Pekerjaan, Gaji, Dan Tugas Wartawan

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, Dan Tugas Wartawan? Wartawan adalah pilihan karir yang baik bagi lulusan ilmu komunikasi. Pengetahuan yang diperoleh di universitas tentang terutama keterampilan menulis di media massa, akan sangat membantu dalam berpartisipasi sebagai reporter atau editor.

Pekerjaan, Gaji, Dan Tugas Wartawan

Untuk lebih lanjutnya, yuk simak uraian tentang pekerjaan, gaji, dan tugas wartawan

A. Deskripsi Wartawan

Wartawan atau jurnalis adalah sebutan bagi orang yang secara rutin melakukan kegiatan jurnalistik seperti menulis, menganalisis, dan melaporkan kepada publik melalui media massa.

Kegiatan jurnalistik dilakukan di berbagai media massa seperti surat kabar, majalah, radio, televisi dan media online. Wartawan dianggap sebagai suara yang mewakili berbagai peristiwa yang terjadi

Profesi jurnalis sangat sulit dan penting. Beberapa pakar kebijakan mengklaim bahwa jurnalis adalah kekuatan keempat di negara ini setelah sektor legislatif, yudikatif, dan eksekutif.

Jika pendapat ini tidak dilebih-lebihkan, pada kenyataannya jurnalis dapat menciptakan atau membentuk opini publik dan menggerakkan kekuatan yang sangat besar.

B. Tujuan Pekerjaan Wartawan

Tujuan dari pekerjaan ini yaitu menggali dan mendapatkan informasi dengan mengumpulkan berbagai barang bukti atau fakta.

Fakta tersebut dapat ditemukan melalui wawancara dengan menemukan sumber yang dapat dipercaya agar informasi tersebut bersifat akurat. Wartawan sebenarnya bisa saja melakukan wawancara dengan siapapun yang ditemui di jalan.

C. Tugas Seorang Wartawan

1. Sense Maker

Seorang pekerja ini perlu mengetahui dan menggali lebih dalam tentang informasi atau berita yang beredar dan menentukan apakah informasi tersebut dapat diterima oleh akal sehat atau tidak.

Untuk itu, proses pekerjaan ini membutuhkan proses atau tahapan yang cukup lama untuk sampai akhirnya dapat disampaikan ke masyarakat

2. Investigator

Investigator merupakan Seseorang yang menyelidiki masalah yang membingungkan atau kriminal. Untuk itu, tugas seorang wartawan adalah membantu masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap kekuasaan yang berdiri pada suatu wilayah dan membongkar segala bentuk kejahatan yang ada

3. Authenticator

Maksud dari seorang authenticator adalah wartawan harus mampu membedakan informasi yang memang benar sesuai fakta dan mana informasi yang tidak sesuai dengan fakta.

Untuk itu, seorang wartawan perlu melakukan analisis informasi yang didapatkan agar memperoleh berita yang benar-benar berkualitas dan teruji kebenarannya

4. Empowerer

Untuk memperoleh data yang valid, seorang wartawan perlu melakukan pemberdayaan dengan masyarakat agar dapat melakukan komunikasi secara terus menerus.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memperoleh informasi yang lengkap dan detail. Sehingga kualitas berita yang akan disampaikan akan maksimal

5. Witness Bearer

Sebelum melaporkan atau menyiarkan suatu berita, seorang pegawai dalam pekerjaan ini perlu melakukan pengkajian terkait kejadian dengan cara terjun ke lokasi target berita dan kemudian memantau kejadian.

Dalam melakukan tugas ini, wartawan dapat bekerjasama dengan seorang reporter dalam mengumpulkan data

6. Smart Aggregator

Seorang jurnalis perlu memiliki tingkat kecerdasan yang baik. Karena ketika melakukan pekerjaan ini, diperlukan kecerdasan dalam menyaring informasi dan mencari sumber terpercaya yang memang benar-benar dapat dikabulkan.

Laporan yang disampaikan harus berupa karya atau berita yang memberikan pencerahan bukan memperkeruh keadaan

7. Role Model

Selain berfokus kepada kualitas karya atau berita yang disampaikan, seorang wartawan juga perlu memperhatikan sikap dan perilaku yang ditampilkan.

Pasalnya, pekerjaan ini membuat kamu harus tampil di ranah publik. Untuk itu perhatikanlah bagaimana kamu bersikap dan berpenampilan di hadapan masyarakat umum

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi, dan Tugas Dosen

D. Kode Etik Wartawan

Tidak asal-asalan, seorang wartawan memiliki suatu aturan atau yang disebut sebagai kode etik profesi. Diantaranya, Wartawan Indonesia harus mampu memberikan informasi yang akurat, tidak didasarkan pada niat yang kurang baik, dan berimbang. Berikutnya, proses pekerjaan harus dilaksanakan dengan cara yang profesional.

Pekerja profesi ini perlu melakukan uji terhadap informasi yang diperoleh dengan tidak mencampurkan antara fakta dan pemikiran pribadi atau pun menghakimi salah satu pihak.

Sangat dilarang keras untuk memalsukan berita, dan menyebarkan fitnah. Dalam menyampaikan suatu berita, tidak dianjurkan menyebut identitas asli dari korban kejahatan

Pekerja tidak diperbolehkan menerima suap atau bermain-main dengan profesi yang dipegang. Ketika memperoleh suatu berita yang bertolak belakang dengan kode etik, pekerja memiliki hak untuk melakukan sebuah penolakan.

Berita yang disampaikan tidak boleh menyinggung atau mengadu domba antar ras, suku dan agama.

Apabila terjadi kekeliruan dalam penyampaian suatu berita, maka secara tanggap harus segera melakukan pencabutan atau penarikan informasi yang telah disebar.

Seorang wartawan juga memiliki sebuah hak untuk jawab dan melakukan koreksi secara profesional. Selain itu, diperlukan juga rasa saling hormat menghormati terhadap narasumber pribadi

E. Jenis Wartawan

Terdapat 3 jenis wartawan yang ditemukan yaitu wartawan kantor berita, profesional dan juga freelance. Untuk wartawan kantor berita merupakan pekerja yang telah ikut dalam suatu agency dengan tugas mencari berita yang sesuai dengan kebutuhan. Berita akan disalurkan atau dijual pada suatu penerbit yang memang membutuhkan

Untuk wartawan profesional menjadikan pekerjaan ini sebagai sesuatu profesi yang harus dilakukan setiap hari dan merupakan suatu pekerjaan utama.

Sedangkan freelance tidak terikat pada satu topik berita saja. Jenis ini dapat dianggap sebagai wartawan profesional dan juga kantor berita. Karyanya dapat disalurkan ke berbagai media.

F. Pengetahuan yang diperlukan

Pekerjaan, Gaji, Dan Tugas Wartawan

Pengetahuan yang diperlukan yaitu yang berkaitan dengan komunikasi, media dan bahasa. Pekerjaan ini menuntut kamu untuk memiliki pengetahuan tentang komunikasi, media produksi, teknologi dan metode diseminasi.

Meliputi berbagai cara alternatif yang bisa dilakukan untuk menyampaikan suatu berita lisan, tertulis, secara menarik

Selain itu, diperlukan juga kemampuan berbahasa asing. Kemampuan ini sangat dibutuhkan karena tak jarang seorang wartawan harus meliput suatu berita yang berkaitan dengan dunia internasional.

Sehingga dituntut untuk bisa menyampaikan dalam bentuk lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa asing

G. Keterampilan yang perlu dikuasai

Seseorang dengan pekerjaan ini perlu memperhatikan dengan baik apa yang dikatakan oleh lawan bicara. Selain itu, perlu juga untuk menangkap poin-poin yang telah disampaikan oleh pembicara.

Kamu dapat mengajukan sebuah pertanyaan dalam waktu yang tepat dan jangan sampai memotong pembicaraan lawan bicara.

Kamu perlu menggunakan penalaran dan juga logika untuk menanggapi atau menilai kuat lemahnya kesimpulan, solusi alternatif, dan pendekatan yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah.

Sebelum mempublikasi suatu karya, kamu perlu mengkaji ulang apakah berita tersebut sudah sesuai dengan aturan dan mudah dipahami oleh masyarakat

Kamu juga harus peka terhadap reaksi yang dimunculkan oleh orang lain. Kira-kira apa yang membuat seseorang mengeluarkan reaksi seperti itu.

Untuk memudahkan pemahaman orang awam, kamu juga perlu memperhatikan penggunaan bahasa yang digunakan agar mudah dipahami. Kemudian perlu juga kemampuan berimajinasi untuk menciptakan ide yang orisinil

Baca juga: Pekerjaan, Gaji Dan Tugas Voice Over Talent

H. Gaji seorang Wartawan

Dalam melakukan sebuah pekerjaan ini, umumnya wartawan akan memperoleh gaji mulai dari Rp 3,7 juta sampai dengan Rp 6,5 juta setiap bulannya. itu diluar insentif yaa..

Pemberian gaji disesuaikan dengan tempat seseorang bekerja. Jika melamar pada sebuah perusahan besar dan ternama pastinya pekerjaan, gaji, dan tugas Wartartawan yang didapatkan akan memiliki kesetaraan yang baik

Informasi diatas sangat bagus untuk kamu yang ingin terjun di dunia profesi satu ini. Pelajari dan pahami segala hal yang dibutuhkan untuk bisa menjadi bagian dari pekerjaan.

Berlatihlah sedini mungkin untuk meningkatkan peluang kamu bisa bergabung dalam sebuah perusahaan atau agency yang memerlukan pegawai Wartawan

Sekian artikel mengenai Pekerjaan, Gaji, Dan Tugas Wartawan, semoga bermanfaat

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!