Contoh Psikotes Matematika Dasar untuk Melamar Pekerjaan

Contoh Tes Psikotes Matematika Dasar untuk Melamar Pekerjaan | Psikotes dasar khususnya matematika dasar merupakan salah satu tes yang sering ada ketika melamar pekerjaan, jadi penting untuk teman-teman mempersiapkan diri untuk tes matimatika dasar agar bisa lulus dan mendapatkan pekerjaan.

Harap Dicatat: Peserta ujian ketika tes berlangsung tidak diizinkan menggunakan kalkulator dan ponsel genggam untuk menyelesaikan salah satu dari Tes.

Konsep Artimatika dasar

Tes ini mengukur kemampuan Anda untuk melakukan operasi aritmatika dasar dan untuk memecahkan masalah itu
melibatkan konsep aritmatika dasar, dimana hal itu dibagi menjadi tiga jenis.

  1. Operasi dengan bilangan bulat dan pecahan: Topik yang termasuk dalam kategori ini adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, mengenali pecahan ekivalen dan bilangan campuran, dan memperkirakan.
  2. Operasi dengan desimal dan persen: Topik meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan desimal. Persen masalah, pengenalan desimal, pecahan dan persen kesetaraan, dan masalah yang melibatkan estimasi juga diberikan.
  3. Aplikasi dan pemecahan masalah: Topik mencakup masalah tingkat, persen, dan pengukuran; masalah geometri sederhana; dan distribusi kuantitas ke bagian pecahannya.

Apa itu tes Matematika Dasar?

Matematika dasar tidak lain adalah konsep sederhana atau dasar yang berhubungan dengan matematika. Umumnya, menghitung, menambah, mengurangi, perkalian dan pembagian disebut operasi matematika dasar. Konsep matematika lainnya dibangun di atas 4 operasi di atas. Konsep-konsep ini bersama dengan berbagai jenis bilangan, faktor, LCM dan GCF membuat siswa siap untuk belajar pecahan.

Bersamaan dengan konsep operasi ini, kita perlu memahami properti yang berbeda dari operasi ini serta hubungan di antara operasi tersebut.

Sebenarnya, tidak ada tes yang berjudul “Tes Matematika Dasar”. “Tes” ini merupakan upaya Union Test Prep untuk memberikan materi pendukung di bidang matematika dasar. Dasar-dasar Matematika dapat digunakan untuk beberapa tujuan:

  1. Sebagai sumber daya saat Anda meninjau tes lain yang berisi setidaknya satu bagian matematika untuk mengakses latihan lebih lanjut di bidang matematika yang Anda geluti.
  2. Untuk memperkuat pemahaman Anda tentang matematika dasar sebelum melanjutkan ke level yang lebih tinggi
  3. Untuk melengkapi pembelajaran matematika saat ini hingga tingkat sekolah menengah pertama
  4. Untuk mendapatkan pemahaman tentang konsep dan proses matematika yang mungkin belum Anda miliki

selama bertahun-tahun sekolah terdapat hal-hal yang dapat Anda gunakan di tempat kerja dan dalam kehidupan sehari-hari untuk akhirnya menyadari kebenaran dalam pernyataan kita.

Kami telah membagi Matematika Dasar menjadi delapan bagian sehingga Anda dapat fokus pada keterampilan yang Anda butuhkan:

  1. Angka dan Operasi
  2. Pecahan, Desimal, dan Persen
  3. Pengukuran
  4. Geometri
  5. Analisis dan Statistik Data
  6. Aljabar (Dasar)

Bagaimana Tips Lulus Tes Matematika Dasar untuk Melamar Kerja? Tes psikotes adalah salah satu ujian yang seringkali digunakan untuk menyeleksi mahasiswa atau karyawan di sebuah perusahaan.

Meskipun terlihat mudah, namun untuk menjawab soal psikotes dibutuhkan banyak latihan dan pembahasan. Banyak orang yang kesulitan untuk mengerjakan contoh soal tes psikotes. Apalagi jika berurusan dengan matematika dasar yang membutuhkan banyak waktu untuk bisa menyelesaikannya.

Sebenarnya tes psikotes memiliki banyak sekali variasi soal untuk dikerjakan mulai dari tes kemampuan akademik, tes logika, tes konsentrasi dan lain sebagainya.

Agar anda bisa lancar untuk menjawab soal tersebut, maka anda harus lebih sering untuk berlatih memahami soal sulit yang bisa anda temukan di buku psikotes terdahulu. Agar mudah untuk menyelesaikan soal tes psikotes, yuk simak tips lulus tes matematika dasar berikut.

Tips Lulus Tes Matematika Dasar untuk Melamar Kerja  

1. Menata Niat

Hal yang pertama harus anda persiapkan untuk mengikuti tes psikotes adalah menata niat sejak awal. Niatkan untuk serius mengikuti tes psikotes dan berusaha dengan keras.

Dengan memiliki tekad yang kuat, maka anda memiliki peluang yang cukup besar untuk diterima kerja ataupun lulus seleksi. Menata niat amatlah penting, karena bisa mempengaruhi semangat untuk belajar nantinya.

Niat sendiri tidak jauh berbeda dengan keinginan yang kuat untuk mencapai sesuatu. Dengan memiliki niat dan tekad yang bulat, maka anda bisa lebih fokus dan tidak mudah tergiur dengan banyak hal hal yang akan membuang waktu anda.

Menata niat ini harus dipersiapkan jauh jauh hari sebelum mendaftar untuk mengikuti tes psikotes. Dengan begitu, anda akan memiliki cukup banyak waktu untuk belajar dan mempersiapkan diri.

2. Meluangkan Waktu Untuk Belajar

Tips lulus tes Matematika dasar selanjutnya adalah meluangkan banyak waktu untuk belajar. Untuk bisa lolos tes psikotes, anda tidak bisa hanya mempersiapkan satu malam saja atau kerap disebut sistem kebut semalam.

Untuk itu, anda harus meluangkan waktu untuk belajar kurang lebih selama dua jam sehari. Cobalah untuk menyisihkan waktu tersebut, dan selalu menambah jam belajar setiap hari.

Misalnya jika hari pertama belajar anda membutuhkan waktu satu jam, maka hari selanjutnya anda bisa menyisihkan waktu kurang lebih dua jam.

Tambah waktu belajar anda setiap hari sehingga bisa lebih optimal untuk memahami beberapa soal soal yang sulit. Namun mulailah untuk mengurangi waktu belajar ketika tiga hari mendekati waktu ujian tes psikotes. Sehingga anda memiliki tubuh yang fit dan bisa fokus untuk mengerjakan soal soal tersebut.

3. Banyak Berlatih Soal

Soal matematika dasar adalah salah satu soal psikotes yang gampang gampang susah untuk dikerjakan. Namun meskipun gampang gampang susah, anda tidak boleh menggampangkannya.

Salah satu kunci tips lulus tes matematika dasar saat psikotes adalah dengan sering berlatih menjawab semua soal matematika tersebut. Anda bisa mencari soal tersebut di website ataupun pada buku buku tes psikotes tahun sebelumnya.

Cobalah untuk mengerjakan soal soal tersebut dan jangan tersugesti jika soal matematika gampang dikerjakan. Pasalnya tanpa pemahaman yang matang, soal matematika tersebut akan menjebak anda untuk menyelesaikannya.

Mengerjakan soal matematika sendiri juga dibutuhkan logika yang matang dan perlu untuk diasah. Sehingga wajib bagi anda untuk melatih logika tersebut dengan berlatih soal sebanyak banyaknya.

4. Fokus dan Konsentrasi

Melatih konsentrasi juga kunci utama yang harus dimiliki untuk mengerjakan tes psikotes berikutnya. Tanpa adanya konsentrasi maka anda tidak akan bisa menyelesaikan soal tersebut dengan cepat.

Cobalah untuk fokus dan konsentrasi saat mengerjakan soal soal tes psikotes. Dengan meningkatkan konsentrasi dan fokus, maka anda bisa lebih mudah untuk memahami soal dan menyelesaikan dengan mudah.

Bandingkan ketika anda tidak memiliki fokus dan konsentrasi yang tajam, maka anda akan kelabakan untuk mengerjakan soal.

Tubuh yang tenang akan membantu aliran darah menuju otak sehingga anda bisa mudah untuk menyelesaikan soal soal matematika tersulit sekalipun. Usahakan untuk tetap tenang dan tidak terburu buru ketika mengerjakan tes psikotes. Tips lulus tes matematika dasar untuk tetap fokus dan kalem akan meningkatkan konsentrasi anda.

5. Melatih Kecepatan Mengerjakan Soal

Yang tak kalah penting untuk dipersiapkan ketika hendak mengikuti tes psikotes adalah dengan melatih kecepatan mengerjakan soal.

Seperti diketahui dalam mengerjakan soal tes psikotes akan dibatasi waktu untuk menyelesaikan semua soal. Oleh karenanya anda harus mempersiapkan diri sehingga bisa menjawab soal soal tersebut dengan waktu yang sudah ditentukan.

Dalam soal psikotes sendiri terdapat beberapa variasi soal seperti tes kemampuan dasar, tes logika, tes kepribadian dan lainnya. Anda harus bisa melatih kecepatan untuk mengerjakan soal soal tersebut.

Cobalah untuk menyelesaikan satu soal dalam waktu kurang dari dua menit. Kemudian kerjakan soal soal yang mudah terlebih dahulu, sehingga anda bisa mengerjakan soal soal yang sulit di akhir masa waktu.

6. Percaya Diri dan Optimis

Tips lulus tes matematika dasar selanjutnya adalah tampil lebih percaya diri serta optimis. Apabila anda telah siap secara fisik dan mental untuk mengerjakan soal, maka rasa percaya diri akan membuat tubuh tersugesti untuk memiliki aura positif kepada alam bawah sadar.

Hal ini tentu sangat bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri anda untuk bisa menyelesaikan soal soal tersebut.

Rasa percaya diri dan optimis yang timbul juga akan memudahkan anda untuk mengerjakan berbagai macam tes psikotes. Namun jika anda memiliki rasa pesimis, maka anda akan merasa kesulitan untuk mengerjakan berbagai macam tes tersebut.

Anda akan merasa gelisah dan tidak cukup percaya diri untuk duduk berlama lama dan mengerjakan setiap soal tes psikotes. Yakinkan diri anda bahwa anda bisa menjawab soal dan sudah mempersiapkan diri sangat matang.

7. Berdoa

Doa tanpa usaha adalah kebohongan namun usaha tanpa doa adalah suatu kesombongan. Semua usaha dan tips yang telah disebutkan sebelumnya tentu tidak akan terlepas dari berdoa.

Untuk bisa melewati tes psikotes yang tidak sebentar, anda juga harus lebih banyak berdoa sebelum mengerjakan soal dan setelah mengerjakan soal. Dengan kekuatan doa, maka anda bisa lebih percaya diri dan menggenapkan usaha yang sudah dilakukan.

Anda bisa meminta restu dari orang tua sebelum melaksanakan tes psikotes tersebut. Dengan begitu, anda akan lebih tenang dan menyerahkan semuanya kepada yang Maha Esa.

Anda hanya harus menunggu hasil dan pengumuman lulus atau tidaknya selama beberapa hari. Tips lulus tes matematika dasar ketika tes psikotes ini akan berhasil dilakukan jika anda melakukan usaha lebih dan doa lebih dari biasanya.

Mengerjakan soal soal psikotes tentu akan lebih mudah jika anda sudah mempersiapkan sejak jauh jauh hari. Dengan begitu, kemampuan logika anda akan terasah dan bisa menyelesaikan tes tersebut dengan cepat.

Lakukan upaya lebih dari usaha orang lain sehingga anda bisa memperoleh manisnya rasa lelah yang dirasakan. Selain itu, anda juga harus lebih banyak untuk berdoa sebagai upaya terakhir saat melakukan ikhtiar.

Latihan Psikotes Matematika Dasar untuk Melamar Pekerjaan

1. Tes Pauli Kraepelin (Tes Koran)

Jumlahkan bilangan yang berdekatan dan tuliskan disela-sela bilangan. Jika jawabannya lebih dari dua digit, maka tuliskan digit terakhirnya saja.

Download Versi PDF dari tes Koran/Pauli disini https://bit.ly/LokerPintarTesKoran

Keterangan :

Pada contoh diatas, angka yang dicetak tebal adalah jawaban penjumlahan dari dua bilangan yang berdekatan (yang diatas dan dibawahnya). 1+2 = 3 ; 2+0= 2 dan seterusnya. Jika hasil penjumlahan lebih dari dua digit, maka ditulis digit terakhirnya saja. Misal 8+9= 17 (ditulis angka 7 saja)

Pada soal tes Pauli yang sebenarnya, jumlah angka yang diberikan sangat banyak, yaitu sebesar lembar koran. Sehingga tes Pauli ini sering disebut dengan Tes Koran.

Silakan anda berlatih mengerjakan soal psikotes jenis ini untuk memberikan pengalaman pada diri anda sendiri. Sehingga nantinya anda dapat mengerjakan soal yang sesungguhnya dengan kondisi mental dan fisik yang lebih matang.

Tips mengerjakan Tes Koran

Tes Koran ini bertujuan mengetahui ketelitian, kecermatan, kehati-hatian dan daya tahan anda terhadap stress dalam dunia kerja. Semakin banyak kesalahan yang anda buat, menunjukkan anda orang yang tidak teliti, tidak cermat, tidak hati-hati dan kurang memiliki daya tahan yang cukup terhadap stress kerja. Untuk memaksimalkan poin anda dalam tes ini, ikutilah tips berikut :

  1. Berdoalah kepada Allah SWT supaya diberi kelancaran dalam mengerjakan soal ini. Bagi anda yang beragama Islam, sholat dhuha sebelum mengerjakan tes sangatlah bermanfaat memberikan ketenangan batin dan fikiran. Ketenangan ini dapat meningkatkan konsentrasi dan daya tahan anda dalam mengerjakan soal.
  2. Kondisikan fisik dan mental anda tetap tenang, rileks dan fokus
  3. Jangan mudah bosan dan jenuh dengan kegiatan penjumlahan yang berulang-ulang
  4. Kerjakan soal dengan ritme yang stabil dan konstan. Ritme stabil sangat penting anda pertahankan. Jangan terburu-buru. Namun jangan terlalu lambat. Terburu-buru memicu kesalahan penjumlahan. Terlalu lambat membuat hasil pengerjaan anda hanya sedikit sehingga poin andapun tidak bisa maksimal. Upayakan tetap stabil dan konstan.
  5. Anda harus bernafas panjang dan teratur selama mengerjakan soal. Nafas panjang dan teratur sangat baik dalam memasok oksigen ke otak dan seluruh tubuh anda. Ini sangat penting untuk menjaga kebugaran dan daya tahan fisik. Oksigen sangatlah penting bagi otak anda agar bekerja secara maksimal dan tidak mudah lelah.

2. Latihan Tes Matematika Dasar

Anda dapat mencoba berbagai macam latihan soal dibawah ini untuk latihan psikotes untuk mengasah kemampuan matematika dasar anda.

LATIHAN PSIKOTES – TES MATEMATIKA DASAR BAGIAN 1

LATIHAN PSIKOTES – TES MATEMATIKA DASAR BAGIAN 2

LATIHAN PSIKOTES – KEMAMPUAN KUANTITATIF A (DERET ANGKA/HURUF)

LATIHAN PSIKOTES – KEMAMPUAN KUANTITATIF B (NUMERIK, ARITMATIKA, DAN ANALISIS) BAGIAN 1

LATIHAN PSIKOTES – KEMAMPUAN KUANTITATIF B (NUMERIK, ARITMATIKA, DAN ANALISIS) BAGIAN 2

LATIHAN PSIKOTES – KEMAMPUAN KUANTITATIF B (NUMERIK, ARITMATIKA, DAN ANALISIS) BAGIAN 3

LATIHAN PSIKOTES – KEMAMPUAN KUANTITATIF B (NUMERIK, ARITMATIKA, DAN ANALISIS) BAGIAN 4

LATIHAN PSIKOTES – Tes Matematika Logika Aritmatika (Seri)

LATIHAN PSIKOTES – TES MATEMATIKA LOGIKA ARITMATIKA (SERI) TIPE MUDAH

LATIHAN PSIKOTES – TES MATEMATIKA LOGIKA ARITMATIKA (SERI) TIPE Sedang

LATIHAN PSIKOTES – TES MATEMATIKA LOGIKA ARITMATIKA (SERI) TIPE SULIT

LATIHAN PSIKOTES – TES MATEMATIKA VERBAL

LATIHAN PSIKOTES – Matematika Numerik Tes Deret Berpola

COMING SOON… LATIHAN PSIKOTES – TES MATEMATIKA

Kami akan mengupdate terus tes-tes matematika dasar dan Contoh Psikotes Matematika Dasar untuk Melamar Pekerjaan, dimana nanti teman-teman dapat berlatih. Jika ada yang ingin disampaikan bisa langsung menghubungi kami.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!