Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Bank

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Bank? Banyak yang melihat bahwa bekerja di bank itu menyenangkan karena gajinya besar dan mereka hanya duduk di depan komputer.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Bank

Namun kenyataannya tidak demikian. Bank sendiri memiliki beberapa kelompok tugas yang lebih sulit daripada perusahaan pada umumnya.

Ada bagian analitis, bagian pemasaran dan bagian administrasi. Dari semuanya, pekerjaan admin bank adalah yang paling sulit.

A. Tentang Admin Bank

Tugas seorang pegawai administrasi adalah mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan untuk kelancaran operasional kantor.

Sehingga membutuhkan profesional yang memiliki pengetahuan tentang pengendalian dokumen.

Setiap kerangka tugas administrasi mencakup 4 peran, yaitu komunikasi, koordinasi, tugas administrasi sehari-hari, dan rencana jangka panjang.

Tugas ini juga menentukan keberhasilan tugas-tugas lain di bank. Ingatlah karena pekerjaan itu, tidak mengherankan ketika pegawai administrasi bank menerima gaji dan tunjangan yang cukup besar.

Admin Bank adalah seseorang yang mempunyai tugas memberikan pelayanan kepada nasabah, memberikan dukungan operasional, mengelola kas kecil dan kas besar, memelihara dokumen, melaksanakan kegiatan administrasi (input data, rekap data dan dokumentasi), dan akan diminta untuk membuat laporan bulanan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Account Executive

B. Tanggung Jawab dan Tugas Admin Bank

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Bank

Pegawai administrasi atau pegawai admin bank saat ini sering dijabat oleh kaum wanita. Meski begitu, hal itu tidak menutup kemungkinan bank untuk mempekerjakan laki-laki.

1. Tugas Admin Bank

Staf administrasi Bank memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama dengan staf administrasi pada umumnya. Beberapa tugas khusus seorang administrator bank adalah:

a. Mengatur komunikasi antara manajemen dan karyawan bank

Administrator bank adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola komunikasi antara manajemen dan beberapa karyawan bank.

Komunikasi terpusat oleh administrasi bank karena dialah yang mengirim pesan ke karyawan yang berbeda dan kemudian menindaklanjuti pelanggan atau hubungan kerjasama.

Administrasi bank bekerja untuk membuat hubungan antara pihak-pihak yang berbeda dan membuat komunikasi lebih lancar.

b. Pengelolaan laporan hasil pemasaran produk atau jasa Bank

Tugas admin bank bukan hanya layanan keuangan bagi nasabah yang datang, ya!

Ada juga pemasar yang menjual berbagai produk dan layanan perbankan.

Lalu siapa yang menulis dan menghitung data produk atau jasa yang berhasil ditawarkan dalam pemasaran perbankan?

Tugas pengolahan laporan dan perhitungan hasil pemasaran produk dan jasa perbankan diserahkan kepada admin bank.

Laporan ini perlu direkap secara sistematis agar mudah dipahami oleh kepala cabang bank.

c. Mengurus urusan cabang bank

Apa pun kebutuhan cabang, mulai dari perlengkapan kantor, alat untuk membuat buku tabungan, lemari kunci, printer kartu, atau perlengkapan perbankan lainnya.

Tugas admin bank memastikan semua sarana dan prasarana di cabang berfungsi sebagaimana mestinya.

Ketika terjadi kerusakan atau peralatan bank perlu diganti, admin bank bekerja untuk mengidentifikasi dan melakukan perbaikan yang diperlukan untuk mendukung kinerja pegawai bank lainnya.

d. Menjaga inventaris kantor

Setiap kantor, tidak peduli seberapa besar atau kecil, memiliki barang-barang berharga yang perlu dipantau.

Oleh karena itu, merupakan tugas admin bank untuk memelihara dan mengelola inventaris kantor.

Ya, tugas admin bank juga menulis fasilitas apa saja yang dibutuhkan pekerja kantoran dan merawat inventaris.

Manajemen inventaris kantor memudahkan karyawan atau manajemen bank untuk menemukan semua inventaris, fasilitas, dan aset cabang.

Ingat, jika inventaris kantor tidak tertata dengan baik, ada kemungkinan mereka membeli inventaris yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

e. Bertanggung jawab mengeluarkan surat

Pembuatan surat keluar merupakan tugas admin bank. Admin bank adalah orang yang berperan penting dalam penyusunan laporan bank, keterangan bank, permintaan kerjasama, persetujuan, dll.

Jika ada pegawai bank yang membutuhkan surat, admin bank bertanggung jawab untuk menyiapkan surat dinas.

f. Mencatat surat masuk

Tugas admin bank tidak hanya membuat surat keluar, tetapi juga mencatat surat masuk ke cabang bank. Surat biasanya masuk ke kantor setiap bulan.

Baik itu surat permintaan promosi usaha, surat permintaan kerjasama, iklan lowongan pekerjaan, surat permintaan informasi bank, surat pengembalian bank garansi, surat kuasa dan lain sebagainya.

Semua surat yang sampai di cabang bank harus dicatat oleh staf administrasi bank untuk pengajuan lebih lanjut.

g. Buat anggaran untuk perlengkapan kantor

Admin bank menyusun rencana anggaran biaya untuk keperluan perlengkapan kantor dan administrasi kantor.

Perlengkapan kantor fokus tidak hanya pada sarana dan prasarana cabang bank, tetapi pada beberapa program rutin kantor, perjalanan dinas atau program lainnya.

Rancangan anggaran ini harus disusun dengan anggaran yang realistis dan kemudian laporan yang sistematis disampaikan kepada kepala cabang.

h. Tugas admin bank lainnya

Masih terdapat tugas admin bank lainnya, yaitu sebagai berikut:

  • Melakukan kegiatan pelayanan kantor
  • Menyediakan fasilitas pengelolaan kantor yang sama sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing bank.
  • Mengelola laporan hasil pemasaran atau penjualan seluruh produk perbankan.

2. Tanggung Jawab Admin Bank

  • Mempersiapkan segala sesuatu untuk kegiatan di tempat kerja seperti perlengkapan kantor untuk seluruh karyawan
  • Menyiapkan ketersediaan ruang kerja untuk mereka sesuai dengan tugas dan jabatannya masing-masing.
  • Memperbarui ruang kerja, gedung, atau apa pun agar kegiatan operasional tetap berjalan lancar.
  • Melaksanakan kegiatan surat menyurat, pengarsipan dan dokumentasi untuk kelancaran seluruh kegiatan pegawai dan perbankan.
  • Mengevaluasi dan menghasilkan rencana kerja harian atau bulanan.
  • Membuat prakiraan anggaran bulanan atau tahunan terkait kegiatan administrasi kantor.
  • Menulis dan menyiapkan penyediaan perlengkapan dan peralatan kantor, kebersihan kantor dan peralatan keamanan.
  • Mengawasi pekerjaan karyawan, termasuk staf kebersihan, untuk memastikan kenyamanan dan keamanan kantor

Tugas dan tanggung jawab admin bank cukup banyak, sehingga tenaga administrasi harus berkualitas tinggi. Sehingga mereka dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Penjualan

C. Gaji dan Tunjangan Admin Bank

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Bank

Sebagai gaji , karyawan biasanya dibayar sesuai dengan standar bank, bahkan lebih dari gaji minimum kabupaten/kota.

Gaji pegawai administrasi mulai Rp 3,5 juta – Rp 8 juta. Ada juga beberapa bank yang akan membayar hingga Rp 10-12 juta.

Hal ini tergantung pada ruang lingkup kegiatan, posisi dan durasi kegiatan. Dan tunjangan itu adalah pendamping gaji pokok.

Peran tunjangan adalah insentif dan sosial. Ada dua jenis tunjangan yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

Jika tunjangan tetap, itu akan diperoleh setiap bulan, mis. tunjangan transportasi, jabatan, tunjangan kesehatan dan lain-lain.

Dan tunjangan tidak tetap, hanya di dapatkan pada waktu-waktu tertentu, mis tunjangan hari raya.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Produksi

D. Persyaratan dan Kualifikasi Admin Bank

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Bank

Seperti yang kita ketahui bersama, tugas admin bank sangat banyak dan sulit, sehingga persyaratan untuk menjadi karyawan juga cukup tinggi.

Nah, berikut ini adalah syarat umum untuk menjadi admin bank:

1. Pendidikan dan Pengalaman

  • Pria atau wanita bisa melamar sebagai seorang Admin Bank
  • Memiliki usia minimal 18 tahun, maksimal 26 tahun
  • Memiliki riwayat pendidikan minimal SMK, D3 dan S1 tergantung dari kebutuhan masing-masing perusahaan
  • Memiliki IPK minimal 2.75
  • Memiliki penampilan yang menarik
  • Bisa tampil rapi
  • Dapat melakukan komunikasi dengan baik
  • Bisa menggunakan komputer
  • Bisa menggunakan Microsoft Office minimal Microsoft Word dan Excel
  • Memiliki wawasan yang luas
  • Memiliki kepribadian yang baik
  • Lulusan PTN maupun PTS dengan status terakreditasi
  • Memiliki sopan santun
  • Belum menikah
  • Memiliki tinggi badan minimal 265 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita
  • Tidak memiliki hubungan kerabat atau keluarga dengan pegawai bank
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Berorientasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabah
  • Seseorang yang dapat diandalkan
  • Memiliki visi yang jelas
  • Memiliki kemampuan analisis yang baik
  • Tidak memiliki catatan pelanggaran pada perusahaan sebelumnya
  • Mampu bekerjasama dalam tim
  • Warga Negara Indonesia
  • Fresh graduate atau sudah memiliki pengalaman kerja menjadi seorang admin di bank
  • Siap Ditempatkan diseluruh Indonesia
  • Menguasai materi administrasi dan perbankan
  • Cepat tanggap dalam melakukan pekerjaan

2. Skill dan Kemampuan

  • Menguasai komputer dengan baik
  • Memahami tugas administrasi
  • Dapat berkomunikasi dengan baik
  • Merespon dengan cepat saat mengerjakan tugas
  • Dapat bekerja dengan tim

Oleh karena itu, staf administrasi harus siap untuk banyak tugas. Tidak hanya harus bisa berkomunikasi dengan baik, Anda juga harus bisa menggunakan komputer dan beberapa alat lainnya.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Resepsionis

Kesimpulan

Jadi, mempersenjatai diri dengan pengetahuan tentang berbagai alat kantor dapat membantu Anda dalam menyelesaikan tugas ini.

Membaca artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi rinci tentang tugas admin bank.

Ini dapat memberi tahu Anda tentang pekerjaan sebelum Anda melamar atau bekerja sebagai karyawan.

Sekian artikel berjudul Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Bank, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!