Pekerjaan, Gaji dan Tugas Checker Gudang

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Checker Gudang Istilah Checker gudang mungkin agak asing bagi sebagian pemula. Namun, bagi perusahaan yang bergerak di bidang industri, posisi ini tentu penting.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Checker Gudang

Ingatlah bahwa perannya dalam mengelola semua aktivitas gudang sangat penting.

Checker gudang adalah salah satu pekerjaan dengan permintaan tinggi di tengah tren digital. Kehadiran e-commerce di pasar membuat peran Checker gudang dalam memindahkan produk dari produsen ke pelanggan semakin penting.

Pekerjaan sebagai Checker gudang diperhitungkan dalam jajaran pekerja atau pekerjaan yang membutuhkan energi. Ini berarti bahwa tugas ini tidak memerlukan pendidikan tingkat tinggi, melainkan keterampilan dan pengalaman Checker gudang.

Ia juga membutuhkan tubuh yang selalu prima, karena pekerjaan memiliki ikatan yang kuat dengan fisik.

Checker gudang akan berada di departemen gudang yang bekerja dengan penyimpanan dan pemuatan barang. Biasanya barang yang masuk dan keluar gudang merupakan bahan baku produksi atau hasil produksi.

Ada banyak posisi di area gudang, yaitu kepala gudang, staff gudang, operator gudang, dan admin gudang.

Di sejumlah perusahaan ada yang menyamakan status Checker gudang dengan pemimpin gudang di bawah kepala gudang.

Ada dua jenis posisi Checker gudang:

  • Pertama bekerja untuk perusahaan logistik dalam proses pengangkutan produk jadi. Pada tipe ini, karakter hanya menyalurkan barang jadi dari pengirim dan penerima.
  • Kedua, perusahaan logistik untuk bahan baku produksi, yang biasanya dilakukan bersama atau bekerjasama dengan fasilitas produksi tertentu.

Padahal, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua tipe pekerja gudang tersebut. Soalnya kedua tipe pekerja gudang ini fokus mengawasi perputaran barang sesuai permintaan pelanggan.

Bedanya, jika pelanggan perusahaan logistik memiliki potensi yang sama saat bongkar muat bahan baku produksi, dan untuk Checker gudang produk jadi, ada kemungkinan pelanggan akan berubah-ubah.

Bagaimanapun, Checker gudang benar-benar harus memeriksa kuantitas, kualitas, nama penerima dan pengiriman sesuai dengan kebutuhan pelanggan untuk jenis barang jadi atau bahan baku logistik.

A. Pengertian Checker Gudang

Jadi pekerja gudang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan. Biasanya posisi ini ada di setiap perusahaan, terutama di perusahaan yang bergerak di bidang industri. Untuk pemahaman yang lebih baik, baca artikel lengkap ini.

Pada dasarnya, warehouse adalah tempat untuk menyimpan, dengan kata lain gudang. Oleh karena itu, staf di bagian tersebut bertanggung jawab atas semua kegiatan yang ada di dalamnya. Baik mengatur kualitas barang atau keluar masuk barang.

Pergudangan ini dapat disebut sebagai tempat penting bagi sebuah bisnis. Soalnya semua barang atau produk tersimpan rapi di dalamnya. Oleh karena itu, perlu pengamanan dan pengendalian khusus semaksimal mungkin.

Dalam menjalankan tugasnya, karir ini biasanya ditunjang dengan keamanan (K3) dalam mengamankan barang di gudang.

B. Tugas dan Tanggung Jawab Checker Gudang

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Checker Gudang

Tentu saja, untuk mempelajari lebih lanjut tentang profesi ini, Anda juga harus tahu pekerjaan apa yang dilakukan beberapa karyawan.

Karena perannya bisa dibilang sangat penting dan beragam. Berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab Checker gudang.

  • Meninjau dan mengatur barang
  • Memasukkan data
  • Menjaga barang tetap aman.
  • Melakukan koordinasi.
  • Tugas Checker gudang yaitu mengatur dan merapikan barang.
  • Memastikan logistik tetap berjalan.
  • Tugas Checker gudang yaitu melakukan pemeliharaan.

Berikut tugas Checker gudang secara detail:

Tugas Checker Gudang

Sesuai pada posisinya, Checker gudang memiliki tanggung jawab penuh untuk bongkar muat barang. Sebagai aturan, ia mengurus bongkar muat, mengawasi data barang masuk dan keluar serta memantau perputaran barang di gudang.

Terkait dengan proses bongkar muat, posisi ini harus diisi oleh orang yang sehat dan bugar. Kemudian secara cermat memonitor barang yang masuk dan keluar gudang agar tidak terjadi kesalahan dalam pendataan.

Secara rinci, enam tugas Checker gudang yang harus dilakukan:

  • Menyiapkan pesanan pelanggan agar barang dapat diangkut sesuai rencana.
  • Menerima dan memproses barang yang masuk. Termasuk penyortiran, pemuatan, stamping dan penyimpanan produk.
  • Melakukan pemeriksaan kualitas barang yang masuk, disimpan atau keluar gudang.
  • Tetap menjaga penyimpanan barang tetap rapi, bersih dan aman sekaligus memaksimalkan pemanfaatan ruang.
  • Buat log barang harian yang terperinci dan lengkap.
  • Membuat laporan ketidaksesuaian pencatatan kuantitas fisik barang di gudang.
  • Berkolaborasi dan berbicara dengan pekerja gudang lainnya (rekan kerja) dan supplier.
  • Melakukan SOP (Standard Operating Procedure) dan K3LH yang ditetapkan perusahaan
  • Melaksanakan standar layanan yang harus menjaga kualitas, mematuhi peraturan, dan menerapkan praktik keselamatan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee

C. Gaji dan Tunjangan Checker Gudang

Satu hal yang harus diperhatikan ketika mempertimbangkan melamar pekerjaan adalah gaji dan tunjangan. Ini berlaku untuk posisi Checker gudang.

Akan tetapi gaji yang didapatkan beragam alasannya karena ada berbagai jenis peraturan yang sangat mempengaruhi nilai gaji.

Namun secara umum gaji yang diterima posisi Checker gudang sekitar Rp 3.800.000/bulan. Tapi mungkin akan berbeda karena banyak faktor.

Salah satunya dikendalikan oleh Upah Minimum Kota (UMK) yang memiliki nilai yang berbeda setiap kotanya.

Karena setiap kota memiliki peraturan yang berbeda dalam menentukan nilai upah minimum. Dari sini dapat disimpulkan bahwa besar kecilnya gaji tergantung dimana Anda bekerja. Selain itu, besarnya perusahaan adalah alasan lain dalam hal gaji.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Operator Produksi

D. Persyaratan dan Kualifikasi Checker Gudang

Sebagai pekerja gudang, proses rekrutmen tidak sembarangan. Pihak perusahaan yang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi ini harus memiliki kategorisasi khusus dan terpenuhi.

Berikut beberapa persyaratan dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Begitu pula dengan tugas-tugas pada umumnya, untuk isi posisi ini diperlukan minimal pendidikan SMA/SMK sampai S1. Itu menjadi kategorisasi umum yang digunakan oleh pihak-pihak perusahaan. Lebih banyak pengalaman pasti lebih berharga.

2. Skill dan Kemampuan

Selain pengetahuan teknis, kemampuan dasar untuk mengisi posisi ini adalah kemampuan mengambil tanggung jawab. Soalnya tugas utamanya adalah mengurus semua elemen pergudangan. Jadi, dibutuhkan disiplin yang ketat, maintenance dan detail.

3. Persyaratan yang Sesuai untuk Checker Gudang

Bahkan, posisi Checker gudang tidak cukup untuk mencari karyawan yang kuat dan sehat. Namun, masih banyak persyaratan yang perlu diperhatikan saat merekrut pekerja gudang.

a. Pendidikan

Pertama, Pendidikan. Memang tidak begitu penting untuk pendidikan, tetapi harus diperhatikan apakah latar belakang pendidikan cocok untuk status ini.

Selain itu, ketika mencari karyawan tetap, Anda harus memiliki setidaknya latar belakang pendidikan yang sama dengan rata-rata karyawan di level yang sama.

Permasalahannya, para Checker gudang masih harus menjalankan tugasnya sebagai pengelola gudang juga koordinasi bersama dengan departemen lain.

b. Kemampuan

Yang kedua, kemampuan yang dimiliki seseorang adalah salah satu tanda yang paling penting. Masalahnya, ketika persyaratan pendidikan tepat, mungkin saja kemampuan tidak sesuai dengan yang mereka miliki.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya perusahaan melakukan uji kemampuan untuk melihat apakah calon karyawan cocok dengan posisi tersebut.

c. pengalaman kerja

Ketiga, pengalaman kerja, itu yang lebih penting lagi. Ketika calon Checker gudang memiliki lebih banyak pengalaman, berarti lebih mudah untuk menyesuaikan atau memulai proses kerja.

Sekali lagi, itu tergantung pada reputasi pengalaman kerjanya sebagai Checker gudang pada awalnya seperti apa.

Apakah itu baik atau bahkan buruk. Jika rangkuman kisah hidupnya cukup bagus, pertanyaan yang harus diajukan adalah apa yang mendorong pihak yang berkepentingan memutuskan untuk pindah perusahaan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, fungsi dan Tugas Staff Logistik

E. Tips Lolos Wawancara Sebagai Checker Gudang

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Checker Gudang

Tahap wawancara memang sulit bagi siapa saja, bahkan bagi yang sudah berpengalaman sekalipun. Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum memulai prosesnya.

Berikut adalah beberapa panduan untuk membantu Anda lulus wawancara Checker gudang.

  • Berikan argumen yang tepat kepada perusahaan.
  • Jelaskan pengalaman kerja pertama Anda.
  • Jangan menjelek-jelekan perusahaan tempat Anda pertama kali bekerja.
  • Jelaskan manajemen kerja Anda.
  • Nyatakan misi dan visi Anda.
  • Tunjukkan disiplin dan tanggung jawab.

Baca juga: Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab Helper Gudang

Kesimpulan

Ini hanya review dari segi pemahaman tentang Checker gudang untuk tugas serta tanggung jawabnya. Setidaknya apa yang dijelaskan kali ini dapat membantu Anda memahami pekerjaan atau kualifikasi sebagai Checker gudang.

Jika Anda benar-benar ingin menekuni profesi ini, kenali keterampilan yang dibutuhkan. Ini tentang mampu mempersiapkan diri sebelum melamar pekerjaan.

Sekian artikel mengenai Pekerjaan, Gaji dan Tugas Checker Gudang, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!