Jurusan Administrasi Publik Kerja Apa? ini 12+ Prospek Kerjanya

Jurusan Administrasi Publik Kerja Apa? ini 12+ Prospek Kerjanya | Jurusan administrasi publik memberikan kesempatan bagi Anda untuk mempelajari lembaga-lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif.

Di jurusan ini, Anda akan belajar tentang audiens, termasuk regulasi audiens dan pengelolaan audiens.

Sebagai salah satu jalur perguruan tinggi yang populer, administrasi publik memiliki prospek karir yang menjanjikan.

Apa itu Jurusan Administrasi Publik?

Jurusan ini mempelajari tentang pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, dan aset dalam organisasi publik seperti pemerintahan, lembaga non-profit, dan sektor swasta.

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan belajar tentang prinsip-prinsip administrasi publik, teori dan praktik manajemen, serta aspek-aspek hukum dan politik yang terkait dengan administrasi publik.

Mahasiswa juga akan belajar bagaimana mengatur dan mengelola organisasi secara efektif, serta cara memecahkan masalah-masalah yang muncul dalam administrasi publik.

Jurusan Administrasi Publik Kerja Apa?

Jurusan administrasi publik adalah salah satu jurusan perguruan tinggi yang mempelajari tentang lembaga-lembaga pemerintahan, seperti lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif.

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan belajar tentang berbagai aspek yang terkait dengan administrasi publik, termasuk regulasi, pengelolaan sumber daya, dan manajemen kebijakan publik.

Lulusan jurusan administrasi publik memiliki berbagai prospek kerja, diantaranya:

1. Jurnalis di Bidang Politik dan Pemerintahan

Jurusan Administrasi Publik Kerja Apa? Jurnalis di Bidang Politik dan Pemerintahan

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa lulusan jurusan administrasi publik memiliki peluang besar untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Namun, bukan hanya itu saja yang bisa Anda lakukan. Sebagai lulusan jurusan administrasi audiens, prospek kerja administrasi publik yaitu Anda juga dapat menjadi seorang jurnalis, terutama di bidang politik atau pemerintahan.

Sebagai jurnalis, Anda akan memiliki kesempatan untuk menerapkan pengetahuan tentang berbagai peraturan publik yang ditinjau oleh pemerintah, sehingga informasi yang Anda sampaikan akan lebih tajam dan seimbang.

Baca juga: 24 Prospek Kerja Jurusan Manajemen, Lulus Jadi Apa?

2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Prospek kerja administrasi publik yang banyak diimpikan adalah PNS.

Pegawai negeri sipil (PNS) adalah orang yang bekerja di sektor publik (pemerintah) dengan status pegawai tetap.

PNS bertugas untuk melaksanakan berbagai kebijakan pemerintah dan membantu pemerintah dalam mengelola sektor publik.

Sebagai lulusan jurusan administrasi publik, Anda memiliki peluang besar untuk menjadi PNS di berbagai instansi pemerintah, seperti Kementerian, Departemen, atau Badan Pengawas Pemerintah.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti seleksi umum yang diadakan oleh pemerintah untuk menjadi calon PNS.

3. Tenaga Administrasi di Perusahaan Swasta

Jurusan Administrasi Publik Kerja Apa? Tenaga Administrasi di Perusahaan Swasta

Prospek kerja administrasi publik selanjutnya yaitu tenaga administrasi di Perusahaan swasta.

Tenaga administrasi di perusahaan swasta adalah orang yang bertugas untuk mengelola administrasi di perusahaan swasta.

Sebagai lulusan jurusan administrasi publik, Anda bisa menjadi tenaga administrasi di perusahaan swasta dan bertanggung jawab terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan administrasi, seperti mengelola dokumen, membuat laporan keuangan, dan menangani masalah-masalah administrasi yang muncul.

Sebagai tenaga administrasi, Anda akan bekerja di lingkungan perusahaan swasta dan berinteraksi dengan rekan kerja dari berbagai divisi.

4. Manajer Kebijakan Publik

Manajer kebijakan publik merupakan salah satu prospek kerja administrasi publik.

Manajer kebijakan publik adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pengembangan dan implementasi kebijakan publik.

Sebagai lulusan jurusan administrasi publik, Anda bisa menjadi manajer kebijakan publik di berbagai instansi pemerintah atau lembaga-lembaga non-pemerintah.

Sebagai manajer kebijakan publik, Anda akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan dan menerapkan kebijakan publik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Anda juga akan bertanggung jawab terhadap pengawasan dan evaluasi implementasi kebijakan publik.

5. Konsultan Manajemen Publik

Jurusan Administrasi Publik Kerja Apa? Konsultan Manajemen Publik

Prospek kerja administrasi publik kelima yaitu konsultan manajemen publik.

Konsultan manajemen publik adalah orang atau lembaga yang memberikan jasa konsultasi terkait dengan manajemen publik.

Sebagai lulusan jurusan administrasi publik, Anda bisa menjadi konsultan manajemen publik dan memberikan jasa konsultasi kepada instansi pemerintah atau lembaga-lembaga non-pemerintah yang membutuhkan bantuan dalam mengelola sektor publik.

Sebagai konsultan manajemen publik, Anda akan bekerja sama dengan klien untuk mengembangkan solusi-solusi terbaik dalam mengelola sektor publik, termasuk membantu dalam pengembangan kebijakan publik, perencanaan strategis, dan manajemen sumber daya.

Baca juga: 12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran

6. Pengajar di Sekolah atau Perguruan Tinggi

Prospek kerja administrasi publik selanjutnya yaitu pengajar di sekolah atau perguruan tinggi.

Pengajar di sekolah atau perguruan tinggi adalah orang yang bertugas mengajar di sekolah atau perguruan tinggi.

Sebagai lulusan jurusan administrasi publik, Anda bisa menjadi pengajar di sekolah atau perguruan tinggi yang memiliki program studi administrasi publik.

Sebagai pengajar, Anda akan bertanggung jawab terhadap pembelajaran mahasiswa dan menyampaikan materi pelajaran yang berkaitan dengan administrasi publik.

Anda juga akan bertanggung jawab terhadap penilaian mahasiswa dan menyediakan bimbingan untuk mahasiswa yang membutuhkan bantuan.

Sebagai pengajar, Anda akan bekerja di lingkungan sekolah atau perguruan tinggi dan berinteraksi dengan mahasiswa dan rekan sejawat.

7. Peneliti di Lembaga Riset

Jurusan Administrasi Publik Kerja Apa? Peneliti di Lembaga Riset

Peneliti di lembaga riset juga merupakan salah satu prospek kerja administrasi publik.

Peneliti di lembaga riset adalah orang yang bertanggung jawab terhadap penelitian di lembaga riset.

Sebagai lulusan jurusan administrasi publik, Anda bisa menjadi peneliti di lembaga riset yang fokus pada bidang administrasi publik.

Sebagai peneliti, Anda akan bertanggung jawab terhadap pengembangan dan pelaksanaan penelitian yang berkaitan dengan administrasi publik.

Anda juga akan bertanggung jawab terhadap analisis data dan menyusun laporan hasil penelitian.

Sebagai peneliti, Anda akan bekerja di lingkungan lembaga riset dan berinteraksi dengan rekan sejawat dari berbagai bidang.

8. Kepala Bagian atau Kepala Seksi di Instansi Pemerintah

Prospek kerja administrasi publik kedelapan yaitu kepala bagian atau kepala seksi di instansi pemerintah.

Kepala bagian atau kepala seksi di instansi pemerintah adalah orang yang bertanggung jawab terhadap kepemimpinan dan pengelolaan sebuah bagian atau seksi di instansi pemerintah.

Sebagai lulusan jurusan administrasi publik, Anda bisa menjadi kepala bagian atau kepala seksi di instansi pemerintah dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas dan tanggung jawab dari bagian atau seksi tersebut.

Sebagai kepala bagian atau kepala seksi, Anda akan bekerja sama dengan staf bagian atau seksi dan melakukan koordinasi dengan bagian-bagian lain di instansi pemerintah.

Anda juga akan bertanggung jawab terhadap pengembangan dan penerapan kebijakan di bagian atau seksi tersebut.

9. Penyedia Jasa Konsultasi Terkait dengan Administrasi Publik

Jurusan Administrasi Publik Kerja Apa? Penyedia Jasa Konsultasi Terkait dengan Administrasi Publik

Prospek kerja administrasi publik yang jarang yaitu penyedia jasa konsultasi terkait dengan administrasi publik.

Penyedia jasa konsultasi terkait dengan administrasi publik adalah orang atau lembaga yang menyediakan jasa konsultasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan bantuan dalam bidang administrasi publik.

Sebagai lulusan jurusan administrasi publik, Anda bisa menjadi penyedia jasa konsultasi terkait dengan administrasi publik dan memberikan jasa konsultasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Sebagai penyedia jasa konsultasi, Anda akan bekerja sama dengan klien dan memberikan solusi-solusi terbaik dalam mengelola sektor publik, termasuk membantu dalam pengembangan kebijakan publik, perencanaan strategis, dan manajemen sumber daya.

10. Tenaga Ahli di Lembaga-Lembaga Pemerintah atau Non-Pemerintah yang Berkaitan dengan Administrasi Publik

Menjadi tenaga ahli di bidang administrasi publik merupakan salah satu prospek kerja administrasi publik.

Tenaga ahli di lembaga-lembaga pemerintah atau non-pemerintah yang berkaitan dengan administrasi publik adalah orang yang memberikan jasa keahlian di bidang administrasi publik kepada lembaga-lembaga pemerintah atau non-pemerintah.

Sebagai lulusan jurusan administrasi publik, Anda bisa menjadi tenaga ahli di lembaga-lembaga pemerintah atau non-pemerintah yang berkaitan dengan administrasi publik dan memberikan jasa keahlian Anda dalam bidang tersebut.

Sebagai tenaga ahli, Anda akan bekerja sama dengan lembaga-lembaga pemerintah atau non-pemerintah dan memberikan solusi-solusi terbaik dalam mengelola sektor publik, termasuk membantu dalam pengembangan kebijakan publik, perencanaan strategis, dan manajemen sumber daya.

11. Staf Perencanaan di Instansi Pemerintah

Jurusan Administrasi Publik Kerja Apa? Staf Perencanaan di Instansi Pemerintah

Prospek kerja administrasi publik selanjutnya yaitu staf perencanaan di instansi pemerintah.

Staf perencanaan di instansi pemerintah adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan di sebuah instansi pemerintah.

Sebagai lulusan jurusan administrasi publik, Anda bisa menjadi staf perencanaan di instansi pemerintah dan bertanggung jawab terhadap pengembangan dan pelaksanaan perencanaan di instansi tersebut.

Sebagai staf perencanaan, Anda akan bekerja sama dengan tim perencanaan lainnya dan melakukan riset terkait dengan perencanaan yang akan dilakukan.

Anda juga akan berinteraksi dengan berbagai pihak, termasuk pejabat pemerintah dan masyarakat, untuk memastikan bahwa perencanaan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat.

12. Kepala Seksi di Badan Pengawas Pemerintah

Kepala Seksi di badan pegawas pemerintah merupakan salah satu prospek kerja administrasi publik.

Kepala seksi di badan pengawas pemerintah adalah orang yang bertanggung jawab terhadap kepemimpinan dan pengelolaan sebuah seksi di badan pengawas pemerintah.

Sebagai lulusan jurusan administrasi publik, Anda bisa menjadi kepala seksi di badan pengawas pemerintah dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas dan tanggung jawab dari seksi tersebut.

Sebagai kepala seksi, Anda akan bekerja sama dengan staf seksi dan melakukan koordinasi dengan seksi-seksi lain di badan pengawas pemerintah.

Anda juga akan bertanggung jawab terhadap pengembangan dan penerapan kebijakan di seksi tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku.

13. Peneliti di Lembaga-Lembaga Riset yang Berkaitan dengan Administrasi Publik

Jurusan Administrasi Publik Kerja Apa? Peneliti di Lembaga-Lembaga Riset yang Berkaitan dengan Administrasi Publik

Prospek kerja administrasi publik terakhir yaitu peneliti di lembaga yang berkaitan dengan administrasi publik.

Peneliti di lembaga-lembaga riset yang berkaitan dengan administrasi publik adalah orang yang bertanggung jawab terhadap penelitian di lembaga-lembaga riset yang fokus pada bidang administrasi publik.

Sebagai lulusan jurusan administrasi publik, Anda bisa menjadi peneliti di lembaga-lembaga riset yang berkaitan dengan administrasi publik dan bertanggung jawab terhadap pengembangan dan pelaksanaan penelitian yang berkaitan dengan administrasi publik. Anda juga akan bertanggung jawab terhadap analisis data dan menyusun laporan hasil penelitian.

Sebagai peneliti, Anda akan bekerja di lingkungan lembaga-lembaga riset yang berkaitan dengan administrasi publik dan berinteraksi dengan rekan sejawat dari berbagai bidang.

Jadi, Apa Saja Prospek Kerja Administrasi Publik?

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa lulusan jurusan administrasi publik memiliki banyak prospek kerja yang berkaitan dengan sektor publik.

Mereka bisa menjadi pegawai negeri sipil (PNS), manajer kebijakan publik, konsultan manajemen publik, pengajar di sekolah atau perguruan tinggi, peneliti di lembaga riset, jurnalis politik atau jurnalis posting di pos pemerintahan, kepala bagian atau kepala seksi di instansi pemerintah, dan lain-lain.

Selain itu, lulusan administrasi publik juga bisa bekerja di perusahaan sebagai tenaga administrasi. Prospek kerja yang tersedia sangat bervariasi dan bergantung pada minat dan kemampuan masing-masing individu.

Banyak sekali prospek kerja yang bisa didapatkan oleh lulusan administrasi publik, tergantung dari minat dan kemampuan masing-masing individu.

Sekian artikel berjudul Jurusan Administrasi Publik Kerja Apa? ini 12+ Prospek Kerjanya, semoga bermanfaat.

Apakah administrasi publik bisa kerja di perusahaan?

Ya, lulusan jurusan administrasi publik bisa bekerja di perusahaan. Sebagai lulusan administrasi publik, Anda bisa menjadi tenaga administrasi di perusahaan dan bertanggung jawab terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan administrasi, seperti mengelola dokumen, membuat laporan keuangan, dan menangani masalah-masalah administrasi yang muncul. Sebagai tenaga administrasi, Anda akan bekerja di lingkungan perusahaan dan berinteraksi dengan rekan kerja dari berbagai divisi.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.