Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keperawatan

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keperawatan? Jurusan ilmu keperawatan merupakan jurusan yang banyak diminati oleh siswa SMA.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keperawatan

Bagi kamu yang ingin menempuh kuliah di bidang ini, kamu akan dibekali dengan berbagai ilmu keperawatan. Dan juga seluk beluk pelayanan kesehatan secara profesional.

Pada artikel ini akan diulas mengenai alasan masuk jurusan ilmu perawat dan peluang kerjanya.

A. Alasan Mengapa Harus Jurusan Keperawatan

1. Bidang Keperawatan Bisa Berkontribusi Pada Segala Bidang Kesehatan

Studi ilmu keperawatan merupakan pilihan yang cocok buat kamu yang ingin berkarir di bidang perawat. Kuliah di bidang ini kamu akan banyak belajar tentang teori maupun teknologi terkini yang berkaitan dengan kesehatan fisik dan psikis.

Pelayanan kesehatan tidak hanya ditujukan untuk orang yang fisiknya sakit tapi juga pada orang-orang yang psikisnya sedang mengalami permasalahan.

Bagi kamu yang sedang atau ingin kuliah di jurusan ilmu keperawatan, kamu akan mempunyai peluang besar untuk berkontribusi dalam dunia kesehatan.

Pada bidang ini kamu akan diberi bekal tentang penanganan dan pelayanan mengenai kesehatan. Sehingga kamu bisa banyak melayani orang-orang yang membutuhkan perawatan. Dengan menjadi perawat kamu bisa meningkatkan kesehatan di dunia.

2. Bisa Memilih Spesialis Jurusan Yang Kamu Suka

Saat kamu mulai menekuni bidang keperawatan di perkuliahan, jangan khawatir tentang spesialisasi penjurusan. Program studi ilmu keperawatan di Indonesia memiliki cukup banyak pilihan pada spesialisasi penjurusannya.

Tidak hanya untuk jenjang pendidikan sarjana tapi juga pada jenjang pendidikan program pascasarjana.

Selain bisa memilih spesialisasi penjurusan yang kamu suka, Kamu juga akan diajari bagaimana menjadi seorang perawat profesional.

Karena seorang perawat merupakan orang yang paling dengan pasien sekaligus sebagai penghubung antara antara pasien dengan tim medis. Sehingga, menjadi seorang perawat harus mempunyai tingkat kesabaran yang tingi saat menghadapi pasien dengans egala kondisi.

3. Memperoleh Pendidikan Yang Berkualitas

Pada umumnya kampus-kampus yang memiliki penjurusan di bidang kesehatan mempunyai akreditasi yang sangat bagus. Kamu bisa memilih universitas yang sesuai dengan kriteriamu.

Selain itu kampus dengan jurusan di bidang ini juga mempunyai teknik pengajaran yang sangat baik. Sehingga mahasiswa tidak mendapat teori saja melainkan mendapat praktik lapangan yang baik.

Pendidikan untuk calon mahasiswa prodi ilmu keperawatan dapat ditempuh pada jenjang Diploma atau Vokasi dan Sarjana.

Perbedaan mata kuliah pada dua jenjang tidak jauh berbeda, namun bobot perkuliahan pada keduanya tentunya tidak sama. Jika perkuliahan diploma lebih ditekankan pada praktik, maka untuk program sarjana mencakup pembelajaran teori dan pendalaman praktik.

4. Mempunyai Prospek Kerja Yang Lebih Luas

Prospek kerja jurusan ilmu keperawatan sangat luas dan mempunyai peluang yang besar. Di Indonesia banyak membutuhkan tenaga kerja yang ahli dalam bidang kesehatan.

Melihat banyaknya masyarakat yang mulai sadar tentang pentingnya kesehatan, sehingga para lulusan keperawatan mempunyai peluang kerja yang luas. Tidak hanya berkarir di dalam negeri, kamu bisa berkarir di luar negeri.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

5. Mendapatkan Banyak Ilmu Terbaru

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keperawatan

Jurusan yang mempelajari tentang keperawatan ini merupakan salah satu jurusan atau prodi pendidikan tinggi yang masuk ke dalam rumpun Saintek.

Bagi anda yang akan mendalami bidang ini selama kuliah, akan banyak belajar tentang ilmu keperawatan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan profesi sebagai seorang perawat.

Di Jurusan Ilmu Keperawatan kamu akan mendapatkan banyak ilmu yang aktual dan mendapatkan ilmu terbaru dari para dosen dan senior.

Saat kamu mulai memilih penjurusan spesialis kamu juga akan semakin banyak mendapat ilmu yang sebelumnya kamu tidak ketahui. Kamu juga akan belajar banyak dari seminar-seminar yang diselenggarakan oleh instansi kesehatan.

6. Dapat Membuka Praktik Mandiri Dan Jam Kerja Yang Lebih Fleksibel

Buat kamu yang tidak ingin terikat dengan aturan-aturan kerja dari instansi tempat kamu bekerja, kamu bisa memilih untuk membuka usaha praktek mandiri.

Kamu bisa membuka praktik perawatan untuk luka diabetes atau post perawatan sesuai dengan aturan pemerintah dan undang-undang  tentang keperawatan.

Kamu yang mudah bosan dengan rutinitas harian bekerja mulai dari pukul 7 pagi sampai pukul 4 sore, bekerja dengan membuka praktik mandiri akan membuatmu lebih nyaman dengan bekerja dengan jam kerja yang kamu buat sendiri.

Kamu tidak akan merasa tertekan dengan aturan tempat kerja. Sehingga kamu bisa menjalani pekerjaanmu dengan hati yang tenang.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Hewan

B. Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keperawatan

1. Perawat Homecare

Di kota-kota besar saat ini banyak yang mencari seorang perawat homecare. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan membuat tenaga perawat meningkat.

Tidak hanya itu dengan memanggil seorang perawat homecare para keluarga juga bisa melihat keadaan pasien yang sakit tanpa harus bolak-balik rumah sakit. Gaji yang ditawarkan juga terbilang besar.

2. Perawat Kecantikan

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keperawatan

Seorang perawat kecantikan juga merupakan prospek kerja jurusan ilmu keperawatan berikutnya. Saat ini perawat juga dibutuhkan untuk manajemen data klinis dan perawat klinik kecantikan.

Profesi sebagai perawat klinik kecantikan juga tidak hanya bisa berkarir di dalam negeri saja tapi juga bisa dilakukan di luar negeri.

Pekerjaan sebagai perawat klinik kecantikan tidak seberat sebagai perawat rumah sakit. Tapi, kamu bisa menikmati pendapatan yang lumayan besar sekitar RP5.000.000 juta per bulan.

Di Indonesia juga sering mengirim perawat ke berbagai negara. Sehingga kamu bisa menjadikannya peluang besar untuk berkarir.

3. Medical Representative

Peluang kerja bagi lulusan prodi ilmu keperawatan yang berikutnya yaitu menjadi MR atau Medical Representative. Bagi kamu yang mempunyai kemampuan marketing yang bagus maka peluang kerja ini cocok untuk kamu coba.

Karena profesi ini akan membuat kamu sering berkeliling ke berbagai instansi kesehatan. Tugas utamanya yaitu mempromosikan produk obat ataupun alat kesehatan.

Baca juga: Prospek kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

4. Paramedis

Mahasiswa lulusan prodi ini tidak melulu bekerja di bidang perawat saja, tapi kamu bisa mencoba berkarir sebagai seorang paramedic. Dengan menjadi seorang paramedis kamu bisa secara langsung berinteraksi dengan para pasien.

Kamu akan mendapatkan pekerjaan yang aktif dan menuntut kamu harus paham betul dengan ilmu medis yang kamu pelajari selama kuliah.

5. Epidemiology

Setelah menyelesaikan studi ilmu keperawatan, kamu bisa menjadi seorang ahli epidemik atau epidemiolog. Profesi ini bertugas sebagai pendeteksi masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada seorang pasien.

Gaji yang diberikan kepada seorang epidemiolog juga sangat tinggi. Sehingga kamu tidak khawatir dengan masalah gaji yang akan ditawarkan.

6. Asisten Dokter

Sistem Gaji Perawat Klinik Kecantikan dan Tunjangan 1

Menjadi asisten dokter bisa dijadikan sebagai pilihan berikutnya setelah kamu lulus dari prodi ini. kamu akan membantu tugas-tugas dokter dalam menangani pasien-pasien yang sakit.

Pekerjaan ini tidak akan terlalu sulit karena kamu sudah mendapatkan ilmu pelayanan terhadap pasien. Kamu akan menjalankan arahan yang sesuai dengan arahan dokter.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan

Kesimpulan

Menjadi seorang perawat banyak menjadi impian banyak orang. Sehingga masuk ke dunia perkuliahan di bidang ilmu keperawatan dengan akreditasi kampus yang baik tidak begitu mudah.

Sehingga kamu harus mempersiapkannya dari sekarang. Selain itu kamu jangan khawatir dengan prospek kerjanya karena peluang kerja lulusan perawat juga sangat luas.

Sekian artikel berjudul Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keperawatan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.