Gaji Pilot Garuda Indonesia dan Tunjangan

Berapa Gaji Pilot Garuda Indonesia dan Tunjangan? Mengemudi pesawat adalah spesialisasi pilot. Seorang pilot memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengendalikan pesawat sesuai dengan konsep penerbangan.

Gaji Pilot Garuda Indonesia dan Tunjangan

Hal ini mempengaruhi tingkat gaji. Salah satu maskapai penerbangan terpopuler di Indonesia adalah Garuda. Jadi jangan bingung, banyak yang ingin tahu gaji pilot Garuda. Karena karir sebagai pilot cukup menjanjikan.

Karier yang berbeda menciptakan nilai gaji yang berbeda. Tentu saja, maskapai komersial menerima gaji tertinggi dibandingkan dengan yang lain.

Contoh maskapai komersial dengan gaji yang sangat tinggi adalah Garuda Indonesia. Lalu berapa nominal gaji pilot Garuda Indonesia? Berikut penjelasannya:

A. Faktor yang Mempengaruhi Gaji Pilot Garuda

Kelayakan berkarir sebagai pilot maskapai komersial bergaji tinggi tentu saja didorong oleh faktor-faktor. Ada negosiasi kontrak dasar yang menentukan jumlah gaji yang akan diterima pilot.

Faktor-faktor berikut mempengaruhi jumlah gaji pilot yang begitu tinggi, yaitu:

1. Ukuran pesawat

Seorang ahli di industri penerbangan menjelaskan bahwa seorang pilot menerima gaji yang tinggi tergantung pada ukuran pesawat.

Pilot yang berhasil membawa atau menerbangkan pesawat yang semakin besar dengan ukuran besar dan dipenuhi banyak penumpang tentu saja dibayar semakin banyak.

2. Jenis Maskapai

Faktor kedua tergantung pada maskapai yang menjadi tempat kerja pilot. Salah satu maskapai kelas atas di Indonesia adalah Garuda Indonesia.

Maskapai Garuda menawarkan gaji pokok minimal sekitar Rp 15.000.000 – Rp 50.000.000 untuk pilot setiap bulannya.

Proyeksi gaji pilot senior tentu saja bisa lebih tinggi dari gaji pokok junior.

3. Faktor pengalaman

Pengalaman atau jam terbang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingginya gaji pilot Garuda Indonesia.

Semakin banyak pengalaman dan jam terbang seorang pilot, semakin tinggi gajinya. Jam terbang seorang pilot biasanya banyak dimiliki oleh beberapa pilot senior.

4. Faktor posisi atau pangkat

Ternyata, faktor yang mempengaruhi gaji pilot pesawat tergantung pada status atau posisinya sebagai pilot. Jabatan atau pangkat terendah tentunya memiliki gaji yang rendah.

Pilot dengan posisi tertinggi (kapten) harus menerima gaji yang lebih tinggi. Faktor peringkat berkaitan dengan pengalaman atau jam terbang seorang pilot maskapai penerbangan.

B. Gaji Pilot Garuda Indonesia Berdasarkan Pangkat

Gaji Pilot Garuda Indonesia dan Tunjangan

Pilot pesawat tidak pergi sendiri. Ada banyak jenis pilot yang bekerja mengendalikan kemudi pesawat terbang. Jabatan atau pangkat pilot salah satunya: cadet, second officer, first officer, captain, dan flight engineer.

Pangkat-pangkat pilot memiliki gaji yang berbeda. Itu semua tergantung pada tugas atau tanggung jawab masing-masing individu.

1. Cadet Pilot

Rp 15.000.000 per bulan

Pilot terdiri dari beberapa job berdasarkan pangkatnya masing-masing. Kadet pilot sebagai co-pilot adalah pilot yang baru saja lulus dari sekolah penerbangannya.

Co-pilot memiliki tanda 1 garis di bahunya sebagai tanda pangkatnya. Kisaran gaji untuk seorang kadet pilot paling rendah dibandingkan dengan pangkat lain yang lebih tinggi.

Co-pilot Cadet pilot maskapai komersil seperti Garuda Indonesia digaji sekitar Rp 15.000.000 per bulan.

2. Second Officer

Rp 18.000.000 per bulan

Apa itu pilot Second Officer? masih masuk ke dalam Co-pilot, tetapi pangkatnya lebih tinggi daripada Cadet pilot.

Second Officer adalah co-pilot yang memiliki jam terbang lebih banyak di maskapai dan telah bekerja total sekitar 150 jam terbang. Co-pilot maskapai komersil seperti Garuda Indonesia digaji sekitar Rp 18.000.000 per bulan.

3. First Officer

Rp 35.000.000/Bulan

Co-pilot selanjutnya ada First Officer. First Officer ini memiliki tiga garis yang sama persis dengan warna Captain.

Gaji first officer maskapai pesawat Garuda Indonesia sekitar Rp 35.000.000/Bulan. Tidak bisa dipungkiri bahwa gaji dihitung berbeda ketika senior atau junior.

4. Captain

Rp 50.000.000 setiap bulan

Ketika co-pilot First Officer memiliki tiga garis yang menunjukkan pangkatnya, seorang kapten berada beberapa langkah di depan.

Kapten memiliki status tertinggi di posisi pilot pesawat. Garis peringkat yang dimiliki kapten pilot adalah empat garis emas.

Gaji kapten ini benar-benar menarik yaitu sekitar Rp 50.000.000 setiap bulan.

5. Flight Engineer

Rp 35.000.000/Bulan

Kapten Pilot memiliki pangkat tertinggi, tetapi Flight Engineer adalah pangkat khusus untuk pilot awak pesawat komersial. FE atau Flight Engineer memiliki tiga garis di bahunya yang menunjukkan peringkat, dilengkapi dengan garis berbayang ungu.

Status FE berada di belakang Captain dan First Officer yang mengelola beberapa tombol penting dalam mekanik pesawat.

Gaji Flight Engineer ini benar-benar menarik yaitu sekitar Rp 35.000.000 setiap bulan.

Catatan: informasi diatas diambil dari beberapa sumber, bisa saja tidak terdapat kesamaan nominal dengan dilapangan karena beberapa faktor, salah satunya adalah dampak pandemi Covid-19.

Menurut beberapa sumber pemotongan gaji saat pandemi bisa mencapai 50%

Baca juga: Gaji Pilot dan Tunjangan

C. Bisakah Gaji Pilot Garuda Indonesia Turun?

Karena jumlah gaji pokok dan bonus yang diterima pilot cukup tinggi, tak dapat disangkal bahwa pilot mengalami pemotongan gaji.

Bukan tidak mungkin, gaji yang diperoleh pilot berasal dari nilai komersial sebuah perusahaan. Setiap maskapai penerbangan harus mengambil pemotongan gaji jika menemukan:

1. Kerugian bisnis

Banyak pemicu perusahaan pesawat mengalami kerugian atau kebangkrutan. Hal ini tentunya berdampak pada pendapatan perusahaan. Jika pendapatan perusahaan turun, ada risiko gaji pilot untuk awak pesawat berkurang.

2. Aturan baru

Gaji pilot juga bisa turun karena peraturan baru. Contoh regulasi baru adalah pembatasan jam kerja pilot. Setiap pilot memiliki gaji yang dihitung untuk setiap jam kerja dengan kategorisasi per jam kerja. Langkah ini efektif dalam mengelola keuangan maskapai.

D. Tunjangan Pilot Garuda Indonesia

Selain mendapatkan gaji, Pilot juga mendapatkan tunjangan, bonus dan fasilitas lainnya. Berikut ini adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bergabung dengan perusahaan ini. Diantara yang lain:

  1. Tunjangan Kesehatan dan Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan)
  2. THR
  3. Hak Cuti Karyawan
  4. Lost of flying licence
  5. Asuransi personal
  6. Iuran pensiun
  7. Penghargaan masa kerja
  8. Dll

Tunjangan setiap pilot bisa berbeda karena mengikuti pangkat atau posisi.

Baca juga: Gaji Pramugari Pesawat dan Tunjangan

Kesimpulan

Gaji pilot Garuda Indonesia adalah nilai tertinggi di antara perusahaan penerbangan lainnya. Prediksi nominal gaji pilot pada pembahasan di atas akan berbeda-beda dari waktu ke waktu. Semoga pembahasan di atas bermanfaat untuk rekomendasi cepat.

Sekian artikel mengenai Gaji Pilot Garuda Indonesia dan Tunjangan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!