Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Telemarketing

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Telemarketing? Dunia marketing atau pemasaran saat ini sangat beragam terutama di dunia digital atau online.

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Telemarketing

Dengan semakin meluasnya dunia pemasaran, terdapat bidang jasa pemasaran digital yang sangat populer yaitu telemarketing. Yuk simak pembahasan tentang pekerjaan, gaji, dan tugas telemarketing secara lengkap

A. Deskripsi Pekerjaan

Telemarketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan pengiriman produk dan layanan kepada pelanggan melalui telepon.

Telemarketing masih digunakan oleh perusahaan besar untuk mempromosikan produk dan layanan mereka kepada pelanggan mereka melalui telepon. Orang yang mengikuti strategi ini biasanya disebut telemarketer.

Cara ini telah digunakan sejak lama dan masih digunakan oleh banyak perusahaan hingga saat ini. Produk-produk ini disediakan oleh telemarketer.

Telemarketer perlu berbicara secara efektif untuk mempromosikan produk, dan juga membuat pelanggan tertarik dan ingin mendapatkan produk yang telah ditawarkan

Meskipun pekerjaannya terlihat mudah, telemarketer memiliki tujuan dan tanggungjawab agar pelanggan berlangganan setiap bulannya.

Dalam merekrut telemarketer, perusahaan juga tidak sembarangan. Perusahaan membutuhkan telemarketer dengan keterampilan komunikasi dan pengetahuan pemasaran yang baik.

B. Tugas yang diberikan

1. Menginformasikan Produk

Untuk meningkatkan potensi pelanggan tertarik dengan produk perusahaan, telemarketer perlu pkamui dalam memberikan pemahaman dan mengambil hati calon pelanggan.

Hal ini sangat penting karena akan sangat mempengaruhi minat konsumen untuk membeli sebuah produk. Kamu perlu memahami dengan baik tentang produk yang ditawarkan

Pemahaman yang harus dikuasai umumnya terkait jenis produk, manfaat, dan harga yang perlu dikeluarkan. Telemarketer juga harus pkamui menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh para konsumen.

Memberikan penjelasan perlu dilakukan secara ringkas dan mudah dipahami serta mendorong calon pelanggan untuk membeli produk

2. Mengumpulkan Informasi

Agar dapat menyampaikan segala fitur produk, seorang telemarketer perlu memahami kelemahan dan kelebihan produk dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak mungkin.

Informasi yang dikumpulkan tidak hanya yang berkaitan dengan produk saja, pekerjaan ini juga menuntut kamu untuk memahami tentang calon pelanggan. Pengumpulan informasi ini akan membantu kamu menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan dengan benar.

Sedangkan pemahaman tentang pelanggan, dapat membantu kamu untuk bisa memahami karakter dari calon pembeli. Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan strategi penyampaian yang sesuai dengan kondisi calon pelanggan.

Pemilihan bahasa dan gestur penyampaian sangat diperlukan dalam memberikan kenyaman pada konsumen

3. Melakukan Follow Up

Follow up ini perlu dilakukan secara maksimal untuk memastikan kembali bahwa pelanggan memiliki ketertarikan dengan produk suatu perusahaan.

Telemarketer perlu menghubungi pelanggan sekaligus melakukan promosi. Dalam tindak lanjut ini, pelanggan akan ditanya lagi tentang keinginan mereka untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan sebelumnya.

Tindak lanjut ini sangat penting dilakukan karena pelanggan biasanya perlu waktu untuk berpikir tentang produk yang akan dibeli.

Sehingga, seorang telemarketer perlu memberikan kesempatan untuk calon pelanggan berpikir. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan hubungan komunikasi dan meningkatkan potensi terjadinya transaksi jangka panjang

4. Menerima Feedback

Tentu saja, pelanggan menyampaikan kritik dan saran tentang produk. Telemarketer memainkan peran penting dalam melakukan ini dengan baik.

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh bisnis dari metode pemasaran ini. untuk itu, perusahan harus menyiapkan strategi dan pelatihan untuk para telemarketer.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, fungsi dan Tugas Staff Logistik

C. Pengetahuan dan Kemampuan yang harus dimiliki

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Telemarketing

1. Paham tentang Pemasaran dan Manajemen Marketing

Tugas utama telemarketer adalah menyediakan dan menawarkan produk kepada pelanggan potensial. Oleh karena itu, Kamu menjadi seseorang yang memiliki pengetahuan tentang pemasaran dan manajemen pemasaran.

Ini adalah pilihan karir yang baik untuk lulusan ekonomi dan administrasi bisnis.

2. Skill Komunikasi

Telemarketer perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik selain pengetahuan pemasaran. Dalam praktik kerjanya, telemarketer harus mampu menjalin komunikasi dua arah yang efektif.

Selain itu, telemarketer menawarkan produk melalui telepon daripada tatap muka. Kemampuan komunikasi ini juga dapat mempengaruhi kenyaman dari pelanggan

3. Kemampuan Persuasi

Telemarketer juga perlu memiliki keterampilan yang persuasi. Keterampilan ini terdiri dari mengambil tindakan atau membujuk orang lain untuk menyetujui gagasan tersebut.

Keterampilan ini sangat penting untuk telemarketing karena tujuan telemarketing adalah untuk mendapatkan pelanggan baru.

4. Kemampuan Negosiasi

Telemarketing juga membutuhkan keterampilan tawar-menawar. Negosiasi bukan berarti telemarketer harus mengalah pada keinginan pelanggan, melainkan dengan menempatkan dirinya sebagai pelanggan.

Misalnya dengan mendengarkan calon pelanggan sebelum memulai negosiasi. Tidak semua orang memiliki keterampilan ini, itulah pentingnya selektif mempekerjakan telemarketer.

5. Multi Tasking

Seorang telemarketing perlu memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas banyak dalam satu waktu. Hal tersebut karena tugas telemarketer tidak hanya melakukan promosi, tetapi juga membuat catatan dalam pekerjaan yang dilakukan setiap harinya.

Selain itu, pekerjaan ini meminta kamu untuk selalu rutin memeriksa email dan melakukan panggilan secara bersamaan

6. Kemampuan Berbahasa Asing

Kemampuan ini akan sangat dibutuhkan jika kamu bekerja ditempat perusahan yang menawarkan produk secara global.

Ketika pemasaran dilakukan secara global, pastinya kamu harus memahami cara promosi menggunakan bahasa asing. Minimal kamu harus menguasai bahasa inggris baik dalam bentuk tulisan maupun lisan

7. Kemampuan Listening

Selain memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, kamu juga perlu menguasai kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik.

Pastikan bahwa kamu dapat dengan mudah memahami apapun yang disampaikan oleh konsumen. Terutama ketika pelanggan mengeluh atau menceritakan tentang produk yang dipromosikan

8. Kemampuan Problem Solving

Kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga atau menaikan loyalitas perusahaan terhadap pelanggan. Seorang telemarketing perlu dengan cepat dan tanggap mencarikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan atau kendala yang dialami oleh pelanggan terkait produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Business Development

D. Gaji dan Jenjang Karir Telemarketer

1. Telemarketer Junior

Telemarketer Junior ditujukan bagi kamu yang baru saja terjun dalam dunia karir telemarketing. Karena masih minim pengalaman yang dimiliki, seorang telemarketing junior memiliki penghasilan mulai dari Rp 2 Juta sesuai dengan job description yang diberikan dan juga perusahan yang ditempati

2. Telemarketer Senior

Posisi ini ditempati bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 3 tahun dan telah menempati beberapa perusahaan.

Telemarketer senior bisa dianggap juga sebagai seorang supervisor. Penghasilan yang diberikan kepada seorang telemarketing senior berada pada kisaran Rp 3,5 juta sampai dengan Rp 4,5 Juta

3. Manajer Telemarketer

Jenjang tertinggi yang bisa diperoleh yaitu menjadi manajer telemarketing. Pekerjaan, gaji, dan tugas telemarketing ini cukup ringan dan menjanjikan.

Pasalnya ketika kamu menduduki posisi ini, kamu tidak perlu melakukan pemasaran kepada pelanggan melalui media telepon lagi. Tugas yang dilakukan hanyalah memantau pekerjaan telemarketer junior dan Senior.

Jika kamu tertarik dengan pekerjaan ini, bisa langsung coba mencari lowongan kerja di perusahaan yang diinginkan. Sebelum mendaftar, pastikan kamu telah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.

Termasuk persiapan berkas dan juga pengetahuan. Tidak menutup kemungkinan kamu akan langsung di interview ketika mengajukan lamaran

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!