pastinya juga sangat dibutuhkan di pelayanan kesehatan. Misalnya pos pelayanan terpadu, puskesmas, klinik, dan juga rumah sakit.

Kamu dapat menempati bagian administrasi maupun bagian lainnya sesuai dengan skill yang dimiliki. Dimana untuk gaji yang diperoleh sekitar nanti sekitar 4 juta per bulan.

Baca juga: Prospek Karir Lulusan IPA dan IPS

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasan diatas adalah bahwa jurusan kesehatan mental merupakan salah satu lingkup dimana dalam pendidikannya juga melibatkan berbagai ilmu, mulai dari kesehatan hingga sosial.

Prospek kerja jurusan ini diantaranya adalah menjadi staf K3, sebagai promosi kesehatan, dosen, staf gizi, admin kesehatan, hingga bekerja di RS atau puskesmas.

Sekian artikel berjudul Prospek kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!