Pekerjaan, Gaji dan Tugas Marketing Communication
Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Marketing Communication? Istilah seperti Marketing Communication pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda sekarang.
Posisi ini merupakan aspek penting bagi sebuah perusahaan yang bertujuan untuk mencapai target pasar. Sistem sangat bervariasi dalam pelaksanaannya.
Tugas Marketing Communication tidak hanya mencapai target pasar saja, masih ada beberapa tugas lainnya, yuk mari kita simak.
Table of Contents
A. Pengertian Marketing Communication
Menurut seorang ahli, Marketing Communication adalah berbagai jenis pesan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan.
Pesan tersebut bertujuan untuk mencapai target pasar yang ditentukan semula. Dengan kata lain, perusahaan berbicara dengan pasar.
Menurut MaRS, sebuah perusahaan konsultan Kanada, Marketing Communication mencakup semua pesan dan media yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pasar.
Memiliki berbagai macam bentuk. Mulai dari advertising, direct marketing, branding, packaging, berbagai aktivitas PR, presentasi penjualan, sponsor, aktivitas online dan lainnya.
Hal terpenting dalam ide Marketing Communication adalah pergerakan pemasaran ke fragmen yang ditargetkan.
Jika pemasaran yang dilakukan cukup menarik, Anda tidak hanya akan mendapatkan kesempatan untuk menjual produk, tetapi konsumen yang loyal akan kembali untuk membeli.
Masalahnya, ide ini memiliki banyak peluang untuk menyimpang atau tidak berhasil menarik pelanggan.
Hal paling wajar yang menimbulkan bias karena memilih sistem pemasaran yang tidak tepat.
Agar tidak mengalami kegagalan, Anda harus menentukan positioning perusahaan dengan pasti.
Secara taktis, positioning menginformasikan penjual tentang deskripsi luas produk mereka di pasar.
Sistem yang diterapkan di toko ini sangat beragam. Salah satunya adalah advertising, branding, direct atau digital marketing dan masih banyak lagi.
Itu semua tergantung kebutuhan dan target pasar yang ingin dicapai.
Salah satu hal terpenting dalam menentukan ide dalam Marketing Communication ini adalah sistem pemasaran pada fragmen pasar.
Masalahnya, seberapa besar usaha dalam bekerja mencari pelanggan, mereka sia-sia karena tidak sesuai tujuan (pasar) mereka.
Umumnya, di setiap bagian, sudah waktunya Marketing Communication itu memiliki pemimpinnya sendiri, yang berarti lebih mudah untuk bekerja secara kolaboratif lintas tim.
Setelah mengentahui pengertian Marketing Communication saatnya kita lanjut ke Tugas Marketing Communication.
B. Tugas dan Tanggung Jawab Marketing Communication
Menerapkan Marketing Communication dalam suatu perusahaan berarti membutuhkan waktu yang lama.
Hal inilah yang membuat peran karakter dalam sebuah perusahaan menjadi begitu penting, karena Tugas Marketing Communication yang cukup banyak.
Berikut adalah sejumlah tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan.
- Merancang atau buat iklan.
- Menjalankan kampanye.
- Buat taktik promosi.
- Riset kebutuhan pasar.
- Peningkatan Brand/Merek.
- Menganalisis produk.
- Menganalisis layanan.
- Tugas Marketing Communication yang terakhir adalah menjaga hubungan di semua sisi.
Sebenernya masih ada beberapa Tugas Marketing Communication, akan tetapi itu kembali kepada masing-masing perusahaan.
Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Karyawan Kantor
C. Gaji Dan Tunjangan Marketing Communication
Jika suatu perusahaan tidak memiliki divisi ini, maka hal ini secara langsung berdampak pada penurunan pendapatan.
Pasti itu akan menjadi masalah, ingatlah bahwa penghasilan adalah yang utama. Itulah mengapa sosok itu begitu penting, bahkan penting.
Dengan peran yang paling penting, gaji Marketing Communication tentu sebanding dengan Tugas Marketing Communication.
Meskipun secara umum tidak ada nilai standar atau rata-rata. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan jenis faktor yang mempengaruhi regulasi dalam pemberian gaji.
Tentu saja profesi ini memiliki prospek yang bagus dan jenjang karir yang menjanjikan.
Apa yang ditugaskan dan dijamin akan dijawab benar-benar sesuai dengan gajinya.
Meskipun semuanya tergantung pada peraturan perusahaan tempat Anda bekerja.
Baca juga: Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Marketing Andal
D. Syarat dan Kualifikasi Marketing Communication
Jika Anda tertarik dengan profesi ini, mampu berbicara dengan baik tentu saja tidak cukup.
Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar dapat bersaing dan diterima oleh suatu perusahaan.
Berikut adalah sejumlah syarat dan kualifikasi.
1. Pendidikan dan Pengalaman
Biasanya, perusahaan membutuhkan seseorang dengan latar belakang yang dapat pendidikan lulusan S1 ekonomi atau ilmu pemasaran.
Tapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak memiliki kesempatan dengan gelar lain. Karena faktor selanjutnya adalah pengalaman di sektor ini.
2. Skill dan Kemampuan
Keterampilan dasar yang harus dimiliki Marketing Communication adalah pengetahuan tentang komunikasi.
Ini tidak tergantung pada skill teknis seputar pemasaran atau analisis untuk memahami dunia pemasaran. Selain itu, mereka harus bisa bekerja sama dengan baik.
a. Menulis
Menulis merupakan keterampilan penting bagi Anda yang bekerja di bidang Marketing Communication.
Ungkapan yang Anda berikan adalah dasar dari pemasaran.
Beberapa media seperti siaran pers, situs web, dan buletin menggunakan serangkaian kata sebagai senjata.
Oleh karena itu, kekuatan copywriting, SEO, dan riset merupakan nilai tambah. Bahkan dapat membantu Tugas Marketing Communication.
b. Berbicara di Depan Umum
Kekuatan berbicara di depan umum penting untuk komunikasi pemasaran karena pekerjaannya biasanya membutuhkan kekuatan untuk berbicara dengan percaya diri di depan umum.
c. Sensitivitas dan Empati
Kemampuan untuk melakukannya ditunjukkan melalui komunikasi non-verbal.
Komunikasi nonverbal meliputi bahasa tubuh, ekspresi wajah dan suara.
Selain ketiga keterampilan tersebut, keterampilan lain yang diperlukan adalah kepekaan dan kemauan untuk memahami apa yang dirasakan pelanggan.
d. Desain Grafis
Terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah desain grafis. Kemampuan ini sebenarnya bukan kebutuhan yang besar. Beberapa perusahaan tidak mempunyai ini.
Namun, pikirkan jika Anda memiliki keterampilan desain di posisi Marketing Communication, itu merupakan nilai tambah.
Jadi Anda dapat memberikan instruksi visual atau membiarkan ide Anda menjadi liar.
Ini adalah beberapa keterampilan Marketing Communicationn dasar yang mendukung Tugas Marketing Communication.
Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Marketing
E. Tips Lolos Wawancara Sebagai Marketing Communication
Tentu saja, karir di bidang Marketing Communication membutuhkan karakter yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.
Itulah mengapa setiap perusahaan cukup ketat, terutama dalam hal tes wawancara.
Di bawah ini adalah serangkaian pertanyaan wawancara.
- Apa alasan Anda memilih profesi ini?
- Jenis media sosial apa yang Anda kenal?
- Bagaimana cara kerja media sosial?
- Keterampilan apa yang dibutuhkan bidang ini?
- Apa yang Anda miliki untuk bidang ini?
- Deskripsikan diri Anda selama lima tahun ke depan.
- Sejauh mana Anda memahami target pasar perusahaan?
- Apa yang diharapkan perusahaan?
Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing
Kesimpulan
Itu hanya penilaian lengkap dari komunikasi pemasaran. Semoga informasi gaji kali ini dapat membantu Anda memahami pekerjaan atau kualifikasi sebagai marketing communication.
Karir itu cukup terbuka lebar sekarang dan banyak perusahaan membutuhkannya. Tapi itu membuat daya saingnya semakin ketat. Jadi Anda harus siap.
Sekian artikel mengenai Pekerjaan, Gaji dan Tugas Marketing Communication, semoga bermanfaat.