Pekerjaan, Gaji dan Tugas Project Manager

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Project Manager? Karyawan proyek tentu sudah tidak asing lagi dengan posisi Project Manager.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Project Manager

Seseorang dalam posisi ini, tingkat karirnya cukup bagus. Masalahnya adalah Anda memiliki bawahan yang perlu dipimpin dengan baik.

Manajer proyek, karakter yang satu itu, jelas memainkan peran penting dalam stabilitas sebuah proyek.

Tanpa peran manajer proyek yang andal, sebuah proyek tidak akan berjalan secara efisien dan efektif hingga mencapai tujuan yang diharapkan.

Namun sebelum Anda melangkah lebih jauh, tahukah Anda pengertian, peran dan tanggung jawab seorang manajer proyek?

Dalam industri konstruksi, manajer proyek juga disebut sebagai manajer konstruksi.

Tugas Project Manager yang mengurusi berjalannya suatu proyek akan tetapi lebih detail karena ia mengupayakan keberhasilan suatu proyek bisnis konstruksi.

Tentu saja dengan instruksi untuk membuat yang terbaik dari itu. Meskipun manajer proyek dapat dikelompokkan ke dalam proyek yang berbeda, peran mereka tetap sama, yaitu mengelola proyek perusahaan dengan baik untuk mencapai tujuan atau arah proyek tertentu.

Manajer proyek adalah pemimpin sebuah proyek, sehingga manajer proyek memiliki peran penting dalam sebuah proyek.

Dari membuat rencana, mengakomodasi tim, mengurangi risiko hingga membuat laporan multi-stakeholder.

Sebelum membahas mengenai Tugas Project Manager mari kita ketahui dahulu pengertian dari project manager.

A. Pengertian Project Manager

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Project Manager

Project Manager adalah orang yang bertanggung jawab atas manajemen proyek. Pekerjaannya cukup kompleks karena dia harus bertanggung jawab atas perusahaan, tim, dan proyek.

Dan menurut Ervianto, jabatan ini adalah penanggung jawab kegiatan proyek. Mulai dari awal hingga akhir periode proyek.

Manajer proyek dapat digambarkan sebagai orang yang diberi tanggung jawab untuk mengarahkan strategi manajemen proyek, dengan tujuan utama untuk mencapai tujuan proyek.

Hal ini sesuai dengan pengertian manajer proyek menurut Pedoman Badan Pengelola Proyek (PMBOK Guide), yang merupakan orang yang bertanggung jawab atas pengelolaan suatu proyek.

Sederhananya, manajer proyek adalah pemimpin atau ujung tombak sebuah proyek.

Ingatlah bahwa cukup banyak sumber daya manusia yang terlibat dalam sebuah proyek karena membutuhkan seorang pemimpin untuk mengoordinasikannya.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa pengertian manajer proyek adalah seseorang yang bertanggung jawab atas segala arah dan tujuan proyek.

Anda harus mengarahkan, merencanakan dan mengkoordinasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan alur proyek.

Setelah anda mengetahui pengertian project manager, pasti sudah terbayang bukan Tugas Project Manager? Jika belum mari kita lanjut ke poin selanjutnya.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Staff Development

B. Tugas dan Tanggung Jawab Project Manager

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Project Manager

Padahal, seorang manajer proyek memiliki banyak tugas dan tanggung jawab. Bahkan, dapat dikatakan bahwa itu mencakup keseluruhan proyek dan tidak hanya melakukan beberapa hal teknis.

Anda juga perlu menjadi pemimpin yang baik untuk menjaga agar semua pemangku kepentingan proyek bersatu dalam mewujudkan bangunan yang baik.

Pengendalian anggaran merupakan salah satu tugas yang tidak dapat dihindari. Masih ada tugas yang harus diselesaikan, salah satunya.

Tanggung Jawab dan Tugas Project Manager

Berikut adalah 7 tugas dan tanggung jawab seorang manajer proyek dalam sebuah proyek:

a. Membuat Rencana Proyek

Tugas Project Manager yang pertama adalah membuat rencana proyek

Sebelum memulai proses eksekusi, penting untuk melakukan perencanaan proyek yang terperinci.

Dari menentukan anggaran, ruang lingkup, scope dan timeline ke arah spesifik yang ingin Anda capai. Semua ini harus dilaksanakan dan dikelola oleh Project Manager.

b. Mengalokasikan Tugas kepada Tim

Mengalokasikan tugas kepada tim merupakan salah satu Tugas Project Manager yang tidak dapat dihindari.

Manajer proyek pasti tidak bekerja sendiri, tetapi dengan tim hebat di belakangnya.

Setelah membuat rencana yang mencakup pemilihan sumber daya manusia (SDM), manajer proyek tidak lupa membagi mereka menjadi beberapa tim sesuai dengan kebutuhan dan detail proyek mereka.

Tim ini diberi tanggung jawab atas unit-unit kerja dalam suatu proyek.

Penentuan unit kerja dan tim yang bertanggung jawab harus dibuat sejelas mungkin untuk menghindari masalah setelah proyek memasuki tahap eksekusi.

Setelah proyek berjalan, manajer proyek bekerja untuk menjaga tugas mereka tetap pada jalurnya melalui dialog dan brainstorming kolaboratif.

Ini harus dilakukan secara berkala untuk memantau status unit kerja dan kemajuan tim, dan mengalokasikan kembali sumber daya yang dibutuhkan.

c. Membentuk Komunikasi Tim yang Efektif

Tugas Project Manager selanjutnya yaitu membentuk komunikasi tim yang efektif.

Tugas khusus lain dari manajer proyek adalah memastikan komunikasi yang efisien dalam tim.

Komunikasi dalam tim ini mencakup daftar tugas, jadwal, dan tenggat waktu yang perlu dipahami dan ditangani semua tim.

Komunikasi untuk menyampaikan informasi yang sangat banyak ini perlu jelas dan efisien agar dapat dipahami oleh semua tim.

Komunikasi yang efisien sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan motivasi kerja tim.

Ingat, sebagai manajer proyek, memberikan perintah kerja dalam bahasa yang sulit dipahami dan tidak efisien tentu saja dapat mengganggu ritme kerja tim dan mengurangi peluang keberhasilan proyek, bukan?

d. Membuat Perhitungan Anggaran

Penting untuk membuat perhitungan anggaran dalam pembuatan proyek dan juga salah satu Tugas Project Manager terpenting.

Budget atau Anggaran adalah faktor terpenting dalam membuat proyek apapun.

Sebelum memulai sebuah proyek, pemilik proyek dan manajer proyek harus telah mengomunikasikan jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk proyek yang mereka kerjakan.

Namun, perhitungan anggaran pada tahap pra produksi dan tahap pelaksanaan sangat mungkin berbeda.

Kemungkinan pembengkakan biaya juga tinggi pada suatu proyek, terutama ketika lingkungan di sekitar proyek tiba-tiba berbeda, misalnya wabah global Covid-19.

Oleh karena itu, manajer proyek harus cermat memantau penggunaan anggaran dalam proyek yang dipimpinnya.

Jika memungkinkan, manajer proyek harus memastikan bahwa anggaran yang dikeluarkan digunakan secara efisien dan efektif.

e. Mitigasi Masalah dan Krisis

Tugas Project Manager selanjutnya yaitu mitigasi dan krisis.

Masalah yang sedang berlangsung pada titik kritis dalam suatu proyek dapat terjadi kapan saja.

Ini menguji keterampilan pemecahan masalah dan kontrol kritis manajer proyek.

Untuk mempertimbangkan hal ini, manajer proyek perlu merencanakan titik kritis yang sudah ada dalam fase pra-produksi proyek.

Hal ini untuk menyoroti potensi masalah yang menghadirkan peluang besar dan mencari solusi untuk mengatasinya di masa depan.

f. Monitoring Perkembangan Proyek sesuai Blueprint

Monitoring perkembangan proyek sesuai blueprint merupakan salah satu Tugas Project Manager.

Tugas lain dari manajer proyek adalah memantau perubahan proyek berdasarkan blueprint.

Cetak biru itu sendiri merupakan kerangka rinci sebagai dasar pengembangan, penetapan strategi, implementasi program, fokus tugas dan implikasi yang akan dilakukan oleh entitas lingkungan kerja.

Jika ada beberapa hal selama proyek yang berbeda atau tidak sesuai dengan cetak biru, manajer proyek bekerja untuk mengomunikasikannya kepada tim yang bertanggung jawab agar pekerjaan mereka kembali ke jalurnya.

Namun, jika perubahan harus dilaksanakan karena satu dan lain hal, hal ini sama saja dengan merealokasi unit kerja berdasarkan sumber daya yang ada.

g. Membuat Report untuk Stakeholder

Membuat report untuk stakeholder adalah Tugas Project Manager terakhir yang akan kita bahas.

Tugas yang tidak kalah penting dari manajer proyek adalah dokumentasi proyek dalam laporan untuk beberapa pemangku kepentingan.

Selain Anda dan tim Anda, kelompok pemangku kepentingan mutlak membutuhkan laporan untuk memeriksa kemajuan proyek.

Laporan ini memberikan informasi rinci tentang status kemajuan proyek hingga anggaran yang dikeluarkan.

Pada tahap akhir proyek, laporan ini disusun dan diarsipkan oleh pimpinan proyek setelah mendapatkan legitimasi dari beberapa pihak terkait.

Laporan ini akan berfungsi sebagai referensi di masa mendatang bagi manajer proyek ketika melaksanakan proyek serupa.

h. Tugas Project Manager Lainnya

Tugas Project Manager lainnya yaitu:

  • Membuat anggaran dalam sebuah proyek
  • Memastikan proyek selesai tepat waktu
  • Mengawasi bawahan untuk bekerja secara bertanggung jawab
  • Memantau proyek agar tetap berjalan sebagaimana mestinya
  • Memahami semua risiko dan ambil langkah terbaik untuk menguranginya.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Relationship Officer

C. Gaji dan Tunjangan Project Manager

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Project Manager

Tanggung jawab dan tugas yang harus dijalankan oleh seorang manajer proyek sangatlah besar.

Sebuah proyek tidak dapat berjalan dengan lancar jika tidak memiliki manajer proyek yang baik dan memahami beberapa tugas dengan baik.

Gaji yang diterima cukup proporsional dengan pekerjaan yang cukup banyak. Setiap bulan Anda bisa mendapatkan sekitar Rp 12.000.000 jika berprofesi sebagai manajer proyek.

Besaran gaji belum termasuk tunjangan dan bonus.

Nilai di atas hanya angka minimal, karena semakin besar proyek yang dijalankan maka semakin tinggi pula bonus gaji yang akan diterima.

Pastikan Anda melakukan pekerjaan dengan baik karena gaji yang Anda dapatkan tinggi.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Karyawan Kantor

D. Syarat dan Kualifikasi Project Manager

Semua pekerjaan tentu memiliki persyaratan dan kualifikasi tertentu. Berdasarkan tingkat pendidikan, pengalaman atau tingkat kemampuan kandidat.

Jika Anda, tertarik sebagai manajer proyek, Anda harus memenuhi ketentuan berikut:

1. Pendidikan dan Pengalaman

Bekerja sebagai manajer proyek mengharuskan Anda memahami berbagai alat untuk mendukung tugas Project Manager.

Oleh karena itu, Anda harus sudah menyelesaikan minimal S1 Teknik Sipil/Arsitek. Jika pengalaman Anda di bidang serupa cukup lama, Anda juga bisa mendaftarkan diri.

2. Skil dan Kemampuan

Telah disebutkan bahwa seorang manajer proyek perlu memahami beberapa alat di komputer, misalnya AutoCAD atau perangkat lunak lainnya.

Pemahaman yang baik tentang desain bangunan. Anda juga harus bisa multitasking.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Koordinator Lapangan

E. Tips Lolos Wawancara Project Manager

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Project Manager

Manajer proyek adalah posisi penting bagi seseorang yang mengejar karir di departemen pengembangan proyek.

Posisi ini tentu direbutkan oleh beberapa orang, karena gaji yang cukup tinggi. Untuk memenuhi syarat sebagai manajer proyek, Anda dapat menyiapkan beberapa jawaban untuk pertanyaan berikut:

  • Proyek terbesar yang pernah diselesaikan
  • Jumlah bawahan yang pernah dipimpin
  • Dari angka 1 sampai 10, kemampuan AutoCAD di angka berapa?
  • Langkah-langkah untuk menghadapi masalah ketika terjadi pertengkaran antar bawahan dengan masalah yang agak besar

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Produksi

Kesimpulan

Tidak dapat dipungkiri bahwa tugas di departemen pengembangan cukup banyak manipulasi.

Namun, sebagai seorang pemimpin, sebagai Project Manager, Anda harus dapat mengontrol bawahan Anda agar tidak ada manipulasi dan proyek dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!