55+ Contoh Soft Skill & Hard Skill dalam CV

Bagaimana Contoh Soft Skill dan Hard Skill dalam CV? Cara Menulis Skill di CV perlu diperhatikan pada saat melamar kerja.

55+ Contoh Soft Skill & Hard Skill dalam CV

Bagian Skill dalam CV diyakini sebagai salah satu aspek terpenting dalam membuat CV untuk memberikan kesan pertama kepada perekrut dan mendapatkan tiket pekerjaan baru anda.

Mengapa keterampilan wajib ada di CV?

Bagian keterampilan yang tercantum dalam CV menunjukkan kepada perekrut bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi yang diiklankan.

Keterampilan yang tercantum di CV memudahkan beberapa perekrut untuk menyaring kandidat yang tepat dan dapat menemukan kandidat yang lebih baik daripada yang lain dalam waktu singkat.

Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill di CV

Jadi, Apa perbedaan antara soft skill dan hard skill?

Hard Skill

Hard Skill adalah kemampuan teknis untuk melakukan tugas-tugas rinci yang dapat dipelajari dan diukur dalam hal kemampuan.

Contohnya adalah membaca, menulis, matematika dan kemampuan menggunakan program komputer.

Soft Skill

Soft skill adalah ciri kepribadian yang membuat Anda menjadi karyawan yang baik. Contoh soft skill adalah etiket, komunikasi, kolaborasi dan mendengarkan.

Orang dengan soft skill yang baik akan mudah beradaptasi, bekerja sama, memecahkan masalah dan membuat keputusan yang baik.

Baca juga: Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill

Contoh Hard Skill dalam CV

Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill di CV

1. Skill Analisis Data

Analisis data adalah contoh skill seseorang untuk mempelajari, memperhatikan, dan memahami berbagai jenis data untuk menemukan solusi masalah bisnis.

Individu dengan data yang kuat dapat menggunakan informasi yang diperoleh ini untuk membantu perusahaan meningkatkan strateginya.

Contoh keterampilan analisis data pada CV meliputi:

  • Riset
  • Visualisasi data
  • Pengelolaan data
  • Forecasting
  • dan lain-lain.

2. Kemampuan Desain dan Pemasaran

Skill pemasaran dan desain adalah contoh skill yang selalu dibutuhkan oleh banyak organisasi.

Selain itu, dengan pergerakan yang menjadi pemasaran online, keterampilan desain dan pemasaran digital juga menjadi populer di kalangan anak muda.

Contoh keterampilan desain dan pemasaran  digital pada CV meliputi:

  • Social Media Marketing
  • Desain UI/UX
  • Desain Grafis
  • SEO
  • Copywriting
  • Adobe Photoshop
  • Adobe Premiere Pro
  • dan lainnya.

3. Skill untuk Menjalankan Komputer

Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill di CV

Saat ini, sebagian besar tugas minimal memerlukan skill komputer dasar.

Tidak dapat disangkal bahwa ada banyak pekerjaan yang terjadi di departemen teknologi informasi saat ini.

Skill komputer pada CV meliputi:

  • Microsoft Office Suite (Word, Excel, Powerpoint)
  • QuickBooks
  • Java Script
  • CSS/HTML
  • dan banyak lagi.

4. Kemampuan Teknis

Skill teknis yang mungkin ingin Anda catat di CV Anda adalah skill di bidang tertentu dan umumnya terkait dengan bidang teknik dan sains.

Kemampuan ini mengharuskan Anda menggunakan perangkat lunak atau alat untuk menyelesaikan tugas.

Contoh keterampilan teknis pada CV meliputi:

  • CAD
  • ERP
  • CRM
  • Pembuatan prototipe
  • Drafting
  • STEM
  • dan lainnya.

5. Skill Manajemen

Contoh Soft Skill dalam CV

Secara umum, skill manajemen merupakan soft ability. Tetapi mereka membutuhkan beberapa keterampilan yang sulit untuk menyelesaikan pekerjaan secara efisien.

Skill manajemen dalam CV meliputi:

  • Rekrutmen
  • Public speaking
  • Manajemen proyek
  • Negosiasi
  • Logistik, manajemen produk dan lain-lain.

Baca juga: 20+ Kesalahan Membuat CV yang Sering Dilakukan

Contoh Soft Skill dalam CV

Biasanya pelamar menuliskan technical skill atau hard skill di CV mereka, namun melupakan salah satu hal terpenting yaitu soft skill.

Padahal, menurut sebuah studi Harvard, 85% kesuksesan seseorang berasal dari soft skill dan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain, dan hanya 15% yang berasal dari pengetahuan dan keterampilan teknis atau hard skill.

1. Kemampuan Komunikasi

Keterampilan komunikasi pada CV penting karena dalam dunia kerja Anda pasti perlu berbicara dengan berbagai jenis orang, baik itu klien, konsumen, atau mitra kerja.

HRD menginginkan karyawan yang tidak hanya dapat mengomunikasikan beberapa ide mereka sendiri, tetapi juga mendengarkan pendapat orang lain dengan empati.

2. Kepemimpinan / Leadership

Contoh Soft Skill dalam CV

Soft ability untuk CV ini mengacu pada kemampuan memberikan bimbingan dan pelatihan. HRD lebih memilih kandidat dengan jiwa kepemimpinan karena:

  • ️ Kandidat dengan jiwa kepemimpinan menunjukkan lebih banyak ide dan lebih mungkin untuk berinvestasi dalam pertumbuhan perusahaan.️
  • Perusahaan dapat mempromosikan kandidat ini ke posisi yang lebih tinggi.

3. Inovatif dan Kreatif

Kreativitas adalah soft skill yang dibutuhkan dalam CV karena kemampuan ini dapat membantu perusahaan menemukan solusi inovatif untuk masalah yang ada.

Dan jika Anda ingin bekerja di perusahaan start-up, kreativitas Anda akan diuji, karena Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan ide dan memajukan perusahaan.

4. Kerjasama Tim

Contoh Soft Skill dalam CV

HRD tertarik dengan CV yang mencakup kerja tim yang baik. Dalam dunia kerja, Anda harus dapat bekerja secara efektif dengan banyak orang di sekitar Anda.

5. Pemecahan Masalah

Kemampuan pemecahan masalah sebagai kemampuan untuk berpikir dan menemukan jalan keluar.

Skill dalam CV ini akan bermanfaat bagi bisnis apa pun karena setiap pekerjaan pasti memiliki masalah yang harus diatasi.

6. Perhatian Terhadap Detail

Perhatian terhadap detail sebagai kemampuan dalam CV lain juga sangat penting.

Memperhatikan hal-hal yang terkecil sekalipun adalah hal yang membandingkan seorang kandidat dengan komitmen yang kuat dan seorang kandidat yang hanya ingin memenuhi tanggung jawabnya.

7. Kemampuan beradaptasi

Contoh Soft Skill dalam CV

Kemampuan beradaptasi CV menunjukkan seberapa baik seseorang dapat beradaptasi dengan keadaan baru.

Perusahaan dan lingkungan kerja akan terus berbeda: anggota tim baru bergabung, perubahan struktur organisasi, perusahaan dibeli atau dipasarkan, dan seterusnya.

Oleh karena itu, kemampuan beradaptasi akan terlihat sangat bagus di CV lamaran kerja Anda.

Cara Menulis Skill di CV

Bagaimana Cara Memasukan Soft Skill dalam CV? Apakah Anda tahu cara menampilkan soft skill Anda dalam CV?

Memang, penelitian menunjukkan bahwa satu dari tiga (35%) perekrut setuju bahwa soft skill adalah salah satu aspek terpenting untuk dipertimbangkan saat merekrut.

Faktanya, banyak yang menyebutkan bahwa, di samping kecocokan budaya, mereka mengubah permainan dalam hal penyaringan dan perekrutan karyawan baru.

Cara Memasukan Soft Skill dalam CV

Namun, masalahnya adalah menyatakan bahwa Anda terorganisir, pekerja keras, atau tepat waktu tidak berarti banyak jika Anda tidak dapat membuktikannya.

Bagaimanapun, akan ada banyak pencari kerja lain di luar sana yang telah membaca panduan atau nasihat karir yang sama, dan mereka tahu bahwa mereka harus mencantumkan keterampilan berharga yang dapat ditransfer di CV mereka. Namun, ini tidak berarti mereka benar-benar memilikinya.

Jadi, untuk membantu Anda berjalan dan membuktikan bahwa Anda cocok untuk posisi tersebut, kami telah menyusun panduan ini tentang cara memamerkan soft skill Anda secara efektif dalam CV.

1. Hindari Klise

Meskipun soft skill penting bagi pemberi kerja, mereka juga tidak ingin melihat CV penuh dengan klise.

Mengatakan Anda ‘berorientasi pada hasil, berada dakan tim yang bekerja dengan baik dengan orang lain, tetapi juga secara individu’ tampaknya tidak akan membuat mereka menang.

Anda perlu memotong kalimat. Ingat, CV Anda harus sesingkat dan semanis mungkin.

Membuat daftar panjang keterampilan yang samar-samar Anda miliki, bersama dengan frasa umum yang tidak berguna, menghabiskan ruang yang berharga.

2. Gunakan Deskripsi Pekerjaan

Cara Menulis Skill di CV

Sebelum Anda mulai menulis, Anda harus mulai dengan menyoroti kata kunci apa pun dalam deskripsi pekerjaan.

Ini adalah keterampilan utama yang dicari pemberi kerja. Pastikan Anda hanya mencatat keterampilan yang relevan bagi Anda; dan bahwa Anda benar-benar memilikinya.

3. Berikan Contoh

Setelah membuat daftar, Anda harus dapat menyimpannya. Itulah mengapa penting untuk memberikan contoh soft skill Anda dalam CV. Ini adalah bagian yang akan membuat Anda menonjol dari pelamar lain.

Menjelaskan bagaimana Anda telah menggunakan keahlian Anda di masa lalu dapat membantu menunjukkan bahwa Anda dapat menambahkan nilai nyata bagi perusahaan dan bisnis.

Untuk memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang apa yang kami maksud, kami telah menyiapkan beberapa contoh dari kami sendiri.

Berikut adalah beberapa keterampilan teratas yang dapat ditransfer dan bagaimana Anda dapat mendemonstrasikannya:

  1. Berpikir kritis dalam pekerjaan Customer Service: ‘Meninjau umpan balik pelanggan dan menerapkan perubahan positif untuk memastikan kepuasan pelanggan yang berkelanjutan
  2. Komunikasi dalam pekerjaan perhotelan: ‘Menerima pesanan pelanggan melalui telepon dan melalui email dan menjawab setiap pertanyaan yang mereka miliki sebelum kunjungan mereka
  3. Problem-solving dalam pekerjaan ritel: ‘Menggunakan inventory management software untuk memesan pakaian bagi pelanggan yang kecewa karena tidak dapat menemukan ukuran mereka di toko
  4. Ketepatan waktu dalam pekerjaan warehouse:Menerapkan pencatatan jam kerja baru dalam sistem untuk membantu memastikan semua orang tiba tepat waktu dan dapat pergi tepat waktu ketika shift mereka selesai
  5. Proactivity dalam pekerjaan warehouse: ‘Menata ulang ruang stok untuk memudahkan semua orang mengakses dan menambahkan label ke semua unit penyimpanan untuk memastikan efisiensi.’

4. Keterampilan Terukur

Cara Menulis Skill di CV

Seperti yang Anda lihat, memberi contoh sangat penting ketika memasukkan soft skill ke dalam CV. Tapi meski begitu, kita cenderung memahami dampak nyata dari sesuatu saat kita mengukurnya.

Untuk alasan ini, Anda harus mencoba menggunakan angka (seperti persentase atau nilai) jika Anda bisa.

Contoh keterampilan terukur yang dapat ditransfer yang dapat Anda masukkan ke dalam CV Anda bisa jadi:

  1. Customer service: ‘Menyapa 100 pelanggan setiap hari dan membantu menyelesaikan pertanyaan apa pun, yang meningkatkan peringkat kepuasan pelanggan sebesar 55% hanya dalam 6 hari
  2. Teamwork: ‘Melatih lebih dari 10 anggota staf baru dan mengatur 5 aktivitas membangun tim, membantu mereka menyelesaikan tugas sehari-hari dan menyesuaikan diri
  3. Organisation: ‘Mengoordinasikan tim saya yang terdiri dari 10 orang untuk memenuhi acara perusahaan dengan lebih dari 200 peserta, meningkatkan keuntungan acara sebesar 35% dalam setahun.

5. Skill dengan Penjelasan Lanjutan

Pola ini sebenarnya mirip dengan pola sebelumnya, tetapi ditambahkan kalimat yang menjelaskan keterampilan yang ada.

Melanjutkan informasi memberikan integritas pada keterampilan Anda dan menunjukkan kepada perekrut bagaimana keterampilan tersebut dapat bermanfaat bagi perusahaan.

Contoh skill untuk CV:

  • Contoh Skill Account Management
    Telah berhasil mengembangkan strategi untuk meningkatkan konsumen. Mengelola dan meningkatkan hubungan dengan lebih dari 50 pelanggan utama.
  • Contoh Skill Data Analis
    Memiliki pengalaman tiga tahun menggunakan Python untuk mengelola data dan memberikan wawasan kepada tim lain di perusahaan yang dapat 20% peningkatan efektivitas.
  • Contoh Skill Digital Marketing
    Menggunakan SEO dalam menulis artikel dan pengalaman dua tahun dalam beriklan di iklan Facebook dengan total pengeluaran hingga 100 juta/bulan.

6. Kombinasi dengan Pengalaman Kerja

Cara Menulis Skill di CV

Format menulis skill dalam CV ini memadukan pengalaman kerja dengan keterampilan yang ada.

Setiap butir poin mencakup pengalaman kerja dan keterampilan yang menunjukkan keterampilan kerja dan kualifikasi yang mudah diukur.

5. Pamerkan Soft Skill Anda dalam CV

Terakhir, jangan hanya menyimpan semua contoh brilian Anda untuk satu bagian. Anda bisa membuat ini di seluruh CV Anda.

Anda mungkin ingin memasukkan keterampilan terbaik Anda di profil pribadi Anda. Plus, Anda bahkan dapat menambahkan bagian ‘prestasi’ langsung di bawahnya.

Ini akan mencakup hasil apa pun yang sangat Anda banggakan. Ini akan memastikan bahwa perekrut tersibuk sekalipun melihat dampak yang dapat Anda berikan kepada perusahan mereka.

Kemudian di riwayat pekerjaan Anda, Anda dapat merujuk ke soft skill yang telah Anda gunakan di posisi sebelumnya.

Terakhir, Anda dapat memasukkannya ke dalam bagian pendidikan Anda, memberikan contoh bagaimana Anda menggunakan perangkat lunak Anda untuk mencapai nilai sekolah, perguruan tinggi atau universitas Anda.

Baca juga: 5+ Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Contoh Skill di CV Sesuai Profesi

Di bawah ini adalah daftar soft skill dan hard skill CV yang disesuaikan dengan pekerjaan lainnya, mulai dari fresh graduate hingga digital marketing sampai skill yang harus dimiliki seorang dokter.

Skill di CV untuk Akuntan

  • Analisis Data
  • Ketelitian
  • Membaca Laporan Finansial
  • Microsoft Excel
  • Perencanaan Budget

Skill dalam CV untuk Arsitek

  • Keterampilan Menggambar
  • Thinking and Reasoning
  • Detail-oriented
  • Adobe Skills
  • Perhitungan
  • Kolaborasi

Skill di CV yang harus dimiliki Administration Staff

  • Data Entry
  • Perencanaan & Penjadwalan
  • Microsoft Office
  • Mengangkat Telpon
  • Menyambut Tamu
  • Ketelitian

Keterampilan di CV untuk Customer Service

  • Kreativitas
  • Perhatian
  • Mendengarkan Secara Aktif
  • Problem-solving
  • Pengambilan Keputusan
  • Product Knowledge
  • Komunikasi

Keterampilan pada CV yang harus dimiliki Data Analis

  • SQL
  • Microsoft Excel
  • R or Phyton
  • Data Visualisation
  • Berpikir Kritis
  • Skill Presentasi
  • Machine Learning

Skill dalam CV untuk Digital Marketing

  • SEO
  • Content Marketing
  • Data Analysis
  • Facebook Ads
  • Google Ads
  • CMS
  • Kreativitas
  • Strategic Thinking

Keahlian pada CV yang harus dimiliki Dokter

  • Professional
  • Empati
  • Critical Thinking
  • Penyelesaian Masalah
  • Pengambilan Keputusan
  • Kepemimpinan, Komunikasi

Skill dalam CV untuk Grafis Desain

  • Kreativitas
  • Adobe Photoshop
  • Indesign
  • Illustrator
  • Figma
  • Branding
  • Komunikasi
  • Skill Presentasi

Keterampilan di CV untuk Guru

  • Kesabaran
  • Ketelitian
  • Critical Thinking
  • Komunikasi
  • Curriculum Development
  • Menjelaskan
  • Bertanya
  • Kreativitas

Skill di CV yang harus dimiliki seorang HRD

  • Negosiasi
  • Penyelesaian Masalah
  • Fokus
  • Multitasking
  • Kolaborasi
  • Manajemen Projek
  • Komunikasi

Keterampilan dalam CV yang harus dimiliki Kasir

  • Akurasi
  • Cash Management
  • Kredit
  • Perhitungan
  • Komunikasi
  • Kecekatan
  • Microsoft Office

Skill Komputer dalam CV

  • CAD Software : Revit, AutoCAD, Building Information Modeling
  • Pemrograman : CSS, Phyton, Java, Ruby, C++
  • CRM Software : Hubspot, Salesforce, Zoho.
  • Desain : Photoshop, Illustrator, Indesign, Premiere.

Skill dalam CV yang harus ditulis Management Trainee

  • Detail-oriented
  • Penyelesaian Masalah
  • Skill Presentasi
  • Kepemimpinan
  • Komunikasi
  • Dapat Diandalkan

Skill di CV untuk Sosial Media Manajer

  • Content Creation
  • Mengetahui Trend
  • Community Management
  • Writing Skills
  • Kreativitas
  • Strategic Planning

Skill dalam CV yang harus dimiliki seorang Fresh Graduates

  • Komunikasi
  • Organisasi
  • Bekerja Dalam Tim
  • Negorsiasi
  • Penyelesaian Masalah
  • Mudah Beradaptasi
  • Microsoft Office

Penutup

Bagi Anda yang sudah berpengalaman/ahli, Jangan terlalu banyak menuliskan keterampilan/skill Anda.

Pengalaman kerja adalah yang paling penting dan dicari di perusahaan dan merupakan bukti dari skill yang ada. Bagian skill dalam CV harus dicatat secara ringkas dan jelas.

Untuk fresh graduate dan berubah karir, saat menuliskan keterampilan untuk bekerja, Anda harus selalu menuliskan lebih banyak keterampilan karena Anda tidak memiliki pengalaman kerja yang sesuai.

Tulis keterampilan yang dapat ditransfer yang dapat digunakan untuk tugas apa pun.

Sekian artikel berjudul 55+ Contoh Soft Skill dan Hard Skill dalam CV, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!