Tips CV Penting untuk Mengubah Haluan Karier

Bagaimana Tips CV Penting untuk Mengubah Haluan Karier? Mencari pekerjaan di awal karir baru bisa jadi menakutkan. Karena anda masih mengembangkan keterampilan dan pengalaman Anda, jadi CV Anda harus bekerja ekstra keras untuk bersaing dengan kandidat lain dan memberi Anda peluang untuk di wawancara. Tapi apa yang terjadi jika Anda ingin mengubah haluan karier?

Tips CV Penting untuk Mengubah Haluan Karier

Sangat dapat diterima untuk mengubah karier sepanjang hidup Anda. Tetapi Anda harus siap untuk mengatasinya di CV Anda. Dengan pemikiran ini, berikut adalah tips utama kami tentang menambah nilai dan merestrukturisasi perubahan karir Anda CV.

Tips CV Penting untuk Mengubah Haluan Karier

1. Jelaskan mengapa Anda mengubah karier

Tidak perlu disembunyikan bahwa Anda sedang membuat perubahan. Kemungkinan CV Anda adalah campuran dari pengalaman lama yang telah dicoba dan diuji dari karier Anda sebelumnya dan beberapa keterampilan yang jauh lebih baru.

Bagian atas CV Anda harus berisi informasi paling penting seperti nama Anda, detail kontak, dan ringkasan singkat dan berharga tentang siapa Anda. Bagian ini adalah tempat yang tepat untuk memberi tahu perekrut mengapa Anda mengubah karier, sekaligus meringkas keterampilan dan pengalaman yang telah Anda peroleh selama transisi.

Untuk pengubah karier, meletakkan informasi ini tepat di bagian atas membantu perekrut atau pemberi kerja melihat keterampilan tersebut dapat diaplikasikan pada pekerjaan baru anda.

2. Tonjolkan diri di profil Anda

Bagian profil tidak hanya tentang konteks, Ini adalah 5-10 baris di mana Anda dapat memamerkan dan memuji Anda sendiri. Profil dan bagian keterampilan inti Anda, khususnya menekankan pada apa yang Anda kuasai, apa yang berbeda tentang Anda dan bagaimana Anda mendekati pekerjaan Anda.

Mendobrak karier baru itu sulit. Namun, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan wawancara jika Anda dapat dengan percaya diri menjelaskan mengapa Anda membuat perubahan, mengapa Anda sangat cocok untuk posisi tersebut dan apa yang akan Anda bawa ke dalamnya.

3. Tunjukkan keahlian Anda yang dapat ditransfer

Setiap jalur karir, posisi, dan industri mengajarkan keterampilan yang dapat ditransfer. Bahkan pekerjaan umum yang ‘unskilled‘ seperti katering, kebersihan, dan admin dapat memberikan pengalaman penting yang akan Anda bawa selama bertahun-tahun. Jadi yakinlah jika ingin mengubah karier, karena anda akan selalu memiliki sesuatu untuk disoroti.

Jika karier Anda sebelumnya dapat membantu Anda dalam karier yang baru, jelaskan kepada perekrut. Empat keterampilan yang akan selalu memberikan kesan yang baik adalah komunikasi dan kerja tim, inisiatif, kemampuan beradaptasi dan kemauan untuk mempelajari keterampilan baru.

Misalnya, jika Anda akan melakukan pekerjaan pengadaan, Anda mungkin tidak memiliki pengalaman yang relevan dalam melakukan pesanan pembelian dan mengidentifikasi serta memilih pemasok. Namun, Anda mungkin memiliki keterampilan manajemen waktu dan organisasi yang hebat, kemampuan untuk mempelajari keterampilan baru dengan cepat dan mengambil instruksi dengan baik. Semuanya bisa dipindahtangankan.

Bagian keterampilan inti:

Jadikan CV Anda lebih mudah dibaca dengan menggunakan poin-poin untuk menunjukkan keahlian inti Anda. Ini harus berada tepat di bawah profil CV Anda dan menunjukkan kepada perekrut kekuatan Anda pada pandangan pertama. Dua hingga tiga kolom sudah cukup dan masih menyisakan banyak ruang untuk Anda di bagian bawah halaman.

4. Fokus pada pengalaman baru yang Anda peroleh

CV perubahan karier Anda harus menunjukkan dengan jelas bahwa Anda cukup baru di industri ini. Oleh karena itu, akan membantu jika Anda sudah memiliki satu atau dua posisi yang relevan, baik dibayar atau sukarela. Ini bisa, tentu saja, menjadi pengalaman kerja tetapi mungkin juga merupakan posisi pekerja lepas atau kontrak sementara.

Di sinilah Anda harus membahas paling detail:

  1. Kunci tanggung jawab
  2. Perbedaan dan dampak yang Anda buat secara pribadi
  3. Prestasi signifikan (penghargaan, target terlampaui, dll.)
  4. Keterampilan dipelajari
  5. Pemangku kepentingan yang bekerja sama dengan Anda
  6. Alat atau perangkat lunak yang digunakan
  7. Lingkungan tempat Anda bekerja (lantai toko, gudang, kantor, lab, dll.)

Baca juga: Cara Membuat CV untuk Mengubah Jalur Karier

5. Soroti keterampilan dan pengalaman yang relevan dari posisi sebelumnya

Jika Anda telah menghabiskan 10 tahun dalam satu karier dan Anda sekarang berada di tahun pertama karier lainnya, 10 tahun sebelumnya itu tetap penting.

Bahkan jika karir Anda sebelumnya benar-benar berbeda, pemberi kerja tetap ingin melihat pengalaman yang menarik atau relevan dalam posisi sebelumnya, terutama jika Anda bekerja untuk organisasi besar. Pekerjaan pegawai negeri, misalnya, bisa berarti Anda telah memegang berbagai posisi selama masa kerja Anda.

Buat daftar posisi sebelumnya dari yang paling baru hingga yang paling lama. Anda tetap harus menyebutkan posisi yang kurang relevan agar riwayat pekerjaan Anda terlihat lengkap. Anda tidak perlu terlalu mendetail. Rangkum secara singkat durasi, jabatan, perusahaan, dan keterampilan atau pencapaian utama apa pun yang secara khusus dapat ditransfer ke karier baru Anda.

Manfaatkan tips CV ini untuk pengubah karier

Para pengubah karier perlu menemukan posisi yang akan membantu mereka membangun keterampilan mereka. Untungnya, dengan CV yang ditulis dengan hati-hati, percaya diri, dan terstruktur dengan baik, Anda akan siap melakukan hal itu.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!