Dokumen Utama dan Syarat Pemberkasan Kelulusan CPNS 2021

Apa saja Dokumen Utama dan Syarat Pemberkasan Kelulusan CPNS 2021? Tahun 2021 adalah momen membahagiakan bagi para pemburu kerja yang ingin menjadi Aparatur Sipil Negara. Sebelum menjadi bagian dari salah satu peserta pelamar kerja, ada beberapa tahapan yang perlu dipersiapkan sejak lama.

Berikut berbagai dokumen utama dan syarat pemberkasan kelulusan CPNS 2021 yang perlu disiapkan mulai sekarang.

A. Persyaratan Mendaftar CPNS

Sebelum mulai mendaftarkan diri sebagai pelamar kerja CPNS, setiap peserta harus memenuhi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Persyaratan yang pertama yaitu membawa pas foto dengan ketentuan mengenakan pakaian formal, wajah tampak jelas, dan menggunakan latar belakang berwarna merah.

Selanjutnya siapkan kartu keluarga, foto selfie sambil memegang KTP asli beserta dengan kartu informasi akun. Selanjutnya jangan lupa mempersiapkan berbagai dokumen sesuai persyaratan dari lembaga dimana kamu mendaftarkan diri. Langkah selanjutnya yaitu mencetak kartu pendaftaran yang bisa diunggah di portal SSCN.

B. Langkah Langkah Pemberkasan

Setidaknya ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh seluruh peserta. Langkah pemberkasan tersebut dimulai dari mengecek batas waktu untuk melakukan pemberkasan CPNS, login menuju situs http://sccn.bkn.go.id, selanjutnya isi daftar riwayat hidup lalu mencetaknya, mengunggah daftar riwayat hidup, dan mengunduh dokumen pemberkasan penting lainnya.

Pastikan agar seluruh dokumen pemberkasan CPNS diunggah bersamaan dokumen riwayat hidup. Sebelum mengirimkan dokumen utama dan syarat pemberkasan kelulusan CPNS 2021, kamu juga perlu melakukan pemeriksaan kembali agar tidak ada yang terlupakan. Sebab kelengkapan dokumen yang memenuhi syarat, menjadi acuan agar lolos ke tahap selanjutnya.

C. Dokumen Pemberkasan CPNS

Kini pendaftaran sudah bisa dilakukan secara daring atau online. Cara ini diharapkan dapat membantu para peserta yang merasa kesulitan jika harus antri panjang untuk mendaftarkan diri. Hanya saja beberapa lembaga masih meminta para pelamar mengirimkan berkas fisiknya secara langsung untuk memudahkan pengecekan. Berikut berkas yang perlu dipersiapkan.

1. Surat Pernyataan 5 Poin

Para peserta yang mencalonkan diri menjadi CPNS wajib mengunduh Surat Pernyataan 5 poin sesuai dengan Peraturan BKN no. 14 tahun 2018. Surat yang berisikan materai tersebut, para peserta diminta melakukan kesaksian bahwa dirinya tidak pernah dipidana, tidak berkedudukan tertentu, bersedia ditempatkan di seluruh daerah di tanah air, dan sebagainya.

2. Pas Foto

Ternyata pas foto tidak hanya diperlukan saat seleksi administrasi semata. Sebab para peserta diminta untuk menambahkan pas foto sesuai persyaratan pada proses pemberkasan serta pendaftaran. Adapun persyaratan pas foto yaitu mengambil foto baru, wajah yang terlihat jelas, menggunakan pakaian formal, dan menggunakan latar berwarna merah.

Karena pas foto sangat diperlukan untuk beberapa tahap selanjutnya, tidak ada salahnya mencetak beberapa foto sekaligus sebagai langkah antisipasi. Sisa foto tersebut nantinya juga diperlukan untuk mengurus berkas lainnya. Demi mendapatkan hasil maksimal, pilihlah tempat pemotretan terpercaya dengan hasil maksimal.

3. Ijazah Asli

Dokumen utama dan syarat pemberkasan kelulusan CPNS 2021 yang pertama tentu saja ijazah asli pendidikan terakhir dari para peserta.

Misalnya ketika pendidikan terakhir adalah SMA, otomatis kamu harus membawa ijazah SMA sederajat dan begitu pula seterusnya. Namun bagaimana dengan pendidikan terakhir berada di luar negeri ?

Penting untuk diketahui bahwa ijazah yang diakui hanyalah ijazah yang sudah disetarakan oleh Dikti. Agar ijazah lulusan luar negeri memasuki persyaratan pendaftaran CPNS, kamu bisa mencari informasi lebih lengkap terkait penyetaraan ijazah.

Setelah berhasil disetarakan, barulah kamu bisa menggunakannya untuk mendaftarkan diri menjadi salah satu ASN.

4. Transkrip Nilai Asli

Umumnya ijazah akan keluar bersamaan dengan transkip nilai. Jangan pernah hilangkan dokumen penting tersebut. Sebab hasil pengujian tersebut tentu harus dilampirkan bersamaan dengan ijazah pendidikan terakhir apabila ingin mendaftarkan diri menjadi ASN.

Mengapa transkrip nilai sangat penting ? Sebab dokumen tersebut berisikan identitas diri beserta nilai pencapaian.

Namun perlu diingat bahwa peserta hanya diminta membawa atau mengunduh dokumen transkrip nilai yang asli, bukan dokumen yang sudah dilegalisir dan dibubuhi stempel dari lembaga pendidikan dimana kamu menjadi alumninya.

Keduanya tentu berbeda, sehingga penting untuk tidak salah memberikan berkas agar kemungkinan lolos ke tahapan selanjutnya.

5. Surat Keterangan Sehat

Setelah berhasil mengurus SKCK, jangan lupa membuat surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Sebab dokumen tersebut juga termasuk persyaratan ketika hendak mendaftarkan diri menjadi ASN.

Kamu bisa mendapatkan surat keterangan sehat dari dokter yang bekerja pada unit pelayanan kesehatan, atau dokter dengan status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Jika berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut kamu termasuk pribadi yang sehat secara fisik dan batin, otomatis ada kesempatan untuk mendaftarkan diri menjadi bagian dari ASN.

Untuk mendapatkan dokumen penting ini, kamu harus melakukan serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu. Tidak perlu waktu lama, surat tersebut sudah berada di dalam genggaman.

6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Jangan lupa untuk membuat surat keterangan catatan kepolisian di kantor kepolisian terdekat. Selama pendaftaran, para peserta akan diminta mengisi beberapa pertanyaan serta melakukan beberapa tes psikologi. Tidak perlu menunggu waktu lama, dokumen tersebut sudah tercetak dan bisa langsung digunakan.

Namun perlu diingat bahwa SKCK memiliki masa berlaku yang tidak terlalu panjang, sehingga kamu perlu memperhatikan kadaluarsa surat tersebut sebelum menggunakannya.

Sedangkan bagi mereka yang tidak sempat berkunjung ke kantor kepolisian terdekat, bisa mendaftarkan diri secara online hanya dengan membayarkan administrasinya saja.

7. Surat Keterangan Bebas Narkoba

Para peserta yang ingin mendaftar CPNS juga memiliki kewajiban untuk membuat surat keterangan bebas narkoba terlebih dahulu. Disini kamu akan diminta memberikan keterangan bahwa tidak pernah mengkonsumsi atau menggunakan psikotropika, narkoba dan sejenisnya. Kamu bisa mendapatkannya dari unit pelayanan kesehatan dari pemerintah.

8. Bukti Pengalaman Kerja

Apakah sebelumnya kamu sudah pernah bekerja di tempat lainnya ? Jangan lupa lampiran bukti pengalaman bekerja tersebut dengan legalisasi dari pejabat yang berwenang.

Tentu saja mencantumkan pengalaman bekerja bisa menjadi penunjang dalam proses pemberkasan. Sebab tidak semua orang memiliki pengalaman bekerja sebelumnya sebelum mendaftar CPNS.

Baca juga: Tips dan Strategi Ampuh Lulus CPNS 2021

D. Tahapan Pemberkasan CPNS

Tahapan pemberkasan sendiri merupakan prosedur untuk menetapkan Nomor Induk Pegawai (NIP). Para peserta yang sudah berada pada tahapan ini sudah dapat dipastikan lulus seleksi CPNS.

Umumnya instansi yang sudah memberikan pengumuman kelulusan akan memberikan pengumuman yang tersajikan pada laman https://sscn.bkn.go.id/.

Khusus bagi peserta yang telah dinyatakan lulus akan diberikan dua pilihan, yaitu melanjutkan ke tahap selanjutnya atau lebih memilih mengundurkan diri.

Apabila tertarik untuk meneruskan perjuangan, para peserta akan diminta mengumpulkan dokumen penting lainnya. Sedangkan peserta yang berniat mengundurkan diri wajib mengisi surat pengunduran diri.

Bagi sebagian orang, berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara merupakan impiannya sejak lama. Hanya saja kamu perlu bersabar karena prosesnya yang panjang.

Mulai dari menjalani seleksi yang cukup ketat dengan peserta berlimpah, seleksi administrasi, tes Seleksi Kompetensi Dasar hingga tes Seleksi Kompetensi Bidang harus lulus dengan baik. Selamat mencoba !

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!