Diplomat Adalah: Tugas, Keahlian dan Prospek Kerjanya

Diplomat Adalah: Tugas, Keahlian dan Prospek Kerjanya | Apa itu diplomat? Bagi sebuah negara, diplomat adalah orang yang berperan penting dalam melindungi kebutuhan bangsa di luar negeri.

Diplomat Adalah: Tugas, Keahlian dan Prospek Kerjanya

Menjadi diplomat seringkali menjadi pekerjaan impian banyak anak muda. Karier diplomatik sering dicita-citakan sejak jabatan sekolah dasar ke kuliah.

Ada banyak jenis diplomat dengan pangkat yang sama di bawah hukum internasional. Jajaran diplomat adalah duta besar, utusan, menteri dan kuasa usaha.

Apa itu Diplomat? Diplomat Adalah

Karir diplomat adalah seseorang yang dipilih oleh suatu negara untuk melakukan diplomasi dengan beberapa negara dalam suatu organisasi internasional.

Yang dimaksud dengan diplomat adalah orang yang terlibat dalam pelaksanaan hubungan resmi antara satu negara dengan negara lain. Kata “diplomat” berasal dari bahasa Yunani dan berarti pembawa dokumen dan memiliki arti legalisasi untuk tempat seseorang sebagai duta besar pemerintah.

Menteri luar negeri, duta besar dan pejabat diplomatik lainnya dihitung sebagai diplomat. Teknik negosiasi dan persuasi harus dikuasai oleh seorang diplomat agar proses diskusi antar negara dapat berjalan dengan baik dan mengarah pada keputusan yang menguntungkan negara yang diwakili.

Perundingan itu sendiri tidak hanya berhenti di forum-forum multilateral, beberapa diplomat juga berunding di kawasan regional dan dalam hubungan bilateral.

Bagi Anda yang hanya ingin memajukan karir, ada lima bidang khusus untuk pendidikan diplomat muda, yaitu,

  • Representing (mewakili negara)
  • Promoting (mempromosikan Merah-Putih)
  • Protecting (memastikan perlindungan rakyat negara dan kepentingan Indonesia)
  • Negotiating (menegosiasikan kepentingan Negara) dan
  • Reporting (memberikan laporan keadaan di negara akreditasi, mengubah pertemuan berhari-hari menjadi laporan yang padat konten 2-3 halaman).

Tugas Diplomat

Tugas Diplomat

Terdapat beberapa tugas yang perlu dilakukan, beberapa tugas diplomat adalah sebagai berikut:

Promoting

Tugas Diplomat pertama yaitu Promoting, Melakukan promosi ekonomi, pariwisata dan budaya di Indonesia. Artinya, hubungan dagang meningkat, investasi datang dari luar negeri, dan turis yang datang semakin banyak.

Representing

Representing merupakan Tugas Diplomat yang selanjutnya.

Tugas utama beberapa diplomat sebagai wakil negara dan pemerintahnya. Tidak hanya dalam percakapan yang resmi saja dia bisa menjadi juru bicara setiap hari, bahkan wajah resmi negara yang diwakilinya.

Protecting

Tugas Diplomat ketiga yaitu protecting.

Diplomat harus melindungi kebutuhan negara asalnya. Setiap pemerintah negara asalnya telah menguraikan tujuan nasionalnya dan beberapa diplomat akan melakukan yang terbaik untuk memastikan peraturan tersebut berjalan secara optimal

Negotiating

Negotiating merupakan Tugas Diplomat yang keempat.

Melakukan negosiasi untuk menyelesaikan masalah bilateral atau non-bilateral sampai tercapai kesepakatan, penandatangan atau perjanjian.

Reporting

Tugas Diplomat terakhir yaitu reporting.

Setelah menyelesaikan semua tugas di atas, diplomat harus menyerahkannya ke pemerintah asal, ia akan memberikan referensi dan pengamatan tentang peristiwa di negara akreditasinya.

Baca juga: Marketing Adalah: Jenis, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Keahlian Diplomat

Keahlian Diplomat

Anda perlu beberapa keahlian yang perlu dikuasai, keahlian diplomat adalah sebagai berikut:

Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi adalah kunci keberhasilan seorang diplomat. Kefasihan berbahasa Inggris, bahasa asing lain yang sering digunakan di banyak negara, seperti Prancis, Arab, atau Mandarin, adalah persyaratan yang diperlukan.

Ilmu Hukum

Sebagai perwakilan suatu negara, diplomat juga harus memiliki pengetahuan hukum dan pemerintahan, baik di negara asal maupun di negara tujuan.

Berwawasan Luas

Berwawasan luas, tidak hanya dalam masalah hukum dan pemerintahan, seorang diplomat juga harus berpikiran terbuka, karena masalah diplomasi seringkali terbentur dengan berbagai rumor politik, ekonomi, dan sebagainya.

Teknik Negosiasi

Teknik negosiasi dan persuasi harus dikuasai oleh seorang diplomat agar proses diskusi antar negara dapat berjalan dengan baik dan mengarah pada keputusan yang menguntungkan negara yang diwakili.

Perundingan itu sendiri tidak hanya berhenti di forum-forum multilateral, beberapa diplomat juga berunding di kawasan regional dan dalam hubungan bilateral

Kepribadian Diplomat

Kepribadian Diplomat

Kepribadian merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan, beberapa kepribadian diplomat adalah sebagai berikut:

  • Memecahkan masalah yang kompleks, mengidentifikasi masalah dan mendiskusikan informasi terkait dalam rencana perbaikan dan mengevaluasi opsi dan solusi yang dapat diterapkan
  • Komunikasi, Berbicara dengan orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis
  • Mendengarkan secara aktif, memperhatikan pengucapan seseorang, meluangkan waktu untuk memahami apa yang dikatakan, mengajukan pertanyaan yang tepat, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat.
  • Berpikir dan mengambil keputusan, menimbang pro dan kontra dari kemungkinan pilihan tindakan untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Baca juga: Tugas Kasir: Arti, Kewajiban, Skill, dan Tanggung Jawab

Cara Menjadi Diplomat

Banyak yang bertanya bagaimana cara menjadi diplomat, kami akan menjelaskannya sedikit disini. cara menjadi diplomat adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan Strata 1

Pendidikan Strata 1 Hubungan Internasional Sebagai langkah awal untuk menjadi diplomat.

Pendidikan ini dilakukan selama empat tahun. Selain Hubungan Internasional, diplomat dengan persyaratan lulusan dapat berasal dari ilmu hukum, ilmu politik, ekonomi atau ekonomi pembangunan, sastra (Cina, Jepang, Korea, Arab, Inggris, Prancis, Jerman, Rusia), atau komunikasi, dengan syarat Lulusan Perguruan Tinggi terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

2. Sesparlu, Sesdilu, Sesparlu

Jadi seorang diplomat. pendidikannya terdiri dari tiga tahap yaitu Sekretariat Luar Negeri untuk diplomat pertama yang berlangsung selama 6-8 bulan, Sesdilu untuk diplomat madya dan Sesparlu untuk diplomat utama yang masing-masing berlangsung selama empat bulan.

Sekdilu adalah jenjang pendidikan terlama karena di sini para calon diplomat muda Indonesia dilatih dan ditempa dari 0, Anda diberikan esensi, keterampilan dan kemampuan berdiplomasi. Materi yang diberikan juga disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan politik luar negeri yang ingin diterapkan oleh pemerintah Indonesia.

Tingkat selanjutnya adalah sekolah staf asing lanjutan atau menengah bagi para diplomat yang kembali dari penugasan luar negeri pertama mereka. Setelah menyelesaikan 2x magang, seorang diplomat menjalani Sekolah Pimpinan Luar Negeri (Sesparlu).

3. Kemampuan Bahasa Asing

Pengetahuan bahasa Inggris yang baik (lisan dan tulisan), yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL atau TOEFL prediction dengan skor minimal 550 (lima ratus lima puluh) atau skor IELTS minimal 6,5 (enam koma lima), atau bagi pelamar yang mahir dalam bidang lain bahasa asing (Arab, Cina, Rusia, Prancis, Spanyol, Jerman, Jepang dan Korea) yang ditunjukkan oleh sertifikat bahasa asing ini (berbasis institut) dengan skor minimum TOEFL 550.

Prospek Kerja Diplomat

Peluang kerja sebagai diplomat terbuka karena:

Diplomat memegang peranan penting dalam pelaksanaan politik luar negeri Indonesia

Seorang diplomat bukan hanya sekedar representasi negara sebagai seniman politik luar negeri (foreign policy), karena diplomat memiliki peran untuk mempresentasikan regulasi politik luar negeri yang diterapkan oleh negaranya.

Seorang diplomat adalah kunci keberhasilan dalam diplomasi antar negara. Anda perlu tidak hanya menyelesaikan rumor yang muncul, tetapi juga mempertimbangkan masalah yang akan muncul di masa depan.

Seorang diplomat harus memiliki kemampuan komunikasi dan persuasi yang baik untuk mencapai tujuan atau kesepakatan yang diinginkan.

Dimana Diplomat Bekerja?

Dimana Diplomat Bekerja?

Seorang diplomat bekerja di Kementerian Luar Negeri (KEMENLU), di kedutaan negara dan lembaga pemerintah.

Seorang diplomat Indonesia tidak hanya harus cerdas, tetapi juga memiliki semangat juang yang tinggi, memiliki kepribadian yang kuat dan tangguh, serta siap ditempatkan di 132 perwakilan Indonesia dari Kabul hingga Kuala Lumpur, dari Tashkent hingga Wina dan Jenewa.

Karir diplomatik sendiri dimulai dari Diplomat Pertama dengan status paling rendah hingga Diplomat utama dengan status tertinggi.

Masing-masing jabatan diplomatik memiliki tugas tersendiri, sebagaimana dijelaskan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait dengan jabatan fungsional diplomat, yaitu:

  1. Diplomat ahli pertama. Terbagi atas Atase dan Sekretaris III.
  2. Diplomat ahli muda. Terbagi menjadi Sekretaris II dan Sekretaris I.
  3. Diplomat Ahli Madya. Dibagi menjadi Counsellor, Minister Counsellor dan Minister.
  4. Diplomat ahli utama. Tingkat tertinggi seorang diplomat, umumnya membawahi perwakilan negara atau duta besar.

Penutup

Nantinya, beberapa diplomat akan melakukan lima tugas utama sebagai perwakilan Indonesia di luar negeri, yakni representing, protecting, negotiating, promoting, dan reporting.

  • Representing adalah peran menjadi wakil Indonesia di negara tujuan.
  • Protecting adalah tugas untuk melindungi warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri.
  • Negotiating sebagai kemampuan untuk bernegosiasi.
  • Promoting adalah tugas untuk mempromosikan Indonesia.
  • Selain itu, Reporting kegiatan yang dilakukan ke negara asal dilakukan secara singkat, padat dan jelas.

Sekian artikel berjudul Diplomat Adalah: Tugas, Keahlian dan Prospek Kerjanya, semoga bermanfaat,

Apa gelar diplomat?

Diplomat adalah jabatan yang memiliki ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan diplomatik di lingkungan Kementerian Luar Negeri dan perwakilan Republik Indonesia. Karier diplomatik dibagi menjadi beberapa klasifikasi, dari atase hingga duta besar

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!