10 Contoh Surat Resign Mendadak yang Baik dan Benar

Bagaimana Contoh Surat Resign Mendadak yang Baik dan Benar? Contoh surat Resign karyawan, Dalam menjalankan tugas pasti ada suka dan duka.

10 Contoh Surat Resign Mendadak yang Baik dan Benar

Jika kita tidak merasa nyaman atau ingin meningkatkan pekerjaan kita, maka mengundurkan diri adalah cara terbaik. Tapi tahukah Anda contoh surat Resign yang benar dan baik?

Resign adalah hal yang rumit, jadi Anda perlu menulis surat Resign agar tidak membuat kesan buruk atau mungkin tidak profesional.

Jika Anda tidak tahu cara membuat surat Resign, jangan khawatir, artikel ini akan membahasnya. Simak berikut ini, ya!

Tentang Surat Resign Karyawan

Mungkin sebagian orang menganggapnya sepele, namun surat Resign ini memegang peranan penting dalam proses pengajuan Resign.

Surat Resign karyawan adalah surat Resign dari pekerjaan yang dibuat sebagai penegasan resmi tentang alasan keluar dari perusahaan atau lembaga.

Dengan mengajukan surat Resign, berarti Anda telah mematuhi peraturan dan mengundurkan diri sesuai dengan peraturan yang telah disepakati.

Selain itu, dengan menulis surat Resign, Anda memberi waktu kepada perusahaan untuk mencari pengganti Anda tanpa terburu-buru.

Surat Resign tersebut menunjukkan bentuk tanggung jawab dan sikap profesional terhadap perusahaan. Anda akan meninggalkan rekam jejak yang bagus dengan perusahaan.

Format Surat Resign Karyawan yang baik dan Sopan

10 Contoh Surat Resign Mendadak yang Baik dan Benar

Surat Resign harus ditulis dengan baik dan teratur agar dapat dipahami dan terlihat sopan.

Jika ini mungkin pengalaman pertama Anda, kirimkan surat Resign dengan format surat Resign yang biasa digunakan. Anda nanti akan melihat bagaimana susunannya di Contoh Surat Resign Mendadak dibawah penjelasan ini.

1. Kepala Surat

Bagian kepala surat berisi tempat dan tanggal pembuatan surat resign, nama penerima, dan alamat tujuan.

2. Isi surat

Secara umum isi surat Resign yang baik dan sopan meliputi:

  • Data pribadi
  • Maksud dan tujuan surat Resign
  • Terimakasih kepada perusahaan saat bekerja
  • Kata atau permohonan maaf
  • Harapan untuk perusahaan️

3. Penutup

Halaman terakhir surat Resign biasanya berisi surat ucapan terima kasih dan dilengkapi nama serta tanda tangan di bagian akhir.

Baca juga: Cara Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan Via Email

Cara Penulisan Surat Resign Karyawan

10 Contoh Surat Resign Mendadak yang Baik dan Benar

Surat Resign adalah surat resmi, jadi Anda perlu memastikan surat itu singkat, padat, dan tidak berbelit-belit.

Untuk pemahaman yang lebih baik, coba ikuti beberapa tips di bawah ini tentang cara membuat surat Resign.

1. Isi Surat harus Positif dan Pendek

Saat menulis surat Resign, buatlah sesingkat mungkin. Pikirkan baik-baik tentang alasan pengunduran diri yang akan Anda masukan.

Sama sekali tidak diperbolehkan untuk menulis frase jahat atau menyakitkan kepada perusahaan.

2. Periksa Kebijakan Perusahaan Mengenai Pengunduran Diri

Kami menyarankan sebelum Anda menulis surat resign, Anda meninjau kembali kebijakan atau peraturan pengunduran diri yang diterapkan oleh Perusahaan.

Sebagai aturan, Anda dapat menemukan ini dalam kontrak kerja. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah apakah ada denda, bagaimana jalur administrasinya dan sebagainya.

3. Komunikasikan kepada atasa bahwa Anda berniat untuk Resign

Jika Anda memang berniat untuk resign, coba komunikasikan niat tersebut kepada atasan Anda.

Sehingga tidak terjadi salah paham. Alasan yang Anda buat kepada manajer Anda akan digunakan sebagai referensi dalam surat Resign Anda.

4. Penuhi semua tanggung jawab

Jangan lupa untuk menyelesaikan semua tugas Anda sebelum hari terakhir di kantor.

Sehingga proses pengalihan tugas Anda kepada orang baru dapat dipermudah dan tanggung jawab Anda terhadap perusahaan dapat terpenuhi.

Baca juga: Alasan Resign yang Tepat

Jenis-Jenis Surat Resign Karyawan

10 Contoh Surat Resign Mendadak yang Baik dan Benar

Ada dua jenis surat resign, yaitu surat pemberitahuan one month notice dan two week notice. Penjelasan dari kedua jenis surat resign tersebut adalah sebagai berikut:

1. one month notice

one month notice adalah pernyataan yang dihitung satu bulan sebelum resign resmi Anda dari perusahaan.

Dengan memberikan pemberitahuan satu bulan sebelumnya, Anda memberikan waktu kepada perusahaan untuk menemukan pengganti Anda.

Surat Resign dengan one month notice sering digunakan sebagai persyaratan penghentian standar bagi banyak perusahaan.

Dalam sebulan, perusahaan biasanya mulai mencari pengganti Anda dan meminta Anda untuk menyelesaikan proses penyerahan karyawan baru saat Anda punya waktu.

2. Two Week Notice

Pemberian surat ini diberikan dua minggu sebelum resign resmi Anda dari perusahaan.

Untuk mengajukan surat Resign ini, Anda harus memiliki alasan yang sangat rasional. Jika Anda tidak memiliki alasan yang rasional, Resign Anda dapat ditolak oleh atasan Anda.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Surat Resign

10 Contoh Surat Resign Mendadak yang Baik dan Benar

Sebelum masuk ke Contoh Surat Resign Kerja, kita perlu memperhatikan hal yang harus dipersiapkan sebelum resign.

Ketika Anda sudah lama bekerja di suatu perusahaan, tentunya tidak mudah untuk menulis surat Resign.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan keputusan untuk berhenti dari pekerjaan. Namun, pengunduran diri menjadi bermasalah jika Anda tidak dapat memberikan kesan yang baik pada atasan dan rekan kerja Anda setelah pengunduran diri.

Agar beberapa hal buruk tidak ada, simak langkah-langkah Resign yang baik berikut ini.

1. Tulis surat Resign

Jika Anda ingin membuat kesan yang baik di perusahaan lama, karena ini adalah masa pra-Resign, Anda harus menulis surat Resign yang baik dan sopan.

2. Temukan waktu yang tepat untuk berbicara dengan atasan Anda

Mampu berbicara langsung dengan atasan Anda tentang pengunduran diri bukanlah hal yang mudah bagi Anda. Solusinya adalah mencari waktu yang tepat untuk berbicara langsung dengan atasan.

Temukan waktu untuk membicarakan pengunduran diri ini ketika atasan Anda tidak sibuk, merasa baik atau dalam suasana hati yang baik, atau mungkin tidak memiliki janji dengan seseorang.

Hal lain yang dapat Anda lakukan ketika atasan Anda terlihat sibuk adalah membuat janji dengan atasan Anda melalui email atau telepon.

Ketika saatnya tiba, Anda dapat menyampaikan alasan pengunduran diri kepada atasan Anda.

Reaksi yang mungkin terjadi ketika Anda menyatakan keinginan Anda untuk keluar dari perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Respon yang bagus, atasan Anda menerima alasan pengunduran diri Anda.
  • Respon buruk, atasan Anda menolak, kesal atau merasa dikhianati dengan keputusan pengunduran diri yang Anda ajukan. Jika respon atasan Anda buruk, tetap berusaha profesional.
  • Respon tanggapan, atasan Anda menawarkan kenaikan gaji yang lebih besar dibandingkan dengan gaji di perusahaan baru. Jika atasan Anda bereaksi seperti ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk tetap bekerja di perusahaan lama atau berhenti.

3. Pemberitahuan Satu Bulan Sebelum Meninggalkan Kantor

Permohonan Resign tersebut diatur oleh pemerintah melalui ketentuan undang-undang. Sebagaimana dinyatakan dalam undang-undang, UU Pasal 26 ayat 2 Kepmen Tenaga Kerja tentang Syarat mengundurkan diri dari tempat kerja, berbunyi:

“Pekerja atau buruh harus mengajukan permohonan Resign secara tertulis paling lambat 30 (tiga puluh) hari sebelum dimulainya pengunduran diri dengan disertai alasannya.

  • Karyawan atau pekerja melakukan tugasnya sampai dengan tanggal pengunduran diri
  • Karyawan atau pekerja tidak terlibat dalam ikatan dinas
  • Mengacu pada peraturan pemerintah, Anda harus memberikan pemberitahuan satu bulan sebelum mengundurkan diri dari perusahaan lama.

Jangka waktu pemberitahuan satu bulan ini diperlukan oleh perusahaan untuk mencari dan menarik karyawan baru.

4. Periksa kontrak

Sebelum mengundurkan diri, periksa kontrak yang Anda tandatangani dan sepakati di awal masa kerja.

Hal ini untuk menentukan apakah akan dikenakan denda jika kontrak diputus sebelum berakhirnya kontrak.

Risiko yang bersedia Anda ambil dalam pengunduran diri sebelum berakhirnya kontrak biasanya berupa gaji pengganti dalam jangka waktu tertentu atau sebesar gaji di sisa masa kontrak.

5. Periksa kebijakan Resign di perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki aturan keluar yang berbeda, termasuk kapan harus keluar.

Cari tahu sedini mungkin sebelum Anda secara resmi menghentikan pekerjaan Anda.

6. Beritahu rekan Anda

Keluarnya Anda dari tempat kerja pasti akan memberikan kesan tersendiri bagi rekan kerja atau partner kerja Anda.

Apalagi dengan rekan kerja terdekat, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal kepada mereka secara langsung, misalnya dengan mengajak mereka makan bersama. Ini adalah bentuk perpisahan.

Sementara itu, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal kepada beberapa rekan kerja yang tidak begitu dekat melalui email atau telepon.

7. Pendelegasian Tugas

Jika Anda sudah mengetahui siapa yang akan menggantikan posisi Anda di masa depan, luangkan waktu untuk membantu penerus Anda mempelajari job desk yang Anda lakukan selama ini.

Ini membuat penggantian Anda lebih mudah dan membantu tim tidak kehilangan produktivitas.

Jika Anda tidak dapat langsung memberikan tutorial, Anda dapat membuat tutorial alur kerja dan kontak yang dapat dihubungi jika ada pertanyaan.

Mengirimkan tutorial ini tidak wajib. Namun hal ini akan meninggalkan kesan yang baik dan profesional pada rekan kerja Anda.

Baca juga: Resign Adalah: Waktu, Persiapan & Cara Mengajukannya

Cara Membuat Surat Resign Kerja

Bagaimana Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Karyawan yang Benar? Berbagai alasan bisa menjadi penyebab mengapa seorang karyawan harus resign dari perusahaan.

Pimpinan akan menghargai keputusan karyawannya selama pengunduran diri dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prosedur.

Menulis surat pengunduran diri menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Simak cara membuat surat pengunduran diri yang baik disini.

1. Menggunakan Bahasa Yang Sopan, Baik, Dan Benar

Cara Menulis Surat Pengunduran Diri Karyawan yang Benar

Sudah sepatutnya kamu menulis surat pengunduran diri dengan bahasa yang sopan. Ketika awal diterima sebagai pegawai, tentu kamu juga menulis lamaran dengan sopan bukan? Begitu pula saat pengunduran.

Terlepas dari berbagai alasan yang ada seperti ketidakcocokan dengan atasan tidak boleh tampak di surat tersebut.

Menulis surat pengunduran diri dengan sopan akan membuatmu terlihat profesional. Nantinya kamu akan memberikan surat pengunduran diri kepada atasan, karenanya menjaga sopan santun adalah hal yang utama.

Gunakan pula bahasa yang baik agar lebih mudah dimengerti. Bahasa yang dipakai adalah bahasa Indonesia yang sesuai dengan ketentuan.

Terdapat banyak contoh surat pengunduran diri di internet. Kamu bisa gunakan salah satunya sebagai referensi. Untuk masalah ini, kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya.

Sebenarnya kamu juga bisa konsultasikan masalah ini dengan HRD terlebih dahulu apakah ada ketentuan penulisan surat pengunduran diri atau tidak.

2. Jelaskan Alasan Dengan Jelas Dan Singkat

Ketika kamu mengundurkan diri dari sebuah perusahaan, tentu kamu memiliki alasan yang kuat. Bahkan memutuskan untuk resign harus direnungkan dengan benar benar.

Ketika dirasa alasan sangat kuat dan tidak bisa ditolerir, barulah kamu bisa mengundurkan diri. Pertimbangan ini dilakukan agar setelah kamu mengundurkan diri, kehidupanmu masih memiliki tujuan yang jelas.

Salah satu komponen dalam surat pengunduran diri adalah bagian alasan. Alasan yang jelas akan membuat pimpinan mengerti mengapa kamu harus resign.

Dengan begitu harapannya keputusan yang kamu ambil bisa dimaklumi. Ketika kamu menulis alasan gunakan bahasa yang jelas. Selain itu ungkapkan dengan jelas dan singkat.

Tidak baik untuk menulis alasan dengan bahasa yang berbelit. Pimpinan tidak perlu mengerti kronologi alasan dengan rinci, yang terpenting kamu bisa menyampaikan dengan tepat mengapa melakukan pengunduran diri.

Salah satu alasan yang banyak menjadi penyebab pegawai resign adalah telah memperoleh penawaran yang lebih baik.

Ketika kita mengungkapkan alasan, pastikan alasan tersebut tidak menyinggung pihak manapun. Meskipun mungkin alasannya karena atmosfer kerja yang kurang nyaman kamu tidak bisa mengungkapkan hal tersebut.

Masalah itu lebih baik kamu pendam saja sehingga tidak perlu ada pihak yang tau. Terlebih masalah tersebut adalah masalah pribadi.

3. Berikan Keterangan Yang Jelas Kapan Mulai Resign

Cara membuat surat resign yang benar harus penuh dengan pertimbangan. Kamu tidak bisa egois dengan hanya memperhitungkan keinginan pribadi.

Kamu harus mematuhi aturan yang telah dibuat oleh atasan. Perlakuan yang seenaknya sendiri malah akan meninggalkan kesan buruk padahal seharusnya kamu meninggalkan kesan yang baik sebelum pergi.

Setiap perusahaan memiliki ketentuannya masing masing dalam mengatur prosedur resign seorang karyawan. Sudah sepatutnya kamu mempertimbangkan hal tersebut.

Kamu bisa berdiskusi terlebih dahulu kepada sesama karyawan yang lebih mengetahui ketentuannya. Kamu juga bisa bertanya pada pihak HRD.

Salah satu aturan yang ditetapkan oleh perusahaan adalah one month notice. Apabila perusahaan menetapkan aturan itu artinya kamu harus memberitahukan tanggal resign sebulan sebelum hari H.

Langkah ini banyak diambil karena perusahaan pasti memerlukan waktu untuk bisa mencari pengganti posisimu yang akan kosong.

4. Tutup Surat Dengan Ucapan Terimakasih

Cara Membuat Surat Resign Kerja

Selama kamu bekerja disana, tentu kamu memiliki pengalaman yang baik. Kamu memperoleh ilmu dari atasan atau sesame rekan.

Bahkan tak jarang mereka memberikan pengajaran secara langsung agar kamu bisa melakukan tugas dengan baik. Ini sebenarnya menjadi bekal yang berpengaruh pada karirmu di masa depan.

Untuk menghargai jasa mereka, kamu harus mengucapkan terimakasih. Langkah ini wajib kamu lakukan. Selain untuk mengungkapkan rasa hormat, langkah ini juga bisa mempererat hubungan dengan atasan meskipun sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut. terimakasih sudah menjadi bagian penting ketika menulis sebuah surat pengunduran diri.

Mengucapkan terimakasih tidak akan membuatmu harga dirimu jatuh. Bahkan cara ini bisa meningkatkan citra baikmu di depan pimpinan dan sesama rekan kerja.

Selama kamu melakukan prosedur pengunduran diri yang baik disertai dengan surat yang benar pasti atasan akan mendukung setiap langkah yang kamu ambil.

Baca juga: Panduan Jika Ingin Berhenti Bekerja Sebelum Mendapatkan yang Baru

5. Menggunakan Font Tulisan Yang Formal

Menulis surat pengunduran diri adalah hal yang serius sehingga sudah sepatutnya kamu mengetik dengan font yang formal. Jangan gunakan font yang sulit untuk dibaca.

Cukup gunakan jenis tulisan yang umum digunakan. Biasanya surat pengunduran diri ditulis dengan tulisan Calibri, arial, atau times new roman.

Ketika kamu resign harapannya kamu tetap terlihat profesional. Memilih jenis tulisan yang sesuai akan membuatmu terlihat seperti itu.

Ketika kamu menulis surat pengunduran diri dengan asal asalan tentu akan membuat atasan dan HRD marah. Sudah menjadi kewajiban jika kamu mengundurkan diri dengan sopan dan baik.

6. Gunakan ukuran tulisan yang wajar

Salah satu ciri surat yang baik adalah harus mudah dibaca. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa membuat surat dengan ukuran tulisan yang wajar.

Biasanya untuk penulisan surat ukuran tulisan yang digunakan adalah 11 atau 12 sesuai dengan font yang dipilih. Perhatikan juga masalah margin sehingga suratmu terlihat rapi.

Patikan cara membuat surat resign kerja yang benar terketik dengan baik. Baca berulang kali agar susunan kalimatnya mudah untuk dipahami.

Langkah ini juga penting dilakukan agar tidak ada kesalahan penulisan (typo). Kamu bisa meminta teman untuk membaca surat pengunduran diri dan minta mereka untuk memberikan tanggapan.

6. Cari Waktu Yang Tepat untuk Berbicara Pada HRD

HRD memiliki tugas yang penting dalam sebuah perusahaan. Mereka memiliki andil besar dalam mengelola sumber daya manusia.

HRD adalah pihak yang berhubungan langsung denganmu selama kamu berada di perusahaan tersebut. Sudah sepatutnya kamu untuk mengunjungi mereka secara langsung ketika hendak menyerahkan surat pengunduran diri.

Beberapa perusahaan memang meminta untuk memberikan surat pengunduran diri melalui email atau online. Kamu harus mematuhi aturan tersebut, namun kamu juga harus bertatap muka secara langsung.

Langkah ini merupakan bentuk sopan santun yang harus kamu lakukan. Ketika kamu hendak menemui HRD kamu harus lihat apakah waktunya tepat atau tidak.

Datanglah kepada HRD ketika orang yang bersangkutan memiliki waktu luang. HRD memiliki banyak pekerjaan sehingga kamu tidak bisa menemuinya secara sembarangan.

Hindari juga waktu istirahat atau makan siang. Pada waktu tersebut tentu mereka tidak ingin diganggu. Tetap pilih jam kerja karena paa yang kamu bahas berkaitan dengan masalah pekerjaan.

Kamu harus memiliki planning yang jelas sebelum resign. Jangan terlalu terburu buru untuk resign karena begitu kamu mengajukan surat pengunduran diri, hal tersebut tidak bisa ditarik kembali.

Apabila kamu sudah yakin, tulislah surat pengunduran diri dengan baik. Jangan lupakan masalah sopan santun dan profesionalitas kerja.

Contoh Surat Resign Mendadak yang baik dan benar

10 Contoh Surat Resign Mendadak yang Baik dan Benar

Di atas, Anda sudah mengetahui surat Resign dari A sampai Z. Untuk pemahaman yang lebih baik, berikut adalah contoh surat Resign yang bisa Anda jadikan referensi dengan alasan dan makna yang berbeda.

1. Contoh Surat Resign Simple

Jakarta, 1 Januari 2022

 

Kepada Yth,

HRD PT Lingkar Senja

di Jl. Alam Sutera, Jakarta

 

Dengan hormat,

 

Melalui surat yang tertulis ini, saya atas nama Pramudya Pragiswara bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Lingkar Senja yang mana saya memiliki posisi sebagai Accounting.

Saya melakukan permohonan ini karena ingin menjadi seorang freelancer. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama 8 tahun ini. Saya mohon maaf jika selama bekerja banyak melakukan kesalahan yang mungkin merugikan pihak perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa ada paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Semoga PT Lingkar Senja akan semakin berkembang dan maju.

 

Hormat saya,

 

Pramudya Pragiswara


2. Contoh Surat Resign Resmi

Jakarta, 1 Januari 2022

 

Kepada Yth,

Kepala PT Lingkar Senja

di Jl. Alam Sutera, Jakarta

 

Dengan hormat,

  • Nama : Pramudya Pragiswara
  • Departemen : Accounting
  • Jabatan : Staf Accounting
  • No Induk Karyawan : 6639993

Saya yang merupakan salah seorang karyawan PT Karya Abadi, ingin mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari pekerjaan dengan alasan ingin menjadi freelancer.

Adapun surat ini dibuat berdasarkan dengan ketentuan dan kontrak kerja yang tertulis pada surat kesepakatan bersama antara karyawan dan perusahaan. Surat ini juga dibuat berdasarkan dengan Undang-undang kerja dan sesuai dengan prosedur hubungan industrial PT Lingkar Senja tanpa ada tendensi apapun yang tersembunyi di dalamnya.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

 

Hormat saya,

 

Pramudya Pragiswara


3. Contoh Surat Resign Bahasa Indonesia

Jakarta, 1 Januari 2022

 

Kepada

Yth. Pimpinan PT Lingkar Senja

Jakarta

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama : Pramudya Pragiswara
  • Alamat : Jalan Waru No.2A, Jakarta
  • Jabatan : Accounting
  • Nomor ID : 663999032

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan Accounting di perusahaan Lingkar Senja. Terhitung pada tanggal 1 /1 /2022 bersama dengan karena kontrak yang telah berakhir.

Saya memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan Lingkar Senja. Tidak lupa saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin sempat saya lakukan dan meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu selama bekerja di Lingkar Senja.

Dengan rasa syukur saya ucapkan berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan Lingkar Senja selama 6 tahun. Selain itu, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja yang telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

 

Hormat saya,

 

(Pramudya Pragiswara)


4. Contoh Surat Resign Bahasa Inggris

January 1st, 2022

 

John Ricardo

CEO Lingkar Senja Inc.

Alam Sutera Street, Jakarta

 

Dear Sir,

It greatly saddens me to send you this letter of resignation. Effective the end of this month, I no longer will be working at Lingkar Senja Inc. as an Accounting.

I will be resigning due to a number of worsening health complications for some time and feel it would be best to focus on recovery. Unfortunately, it has become clear that I am unable to meet my duties and expectations as an Accounting. It is therefore in the best interest of all parties that I resign.

I have been very fortunate to be given the fantastic opportunities to grow and make lifelong friends during my time at Lingkar Senja Inc. Thank you so much for your guidance and support during the last ten years.

Although I no longer can do the work I once could, I hope to remain a resource and that we will stay in touch. Thank you so much for all the opportunities, and I wish everyone at Lingkar Senja Inc. the very best and your company is always growing.

 

Sincerely,

 

Pramudya Pragiswara


5. Contoh Surat Resign Masa Percobaan

Jakarta, 1 Januari 2022

 

Yth. Ibu HRD

PT Lingkar Senja

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

  • Nama : Pramudya Pragiswara
  • Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 10 November 1990
  • Jabatan : Staf Accounting
  • Departemen : Accounting
  • Bekerja sejak : 2020

Bermaksud untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT Lingkar Senja, karena adanya masalah pribadi yang tidak bisa dijelaskan. Namun saya berterima kasih karena Selama saya bekerja di PT Lingkar Senja ini, saya menerima banyak ilmu dan pengalaman kerja. Sehingga saya ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh rekan kerja yang ada. Sekian surat pengunduran diri saya. Tak lupa saya mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang saya perbuat.

 

Hormat saya,

 

Pramudya Pragiswara


6. Contoh Surat Resign Pindah Domisili

Jakarta, 1 Januari 2022

 

Yth. HRD

PT Lingkar Senja

Jakarta

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama : Pramudya Pragiswara
  • Alamat : Jalan Waru No.2A, Jakarta
  • Jabatan : Staf Accounting

Melalui surat ini, saya menyatakan pengunduran diri dari jabatan saya selaku Staf Accounting di PT Lingkar Senja terhitung mulai tanggal 1 Februari 2022. Surat pengunduran diri ini saya buat karena saya harus melakukan perpindahan domisili dari tempat tinggal saya sekarang ke kota Semarang. Tentunya, ini akan menyulitkan saya untuk mengikuti kebijakan perusahaan dan bekerja di kantor.

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak perusahaan yang telah mengizinkan saya untuk belajar dan juga memajukan perusahaan ini. Ilmu yang saya dapatkan di perusahaan ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi saya dan karier saya di masa yang akan datang.

Semoga perusahaan ini semakin berkembang dan semakin sukses. Saya juga meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan dan atasan saya jika saya berbuat kesalahan, baik disengaja maupun tidak.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Jika ada salah kata, saya mohon maaf. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(Pramudya Pragiswara)

7. Contoh Surat Resign Melanjutkan Sekolah

Jakarta , 1 Januari 2022

Kepada

Yth. HRD PT Lingkar Senja

di tempat

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama : Pramudya Pragiswara
  • Alamat : Jalan Waru No.2A, Jakarta
  • Jabatan : Staf Accounting

Dengan adanya surat ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Lingkar Senja. Adapun alasan atas pengunduran diri saya, yaitu dikarenakan saya akan meneruskan kuliah saya ke jenjang magister S2. Agar ke depan lebih bisa berkontribusi dengan maksimal dibarengi dengan ilmu yang saya miliki.

Tak lupa saya sampaikan terima kasih karena PT Lingkar Senja sudah menerima saya sebagai karyawan di sini. Dan juga saya telah diberikan kesempatan untuk bergabung dan belajar bersama rekan-rekan yang berada di perusahaan ini. Semoga ke depannya perusahaan ini semakin berkembang dan semakin jaya, serta rekan karyawan di perusahaan ini sejahtera.

Saya mohon maaf jika semasa saya bekerja di perusahaan ini masih banyak kekurangan dan juga kekhilafan yang saya lakukan.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat tanpa adanya paksaan dan juga tekanan dari pihak manapun, serta saya membuatnya dengan penuh kesadaran. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(Pramudya Pragiswara)


8. Contoh Surat Resign Masalah Kesehatan

Jakarta, 1 Januari 2022

 

Kepada,

HRD Manager PT. Karya Abadi

JI. Alam Sutera, Jakarta

 

Dengan hormat,

 

Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang-undang yang melingkupinya, yang bertanda tangan di bawah ini saya:

  • Nama : Pramudya Pragiswara
  • Departemen : Accounting
  • Jabatan : Staf Accounting
  • Nomor ID : 6639993

Bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri kepada PT Lingkar Senja dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Saya sangat berharap perusahaan bisa memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(Pramudya Pragiswara)


9. Contoh Surat Resign Ingin Membuka Bisnis Sendiri

Jakarta, 1 Januari 2022

 

Kepada,

HRD PT Lingkar Senja

JI. Alam Sutera, Jakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama : Pramudya Pragiswara
  • Tempat,tanggal lahir: 1 Juni 1990
  • Alamat : Jl. Waru No.2A, Jakarta
  • Jabatan : Staf Accounting

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 1 Februari 2022 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini. Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai staf accounting di perusahaan ini akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan. Saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Lingkar Senja dan mohon maaf atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dari pihak mana pun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(Pramudya Pragiswara)


10. Contoh Surat Resign di Pabrik

Jakarta, 1 Januari 2022

 

Yth.

HRD PT Lingkar Senja

di Jl. Alam Sutera, Jakarta

 

Dengan hormat,

 

Berdasarkan Kebijakan perusahaan yang tercantum dalam PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) mengenai 1 bulan sebelum pengunduran diri, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama : Pramudya Pragiswara
  • NIK : 111030899120473789
  • Departemen : Accounting
  • Jabatan : Staf Accounting

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari PT Lingkar Senja sebagai staf marketing. Terhitung dari 30 hari sejak dibuat, yaitu pada tanggal 1 Januari 2022. Adapun alasan saya untuk pengunduran diri adalah karena ingin meneruskan bisnis keluarga.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan pengalaman kerja yang selama ini di PT Lingkar Senja. Saya juga mohon maaf yang kepada jajaran pimpinan dan juga rekan karyawan PT LIngkar Senja yang disengaja maupun tidak.

Demikian surat ini saya buat tanpa ada paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

 

Hormat saya,

 

Pramudya Pragiswara


Kesimpulan

Surat resign ini merupakan poin penting yang Anda buat ketika ingin berhenti dari pekerjaan Anda.

Untuk alasan apa Anda meninggalkan pekerjaan Anda, beri tahu manajemen perusahaan Anda dengan surat pengunduran diri.

Surat resign ini tidak hanya memberi tahu pimpinan bahwa Anda mengundurkan diri dari perusahaan, tetapi juga membuat Anda terlihat profesional dan memiliki hubungan yang baik.

Hal ini memudahkan Anda jika membutuhkan bantuan dari perusahaan lama di kemudian hari atau sebaliknya.

Kenali banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengirimkan dan memberikan pemberitahuan Anda seperti: Memeriksa kontrak dan aturan pengunduran diri.

Contoh surat resign diri di atas dapat digunakan sebagai rekomendasi jika Anda ingin mengundurkan diri dari posisi Anda saat ini.

Sekian artikel berjudul 10 Contoh Surat Resign Mendadak yang Baik dan Benar, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!