Cara Daftar Staff Bandara dan Tugasnya

Cara Daftar Staff Bandara dan Tugasnya ? Bekerja di penerbangan menawarkan Gaji yang menarik. Banyak kelompok mencoba menjadi bagian dari tugas ini.

Cara Daftar Staff Bandara dan Tugasnya

Selain pilot dan pramugari, bidang tanggung jawab ini juga mencakup tugas-tugas lain, termasuk penugasan lapangan terbang. Bagi yang masih ragu dengan pekerjaannya, berikut uraian tugas dari staff bandara, antara lain:

A. Tugas Staff Bandara

Ground Crew adalah karir di dunia penerbangan yang dikenal sebagai pramugari darat. Staf pasasi bekerja di bandara dan menangani semua aktivitas yang berlangsung di bandara dari saat sebelum keberangkatan hingga kedatangan.

Ada juga banyak tugas dari staff bandara. Untuk memperjelas, berikut adalah beberapa pekerjaan dari pass bandara.

1. Ticketing Staff

Pada bagian ini, pekerjaan staff bandara berkaitan dengan masalah tiket dengan calon penumpang. Pada bagian berikut, calon penumpang membeli tiket untuk keberangkatan mereka. Anda juga dapat mengembalikan tiket jika perlu.

2. Check In Counter

Setelah itu, Check In Counter bekerja sama dengan penumpang yang ingin menyampaikan laporan penerbangan. Petugas mengecek tiket penumpang dan mencocokkannya dengan identitasnya. Check In Counter kemudian akan mencetak boarding pass.

Boarding pass berisi informasi seperti nama penumpang, agenda, nomor kursi, ruangan boarding, kode tiket dan rute penerbangan. Selain itu, Check In Counter juga melakukan penimbangan barang dan memberikan label pada bagasi.

Kemudian petugas akan memasukkan detail tersebut dan memastikan tidak tergantikan oleh penumpang lain.

3. Boarding Gate Staff

Petugas bandara ini bekerja di depan pintu gerbang untuk mengecek kembali data penumpang. Petugas di boarding gate memeriksa kembali boarding pass penumpang dan membandingkannya dengan identitasnya.

Petugas ini juga ingin memastikan tidak ada penumpang yang tertinggal. Pada bagian ini petugas menyobek boarding pass penumpang sebagai tanda bahwa penumpang telah naik ke pesawat.

4. Transfer Desk

Salah satu tugas dari staff bandara adalah membantu penumpang dalam transit. Pekerjaan berikut dilakukan dari sisi Transfer Desk. Pada bagian ini, petugas transit bertanggung jawab terhadap penumpang dan barang bawaannya yang ingin melakukan transit.

5. Lost and Found

Staff bandara ini akan berjaga-jaga di pintu keluar dan nantinya akan mengecek dan mencocokkan nomor tersebut dengan bagasi. Jika barang tersebut hilang, tertukar atau sebaliknya, penumpang dapat melaporkan hal ini di bagian ini.

Petugas kemudian membantu penumpang menemukan barang bawaan mereka. Selain juga melacak asal keberangkatannya agar jika barang tertinggal bisa dikirim di penerbangan selanjutnya.

6. Customer Relation Officer

Customer Relation Officer mempunyai tugas untuk menjalin hubungan baik dengan semua penumpang. Sisi berperan penting dalam membangun hubungan antara perusahaan dengan penumpang sehingga penumpang menjadi langganan perusahaan.

Juga petugas ini juga akan berhubungan dengan penumpang dengan status CIP, VIP dan VVIP.

7. Service

Tugas staff bandara dari service adalah yang memberikan pelayanan khusus kepada penumpang.

Petugas di bagian ini yang akan bertanggung jawab memberikan pelayanan tambahan kepada penumpang yang membutuhkan pelayanan.

Pelayanan yang diberikan tidak hanya ditujukan kepada penumpang berkebutuhan khusus. Tapi orang sakit dan anak-anak diberikan dari bandara ke pesawat.

Baca juga: Gaji Pramugari Pesawat dan Tunjangan

B. Syarat Masuk Sekolah Staff Penerbangan

Cara Daftar Staff Bandara dan Tugasnya

Yang dimaksud dengan ground handling adalah personel penerbangan atau dalam dunia penerbangan, yaitu pegawai atau staff bandara penerbangan yang bekerja di bidang jasa ground handling bagi penumpang pesawat baik sebelum lepas landas maupun setelah mendarat.

Memang tidak terbang seperti pramugari, tetapi mendukung kelancaran manajemen penumpang di darat.

1. Persyaratan Masuk untuk Sekolah Staff Penerbangan

Untuk persyaratan penerimaan sekolah staf penerbangan, salah satunya adalah:

  • Minimal lulusan SMA/SMK/sederajat
  • Tinggi badan minimal untuk wanita adalah 157 cm dan untuk pria minimal 165 cm
  • Tidak buta warna
  • Tidak ada hepatitis
  • Usia 18-23 tahun
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Belum menikah

2. Berkas Pendaftaran dan Cara Pendaftaran

Dan untuk berkas yang perlu dilengkapi untuk pendaftaran, antara lain:

  • Foto berwarna berukuran 4 x 6
  • Foto seluruh badan dengan pakaian bebas dan rapi
  • Surat keterangan kesehatan dari dokter atau puskesmas
  • Fotokopi transkrip nilai

Baca juga: Cara Daftar Staff Bandara dan Tugasnya

Kesimpulan

Salah satu kekuatan daya tarik yang bekerja di dunia penerbangan adalah gaji yang dijajakan dalam karir ini. Standar gaji posisi ini di Indonesia sekitar 2 – 5 juta/bulan.

Gaji adalah gaji pokok saja, tidak termasuk upah lembur, tunajngan posisi, insentif absensi , dan tip dari penumpang.

Sekian artikel dari Cara Daftar Staff Bandara dan Tugasnya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!