Gaji Pilot Citilink dan Tunjangan

Berapa Gaji Pilot Citilink dan Tunjangan? Ada banyak impian menjadi pilot bagi anak-anak di Indonesia. Selain bisa melakukan perjalanan, seorang pilot mendapatkan gaji yang sangat tinggi.

Gaji Pilot Citilink dan Tunjangan

Salah satu maskapai yang membayar pilot dengan angka fenomenal adalah Citilink. Gaji pilot Citilink bisa mencapai tujuh juta atau puluhan juta. Berikut informasi mengenai Perusahaan Citilink dan gaji beberapa pilot dan crew:

A. Tentang Maskapai Citilink

Maskapai yang banyak digunakan masyarakat Indonesia ini sebelumnya merupakan anak perusahaan maskapai Garuda Indonesia pada tahun 2001.

Pada tahun 2012 menjadi perusahaan independen dan terpisah dari Garuda Indonesia. Kapal ini tidak hanya melayani rute domestik, namun beberapa rute internasional juga disiapkan.

Rute internasional yang disiapkan adalah Jeddah, Timor Leste, China, Malaysia, dan Australia. Dan rute domestik telah mencakup berbagai kota dan wilayah di Indonesia seperti Lombok, Batam, Jayapura, Gorontalo dan lain-lain.

Banyak penghargaan telah diterima dari maskapi ini. Jadi jangan khawatir dengan kualitas pesawat Citilink.

Maskapai ini juga dikenal sebagai maskapai yang murah, namun kualitasnya sangat bagus dan tidak kalah bersaing dengan maskapai lainnya.

Ini karena misi maskapai ini seperti itu. Sudah umum bagi banyak orang Indonesia untuk menggunakan maskapai ini.

B. Faktor yang Mempengaruhi Gaji Pilot Citilink

Kelayakan berkarir sebagai pilot maskapai komersial bergaji tinggi tentu saja didorong oleh faktor-faktor. Ada negosiasi kontrak dasar yang menentukan jumlah gaji yang akan diterima pilot.

Faktor-faktor berikut mempengaruhi jumlah gaji pilot yang begitu tinggi, yaitu:

1. Ukuran pesawat

Seorang ahli di industri penerbangan menjelaskan bahwa seorang pilot menerima gaji yang tinggi tergantung pada ukuran pesawat.

Pilot yang berhasil membawa atau menerbangkan pesawat yang semakin besar dengan ukuran besar dan dipenuhi banyak penumpang tentu saja dibayar semakin banyak.

2. Jenis Maskapai

Faktor kedua tergantung pada maskapai yang menjadi tempat kerja pilot. Salah satu maskapai kelas atas di Indonesia adalah Citilink Indonesia.

Maskapai Citilink menawarkan gaji pokok minimal sekitar Rp 12.000.000 – Rp 40.000.000 untuk pilot setiap bulannya.

Proyeksi gaji pilot senior tentu saja bisa lebih tinggi dari gaji pokok junior.

3. Faktor pengalaman

Pengalaman atau jam terbang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingginya gaji pilot Citilink.

Semakin banyak pengalaman dan jam terbang seorang pilot, semakin tinggi gajinya. Jam terbang seorang pilot biasanya banyak dimiliki oleh beberapa pilot senior.

4. Faktor posisi atau pangkat

Ternyata, faktor yang mempengaruhi gaji pilot pesawat tergantung pada status atau posisinya sebagai pilot. Jabatan atau pangkat terendah tentunya memiliki gaji yang rendah.

Pilot dengan posisi tertinggi (kapten) harus menerima gaji yang lebih tinggi. Faktor peringkat berkaitan dengan pengalaman atau jam terbang seorang pilot maskapai penerbangan.

C. Gaji Pilot Citilink Berdasarkan Pangkat

Gaji Pilot Citilink dan Tunjangan

Pilot pesawat tidak pergi sendiri. Ada banyak jenis pilot yang bekerja mengendalikan kemudi pesawat terbang. Jabatan atau pangkat pilot salah satunya: cadet, second officer, first officer, captain, dan flight engineer.

Pangkat-pangkat pilot memiliki gaji yang berbeda. Itu semua tergantung pada tugas atau tanggung jawab masing-masing individu.

1. Cadet Pilot

Rp 12.000.000 per bulan

Pilot terdiri dari beberapa job berdasarkan pangkatnya masing-masing. Kadet pilot sebagai co-pilot adalah pilot yang baru saja lulus dari sekolah penerbangannya.

Co-pilot memiliki tanda 1 garis di bahunya sebagai tanda pangkatnya. Kisaran gaji untuk seorang kadet pilot paling rendah dibandingkan dengan pangkat lain yang lebih tinggi.

Co-pilot Cadet pilot maskapai komersil seperti Citilink digaji sekitar Rp 12.000.000 per bulan.

2. Second Officer

Rp 15.000.000 per bulan

Apa itu pilot Second Officer? masih masuk ke dalam Co-pilot, tetapi pangkatnya lebih tinggi daripada Cadet pilot.

Second Officer adalah co-pilot yang memiliki jam terbang lebih banyak di maskapai dan telah bekerja total sekitar 150 jam terbang. Co-pilot maskapai komersil seperti Citilink digaji sekitar Rp 15.000.000 per bulan.

3. First Officer

Rp 30.000.000/Bulan

Co-pilot selanjutnya ada First Officer. First Officer ini memiliki tiga garis yang sama persis dengan warna Captain.

Gaji first officer maskapai pesawat Citilink sekitar Rp 30.000.000/Bulan. Tidak bisa dipungkiri bahwa gaji dihitung berbeda ketika senior atau junior.

4. Captain

Rp 40.000.000 setiap bulan

Ketika co-pilot First Officer memiliki tiga garis yang menunjukkan pangkatnya, seorang kapten berada beberapa langkah di depan.

Kapten memiliki status tertinggi di posisi pilot pesawat. Garis peringkat yang dimiliki kapten pilot adalah empat garis emas.

Gaji kapten ini benar-benar menarik yaitu sekitar Rp 40.000.000 setiap bulan.

5. Flight Engineer

Rp 30.000.000/Bulan

Kapten Pilot memiliki pangkat tertinggi, tetapi Flight Engineer adalah pangkat khusus untuk pilot awak pesawat komersial. FE atau Flight Engineer memiliki tiga garis di bahunya yang menunjukkan peringkat, dilengkapi dengan garis berbayang ungu.

Status FE berada di belakang Captain dan First Officer yang mengelola beberapa tombol penting dalam mekanik pesawat.

Gaji Flight Engineer ini benar-benar menarik yaitu sekitar Rp 30.000.000 setiap bulan.

Catatan: informasi diatas diambil dari beberapa sumber, bisa saja tidak terdapat kesamaan nominal dengan dilapangan karena beberapa faktor, salah satunya adalah dampak pandemi Covid-19.

Menurut beberapa sumber pemotongan gaji saat pandemi bisa mencapai 50%

Baca juga: Gaji Pilot dan Tunjangan

D. Tunjangan Pilot Citilink

Selain mendapatkan gaji, Pilot juga mendapatkan tunjangan, bonus dan fasilitas lainnya. Berikut ini adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bergabung dengan perusahaan ini. Diantara yang lain:

  1. Tunjangan Kesehatan dan Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan)
  2. THR
  3. Hak Cuti Karyawan
  4. Lost of flying licence
  5. Asuransi personal
  6. Iuran pensiun
  7. Penghargaan masa kerja
  8. Dll

Tunjangan setiap pilot bisa berbeda karena mengikuti pangkat atau posisi.

Baca juga: Gaji Pramugari Pesawat dan Tunjangan

Kesimpulan

Memang, besarnya gaji membuat iri banyak orang. Tapi gaji tinggi didapatkan karena tanggung jawab yang dipikul berat.

Pilot kapten memiliki peran sebagai pengambil keputusan akhir dalam pengoperasian pesawat. Selain itu, kapten pilot bertanggung jawab atas keselamatan penumpangnya dalam situasi darurat.

Jadi tidak mudah menjadi pilot. Ada pemeriksaan fisik yang harus dilakukan terlebih dahulu. Selain itu, ada sekolah khusus yaitu sekolah penerbangan yang harus diselesaikan.

Biaya sekolah bukan hanya masalah besar. Karena sekolah penerbangan tidak hanya mengasah keterampilan, tetapi juga mengajarkan kepribadian sebagai pilot.

Sekian artikel mengenai Gaji Pilot Citilink dan Tunjangan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!