20+ Usaha Sampingan yang Menjanjikan

20+ Usaha Sampingan yang Menjanjikan | Usaha sampingan itu sendiri memiliki arti pekerjaan yang dilakukan di antara tugas-tugas tertentu, tanpa meremehkan tugas utama itu.

Jika Anda seorang karyawan, menjalankan bisnis sampingan bukanlah hal yang mustahil. Bahkan jika Anda memiliki jadwal kerja yang sibuk, ada sejumlah pekerjaan serabutan yang dapat Anda lakukan yang akan memberi Anda keuntungan.

Mengapa Harus Memulai Usaha Sampingan?

Mengapa Harus Memulai Usaha Sampingan?

Bisnis sampingan memang menarik. Secara umum, tidak boleh ada syarat untuk tidak berhasil dalam bisnis ini karena ini hanya usaha sampingan atau penghasilan tambahan.

Di bawah ini adalah alasan utama mengapa Anda harus mencoba usaha sampingan sebagai penghasilan tambahan.

1. Ini Dimulai dengan Ide Bagus dan Kemampuan Unik

Secara umum, perusahaan besar yang sangat populer di dunia saat ini dimulai dengan usaha sampingan, yang disebut buah dari ide yang bagus, dan kemampuan serta keterampilan dalam implementasi ide tersebut.

Ada lebih sedikit persaingan dan peluang sukses yang lebih besar ketika ide Anda unik dan tidak ada orang lain yang memilikinya. Anda hanya perlu memikirkan strategi untuk mengubah ide menjadi kenyataan.

2. Peluang Pasar Masih Terbuka Lebar

Jangan bingung ketika memulai usaha sampingan. Jika Anda seseorang yang berinovasi, maka semua ini bisa menjadi bisnis sampingan. Pastikan bisnis yang akan Anda buka, baik itu barang atau jasa, benar-benar siap dibeli.

Agar bisnis berjalan sesuai rencana, pikirkan kompetisi nanti. Lakukan polling kecil-kecilan untuk pendapat masyarakat, atau Anda bisa memulainya dari orang-orang terdekat tentang ide produk Anda.

3. Butuh Uang Tambahan

Bukti-bukti yang ada pada pekerja kantoran seperti rincian di atas, yaitu upah yang terbatas tetapi mereka memiliki waktu luang, membuat usaha sampingan karyawan menjadi tren baru yang sedang berkembang.

Memiliki bisnis sampingan dapat menambah kekayaan untuk memenuhi tuntutan hidup. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, uang ekstra tersebut juga bisa digunakan untuk tabungan masa depan Anda dan keluarga.

4. Persiapan Pensiun

Bagi pegawai swasta, pemikiran tentang bekal pensiun sangatlah penting. Dengan adanya prospek usaha sampingan, ide tersebut lebih mudah diterima karena akan membantu Anda di masa tua nanti.

Anda bisa menjadikan usaha sampingan ini sebagai penyambung hidup atau sekedar mengisi kegiatan pensiun. Masalahnya, aktivitas sehari-hari di masa pensiun diperlukan untuk menjaga kesehatan Anda.

5. Presentasi diri

Ketika pekerjaan terhenti dan Anda terjebak menyelesaikan tugas di kantor atau Anda merasa pekerjaan kantor saat ini tidak sesuai dengan semangat Anda, usaha sampingan dapat mengajarkan Anda beberapa hal yang tidak dapat Anda dapatkan sebagai pekerja kantoran.

Proses ini disebut perwujudan diri, namun harus diingat bahwa terkadang pelajaran tersebut berasal dari kegagalan. Namun, jangan takut tidak berhasil, karena kegagalan sebenarnya adalah awal dari kesuksesan.

Baca juga: 10+ Contoh Usaha Jasa, Jenis dan Penjelasannya

Apa saja Usaha Sampingan di Desa?

Bisnis sampingan di desa yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Reseller

Usaha Sampingan di Desa Reseller

Apakah Anda ingin mendirikan usaha sampingan di desa, tetapi tidak memiliki modal yang cukup? Jika demikian, Anda harus mencoba menjadi reseller produk.

Sekarang sudah banyak bisnis yang mengambil agen reseller. Anda cukup membeli stok barang dengan harga terjangkau lalu menjualnya kembali sesuai harga Anda.

Reseller memiliki peluang bisnis sampingan yang menarik, karena modal sedikit. Jadi anda tidak perlu takut rugi besar saat praktek menjalankan bisnis tanpa modal.

Bisa dibilang, reseller bisa dianggap sebagai ide bisnis rumahan lho.

Estimasi keuntungan:

Tergantung persentase bagi hasil yang ditetapkan penjual. Sebagai aturan, pemasok memutuskan komisi 10-30%. Dengan persentase komisi standar tersebut, pendapatan reseller bisa mencapai Rp 1 juta hingga Rp 3 juta/bulan.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Penyedia produk paling tepercaya
  • Website toko online
  • Akun Media Sosial
  • Akun Ecommerce

Cara Usaha Sampingan Reseller:

  • Melakukan riset pasar
  • Gunakan hasil riset pasar untuk menentukan produk mana yang banyak diminati
  • Tetapkan margin keuntungan untuk menentukan harga jual
  • Buat website toko online, reseller media sosial, dan akun ecommerce sebagai saluran pemasaran
  • Unggah foto produk ke saluran pemasaran
  • Jalankan promosi di seluruh web dan media sosial

2. Bisnis PPOB (Pulsa, Listrik, Kuota, Dll)

Ide usaha sampingan di desa yang bisa kamu lakukan sambil bekerja adalah bisnis PPOB. Target pasar khusus untuk bisnis ini adalah karyawan di tempat kerja.

Anda tidak membutuhkan dana jutaan untuk memulai bisnis PPOB. Anda awalnya dapat membeli deposit pinjaman dari Rp 200.000 menjadi Rp 300.000.

Salah satu kendala terbesar bisnis ini adalah utang yang menumpuk di antara konsumen. Hal ini menghambat pergerakan siklus keuangan di perusahaan.

Tidak mengherankan jika beberapa orang yang tidak menguntungkan terjun ke bisnis ini. Persiapkan taktik pemasaran yang tepat untuk mencegah hal tersebut.

Anda dapat membaca panduan memulai bisnis PPOB untuk memberikan setidaknya gambaran tentang bisnis ini.

Estimasi keuntungan:

Tergantung pada margin keuntungan yang Anda tentukan. Setidaknya anda bisa menghasilkan jutaan rupiah/bulan.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Produsen PPOD yang terpercaya
  • Smartphone
  • Kuota

Cara Usaha Sampingan PPOD:

  1. Daftar di produsen PPOD yang anda percaya
  2. Siapkan kuota
  3. Lakukan transaksi

3. Jasa Jual Beli Motor Bekas

Usaha Sampingan di Desa Jasa Jual Beli Motor Bekas

Sepeda motor masih memiliki harga jual kembali yang cukup baik. Usaha sampingan sepeda motor bebas memiliki prospek cerah. Jika Anda tertarik dengan dunia otomotif, cobalah untuk memulai bisnis ini.

Sebagai permulaan, Anda tidak perlu menyimpan banyak sepeda sisa. Anda dapat membantu orang yang ingin menjual kendaraannya.

Jika usaha sampingan di desa Anda berjalan lancar, Anda dapat membeli sisa stok sepeda motor bekas. Gunakan iklan di media sosial atau tempatkan di online shop untuk menarik konsumen.

Baca juga: 15 Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM) Menjanjikan

Apa saja Usaha Sampingan di Rumah Modal Kecil?

Bisnis sampingan di rumah dengan modal kecil yang bisa anda lakukan yaitu:

1. Bisnis Online

Jika Anda membutuhkan penghasilan tambahan yang besar, membuka bisnis online bisa menjadi alternatif usaha sampingan di rumah modal kecil. Selain fleksibilitasnya, bisnis online bisa menjadi pilihan sampingan bagi karyawan yang bermodal kecil.

Ketika Anda memulai bisnis online, Anda tidak memerlukan sewa toko. Anda cukup membuat webshop online.

Jadi Anda tidak membutuhkan banyak modal untuk menyewa toko fisik.

Situs web tidak hanya memberi Anda kendali penuh atas iklan produk dan konten promosi dengan modal lebih sedikit. Anda juga dapat melayani pelanggan setia 24/7 dengan fitur shopping chart dan payment gateway.

Sudah banyak yang berhasil karena bisnis online di internet. Salah satunya Yoyok Rubiantono, pemilik PT Yoshugi Media Group. Websitenya sukses menjual pot hingga penjualan milyaran rupiah!

Tidak hanya Yoyok yang bisa memanfaatkan peluang bisnis online dari internet. Anda juga bisa melakukannya. Karena peluang usaha sampingan di rumah dari bisnis online cukup luas.

Bahkan, riset Statista memprediksi pendapatan bisnis online di Indonesia akan terus tumbuh hingga tahun 2025.

Estimasi keuntungan:

Tergantung relasi toko online, apakah kecil, sedang atau besar. Namun, Anda bisa mengantongi minimal Rp 5 juta/bulan.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Produk
  • Sasaran pasar
  • Hosting dan domain
  • Website
  • Sosial Media
  • Keterampilan pemasaran dan branding

Cara Usaha Sampingan Bisnis Online:

  1. Buat branding toko online Anda.
  2. Mulailah dengan membeli hosting dan domain.
  3. Buat web store online. Bergantung pada kebutuhan toko online Anda.
  4. Unggah semua foto produk di situs pesanan Anda.

2. Jual Barang Bekas secara Online

Usaha Sampingan di Rumah Modal Kecil Jual Barang Bekas secara Online

Ada peluang usaha sampingan di rumah lainnya untuk anda yang sering luput dari perhatian, yaitu menjual sisa barang secara online. Tidak yakin?

Menurut data dari ThredUp, pasar barang bekas online tumbuh sebesar 69% dari 2019 hingga 2021. Peluangnya bahkan melampaui pasar ritel.

Jadi jangan ragu. Setelah bekerja, lihat ke dalam rumah dan kumpulkan sisa barang. Siapa sangka Anda bisa mendapat penghasilan besar dari bisnis sampingan ini tanpa modal.

Jika Anda tidak memiliki sisa barang, Anda dapat mencoba membeli pakaian sisa grosir dalam bentuk karungan. Jadi Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari usaha sampingan di rumah dengan modal kecil.

Estimasi penjualan:

Berdasarkan data Carousell yang tercatat Republika, rata-rata penjual barang bekas bisa mendapatkan Rp7 juta per bulan.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Beberapa barang sisa
  • Kamera
  • Akun di platform penjualan barang bekas

Cara Usaha Sampingan Jual beli barang bekas:

  • Tentukan platform untuk memasarkan sisa barang secara online. Misalnya OLX, Carousell atau Instagram.
  • Foto sisa barang bekas Anda dengan gambar yang jelas dan berkualitas tinggi.
  • Simpan deskripsi yang tepat tentang kondisi barang bekas yang ada. Contoh: “Baru dipakai 2 kali, ada robekan kecil di bagian belakang sepatu”
  • Unggah foto sisa barang bekas secara online.

3. Dropshipper

Jika reseller masih terlalu riskan untuk dijadikan usaha sampingan di rumah, Anda bisa mencoba menjadi dropshipper. Dropshipper adalah ide yang tepat untuk mencoba bisnis sambilan tanpa modal.

Ketika Anda menjadi dropshipper, Anda tidak perlu membayar untuk membeli inventaris produk. Karena Anda cukup menjual produk yang dimiliki oleh pabrikan. Kemudian produsen mengirimkan produk ke konsumen.

Setelah itu, sebagian besar perusahaan dropshipping menggunakan produk tanpa merek. Dengan demikian, Anda juga dapat menyesuaikan merek Anda sendiri untuk produk dropship.

Jadi Anda tidak perlu bersusah payah membuat produk sendiri. Cukup untuk menghemat modal bukan?

Estimasi keuntungan:

Tergantung pada margin keuntungan yang Anda tentukan. Setidaknya anda bisa menghasilkan jutaan rupiah/bulan.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Produk dari produsen berkualitas.
  • Pahami langkah dan strategi menjadi dropshipper
  • Saluran pemasaran seperti WhatsApp, Instagram atau web

Cara Usaha Sampingan Dropshipper:

  • Riset pasar
  • Tentukan produk yang sering diminta oleh target pasar
  • Mencari produsen berkualitas
  • Tentukan harga untuk penjualan
  • Posting foto produk di semua saluran pemasaran
  • Respon cepat terhadap pesan produk ke produsen saat pesanan diterima

4. Jasa Cuti Motor

Usaha Sampingan di Rumah Modal Kecil Jasa Cuti Motor

Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan oleh warga. Tahukah Anda bahwa angka ini merupakan peluang bisnis yang menarik?

Anda bisa membuka usaha cuci motor di tempat tinggal Anda. Modal yang dibutuhkan tidak banyak.

Siapkan modal awal sekitar Rp 2.000.000. Modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan seperti sabun, kompresor, selang, handuk dan lain-lain.

Baca juga: 35 Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Kebutuhan

Apa saja Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga?

Bisnis sampingan ibu rumah tangga yang bisa anda coba yaitu:

1. Lakukan Warkop

Ide usaha sampingan ibu rumah tangga adalah membuat warkop sederhana. Usaha ini sangat cocok dijalankan di tempat yang sibuk dan vital.

Misalnya di dekat kawasan industri atau di kawasan pemukiman. Kafe umumnya menawarkan berbagai jenis minuman dan makanan seperti gorengan dan mie instan.

Sasaran pemasaran khusus untuk bisnis kedai kopi ini adalah karyawan di seluruh tempat. Modal yang dibutuhkan tidak begitu besar mengingat menu yang disiapkan juga tidak banyak.

2. Jual Kue

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Jual Kue

Menjalankan bisnis di bidang kuliner tidak pernah salah jika Anda bisa mengelolanya dengan baik. Jika Anda atau istri Anda memiliki keterampilan membuat makanan ringan atau kue, Anda bisa mencoba menjualnya.

Ada berbagai jenis kue yang bisa Anda jual, baik kue kering maupun kue basah. Pasarkan produk makanan ini ke rekan kerja.

Untuk menghasilkan pendapatan, Anda juga bisa membuka order untuk acara kantor. Untuk toko kue, jumlah pesanan umumnya akan meningkat mendekati hari raya.

Anda bisa membaca artikel Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini untuk menambah rekomendasi Anda dalam memulai usaha sampingan ibu rumah tangga ini.

3. Jual Makanan untuk Sarapan

Beberapa karyawan sering berbelanja untuk sarapan di luar daripada menyiapkannya di rumah. Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk memulai usaha sampingan ibu rumah tangga.

Cobalah menjual berbagai makanan untuk sarapan. Tentu saja, target pemasaran khusus untuk bisnis ini adalah karyawan Anda.

Anda sudah bisa membuka pesanan sarapan dari hari kemarin. Kemudian Anda membeli atau mengolah bahan makanan di pagi hari sebelum suami berangkat kerja.

Untuk memudahkan anda berjualan sembako secara online, bisa menggunakan WhatsApp.

Tugasnya adalah mengubah nomor Anda menjadi tautan, sehingga pelanggan Anda tidak perlu menulis nomor WhatsApp anda nanti, mereka cukup mengklik tautan tersebut.

Estimasi keuntungan:

Tergantung pada margin keuntungan yang Anda tentukan. Setidaknya anda bisa menghasilkan jutaan rupiah/bulan.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Bahan-bahan
  • Tempat usaha
  • Sarana promosi
  • Peralatan makan

Cara Usaha Sampingan Jual Makanan untuk Sarapan:

  1. Memasak makanan yang akan dijual
  2. Menyiapkan makanan di tempat usaha
  3. Melakukan promosi

Apa saja Usaha Sampingan Karyawan Sibuk?

Berikut ini kami sajikan bisnis sampingan karyawan yang bisa dijalankan dengan modal kecil atau tanpa modal. Setelah itu, tentukan apa yang terbaik untuk Anda.

1. Blogger

Usaha Sampingan Karyawan Sibuk Blogger

Apakah Anda sering menulis sebagai sarana untuk melepas lelah? Atau apakah Anda memiliki kemampuan untuk menulis tentang tema tertentu? Jika demikian, Anda dapat mulai membuat blog.

Saat Anda pulang kerja, Anda dapat secara teratur menuliskan ide-ide Anda dalam bentuk konten web. Jangan salah, beberapa konten yang Anda tulis bisa menghasilkan uang.

Bahkan, sudah banyak blogger Indonesia yang berhasil meraup untung besar dari websitenya. Misalnya blogger Irwan Banaran yang fokus pada topik otomotif. Melalui websitenya, Irwan mendapat banyak uang dari merek-merek sepeda motor karena menulis detail sepeda motor.

Estimasi keuntungan:

Anda bisa mendapatkan mulai dari Rp 150.000 hingga jutaan Rupiah per kerjasama dengan brand. Angka penghasilan bergantung pada langkah monetisasi. Misalnya menulis konten bersponsor, memasang iklan dan sistem kemitraan.

Apakah Anda ingin mendapatkan penghasilan usaha sampingan karyawan dari situs web? anda dapat mencobanya. Tapi bukan hanya menulis. Ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Situs web berdasarkan minat Anda. Misalnya konsentrasi pada topik otomotif atau teknologi.
  • Platform pembuatan website. Misalnya Blogspot atau WordPress.
  • Selami strategi SEO untuk konten situs web. Yaitu, agar konten mendapat peringkat di halaman pertama hasil pencarian Google dan mendapat trafik yang tinggi.

Cara Usaha Sampingan Blogger:

  • Membuat situs web.
  • Pembuatan konten yang sama sesuai konsentrasi niche yang dipilih
  • Terapkan strategi SEO untuk membuat situs web Anda muncul di mesin pencari
  • Gunakan berbagai langkah monetisasi situs web. Mulai dari kolaborasi konten dengan brand, penempatan iklan, afiliasi, Google AdSense.

2. Youtuber

Kemungkinan Anda memiliki banyak waktu kosong. Lalu menurut Anda ide bisnis apa yang mudah diterapkan untuk pekerja dengan banyak waktu kosong? Menjadi kreator sebagai YouTuber adalah sebuah pilihan.

Gunakan waktu luang Anda untuk membuat video YouTube secara rutin. Tidak masalah, Anda bisa mulai menampilkan kutipan video lucu, kutipan informatif, atau mengomentari acara olahraga.

Jangan salah paham, banyak YouTuber yang sukses dengan konten sederhana seperti itu. Contohnya Reza Arap. Dia memulai karir dubbing suara karakter permainan di YouTube-nya.

Estimasi keuntungan:

YouTuber pemula bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp 245.000 untuk 1.000 penayangan. Bayangkan pemirsa Anda mencapai 1 juta. Pasti penghasilan lebih.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Kamera untuk merekam video. Tidak harus mahal kok bisa hanya menggunakan kamera smartphone saja.
  • Klip video dari internet
  • Mikrofon terhubung ke kamera
  • Sebuah tripod untuk menopang kamera
  • Akun YouTube
  • Konsentrasi topik. Misalnya kecantikan, teknologi atau bisnis.
  • Konsisten saat membuat konten video

Cara Usaha Sampingan Youtuber:

  • Lakukan riset kata kunci sesuai dengan audiens yang Anda targetkan. Katakanlah Anda fokus pada topik panduan make-up. Sepertinya banyak penonton yang mencari tutorial make up natural. Kemudian Anda dapat membuat konten untuk masalah ini.
  • Buat konten video berkualitas tinggi. Misalnya konten edukasi dengan gambar dan suara yang jernih. Kemudian unggah secara konsisten.
  • Bekerja pada optimasi SEO saluran YouTube. Ini berarti konten dan saluran YouTube Anda dapat diberi peringkat berdasarkan hasil pencarian. Sehingga viewer semakin meningkat.
  • Nah, setelah penonton konten Anda bertambah, lakukan monetisasi konten. Caranya bisa bermacam-macam, mulai dari Google AdSense, bergabung dengan program afiliasi, mendapatkan rekomendasi produk, hingga membayar review produk.

3. Podcaster

Usaha Sampingan Karyawan Sibuk Podcaster

Apakah Anda senang mengomentari situasi tertentu? Atau apakah Anda suka bernegosiasi tentang topik tertentu? Jangan biarkan hobi Anda sia-sia. Cukup rekam dan unggah sebagai podcast.

Kamu bisa menjadikan podcaster sebagai usaha sampingan karyawan tanpa modal lho, banyak juga peluang jika dijadikan pekerjaan sampingan karyawan. Tidak yakin?

Berdasarkan data Daily Social, 80,82% masyarakat Indonesia telah mendengarkan podcast dalam enam bulan terakhir. 70% dari mereka memilih podcast karena kontennya yang menarik.

Nah, untuk memanfaatkan peluang pendengar podcast menjadi uang, baca dulu langkah-langkah di bawah ini.

Estimasi keuntungan:

Bergantung pada jumlah pemirsa dari iklan Anda atau konten kolaborasi Anda. Anda mendapatkan $18 atau Rp 256.000 per 1.000 penonton.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Mikropon
  • Komputer
  • Webcam atau kamera
  • Akun Podcast
  • Alat penjernih suara atau pop filter

Cara Usaha Sampingan Podcaster:

  • Tentukan topik utama podcast Anda. Misalnya memperdalam pola hidup sehat. Anda kemudian dapat berkonsentrasi pada topik diet sehat.
  • Bergantung pada topiknya, siapkan konten yang sesuai untuk setiap adegan. Misalnya Anda membuat konten tentang panduan diet keto.
  • Atur durasi setiap adegan. Berdasarkan data dari Katadata, rata-rata 26,6% pendengar podcast mendengarkan podcast dengan durasi antara 5 menit hingga 30 menit.
  • Rekam dan konversi podcast Anda. Kemudian unggah ketika jam dengan pendengar tinggi. Berdasarkan data Daily Social, jam paling efektif adalah pukul 21.00 WIB.
  • Jangan lupa untuk mempromosikan podcast Anda. Setelah penayangan meningkat, uangkan podcast Anda dengan menerima iklan bersponsor, uangkan akun podcast Anda, dan buat konten eksklusif sebagai hasil kolaborasi.

4. Jual Stok Foto Secara Online

Mungkin Anda sering mengambil foto objek dengan sudut yang menarik di sela-sela pekerjaan. Jangan salah, foto yang diambil juga bisa untuk usaha sampingan karyawan tanpa modal seperti ide usaha kecil menengah lho.

Anda tidak hanya mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi Anda juga dapat mulai membangun portofolio online sebagai seorang fotografer. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan tawaran kerjasama dari pihak lain. Penghasilan tambahan juga meningkat.

Namun, foto yang Anda jual tidak boleh asal-asalan. Untuk laku baca dulu cara berikut ini.

Estimasi keuntungan:

Penghasilan tergantung pada platform yang Anda gunakan. Namun, Anda bisa mendapatkan setidaknya $1 per foto.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Kamera
  • Konsistensi mengunggah foto
  • Editor gambar

Cara Usaha Sampingan Jual Stok foto online:

  • Tentukan ceruk pasar Anda. Misalnya, memotret objek, alam, atau ide bisnis makanan secara acak.
  • Ambil foto yang sesuai dengan niche Anda. Jangan hanya asal foto. Bekerja dari sudut yang menarik. Jika perlu, edit foto untuk membuat gambar lebih menarik.
  • Unggah foto ke platform penjualan foto online.
  • Hubungkan atau tempatkan URL akun platform untuk penjualan foto online dengan media sosial Anda.
  • Optimasi gambar SEO untuk membuat foto Anda muncul di hasil pencarian.

5. Program Afiliasi

Usaha Sampingan Karyawan Sibuk Program Afiliasi

Kemungkinan besar, pekerjaan memberi Anda keterampilan pemasaran. Jika demikian, bergabung dengan program afiliasi bisa menjadi ide usaha sampingan karyawan yang tepat untuk Anda.

Program afiliasi adalah program di mana Anda menjual produk tertentu dan menerima komisi dari penjualannya.

Pada umumnya kegiatan pemasaran dengan promo banner kupon dapat dilakukan di beberapa media sosial.

Mulai dari internet hingga Instagram hingga YouTube. Jika seseorang melakukan pembelian menggunakan link anda, Anda akan segera menerima komisi.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang memiliki program afiliasi. Beberapa diantaranya adalah Matahari Mall, Lazada, Zalora dan Tokopedia.

Estimasi keuntungan:

Sekitar 10% hingga 50% berasal dari pemasaran, bahkan lebih. Artinya, pendapatannya bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta.

Besaran komisi tiap orang berbeda-beda. Semakin banyak promosi Anda, semakin banyak pula pelanggan Anda. Semakin banyak dan meningkat komisi Anda.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Produk dengan kualitas bagus yang sama sesuai dengan minat Anda
  • Pengetahuan produk
  • Kemampuan Promosi Produk

Cara Usaha Sampingan afiliasi:

  • Temukan program afiliasi yang Anda sukai dan selesaikan proses pendaftarannya. Misalnya fokus di bagian web, ikut program afiliasi hosting dan domain.
  • Tentukan produk yang menginspirasi Anda.
  • Promosikan kupon dan tautan dari program afiliasi di media sosial Anda.

6. Freelancer

Apakah Anda memiliki banyak keterampilan yang lebih dari satu spesialis tugas? Misalnya menulis, desain grafis, bahkan pemrograman. Anda kemudian dapat mengambil pekerjaan lepas sebagai usaha sampingan karyawan.

Bekerja secara freelance atau mandiri ternyata bisa menjadi bisnis sampingan yang potensial lho. Darimana?

Sebagai pekerja lepas, Anda memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam menerima proyek dan mengatur waktu penyelesaiannya. Jadi ada peluang untuk mengerjakan lebih dari satu proyek.

Estimasi keuntungan:

Tergantung pada sifat tugas dan jumlah proyek yang diambil. Berdasarkan data Indeed, pendapatan rata-rata pekerja lepas Indonesia mencapai Rp 3,5 juta per bulan.

Tunggu dulu, lalu bagaimana triknya mencari klien? Tidak ada alasan untuk khawatir. Sekarang mencari klien bukanlah hal yang sulit.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Peralatan sesuai dengan kemampuan Anda. Misalnya netbook, Adobe Photoshop dan kamera.
  • Portofolio untuk membangun kepercayaan pelanggan. Misalnya proyek yang sudah selesai.
  • Draft surat perjanjian kerjasama dengan klien
  • Alat untuk membuat invoice kepada pelanggan.

Cara Usaha Sampingan freelancer:

  • Tentukan keterampilan yang ingin Anda jual
  • Riset pasar untuk menentukan target pelanggan
  • Cari situs web freelancer paling tepercaya untuk pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan keterampilan dan tujuan klien Anda.
  • Agar keahlian Anda ditemukan, buatlah promo. Caranya adalah dengan membuat portofolio online dan mempromosikannya di media sosial.

7. Jual E-book

Usaha Sampingan Karyawan Sibuk Jual E-book

Jika Anda memiliki kemampuan untuk menulis buku, menulis e-book mungkin merupakan ide bisnis yang cocok untuk usaha sampingan karyawan.

Cobalah untuk menulis tentang topik yang dekat dengan hati Anda di waktu luang Anda. Bisa juga setelah pulang kerja. Kemudian kumpulkan apa yang telah Anda tulis dalam bentuk e-book.

Estimasi keuntungan:

Tergantung pada harga yang Anda kutip. Misalnya Anda memilih harga Rp 20.000 per download. Artinya keuntungannya adalah jumlah download dikalikan harga, kemudian dikurangi biaya pembuatan e-book.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Program pembuatan e-book. Misalnya seperti Calibre.
  • Foto atau ilustrasi digital pendukung.
  • Program desain grafis untuk membuat desain sampul

Cara Usaha Sampingan jual E-book:

  • Menentukan fokus topik
  • Tentukan sasaran audiens
  • Buat outline untuk pembahasan ebook
  • Riset isi e-book
  • Tulis dan desain e-book
  • Jual e-book di web itu sendiri atau di platform lain. Misalnya Karyavirtual.com, Amazon.com atau Google Play.

8. Jual Produk Digital

Apakah hobi Anda melakukan hal-hal secara digital di waktu luang Anda? Misalnya filter foto, software, program hingga template presentasi. Jika demikian, bisnis digital bisa menjadi pilihan usaha sampingan karyawan.

Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif dengan menjual produk digital. Apalagi penghasilan dihasilkan tanpa harus khawatir dengan strategi seperti membuka bisnis online.

Estimasi keuntungan:

Tergantung produk yang Anda jual dan harga yang Anda tetapkan. Tapi setidaknya Anda bisa mendapatkan jutaan rupiah/bulan.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Produk digital untuk dipasarkan. Misalnya filter foto, software, program atau template presentasi.
  • Platform penjualan. Misalnya, web atau platform online untuk produk tertentu.

Cara Usaha Sampingan Jual Produk digital:

  • Menganalisa karakter target pasar. Misalkan Anda ingin menjual produk kepada orang-orang yang menyukai media sosial. Berdasarkan penelitian, mereka membutuhkan filter foto aesthetic yang murah.
  • Menentukan produk. Berdasarkan riset pasar, jual filter foto paling menjanjikan.
  • Tetapkan harga untuk penjualan produk digital.
  • Menjual produk berdasarkan platform. Misalnya, mereka membuat filter foto dan kemudian menjualnya di platform online, web, atau media sosial.

9. Menjadi Influencer

Usaha Sampingan Karyawan Sibuk Menjadi Influencer

Apakah Anda sering bermain media sosial? Coba gunakan waktu media sosial Anda untuk memulai usaha sampingan karyawan sebagai influencer.

Nantinya Anda akan mempromosikan produk tersebut ke followers media sosial Anda. Misalnya, Anda baru saja membeli produk perawatan kulit. Anda akan membuat review dalam bentuk IG story.

Siapa tahu brand yang Anda promosikan akan menghubungi Anda. Kemudian Anda akan dibawa kerjasama berupa rekomendasi produk. Cukup kan untuk menambah penghasilan Anda?

Estimasi keuntungan:

Berdasarkan data dari GetCraft, pemula atau micro-influencer bisa mendapatkan hingga Rp 1 juta per 1.659 konten jangkauan.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Akun Media Sosial. Misalnya Instagram atau YouTube.
  • Konsentrasi ceruk/niche
  • Personal branding
  • Strategi untuk mengoptimalkan media sosial

Cara Usaha Sampingan menjadi Infliencer:

  1. Tentukan niche Anda. Misalnya, pilih konsentrasi di area kecantikan.
  2. Buat personal branding yang sesuai dengan niche Anda. Jika Anda memilih bagian kecantikan, Anda dapat memposting konten seputar panduan tata rias dan ulasan perawatan kulit. bekerja dengan konsisten.
  3. Bekerja pada optimasi media sosial. Caranya adalah dengan meningkatkan engagement dengan konten interaktif. Kemudian buat bio tentang menerima kerjasama dengan brand.

Apakah Memulai Usaha Sampingan Sulit?

Anda bisa mulai mempertimbangkan peluang usaha sampingan yang bisa Anda tentukan. Caranya adalah dengan memperhatikan apa saja yang perlu dipersiapkan, beberapa langkah untuk memulai, dan perkiraan penghasilan.

Setelah membaca artikel ini, bisnis sampingan bukanlah hal yang sulit. Apalagi jika peluang usaha sampingan karyawan cukup luas.

Siapa yang tidak menginginkan itu? Jadi jangan ragu, ayo mulai bisnis paruh waktu yang cocok untuk Anda!

Sekian artikel berjudul 20+ Usaha Sampingan yang Menjanjikan, semoga bermanfaat.