Pekerjaan, Gaji dan Tugas Security

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Security? Ketika Anda mendengar kata security, Anda tentu berbicara tentang keamanan.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Security

Masalahnya adalah itu salah satu pekerjaan khusus dari posisi karier itu. Padahal kenyataannya masih banyak tugas security yang harus dilakukan oleh petugas keselamatan.

Peran satuan pengamanan (Security) yaitu melindungi lingkungan/tempat kerja dari masalah keselamatan dan menegakkan aturan dan peraturan yang berlaku di lingkungan kerja

A. Pengertian Security/Satpam

Satuan pengamanan atau sering disingkat Satpam adalah satuan jajaran petugas yang dibentuk oleh suatu lembaga/proyek/badan usaha untuk melakukan pengamanan fisik sebagai bagian dari rencana penerapan pengamanan mandiri di lingkungan kerjanya.

Definisi lain menyebutkan bahwa satuan atau penjaga keamanan adalah tim atau barisan yang bekerja untuk melindungi aset dari kejahatan atau kerusakan.

Dari segi makna, security memiliki arti keamanan. Namun, sesuai dengan arti yang dimaknai kali ini, adalah petugas yang bertanggung jawab atas keamanan suatu tempat. Lebih sederhananya, disebut sebagai satpam (layanan pengamanan) di Indonesia.

Pengertian satuan pengaman pada dasarnya terdiri dari dua bagian. Yang pertama adalah sataun, yaitu orang yang bekerja sendirian di pos penjaga.

Yang kedua adalah kelompok yang di dalamnya terdapat beberapa orang, termasuk komandan tim, atau disingkat Danru.

Sedangkan kata “petugas” adalah seseorang yang telah dilatih secara eksklusif. Pelatihan dilakukan secara intensif dan dilakukan oleh pihak yang berwedang, baik instansi maupun kepolisian. Menghasilkan keamanan terbaik dan profesional.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas HRD

B. Tugas dan Tanggung Jawab Security

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Security

Ketika datang ke tugas pekerjaannya, daftarnya cukup panjang. Karena petugas keamanan tidak hanya memastikan lingkungan kerja aman. Ada tugas security lain yang perlu dilakukan. Inilah salah satunya.

  • Melindungi dan melindungi masyarakat sekitar.
  • Jaga agar daerah itu tetap aman.
  • Pastikan semua jalan aman.
  • Menangani saat ada acara.
  • Membuat laporan kerja.
  • Berikan keamanan pada lingkungan.
  • Dan masih ada banyak lagi.

Berikut detail tentang tanggung jawab dan tugas satpam:

1. Tugas Security atau Satpam

  • Pekerjaan dasarnya adalah menjaga ketertiban dan keamanan di sekitar objek keamanan, terutama keamanan fisik yang bersifat protektif.
  • Mengamankan aset, institusi, proyek, bangunan, properti atau lokasi dan melakukan pengawasan peralatan, pengawasan, inspeksi dan rute akses untuk memastikan keamanan dan mencegah kehilangan atau kerusakan yang disengaja.
  • Keamanan Preventif.
  • Kontrol jalan raya dengan mengarahkan pengemudi.
  • Menyelesaikan laporan dengan menulis review, informasi, event dan kegiatan monitoring.
  • Lindungi lingkungan dengan memantau dan kontrol bangunan dan perangkat.
  • Menjaga stabilitas dan rekam jejak organisasi dengan mematuhi persyaratan hukum.
  • Memastikan pengoperasian peralatan dengan persyaratan pemeliharaan preventif; Ikuti perintah, evaluasi peralatan teknik baru.
  • Berkontribusi pada tim untuk mencapai hasil terkait yang diperlukan.
  • Penahanan dan pendeteksian dini terhadap penyusup, kegiatan atau orang yang masuk secara tidak resmi, vandalisme atau penyusup/pelompat pagar di wilayah perusahaan.
  • Catat dan deteksi dini pencurian, kehilangan, penyelewengan atau penyalahgunaan peralatan Perusahaan, mesin, komputer, peralatan, inventaris, uang, obligasi, saham, catatan atau dokumen atau beberapa aset.
  • Memberikan perlindungan (keamanan) terhadap ancaman fisik (orang dan barang sebagai aset perusahaan atau individu)
  • Melaksanakan pengendalian/pengaturan, penataan jalan (orang, kendaraan dan barang) untuk menjamin perlindungan aset perusahaan
  • Melakukan upaya kepatuhan, menegakkan peraturan, dan menerapkan kebijakan perusahaan, kondisi kerja, dan praktik dalam rencana pencegahan kejahatan
  • Pelaporan dan Penanganan awal (TPTKP) atas pelanggaran
  • Melaporkan dan menangani kejadian dan panggilan/permintaan dari personel keamanan, termasuk ide, penempatan dan pemeliharaan sistem sirene/alarm.

2. Tanggung Jawab Security/Satpam

Menjaga lingkungan yang nyaman dan aman bagi pelanggan dan karyawan dengan melakukan patroli, pemantauan, pengendalian dan pengawasan.

3. Peran Security/Satpam

Dalam menjalankan tugasnya sebagai pengembangan fungsi kepolisian terbatas, satpam mempunyai peran:

  • Unsur pembantu bagi pengelolaan organisasi, perusahaan dan/atau otoritas/lembaga, penggunaan tenaga keamanan dalam rangka peningkatan keamanan dan ketertiban di lingkungan/tempat kerja.
  • Unsur-unsur membantu polisi dalam meningkatkan keselamatan dan ketertiban umum, penegakan hukum dan peraturan, dan meningkatkan kesadaran keamanan (safety awareness and security awareness) di lingkungan/lokasi kerjanya.

C. Gaji dan Tunjangan Security

Gaji security umumnya sekitar Rp 3.000.000. Tapi tentu saja nilai nominalnya bukanlah nilai, ingatlah bahwa ada hal berbeda yang dapat membedakannya. Selain itu, karir ini juga memiliki jenjang atau jabatan di dalam unit tersebut.

Selain itu, jika Anda seorang petugas keamanan di sebuah perusahaan yang berbasis di Jakarta, bayarannya berbeda dengan Bandung. Ini karena peraturan negara tentang penetapan gaji. Setiap orang memiliki gaji minimum yang sama sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selanjutnya, faktor jabatan tentu saja mempengaruhi gaji dan status pegawai yang diinginkan. Skala perusahaan juga harus diperhatikan karena bisa menjadi pembeda. Oleh karena itu lebih baik untuk mencari tahu lebih banyak sebelum mendaftar.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee

D. Syarat dan Kualifikasi Security

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Security

Pekerjaan ini memang akrab bagi banyak orang. Bahkan keberadaannya dapat ditemukan di mana saja seperti kantor, institusi, kos-kosan, dll.

Di kantor/lembaga ini biasanya Anda akan menemukannya di depan gerbang, sedangkan di hotel/penginapan Anda akan menemukan satpam ini di dekat resepsionis.

Alasannya cukup sederhana karena keamanan selalu siap jika ada tamu yang mungkin membuat keributan di tempat ini. Untuk bisa bekerja sebagai security kamu membutuhkan keterampilan khusus yang harus kamu miliki, berikut penjelasannya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Salah satu hal yang cukup memberi nilai lebih sebagai calon pelamar adalah pendaftaran di unit pelatihan. Ini menjadi parameter bagi perusahaan atau institusi. Selain itu, pelatihan minimal SMA/SMK sederajat dan memiliki sertifikasi sebagai satpam.

2. Skill dan Kemampuan

Menurut UUD saat ini, satuan pengamanan harus memiliki kekuatan seperti polisi, tetapi mereka terbatas. Itu dibuat dan sudah ada aturannya. Karena itulah ada kursus pelatihan khusus bagi orang-orang yang ingin menjadi satpam.

  • Survei kompetensi, objektivitas, pengendalian emosi, kredibilitas, manajemen keselamatan, profesionalisme, kompetensi pelaporan, lulus tes kesehatan dan bakat, lulus tes psikologi, sertifikat bebas narkoba.
  • Ikuti pelatihan minimal Garda Pratama dari polisi.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi Dan Tugas Teller Bank

E. Tips Lolos Wawancara Sebagai Security

Seperti dalam karir lainnya, sebagai petugas keamanan Anda harus melalui tahap wawancara. Pasti terasa cukup sulit apalagi yang berkaitan dengan pekerjaan keamanan. Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk membantu Anda melewati fase wawancara.

  • Jelaskan langkah-langkah penyelesaian masalah.
  • Ceritakan tentang pengalaman Anda.
  • Menghadapi situasi berisiko.
  • Menenangkan situasi jika terjadi sesuatu.
  • Apa yang dilakukan di tempat kerja.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Satpam Bank

Kesimpulan

Setidaknya apa yang dikatakan informasi gaji kali ini dapat membantu Anda memahami pekerjaan atau kualifikasi untuk menjadi satpam.

Sekian artikel berjudul Pekerjaan, Gaji dan Tugas Security, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!