Tips Menulis Lamaran Pekerjaan yang Tepat

Bagaimana Tips Menulis Lamaran Pekerjaan yang Tepat? Salah satu tahap yang pasti dilalui saat melamar suatu pekerjaan adalah pemberkasan.

Oleh karena itu, surat lamaran memegang peran yang sangat penting agar recruiter tertarik dengan anda. Jika mereka tertarik, anda akan lolos tahap pemberkasan dan dipanggil untuk tahap wawancara.

Menulis surat lamaran yang benar menjadi salah satu kunci yang harus anda tahu. Tips menulis lamaran pekerjaan yang tepat dan benar ada beberapa hal, yuk intip di bawah ini!

Tips Menulis Lamaran Pekerjaan yang Tepat

Tahukah Anda bahwa ada ratusan juta pencari kerja di Indonesia setiap tahun? Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan latar belakang pendidikan dan bidang yang diminati.

Nah, salah satu langkah awal untuk bisa memenangkan persaingan dan mendapatkan pekerjaan impian adalah dengan menulis surat lamaran kerja.

Untuk itu, menulis surat lamaran kerja yang baik dan menarik penting untuk dikuasai.

A. Apa itu Surat Lamaran Kerja?

Secara sederhana, surat lamaran kerja adalah sebuah penawaran tertulis yang merangkum keinginan Anda untuk dapat bekerja di suatu perusahaan atau instansi.

Disebut tawaran karena dalam surat lamaran kerja kita akan menuliskan keterampilan dan sejumlah faktor penting lainnya yang menurut kita mampu membuat perusahaan atau instansi mau menggunakan tenaga dan jasa kita sebagai karyawan.

Surat lamaran kerja ini umumnya resmi dan resmi, ditulis dengan bahasa yang baik dan benar.

Surat pengantar biasanya terdiri dari pembukaan, pengantar dan data pribadi singkat, maksud dan tujuan surat lamaran, daftar lampiran file dan penutup.

B. Mengapa Surat Lamaran Kerja Penting?

Bagi HRD, staf personalia atau perekrut (staf khusus yang bertugas menyeleksi calon pegawai), surat lamaran tidak hanya menjadi ukuran awal fit and proper, tetapi juga menjadi media untuk melihat dan mengenali karakter dan sikap pelamar kerja.

Karena untuk dapat diterima bekerja sebagai pegawai, yang dibutuhkan bukan hanya keahlian atau keterampilan, tetapi juga sikap atau sikap.

Bahkan tidak jarang sikap yang baik akan menjadi salah satu faktor kunci dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Sikap baik ini juga terlihat dari surat lamaran yang Anda buat.

C. Cara Menulis Surat Lamaran

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menulis surat lamaran kerja yang baik:

1. Menggunakan Format Penulisan yang Baik dan Benar

Salah satu kunci yang membuat surat lamaran anda lolos adalah format yang digunakan. Ada banyak orang yang mengabaikan hal ini dan menganggap format penulisan tidak penting.

Surat lamaran kerja ditulis dengan gaya formal dan formal. Ingat, kita melamar untuk bisa bekerja di suatu perusahaan atau instansi.

Umumnya, perusahaan atau instansi menggunakan bahasa formal di hampir setiap kegiatan komunikasi, termasuk surat menyurat.

Tidak jarang orang hanya memerhatikan tulisan yang baik dan jelas agar HRD perusahaan mudah membacanya. Nyatanya format yang digunakan menjadi kekuatan yang penting saat melamar pekerjaan, sehingga anda harus mengetahui format yang tepat dan baku untuk dipakai.

Yang tidak kalah penting adalah perhatikan format penulisan surat lamaran kerja perusahaan. Hal ini jarang terjadi, tetapi sebaiknya diwaspadai karena beberapa perusahaan menerapkan format khusus.

Kamu dapat mengikuti aturan tersebut agar surat lamaranmu menarik dan dilirik hingga membuatmu lolos ke tahap selanjutnya.

Beberapa perusahaan memberi syarat berbeda, seperti bagian subjek atau badan teks yang harus diisi dengan baik jika anda mengirim melalui email.

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja

Kemudian tulis surat lamaran kerja dengan mengikuti format penulisan sebagai berikut:

  • Tempat dan tanggal penulisan
  • Perusahaan target dan ke divisi apa surat itu ditujukan
  • Salam pembuka
  • Kata pengantar
  • biodata pribadi
  • Pengalaman dan keahlian kerja
  • Penutup dan salam

2. Sesuai Kaidah Penulisan yang Berlaku

Beberapa orang tidak sadar bahwa beberapa format penulisan atau kaidah penulisan berubah seiring berjalannya waktu. Tips menulis lamaran pekerjaan ini menuntut anda belajar bahwa bahasa berkembang mengikuti zaman.

Sesuaikan formatnya dengan ketentuan surat lamaran kerja. Format penulisan yang rapi akan memudahkan staf seleksi calon karyawan untuk dengan mudah memahami informasi yang Anda tulis di surat lamaran. Jika Anda menggunakan tulisan tangan, tulislah serapi mungkin.

Tidak heran banyak perubahan yang terjadi dalam kurun waktu 5 tahun atau kurang. Saat ini banyak bahasa yang telah ditetapkan sebagai bahasa baku atau bahasa asing yang telah memiliki padanan dalam bahasa Indonesia, tetapi anda tidak tahu akan hal itu.

Surat lamaran kerja tergolong surat resmi, sehingga harus menggunakan bahasa baku atau sesuai dengan PUEBI EYD. Penggunaan bahasa yang tepat menjadi nilai plus untuk surat lamaran dan diri anda secara pribadi.

Untuk mencapai hal tersebut, anda harus mengetahui EYD agar dapat membuat surat lamaran kerja yang tepat. Dengan begitu, anda juga harus paham tentang tata bahasa dan tata cara bertutur yang baik agar pada saat wawancara juga memiliki nilai plus.

3. Jangan Salah Tulis atau Ketik

Penggunaan bahasa yang baik dan penulisan yang benar menjadi salah satu nilai penting yang dilihat oleh HRD perusahaan. Hindari mengirimkan surat lamaran kerja yang ada salah tulis atau ketik karena dapat menurunkan kualitas diri anda.

Tidak hanya salah ketik atau tulis, hindari pula adanya coretan, kertas terlipat, atau bekas hapus yang sangat kentara agar surat lamaran kerja anda tetap menarik. Ketertarikan HRD terhadap surat lamaran ini sangat bernilai tinggi.

Jika tidak menjaga tiga hal tersebut, surat lamaran kerja anda langsung tidak dilirik, bahkan mendapat nilai negatif dari HRD dan bisa saja anda tersisih. Tips menulis lamaran pekerjaan satu ini dapat mencerminkan karakter seorang pelamar.

Anda akan dinilai sebagai orang yang kurang hati hati karena salah ketik, coretan, atau bekas dihapus. Tidak hanya itu, anda juga dapat dinilai kurang disiplin dan mengerjakan suatu pekerjaan kurang terorganisasi dengan baik.

Baca juga: Kesalahan Saat Menulis Surat Lamaran Kerja

4. Menggunakan Bahasa yang Sederhana dan Langsung Sasaran

Salah satu karakter surat resmi adalah menggunakan bahasa yang sederhana, jelas, dan tidak bertele tele. Hal ini menjadi salah satu nilai plus agar HRD tidak bosan membaca surat yang anda kirimkan.

Di bagian pembukaan, tuliskan anda mendapat informasi lowongan dari mana dan kapan. Setelah itu, jelaskan posisi yang anda inginkan serta identitas diri secara lengkap termasuk pendidikan terakhir yang relevan dengan posisi yang anda lamar.

Tidak hanya itu, anda juga diminta untuk menuliskan keadaan diri secara singkat di bagian tengah surat lamaran. Salah satu tipsnya adalah menggunakan bahasa yang sederhana dan tidak bertele tele.

Tips menulis lamaran pekerjaan satu ini juga menuntut anda tidak hiperbola saat menjelaskan keadaan saat ini. Hal ini menghindari tercerminnya sifat ambisius yang justru tidak disukai oleh HRD suatu perusahaan. Oleh karena itu, jelaskan secara singkat dan sesuai dengan keadaan.

Baca juga: Hadapi HRD Dengan Percaya Diri, Yuk Intip 8 Kiat Sukses Wawancara Kerja

5. Kualifikasi yang Sesuai

Di dalam surat lamaran kerja juga sebaiknya menyertakan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kamu dapat menyebutkan pendidikan terakhir, nilai IPK, dan beberapa informasi lainnya.

Hal ini sangat penting karena menjadi perhatian utama dan memudahkan HRD dari suatu perusahaan. Informasi yang lengkap ini membuat surat lamaran kerja anda dilirik dan mudah lolos hingga tahap selanjutnya. Akan tetapi, banyak yang melupakan hal penting ini.

Yang tidak kalah penting adalah hindari menyalin dari internet mengenai data diri dan beberapa informasi lainnya. Surat lamaran kerja adalah representasi dari diri pelamar, sehingga tidak cocok jika mengikuti yang sudah tertera di Internet.

Anda dapat membuat atau menyusun kata untuk tips menulis lamaran pekerjaan selanjutnya. Hal ini sangat penting agar karakter dalam diri anda tercermin dan tidak merepresentasikan pribadi orang lain di depan HRD perusahaan.

6. Update CV

Anda harus memperbarui Curriculum Vitae karena HRD tidak akan tertarik jika anda tidak ada kegiatan atau berhenti di tahun tersebut sambil menunggu mendapat pekerjaan.

Oleh karena itu, anda harus melakukan suatu pembaruan seperti menambah pengalaman atau mengasah skill yang dimiliki. Hal ini menjadi nilai tambah di dalam CV yang akan membuat anda dilirik oleh berbagai HRD perusahaan. Dengan begitu, nilai jual diri anda juga semakin meningkat.

Informasi dari surat lamaran kerja memang harus informatif, tetapi jangan terkesan mengulang sesuatu yang telah disampaikan.

Hindari untuk menulis ulang info yang telah anda sampaikan di CV ke surat lamaran kerja. Tentu saja HRD perusahaan akan bosan melihatnya, sehingga harus divariasikan dan tulis informasi lainnya.

Anda dapat menulis informasi riwayat pendidikan secara lengkap di CV, tetapi untuk di surat lamaran kerja cukup pendidikan terakhir.

7. Belajar Materi dari Surat Lamaran

Hal penting yang terakhir adalah mempelajari materi di dalam surat lamaran kerja dengan baik. Beberapa pewawancara nantinya akan meminta anda menjelaskan secara singkat mengenai isi surat lamaran kerja tersebut.

Oleh karena itu, Tips Menulis Lamaran Pekerjaan yang Tepat menuntut anda untuk mengetahui dengan detail yang telah ditulis dalam surat tersebut. Tidak hanya itu, seluruh informasi yang ada di dalam CV juga harus anda pelajari dan kuasai dengan baik.

Baca juga: Cara Membuat Curriculum Vitae dan Surat Lamaran Kerja

8. Lengkapi Data Pendukung

Surat lamaran kerja umumnya disertai dengan data pendukung yang dibutuhkan sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang diminta oleh perusahaan atau instansi yang Anda lamar.

Beberapa data pendukung tersebut adalah daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah, fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, dan jika diperlukan.

9. Lampirkan Dokumen Pendukung

Dokumen pendukung tersebut antara lain sertifikat keahlian, kursus, pelatihan, workshop atau seminar yang pernah Anda ikuti, serta sertifikat lain yang menambah nilai keahlian dan kualifikasi Anda.

Surat lamaran kerja yang mampu menarik perhatian HRD memiliki kriteria yang sangat sulit ditebak. Akan tetapi, beberapa hal yang telah disebutkan dapat menunjang surat lamaran kerja yang anda tulis.

D. Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut beberapa contoh surat lamaran kerja umum yang bisa Anda pelajari:

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Marketing

Jakarta, 10 November 2019

Kepada Yth:
Pimpinan Personalia/HRD
PT Astra Honda Motor
di Tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Staf Marketing di PT Astra Honda Motor.

Saya mempunyai pengalaman satu tahun sebagai tenaga marketing dengan latar pendidikan diploma ekonomi pemasaran. Saya menyukai tantangan, pekerja keras, senang bertemu dengan orang-orang baru, dan memiliki komitmen untuk dapat memenuhi target yang telah ditetapkan. Dengan kemampuan dan ditunjang pengalaman kerja yang saya miliki, saya yakin dapat berkontribusi demi kemajuan perusahaan.

Untuk itu, perkankan saya menyampaikan data diri saya secara singkat:

Nama                               :  Gunawan Wicaksono
Tempat Tanggal Lahir   :  Jakarta, 3 Maret 1995
Pendidikan Terakhir      :  D3 Pemasaran
Agama                            :  Islam
Alamat                            :  Jl. Menteng Pulo No.25, Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setia Budi, Jakarta Selatan
Nomor Telepon             :  0819 5432 7890

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan dokumen penunjang yang dibutuhkan:
·       Daftar riwayat hidup
·       Foto kopi ijazah diploma
·       Photo Copy transkrip akademik
·       Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
·       Photo Copy  Kartu Keluarga (KK)
·       Foto kopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
·       Sertifikat pelatihan dan training yang pernah saya ikuti
·       Pas foto berwarna 4×6 berwarna

Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya dapat bergabung menjadi marketing staff di PT Astra Honda Motor. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Gunawan Wicaksono

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Surat lamaran kerja umum biasanya dibuat untuk menanggapi lowongan pekerjaan, baik di koran, situs lowongan kerja, atau langsung di website perusahaan.

Untuk itu pada bagian pembuka ada baiknya untuk memberikan informasi dari mana kita mengetahui tentang lowongan kerja tersebut.

Namun, jika tidak ada informasi lowongan kerja di perusahaan tersebut, bukan berarti kami tidak bisa mengirimkan lamaran kerja.

Biasanya, jika perusahaan tidak memiliki posisi yang kosong, data kami akan dimasukkan ke dalam database calon karyawan yang dapat dipanggil kapan saja jika ada posisi yang kosong atau dianggap sesuai.

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja umum untuk posisi Admin Produksi:

Bandung, 14 April 2019

Kepada Yth,
HRD PT Leading Garmen Industries
di Tempat

Berdasarkan informasi yang saya peroleh di situs job.id, PT Leading Garmen Industries sedang membutuhkan pegawai untuk menempati posisi Admin Produksi. Untuk itu, melalui surat ini saya bermaksud melamar pekerjaan untuk mengisi posisi pekerjaan tersebut.

Berikut data diri singkat saya:

Nama                                     : Ani Kusrini
Tempat, Tanggal Lahir        : Sukabumi, 21 Juni 1996
Pendidikan Terakhir            : D1 Administrasi Keuangan
Agama                                   : Islam
Nomor Telepon                    : 0812 3458 4598
Alamat                                  : Jl. Sederhana No.32/65, Pasteur, Bandung

Sebagai lulusan diploma administrasi keuangan, saya terbiasa bekerja dengan data, detil dan teliti, serta menguasai pencatatan dengan baik menggunakan mircosoft excel. Saya yakin kemampuan saya sesuai dengan kriteria yang perusahaan butuhkan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan dokumen penunjang yang dibutuhkan:
·      Daftar riwayat hidup
·      Pas foto 4×6 berwarna
·      Foto kopi ijazah diploma
·      Photo Copy transkrip nilai akademik
·      Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
·      Photo Copy Kartu Keluarga (KK)
·      Foto kopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
·      Sertifikat kursus MS Office

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya dapat bergabung dan menjadi bagian dari PT Leading Garment Industries.  Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ani Kusrini

3. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Kepada Yth:
Bapak/Ibu HRD Manager
Bank Mandiri Kcp. Kaliurang YogyakartaHal: Lamaran Kerja

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi saya peroleh di lowongan kerja Bank Mandiri, dengan ini saya mengajukan diri untuk melamar sebagai karyawan untuk posisi Customer Service.

Berikut data diri singkat saya:

Nama                             : Dewi Anisa
Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 24 Juli 1992
Alamat                           : Jl. Pandega Padma No.20, Yogyakarta
Nomor ponsel              : 0812 6789 5483
Agama                           : Islam
Status                            : Lajang
Pendidikan Terakhir    : Sarjana S1

Sebagai pertimbangan Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan berkas dan dokumen yang dibutuhkan:

·      Daftar Riwayat Hidup
·      Foto kopi Ijazah S1
·      Photo copy Transkrip Nilai
·      Foto kopi KTP
·      Pas foto berwarna 4×6 terbaru
·      Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Demikianlah surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya sangat berharap untuk bisa bekerja dan berkontribusi maksimal untuk kemajuan Bank Mandiri. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Dewi Anisa

4. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Palembang, 3 Oktober 2018

Yth. HRD Manager
Hotel Princess Palembang

Dengan hormat,

Melalui surat lamaran pekerjaan ini, saya bermaksud melamar kerja sebagai Bellboy  di Hotel Princess, Palembang. Saya yakin memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi ini. Sebelumnya saya berpengalaman satu tahun bekerja dengan posisi yang sama di salah satu hotel di kota Prabumulih.

Saya percaya kerja keras, tekun, dan jujur adalah kunci untuk bisa sukses sebagai bellboy. Saya juga yakin dengan kedisiplinan dan semangat, saya mampu untuk menjadi bellboy yang baik di Hotel yang Bapak pimpin.

Untuk itu, izinkan saya melampirkan data diri:
Nama                              : Rudi Satya
Tempat Tanggal Lahir  : Prabumulih, 8 Februari 1998
Pendidikan Terakhir     : SMK Perhotelan
Agama                           : Islam
Alamat                           : Jl. Ariodillah No.2063, llir Timur I, Palembang
No. Telepon                  : 0856 9294 8786

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan beberapa berkas yang mendukung kualifikasi saya:

·      Daftar riwayat hidup
·      Pas foto 4×6 berwarna
·      Foto kopi ijazah sekolah
·      Photo Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
·      Foto kopi Kartu Keluarga (KK)
·      Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan. Besar harapan saya dapat dipanggil wawancara untuk dapat memberikan penjelasan yang lebih lengkap mengenai kualifikasi saya sehingga dapat diterima menjadi karyawan di Hotel Princess, Palembang. Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Rudi Satya

5. Contoh Surat Lamaran Kerja di SPG

Malang, 24 Oktober 2018

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth. Manager HRD
PT Lintas Indotama Surabaya

Dengan hormat,

Sehubungan dengan info yang saya peroleh dari situs lowongan kerja, PT Lintas Indotama sedang membutuhkan karyawan part time untuk posisi Sales Promotion Girls (SPG) untuk kebutuhan roadshow. Untuk itu, saya mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut.

SPG adalah bidang yang penuh tantangan dan dinamis, harus mampu melakukan pendekatan personal dengan baik untuk dapat mencapai target sales yang ditetapkan.

Dengan pengalaman saya bekerja sebagai SPG di berbagai event di Jawa Timur, saya percaya mempunyai kualifikasi yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan pekerjaan dengan baik dan memuaskan.

Bapak/Ibu, perkenankan saya memperkenalkan diri melalui data singkat berikut:

Nama                             : Ratih Dewi Angraeni
Tempat/ Tanggal Lahir: Pasuruan, 25 September 1996
Jenis Kelamin              : Perempuan
Status                            : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir    : SMA Negeri 1, Pasuruan
Agama                          : Islam
Alamat                          : Jl. Diponegoro No.110, DR. Soetomo, Surabaya
No. Telepon                 : 0819 3773 9630

Sebagai bahan pertimbangan, terlampir juga berkas dan dokumen yang dibutuhkan sebagai penunjang kualifikasi saya:

·      Daftar riwayat hidup
·      Foto kopi ijazah
·      Photo Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
·      Pas diri berwarna dan pas foto ukuran 4×6
·      Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
·      Photo Copy Kartu Keluarga (KK)
·      Surat rekomendasi dari event manager tempat saya terakhir bekerja

Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya ajukan. Besar harapan saya untuk dapat dipanggil wawancara agar dapat menjelaskan lebih detil pengalaman dan kualifikasi yang saya miliki. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ratih Dewi Angraeni

6. Contoh Surat Lamaran Kerja Simple

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang sederhana namun informatif. Surat lamaran kerja ini menekankan maksud dan tujuan serta posisi pekerjaan yang dilamar.

Rincian dokumen pendukung dapat dijelaskan lebih lanjut dalam daftar riwayat hidup. Dengan format penulisan seperti ini, cover letter akan terlihat lebih sederhana namun tetap informatif dan jelas.

Bandung, 18 November 2017
Hal : Lamaran PekerjaanYth. Manager HRD
PT MEKAR SEJAHTERA
Jl. Jenderal Ahmad Yani No.208 Bandung, Jawa Barat 40272

Dengan Hormat,

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan di harian online pikiran-rakyat.com tanggal 16 November 2017, maka melalui surat ini saya bermaksud untuk melamar sebagai staf HRD di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Saya seorang perempuan berusia 28 tahun, lulusan universitas dan meraih gelar Sarjana Ekonomi dan Bisnis pada tahun 2013 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University dengan IPK 3,59.

Saya adalah sosok pribadi yang supel dan cepat menerima hal baru, suka dengan tantangan dan mampu bekerja secara pribadi maupun dalam kelompok dengan baik. Sebagai referensi, saya juga telah melampirkan Daftar Riwayat Hidup (CV) bersama dengan surat ini.

Besar harapan saya agar selanjutnya saya dapat mengikuti tes seleksi atau wawancara. Atas segala perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Erika Inayah, S.E.B

7. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Mengisi Kekosongan Posisi

Bekasi, 10 Agustus 2016

Kepada Yth :
HRD Manager Tras Mediacom
Rukan Avenue, Jakarta Garden City Blok B/ 139
Jakarta Timur

Perihal      : Lamaran Kerja
Lampiran : Enam (6) berkas

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                : Fatih Andanda
Tempat, Tanggal Lahir   :  Jakarta, 17 Februari 1990
Alamat                              :  Jl. Selat Sunda No.9, Tambun, Bekasi
No. Telp/HP                     :  0812 7890 3456
Pendidikan Terakhir      :  Sarjana S1

Dengan ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi kekosongan formasi di perusahaan Bapak/Ibu.

Saya memiliki kemampuan desain web dan grafis serta kemampuan office seperti Ms. Word, Excel dan Powerpoint. Saya juga memiliki kemampuan komputer di bidang programming dan juga bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, saya memiliki integritas dan loyalitas serta semangat kerja yang tinggi. Saya punya kemampuan beradaptasi dan kemauan untuk mempelajari hal-hal baru dengan cepat.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas berikut ini:

1.Daftar Riwayat Hidup
2. Fotokopi Ijazah Terakhir
3. Fotokopi KTP
4. Pas foto berwarna 4×6
4. Fotokopi Sertifikat Kursus Komputer
6. Fotokopi Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris TOEFL

Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya untuk bisa bergabung di perusahaan Bapak/Ibu pimpin untuk mengembangkan potensi yang saya miliki dan maju bersama Trans Mediacom. Atas perhatiannya saya haturkan terima kasih.

Hormat Saya,

Fatih Ananda

7. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Sebagai lulusan baru atau fresh graduate, melamar pekerjaan memang menjadi tantangan dan tips tersendiri. Lulusan baru umumnya tidak memiliki atau minim pengalaman kerja.

Untuk itu, sebagai nilai jual, Anda bisa menceritakan berbagai pengalaman Anda dalam berorganisasi selama kuliah.

Pengalaman berorganisasi ini akan menjadi nilai plus di mata HRD karena menunjukkan Anda adalah orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, terbiasa bekerja dalam tim, dan telah mengalami ‘ekosistem dan lingkungan kerja’.

Selain pengalaman berorganisasi, Anda juga bisa menuliskan prestasi dan pencapaian pribadi Anda dengan bahasa yang lugas dan tentunya rendah hati.

Dua hal ini, pengalaman organisasi dan pencapaian pribadi akan membuat peluang Anda untuk dipanggil wawancara dan mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan semakin besar.

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate:

Iqbal Taufik.
Jl. Margonda Raya No.17 Depok
Jawa Barat 16242Jakarta, 5 Februari 2020

Yth. Imam Mulyawan
HRD Manager PT Nestle Indonesia
Tower B-C Lt..5 Perkantoran Hijau Arkadia,
Jl. TB Simatupang No.Kav.88
Jakarta Selatan 12520

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya bermaksud mengajukan lamaran sebagai Management Trainee di PT Nestle Indonesia.

Saya adalah fresh graduate lulusan Psikologi Universitas Indonesia tahun 2019 dengan IPK 3,56. Semasa kuliah saya aktif ikut dalam berbagai kegiatan dan organisasi, di antaranya aktif menjadi anggota dan pengurus di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Di masa itu saya menjabat sebagai staf divisi komunikasi dan informasi selama tiga tahun.

Pengalaman ini membantu saya untuk bisa berkomunikasi dengan baik, beradaptasi dan bekerja dengan banyak orang baru, serta bekerja secara teroganisir. Saya juga seorang problem solver yang mampu mencari solusi dengan menggunakan kemampuan yang saya miliki. Saya yakin, pengetahuan, pengalaman organisasi dan ditunjang dengan karakter yang kuat akan menjadi modal saya untuk bisa bergabung sebagai Management Trainee di PT Nestle Indonesia.

Demikian surat lamaran ini, besar harapan saya untuk dapat dipanggil wawancara untuk dapat menjelaskan lebih lanjut mengenai kualifikasi yang saya miliki. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Iqbal Taufik

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa anda gunakan sebagai referensi dan referensi dalam menulis surat lamaran kerja bahasa indonesia.

Jangan lupa untuk mengecek kembali surat lamaran yang sudah Anda tulis dan pastikan semua dokumen pendukung diperlukan sebelum surat lamaran dikirimkan.

Surat lamaran kerja yang baik dan menarik memberikan Anda kesempatan untuk dipanggil wawancara dan mengikuti seleksi lanjutan.

Jangan lupa pelajari juga cara menulis surat lamaran berbahasa Inggris untuk meningkatkan nilai jual Anda.

Tips tersebut, antara lain menggunakan format penulisan yang benar, kaidah bahasa yang tepat, jangan salah tulis, bahasa langsung sasaran, kualifikasi sesuai, update CV, dan menguasai materi. Anda dapat mempelajarinya agar lolos dari tahap pemberkasan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!