Cara Reschedule Job Interview

Bagaimana Cara Reschedule Job Interview? Anda telah menjadwalkan wawancara selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Tetapi apa yang terjadi jika Anda perlu menyampaikannya kepada pewawancara bahwa Anda tidak dapat hadir pada saat hari wawancara?

Mungkin karena acara penting yang harus anda hadiri atau sakit dan Anda tidak bisa bangun dari tempat tidur. Mungkin anak-anak Anda tidak sehat dan tidak ada yang merawat mereka. Atau, bisa jadi Anda hanya sedang memikirkan karier lainnya, seperti pekerjaan dalam penjualan atau pekerjaan di bidang teknik.

Terlepas dari alasan Anda, Anda harus memberi tahu pewawancara dan menjadwalkan ulang wawancara kerja sesegera mungkin. Anda harus memastikan bahwa Anda mengatasinya dengan cara sebaik mungkin, tanpa sepenuhnya merusak peluang Anda.

Cara Reschedule Job Interview

Bagaimana Anda bisa melakukan ini? Kami jelaskan secara lebih rinci, di bawah ini.

1. Berikan alasan yang bagus

Pertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki alasan yang cukup baik, seperti tidak enak badan atau sedang keadaan darurat. Jangan berpikir Anda dapat menjadwal ulang hanya karena Anda terlihat malas dan repot untuk hadir. Ini akan terlihat buruk pada Anda.

Lagipula, Anda sebaiknya pergi untuk mengambil pengalaman itu. Ini berarti ketika wawancara selanjutnya datang, Anda tahu apa yang harus dilakukan karena Anda pernah melakukannya sebelumnya.

Langkah terbaik adalah jujur ​​jika Anda perlu menjadwal ulang wawancara kerja. Alasan rumit, yang kedengarannya tidak benar, hanya akan menghasilkan kesan buruk untuk pewawancara.

2. Hubungi pewawancara sesegera mungkin

Cara Reschedule Job Interview kedua, lebih baik memberi tahu mereka lebih awal, daripada nanti. Kemungkinan mereka akan memiliki jadwal yang padat, jadi semakin cepat Anda memberi tahu mereka, semakin besar kemungkinan Anda akan dapat mengatur kembali waktu yang cocok untuk wawancara pengganti

Tetapi apa cara terbaik untuk menghubungi mereka? Pada akhirnya, itu tergantung pada keadaan. Idealnya, cobalah untuk tidak menelepon kantor kecuali hari sudah dekat dengan jadwal wawancara.

HRD mungkin sangat sibuk dan Anda tidak ingin menghubungi mereka pada waktu yang buruk. Mengirim email memberi mereka waktu untuk membaca sesuai keinginan mereka.

Baca juga: Pakaian yang Cocok untuk Interview

Di sisi positifnya, menulis pesan melalui email kurang menakutkan daripada berbicara langsung dengan mereka di telepon. Jika Anda kesulitan bagaimana untuk memulai, lihat contoh ini:

Yang terhormat [Nama pewawancara],

Saya sangat menantikan memiliki kesempatan untuk membahas [jabatan] dengan Anda.

Sayangnya, saya [nyatakan dan jelaskan alasan Anda]. Karena itu saya ingin menjadwal ulang wawancara dengan Anda jika memungkinkan di kemudian hari. Saya tersedia [berikan tiga dari empat tanggal dan waktu selama beberapa minggu ke depan].

Saya minta maaf karena menyebabkan ketidaknyamanan. Namun, saya sangat antusias dengan kesempatan ini dan saya harap saya dapat menjadwal ulang wawancara ini pada waktu yang juga nyaman bagi Anda. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Salam,
[Nama]

Sekali lagi, semakin cepat Anda mengirimkannya, semakin baik. Penting untuk memberi tahu mereka secara profesional dan sopan, agar reputasi Anda tetap terjaga.

3. Jangan panik!

Ingatlah, mereka juga manusia. Mereka akan mengerti jika Anda memiliki alasan yang logis mengapa Anda tidak dapat hadir. Tapi, lakukan penjadwalkan ulang wawancara kerja jika Anda benar-benar harus. Anda pasti tidak ingin dianggap tidak dapat diandalkan.

4. Terima kasih pewawancara

Penutuh dari cara reschedule job interview terakhir yaitu setelah Anda menerima tanggapan dari pewawancara yang mengonfirmasi bahwa mereka bersedia menjadwal ulang wawancara kerja, pastikan Anda membalasnya sesegera mungkin.

Penting untuk menunjukkan kepada mereka betapa bersyukurnya Anda dan bahwa Anda masih tertarik. Menunda beberapa hari dapat membuat Anda berisiko ‘dilupakan’. Mungkin juga Anda akan kehilangan peluang pada posisi tersebut.

Jika Anda tidak bisa segera melakukannya, atur diri Anda untuk memastikan bahwa Anda memberikan tanggapan. Sekali lagi, semakin cepat semakin baik.

Siap menjadwal ulang wawancara kerja?

Ingatlah untuk tetap setia pada alasan Anda, hindari berlebihan dan kebohongan. Tidak dapat dihindari bahwa mereka akan mencari tahu dan lebih baik jujur dan aman daripada menyesal.

Ikuti saran di atas dan Anda akan dapat menjadwalkan ulang wawancara kerja dengan mudah tanpa mengecewakan perekrut. Semoga berhasil!

Cara Membalas Email untuk Reschedule Interview Kerja

Memenuhi panggilan wawancara kerja dari perusahaan yang Anda lamar, tentu saja membutuhkan persiapan matang. Sayangnya ada beberapa faktor yang menyebabkan terkendalanya pelaksanaan wawancara sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Sedikit tambahan dari cara reschedule job interview jika anda menggunakan email, lalu bagaimana cara membalas email untuk reschedule interview kerja secara profesional? Berikut ulasannya.

1. Memberikan Alasan yang Tepat

Apabila kamu sudah mengirim surat lamaran pekerjaan, maka hal selanjutnya adalah menunggu panggilan tes wawancara. Biasanya pihak perusahaan memanggil calon karyawannya menggunakan email.

Melalui media tersebut, pihak HRD akan meminta konfirmasi kehadiran dalam tes wawancara yang akan dilaksanakan dengan jadwal tertentu.

Namun terkadang terjadi sesuatu secara mendadak yang mengakibatkan kamu tidak mungkin datang ke wawancara. Agar peluang emas tersebut tidak hilang percuma, akan lebih baik meminta pewawancara untuk menjadwalkan ulang. Kamu tidak perlu khawatir, yang hanya diperlukan hanyalah sebuah email yang tepat berisi penjelasan yang masuk akal.

Dengan isi pesan alasan jelas yang kamu kirimkan melalui email, diharapkan recruiter akan bersimpati dan memahami terhadap kejadian yang kamu alami. Sehingga pihak perusahaan akan bersedia mengatur ulang jadwal di lain waktu. Namun jika mereka menolak reschedule yang kamu ajukan, setidaknya email tersebut bisa membuat citramu masih tetap terjaga.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kamu perlu untuk berterus terang mengapa tidak bisa hadir pada jam tersebut. Namun sebaiknya jika kamu tidak membuatnya terdengar dramatis atau berlebihan sebagai cara membalas email untuk reschedule interview kerja yang profesional. Sebab hal tersebut justru membuat pihak perusahaan merasa janggal dengan alasan berlebihan.

2. Menghubungi Pewawancara Sesegera Mungkin dengan Tepat Waktu

Semakin cepat kamu membalas email panggilan wawancara kerja dari pihak HRD, maka akan lebih baik. Pasalnya, perekrut juga membutuhkan waktu untuk mengatur persiapan interview dengan baik dan tepat. Terutama jika ternyata jadwal yang ditawarkan, harus disesuaikan lagi dengan ketersediaan kamu dan pihak perusahaan yang mewawancarai.

Maka dari itu, jangan biarkan pihak HRD menunggu konfirmasi dari kamu terlalu lama. Cobalah untuk langsung memberikan jawaban, setidaknya dalam kurun waktu 24 jam hingga 48 jam setelah menerima email panggilan wawancara kerja. Sehingga akan memungkinkan pihak perusahaan agar mempertimbangkan kembali.

Lebih baik memberi tahu recruiter lebih awal daripada menundanya. Kamu dapat menghubungi mereka dengan email bahwa kamu tidak bisa menghadirinya. Kemungkinan pihak perusahaan juga memiliki waktu yang padat. Jadi semakin cepat kamu memberi tahu mereka, maka semakin besar juga peluang untuk mengatur kembali waktu yang tepat untuk interview.

3. Mengucapkan Terima Kasih Kepada Pewawancara

Sebagian HRD terkadang cenderung malas untuk melakukan penjadwalan ulang karena dianggap terlalu merepotkan. Maka agar mereka mau menerima reschedule yang kamu ajukan, sebaiknya tunjukkan rasa antusiasme agar mengesankan pihak recruiter sebagai cara membalas email untuk reschedule interview kerja yang tepat.

Setelah kamu menerima balasan dari pihak recruiter yang mengonfirmasi bahwa bisa menjadwalkan ulang wawancara kerja, pastikan untuk menanggapi kabarnya sesegera mungkin. Penting untuk menunjukkan kepada perusahaan, bahwa betapa bersyukurnya kamu memiliki peluang yang besar dan masih tertarik dengan tawaran tersebut.

Oleh karena itu, kamu bisa mengucapkan terima kasih pada balasan email karena menunda jadwal wawancara. Tunjukkan rasa sopan dan etika yang bagus agar citramu tidak buruk dengan penggunaan bahasa yang santun. Dengan begitu, kamu akan membuktikan bahwa layak diberi kesempatan kedua oleh pihak recruiter dan kamu memiliki sikap etos kerja yang tinggi serta loyal.

4. Berusaha Bersikap Agar Tenang dan Tidak Panik

Ingatlah untuk tetap selalu tenang dan tidak panik. Pasalnya, kamu bisa memberikan alasan yang baik secara sopan. Jika kamu memiliki alasan yang masuk akal dan tidak berlebihan, maka kemungkinan reschedule bisa saja terjadi. Namun meminta penjadwalan ulang harus dilakukan jika kamu benar benar memiliki alasan yang tepat.

Meskipun penggunaan email cukup bagus dan memiliki kemungkinan keberhasilan yang tinggi, sebaiknya kamu menggunakan cara membalas email untuk reschedule interview kerja dengan tepat. Jangan sampai meminta penjadwalan ulang bila tidak ada kepentingan atau urgensi apa pun. Pasalnya, meminta reschedule untuk alasan yang lemah justru terlihat tidak profesional.

Recruiter mungkin juga akan menolak untuk memberikan penjadwalan ulang. Namun jangan panik, karena terkadang perusahaan juga memiliki jadwal yang ketat. Sehingga wajar saja jika terjadi penolakan reschedule. Maka kamu harus tetap berlapang dada menerima segala sesuatu yang diputuskan oleh pihak recruiter ketika hal tersebut terjadi.

5. Membalas Pesan Email Dari Pihak Perusahaan Secara Profesional

Cara reschedule job interview menggunakan email selanjutnya yaitu membalas email panggilan wawancara kerja harus menggunakan bahasa yang ringkas dan langsung pada intinya. Kamu perlu untuk mengkonfirmasi waktu, alamat lokasi wawancara, nomor telepon sehingga tidak akan ada salah paham dan kebingungan. Pastikan juga untuk memeriksa seluruh isi email apakah masih ada kesalahan penulisan atau tidak.

Selain itu, pastikan untuk selalu membalas email panggilan wawancara kerja meskipun  kamu menolaknya. Hal tersebut penting dilakukan jika tidak bisa diatasi dengan menggunakan cara membalas email untuk reschedule interview kerja yang tepat. Jelaskanlah dengan sopan jika tidak dapat melalui tahapan tersebut untuk menunjukkan sisi profesionalitas.

6. Mengusulkan Jadwal Wawancara Bila Tidak Sesuai dengan Ketersediaan Anda

Wawancara merupakan tahapan yang penting sebelum kamu diterima oleh sebuah perusahaan. Biasanya perusahaan akan memberikan jadwal interview beberapa hari sebelum hari H. Namun terkadang ada calon peserta wawancara yang tidak dapat hadir karena alasan tertentu. Tetapi kamu bisa mengusulkan reschedule interview di lain waktu sesuai ketersediaan.

Pemberian alternatif waktu jadwal ulang pun baik, karena hal tersebut menunjukkan bahwa kamu bersungguh sungguh untuk tidak melewatkan kesempatan berharga tersebut. Selain itu, kamu juga dapat membuktikan kepada pihak perusahaan jika memiliki sifat yang fleksibel. Tetapi, kamu juga harus siap menyesuaikan diri lagi kepada waktu yang sudah diberikan recruiter.

Dalam beberapa situasi tertentu, terkadang pihak perusahaan menawarkan lebih dari satu pilihan untuk waktu wawancara kerja. Jika hal tersebut terjadi, maka kamu bisa menentukan waktu mana yang paling sesuai dengan ketersediaan yang dimiliki. Apabila waktu yang diberikan kurang pas, maka kamu bisa mempertimbangkan kembali untuk mengatur jadwal ulang.

Katakan dengan terus terang jika kamu menghargai kesempatan panggilan wawancara kerja yang telah diberikan. Namun bagaimana jika jadwal interview yang telah ditentukan kurang sesuai dengan ketersediaan jadwal yang kamu miliki ? Disinilah kamu bisa memberikan alternatif waktu pilihan lainnya dengan cara membalas email untuk reschedule interview kerja sebagai alternatifnya.

Membalas email untuk penjadwalan ulang wawancara tidak boleh sembarangan, karena kamu harus melakukannya dengan menunjukkan profesional sebagai calon pegawainya. Semakin terorganisir email yang dibuat, semakin menunjukkan bahwa kamu layak diterima di perusahaan tersebut dan membuka peluang besar untuk diterima disana.

Baca juga: Cara Membatalkan Interview Kerja Menggunakan Email

Alasan Untuk Reschedule Jadwal Interview

Dipanggil untuk interview merupakan suatu hal yang sangat membahagiakan bagi siapa saja yang sedang mencari sebuah pekerjaan. Namun tidak ada yang tahu akan ada kejadian apakah sebelum proses interview dimulai. Biasanya hal tersebut menjadi suatu alasan untuk reschedule jadwal interview kepada pihak kantor yang berkaitan. Simak ulasannya berikut.

1. Permasalahan Kendaraan Pribadi

Untuk bisa menuju ke tempat interview, seseorang pastinya membutuhkan sebuah kendaraan baik itu pribadi maupun angkutan umum. Apalagi jika lokasi interview itu berada jauh dari tempat tinggal anda, tentunya sebuah kendaraan menjadi sarana yang sangat penting untuk mencapai lokasi tersebut. Sebelum menuju ke perusahaan tempat interview, ada baiknya untuk mengeceknya terlebih dahulu.

Beberapa komponen kendaraan yang harus diperiksa terlebih dahulu seperti angin ban, bahan bakar, kaca spion, dan lain sebagainya. Usahakan bahwa semua hal tersebut telah dipastikan aman dan siap untuk digunakan. Jangan lupa pula untuk memastikan bahwa anda ketika mengemudikannya telah memenuhi standar keselamatan.

Ketika sedang berkendara di jalan raya, tidak ada yang tahu apakah yang akan terjadi selama perjalanan. Biasanya hal yang membuat alasan untuk reschedule jadwal interview yaitu masalah kendaraan ini. Karena bisa saja anda di perjalanan mengalami ban bocor dan susah menemukan bengkel untuk menangani permasalahan tersebut.

Atau bisa saja anda mengalami kehabisan bahan bakar selama perjalanan dan anda berada di tempat yang jauh dari perkotaan, sehingga sangat sulit menemukan tempat pengisian bahan bakar kendaraan. Bahkan anda juga bisa saja terkena tilang oleh polisi lalu lintas yang sedang bertugas, dikarenakan standar keselamatan anda tidak dilengkapi secara sempurna.

Beberapa kondisi yang disebutkan tersebut, akan membuat anda tidak sampai ke perusahaan lokasi interview dengan tepat waktu dan memutuskan untuk meminta reschedule jadwal interview. Pada saat anda berada di beberapa kondisi tersebut, pastikan anda langsung menghubungi pihak perusahaan tempat interview mengenai keadaan anda yang sebenarnya.

2. Permasalahan Medis yang Sangat Darurat

Tak hanya mengenai permasalahan kendaraan saja, biasanya terdapat beberapa orang juga mengalami reschedule jadwal interview karena terdapat masalah medis yang darurat. Permasalahan medis seperti ini tentunya tidak bisa diprediksikan begitu saja, apalagi hal tersebut menyangkut anggota keluarga ataupun diri anda sendiri.

Misalnya, anda sudah berkeluarga dan tiba tiba saja anak anda sedang sakit disaat hari interview. Tentunya hal tersebut tidak bisa ditinggalkan begitu saja, mengingat kondisi seperti itu membutuhkan penanganan segera oleh tenaga kesehatan. Atau bisa saja kondisi tersebut terjadi pada diri anda sendiri saat waktu interview tiba.

Bahkan bisa saja anda mengalami kecelakaan ketika mengemudikan kendaraan menuju ke tempat interview, sehingga diperlukan penanganan secepatnya. Keadaan seperti itu merupakan alasan untuk reschedule jadwal interview yang diajukan kepada pihak perusahaan. Ketika menghubungi pihak perusahaan tersebut, ada baiknya menjelaskan kondisi sebenarnya tanpa ditutupi.

3. Terdapat Salah Satu Anggota Keluarga yang Meninggal Dunia

Sebagaimana yang diketahui bahwa kematian seseorang tidak bisa diprediksikan oleh siapa saja kapan waktu tepatnya. Misalnya saja ada sebuah kematian yang menimpa salah satu anggota keluarga anda yang terjadi di hari interview. Kejadian tersebut tentunya sangat menyedihkan bagi anda, karena harus ditinggalkan oleh salah satu orang tersayang dalam hidup anda.

Menghadiri prosesi pemakaman saat terjadi kematian, bertujuan untuk menghormati si mayit selama masa hidupnya. Hal ini tentunya akan membuat anda lebih memilih untuk menghadiri prosesi pemakaman tersebut daripada melakukan interview. Sebelumnya anda bisa menghubungi pihak perusahaan yang bersangkutan dengan menjelaskan hal yang terjadi sebenarnya.

4. Bertepatan dengan Hari Pernikahan

Cara Reschedule Job Interview

Tanggal penentuan pernikahan biasanya telah dipersiapkan jauh jauh hari setelah proses pertemuan anggota keluarga antara kedua belah pihak. Namun tidak ada yang mengetahui jika waktu interview juga ternyata bertepatan dengan hari pernikahan tersebut. Jika anda berada dalam kondisi seperti itu, maka hal tersebut menjadi alasan untuk reschedule jadwal interview.

Pastikan memberitahukan ke perusahaan sebelum waktu interview dimulai. Bahkan ada baiknya anda memberitahukan setelah anda diberikan pengumuman mengenai waktu interview tersebut. Mengingat prosesi pernikahan tersebut merupakan suatu hal yang sangat sakral dan bisa saja hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, sehingga tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Cara Meminta Reschedule Jadwal Interview

Seperti yang telah dijelaskan pada cara reschedule job interview, bahwa terdapat beberapa alasan yang digunakan untuk melakukan reschedule jadwal interview. Pastikan bahwa kondisi yang dialami tersebut menghalangi anda untuk menghadiri interview ke suatu perusahaan tertentu. Jangan sekali kali berpikir bahwa anda ingin melakukan reschedule hanya karena merasa kesulitan untuk pergi ke lokasi interview.

Apabila anda mengalami beberapa keadaan yang menyebabkan penjadwalan ulang interview, maka segeralah untuk menghubungi pihak perusahaan yang bersangkutan. Hindari menghubungi perusahaan disaat waktu interview telah lewat, karena hal tersebut akan menyebabkan anda dianggap telah gugur dalam proses interview.

Oleh karena itu pastikan anda menghubungi pihak perusahaan secepat mungkin, sebelum jadwal interview yang telah ditentukan. Hal ini berlaku untuk alasan yang telah terjadwal sebelumnya seperti jadwal interview yang bertepatan dengan hari pernikahan. Anda diharuskan menghubungi HR perusahaan yang bersangkutan untuk meminta reschedule interview.

Ketika menghubungi HR perusahaan karena suatu alasan untuk reschedule jadwal interview, usahakan untuk tidak panik. Mereka pastinya akan mengerti keadaan yang sedang anda alami sehingga menyebabkan reschedule interview. Cobalah untuk membicarakan hal tersebut dengan tenang dan pengucapan yang bagus agar bisa dipahami oleh pihak perusahaan.

Selama proses pengizinan tersebut pula, anda bisa menunjukkan antusiasme dengan tujuan membuat hati HR bisa melunak. Antusiasme yang anda tunjukkan tersebut menandakan bahwa anda tertarik untuk bekerja di perusahaan bersangkutan namun terhalang oleh sesuatu. Biasanya HR juga akan menilai etika anda melalui antusiasme tersebut.

Oleh karena itu anda diperlukan menunjukkan antusiasme dengan cara yang baik dan tidak berlebihan. Cobalah untuk menggunakan kata kata yang positif dengan nada yang bersemangat saat menyampaikan ketertarikan anda pada pekerjaan tersebut. Ketika meminta reschedule interview pula, jangan lupa untuk meminta alternatif jadwal pengganti.

Atau anda juga bisa memberikan ide mengenai alternatif jadwal pengganti yang tidak terlalu jauh dari jadwal asli interview anda. Ada baiknya jika anda meminta perubahan sehari atau dua hari setelah jadwal asli tersebut. Terkadang perusahaan juga sudah menyediakan waktu alternatif untuk para pewawancara yang terhalang alasan untuk reschedule jadwal interview.

Tidak ada yang mengetahui akan terjadi suatu peristiwa apa di masa yang akan datang. Oleh karena itu, beberapa kejadian yang disebutkan di atas yang menimpa calon pewawancara bisa saja digunakan sebagai alasan untuk melakukan reschedule interview.

Perlu diingat bahwa reschedule interview sebenarnya tidak semudah yang dipikirkan, karena setiap perusahaan memiliki kebijakan masing masing. Sekian artikel mengenai Cara Reschedule Job Interview.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!